1

Topic: Usia Masuk SD

Piouslady, dulu anakku masuk SD usia 6,5 tahun karena setahu saya banyak SD yang mensyaratkan usia min 6 tahun baru bisa masuk SD. Yang 7 tahun kayanya SD negeri, kalau swasta biasanya 6 tahun. Dan usia Juli sih pas dengan cut off tahun ajaran baru ya, di sekolah anakku yang boleh masuk SD usia min 6 tahun di bulan Juli.

2

Topic: Usia Masuk SD

Mom Rooslyn, Tergantung SD nya mom, ada yang 6 tahun ada yang 7 tahun tapi rata-rata minimal 6 tahun. Kalo masih lahir di Juli kayaknya bisa masuk sd 6 tahun. Sekolah negeri sih minimal 6 tahun, anak saya masuk ke SD negeri 6,4 tahun. Kalo lebih baik mana ya tergnatung anak dan orangtua baiknya gimana dan lihat perkembangan anak juga mom.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

3

Topic: Usia Masuk SD

piouslady,

kalau usia masuk sekolah udah dikasih tau sama ka ipeh yaa.
beda2 emang, ada yg 6 tahun(swasta) dan 7 tahun (negeri).

Tapiiii SD negeri di daerahku umur 6 tahun udah boleh masuk, dan SD swasta tempat sekolahku dulu ga ngebolehin siswanya masuk kalo belom genep 7 tahun. hihi aneh sih beda2.


Tp balik lagi ke orang tua dan anaknya. Kalau dirasa emosinya sudah cukup matang, terus udah bisa ngikutin di TK B sih harusnya nggak masalah yaa. 

Ini beberapa temen sekelas anak keduaku ada yg orang tuanya pilih tinggal kelas. karena emosi anaknya belom stabil, ada juga yg masih belom bisa ngikutin pelajaran. