1

Topic: Perawatan Gigi Anak

2 gigi susu anakku (6.5th) juga baru dicabut karena gigi tetap dah mulai nongol, tapi gigi susu blm tanggal. Untuk selanjutnya disarankan konsul dengan dokter gigi spesialis ortodontis, karena rahangnya sempit. Kemungkinan untuk gigi-gigi yg lain juga harus dicabut terencana (apa ya istilahnya, pokoknya ga nunggu tanggal sendiri lah)

Kira-kira apa ya penyebabnya anak-anak sekarang banyak yang rahangnya sempit (berdasarkan observasi jumlah anak-anak tetangga yang juga kudu cabut gigi palsu, bukan study ilmiah) :D
Sepertinya jamanku kecil gigi susu gampang banget tanggal. Mungkin gaya hidup dah beda kali ya, sekarang dah susah nemuin tebu untuk jajanan :D :D :D

2

Topic: Perawatan Gigi Anak

dari retno, yaa ampun tebu, jadi ingat jaman kecil :p
sama, anakku yang pertama udah 2x cabut gigi secara paksa ke dokter gigi karena gigi bungsu-nya keburu tumbuh.

3

Topic: Perawatan Gigi Anak

dari retno,
yah coba yaaa ada mama yang dokter gigi yang sempet mampir ke thread ini. jadi bisa jelasin pertanyaan dari retno. :)

posisi gigi anakku ada yang ga rata nih... tapi kata dokter tunggu sampai 12 tahun dulu supaya udah tetap.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

4

Topic: Perawatan Gigi Anak

hihiihii...iya niy... lagi penasaran aja, gemes ;)

5

Topic: Perawatan Gigi Anak

Halo moms..saya sharing ilmunya buat mba Retno yg gigi anaknya tdk rata.Gigi anak dpt di diagnosa tdk rapi (kelainan pertumbuhan dan perkembangan kl dlm bahasa kedokteran giginya)pd usia 8 thn, namun utk dilakukan perawatan yaitu dengan merangsang maupun menahan pertumbuhan dan perkembangan dapat dilakukan di usia 9thn.Perawatan tsb hrs dilihat jg bagaimana kasusnya,jd tdk selalu berpatokan dg usia anak tp ketersediaan gigi geligi yg sdh cukup dan kondisi kekurangan pertumbuhan rahang bahkan pertumbuhan rahang yg berlebihan juga sgt berperan penting. Baiknya memang hrs konsultasi dgn dokter gigi anak yg benar2 mengerti tindakan dan treatment apa yg tepat untuk anak kita.Mg bermanfaat ya mba Retno

6

Topic: Perawatan Gigi Anak

Sharing utk mom semua: gigi adalah tonggak ukur kecerdasan dan pertumbuhan anak. Entrance /masuknya mknan pertama ke dlm tubuh anak yaitu melalui mulut,naah bagaimana kl gigi yg diciptakan Allah tdk dijaga dan rusak?Anak kesayangan kita,harapan masa depan kita nutrisinya tidak terpenuhi karena asup makanan tdk dapat diserap dengan baik,kr giginya tdk berfungsi maksimal.Nutrisi yg buruk akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan fisik anakpun terganggu..tdk berhenti sampai disitu,pertumbuhan dan perkembangan otak anak kita pun akan terhambat..hayoo moms ingin anaknya tumbuh sehat dan cerdas kan..kita rawat dengan baik yuk gigi anak2 kita.

7

Topic: Perawatan Gigi Anak

mama, mau sharing, Lana 7 tahun gigi depannya udah goyang banget, tadinya mau dibawa ke dokter gigi besok, ternyata tadi pas makan malam giginya tanggal, dan masih ada tersisa di gusi, kayanya giginya patah :(
Kalau gini mesti diapain ya?

8

Topic: Perawatan Gigi Anak

ipeh mendingan sih dibawa ke dokter gigi agar bisa dicek apakah memang patah atau sudah tanggal sempurna. Soalnya kan kita yang awam kurang mengerti juga ya. Biar dicek sama dokter yang lebih paham.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

9

Topic: Perawatan Gigi Anak

ipeh,
oalah lanaaa... kemarin lihat tuh di IG stories ipeh :D. betul... setuju sama ella, harus ke dokter gigi deh buat diangkat itu akarnya.

semoga sehat-sehat yaaa lanaaa :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Perawatan Gigi Anak

iya peh mendingan ke drg untuk liat kondisi gusi Lana setelah giginya tanggal.

