Ulangan Sekolah Anak dan Mama Bekerja

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Ketika libur tiba, biasanya rasa cemas dan gelisah para orangtua sudah hilang karena sudah selesai bagi rapor. Walau sudah bagi rapor, saya ingin cerita sedikit beberapa cara yang saya jalankan sebagai mama bekerja untuk tetap membimbing anak saat belajar menjelang ulangan/ujian di sekolah.

Alun masuk sekolah pukul 06.30 WIB. Sementara saya bekerja di kantor dan biasanya berangkat jam 08.30 WIB. Karena bekerja di design agency, waktu pulang saya terkadang mengikuti deadline di kantor, bukan sesuai jam pulang kantoran pada umumnya. Saya pun harus pandai-pandai membagi waktu agar Alun tetap dapat dikawal belajar oleh mamanya. Kalau saya sampai rumah sudah pukul 20.00 WIB, sementara pukul 21.00 WIB Alun sudah harus tidur, sempit banget dong waktu belajarnya. Ada beberapa cara yang saya terapkan:

1. Jika sudah mendapat info dari wali kelas mengenai jadwal ulangan (baik ulangan harian maupun akhir semester), saya biasakan Alun belajar dari jauh-jauh hari. Begitu H-1, tinggal melakukan pengulangan saja. Biasanya hari Sabtu atau bahkan Minggu saya usahakan tetap belajar, terutama di pagi hari. Nanti siang harinya kalau ingin pergi jalan-jalan atau rekreasi setidaknya sudah ada materi yang diulang dan dipahami Alun untuk ujian nanti.

2. Kebetulan saya tidak mengikutkan Alun pada les/kursus tambahan di luar jam sekolah. Setiap hari sudah pulang jam 13.30 WIB, fisik anak sudah capek. Agak kasihan kalau harus diikutkan les lagi. Dengan kondisi tersebut, maka satu-satunya cara agar dia belajar ya sama orangtuanya. Saya pun memanfaatkan white board di rumah dengan cara sebagai berikut:

  • Pukul 06.20 WIB Alun berangkat sekolah. Alhamdulilah jarak sekolah-rumah hanya kurang lebih 700 meter.
  • Setelah Alun berangkat sekolah, saya ‘beraksi’ di white board: membuat soal-soal latihan berdasarkan kisi-kisi yang biasanya sudah diinfokan oleh wali kelas kepada orangtua murid, atau berdasarkan materi yang saya baca di buku cetak. Mau tidak mau, mamanya harus ikut paham materi pelajaran si anak agar dapat membuatkan soal latihan. Soal latihan ini disesuaikan dengan mata pelajaran yang akan ulangan/ujian.
  • Setelah saya berangkat kerja, kira-kira siang hari saat Alun sudah pulang tiba di rumah, saya tinggal menelepon dari kantor untuk memantau dan mengingatkan Alun agar mengisi soal latihan di white board.
  • Pulang dari kantor, misalnya memang agak malam karena kena deadline, sesampainya di rumah saya tinggal memeriksa jawaban-jawaban Alun sudah benar semua atau ada yang masih harus diperbaiki. Ini hanya butuh waktu sebentar dibandingkan ketika pulang harus memulai belajar dari A-Z untuk materi ulangan besok.
  • Aktivitas ini berlangsung setiap hari hingga hari ulangan/ujian terakhir.

latihan_soal_ulangan_anak

Buat saya, cara ini tergolong berhasil. Proses belajar Alun tetap diawasi, saya pun lebih tenang dan bahagia saat pergi ke kantor. Mengapa bahagia? Karena walaupun bekerja, saya masih tetap dapat membimbing dan mendidik Alun, yang memang merupakan tugas dan tanggung jawab saya sebagai orangtua.

Namun sekali lagi, cara ini mungkin tidak bisa selalu berlaku untuk semua kondisi ya, Urban Mama. Karena ritme kehidupan semua rumah tangga berbeda-beda, ada mama bekerja yang malah harus berangkat ke kantor bersama dengan anaknya pergi sekolah, sehingga mungkin cara ini agak sulit untuk diterapkan. Atau, ada pula tipe anak yang jika belajar harus benar-benar didampingi secara fisik oleh orangtuanya (kalau tidak ada mama atau papanya tidak mau belajar).


Kalau Urban Mama yang bekerja, ada tips lain untuk tetap mendampingi anak saat belajar?  