Darren akhirnya harus cabut 1 gigi geraham yang bolongnya udah terlalu besar daripada sakit terus. Darren sih udah gak takut cabut gigi lagi sekarang karena saat disuntik bius cuma kayak kegigit semut katanya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

11

Topic: Perawatan Gigi Anak

ipeh, caca juga pernah dulu gitu, ya dibuka sih gusinya buat diambil sampe ke akar2nya karena memang giginya juga udah rapuh banget itu, cuma patah dan nyisa di dalem gusi..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Perawatan Gigi Anak

teh Ipeh..jangan panik utk gigi Lana yg usia 7 tahun, kalau gigi depannya yg lepas biasanya akar giginya sudah resopsi (terkikis) karena dorongan dari gigi pengganti dibawahnya,utk gigi geraham yg letaknya dibelakang biasanya akarnya ada 2-3 nah itu yg harus dibuang, dan dokter gigi yg bisa membantu mengeluarkannya,sehat selalu utk Lana

13

Topic: Perawatan Gigi Anak

Numpang curhat ya mamas...
Casie (20 bln) gigi seri atasnya masa tinggal 1

@pikipikirasa

14

Topic: Perawatan Gigi Anak

Vicky
Maksudnya tinggal 1 gimana ma? Apakah rusak/dicabut?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

15

Topic: Perawatan Gigi Anak

vicky,
vickyyy! masih gigi susu kaaan? no worries :) 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Perawatan Gigi Anak

Mamas,  aku lagi khawatir nih.  Gigi depan anakku (25 bulan) karies dan salah satu di antaranya sudah terbentuk ceruk. Apakah sudah saatnya ditambal (urgent) ?  Terakhir kali ke drg,  anaknya tidak kooperatif dan meronta-ronta. Habis baca webnya sebuah klinik gigi,  sedasi atau bius umum bisa jadi alternatif agar penambalan bisa dilakukan? Adakah Mamas yang pernah menghadapi case spt ini?  Terima kasih sebelumnyaSalam, Febi

Cheers,

F
tempatceritamama.wordpress.com

17

Topic: Perawatan Gigi Anak

Febi, sebenarnya aku belum pernah nambal gigi anak-anak, Yoona 4 tahun juga karies gigi depannya, dan dia jg termasuk yang penakut kalau ke dokter. Selama ini aku biarin aja, gak ditambal krn mikir masih gigi susu dan gigi depan, kecuali mungkin gigi geraham atau yg gigi yang dipakai kunyah mungkin berfikir untuk ditambal. Paling rajin sikat gigi aja dan dibersihin mulutnya. IMO.

18

Topic: Perawatan Gigi Anak

febi, kalo kata mamaku sih sebenernya ga perlu ditambal juga gpp, asal anak tidak mengeluh sakit ya. Ditambal lebih kepada terlihat bagus saja gigi depannya dan rata-rata anak-anak biasanya karies giginya apabila sering minum susu pake botol atau hal-hal lain yg menyebabkan gigi depan karies. ANakku juga karies gigi depannya, ga pernah ditambal juga, dibiarkan saja sampai akhirnya copot sendiri karena gigi susu. Nanti kalo sudah ganti gigi tetap harus dirawat dengan baik

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

19

Topic: Perawatan Gigi Anak

Febi
anaknya ada keluhan tak terkait kariesnya? paling enak memang konsultasi sama dokter ya. tapi sementara kl tidak/belum ada keluhan sakit/nyeri, sementara diperbaiki dulu aja kebiasaan makan dan membersihkan gigi. misalnya selalu sikat gigi sebelum tidur dan minimal kumur setelah makan. sama diperhatikan durasi kunyah. perbanyak makan kuah supaya tidak terlalu lama makanan 'diam' di mulut. 

nanti kl sudah agak besar, dan lebih kooperatif, boleh dicoba lagi konsul ke dokter gigi anak ya :)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

20

Topic: Perawatan Gigi Anak

Gigi depan anakku juga ada karies dan patah juga 2 kali karena duduk-duduk di sepeda.
Sempat mau ditambal, cuma anaknya meronta-ronta dan akhirnya dokter bilang gak papa dibiarin aja. Anaknya juga nggak merasa terganggu. Cuma mamanya gemes aja lihat giginya dia :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

21

Topic: Perawatan Gigi Anak

febi,
kalau anaknya ga nyaman dan ga merasa terganggu, kayaknya ga apa-apa yaaa... sambil nunggu tindakan, coba deh ajak main ttg dokter gigi. supaya kalau suatu saat memang harus ada tindakan, si kecil lebih nyaman dan kooperatif.

btw, mau sharing... gigi arza kan ada yang patah sedikit di bawah... oke sip 900rb aja buat "mempercantik" giginya... huhuhuhu :D. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Perawatan Gigi Anak

teh ninit,
yang patah udah bukan gigi susu ya berarti?
Arza cocok nih sama drg nya :))

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/