19 Comments

  1. avatar
    Febi January 5, 2017 2:48 pm

    Mba Imel, keren deh effort-nya! Bisa jadi inspirasi kalau dua anak bayi aku kalau sudah mulai sekolah nanti :) TFS!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Mama Windy January 5, 2017 7:30 am

    hihi... solidarity-hug.. akupun mirip2 gitu.. cuma tanpa whiteboard,.. pakenya kertas..
    malam2 bikin soalnya,.. pagi ditinggal (krn subuh2 udah berangkat).. siang telp ingetin unt kerjain,.. malem di cek, kasi tau jawaban benernya.. :D
    Kalo ada 2 pelajaran kadang ke kantor bawa bahan buku pelajaran. hihi.. untuk bikin summary dan soalnya di jam istirahat

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 5, 2017 11:18 am

      mama Windy, peluks virtual juga yaa :) Wah kamu keren banget sampe bawa buku ke kantor dan bikin summary. Patut aku contoh nih ke depannya. Makasih sudah sharing tips ya mama Windy :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel January 4, 2017 9:30 pm

    Wah Imel hebat deh. Salut sama ibu2 yg berkarier tapi masih meluangkan waktu utk perhatikan urusan sekolah anak2.
    Buat aku yg ngga kerja kantoran, urusan belajar dan pr ini lumayan menguras energi, apalagi utk mama2 yg berkarier yaa...salut deh.
    Kalo aku, anak2 biasanya disuruh kerjakan latihan soal yang ada di buku paket atau LKS aja. Kalau udah selesai aku periksa dan hanya fokus di jawaban2 yg perlu dikoreksi saja. Jadi ngga semua perlu dibahas, cukup yg salah2 aja biar mereka juga ngga nerima too much info, biar ga pusing hahaha..
    Dan memang anak2 diwajibkan utk cari tau jawabannya di text, yg sebelumnya udah aku hightlight. Jadi mereka cuma perlu baca dan pay attention di kalimat2 yg aku highlight.

    Kalau utk math dan agama islam memang harus aga istimewa krn perlu latihan soal lbh fokus dan utk agama islam perlu aku awasi bnr2 krn bahasanya kadang mereka belum paham juga ada baca tulis al quran yg mrk perlu utk didampingi.

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 5, 2017 11:17 am

      Ekaaa...biasa aja ah, ini anakku baru kelas 1 loh. Belum kebayang nanti kalo udah kelas yg lebih tinggi dan materi ulangan lebih berat, apakah tips ini masih applicable atau engga hehe.
      Iya bener Ka, kalau materi Tematik lumayan bisa nerima yah anak-anak, tapi kalau sudah pelajaran baca tulis dan menghafal Al Quran plus Bahasa Arab (di sekolah anakku ada bahasa Arab) nah ini bener-bener mesti ekstra perhatian dan pendampingan banget deh. Wah tips Eka tentang membahas yg salah-salah aja boleh juga tuh, supaya energi anak gak terlalu terkuras juga ya ka. Thanks untuk berbagi tipsnya ya.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Lulu January 4, 2017 4:40 pm

    Halo mba Imelda salam kenal :)
    Metodenya hampir sama mba..saya juga bekerja dan kalau lagi pekan ulangan biasanya saya buat soal-soal tertulis (bedanya bukan di whiteboard) yg anak saya harus kerjakan.
    Dan kalau anak saya biasanya kita ada sesi tanya jawab, karena sepertinya buat dia lebih nyantol materinya.

    Kalau materinya pas banyak dan lumayan berat, terutama IPA (anak saya kls 4), sempet kmrn ambil cuti juga

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 5, 2017 11:13 am

      salam kenal juga mama Lulu. Nah kebetulan anakku baru kelas 1. Mungkin nanti kalau sudah lebih tinggi levelnya, mesti belajar juga nih dari mama Lulus tips-tips menghadapi ulangan dengan materi pelajaran yang lebih berat. Terima kasih ya mbak :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Aini Hanafiah January 4, 2017 4:24 pm

    Terima kasih tipsnya mba Imelda :D Saya bukan ibu bekerja kantoran sih, tapi ini tipsnya applicable bgt. Setuju, pas jam2nya anak pulang sudah makan sudah istirahat itu paling ok buat diajak belajar & latihan soal, dibandingkan nunggu baru belajar pas malam... kalau anakku, malam udh keburu dia uring2an xD

    1. avatar
      Imelda Sutarno January 5, 2017 11:11 am

      mbak aini terima kasih sudah baca ya. Iya bener banget mbak, kita harus pinter-pinter cari cara dan memahami mood anak-anak kita supaya tetap bisa belajar untuk ulangan. Malam hari emang iyaa, suka pada uring-uringan ya kalo disuruh belajar hehe....

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.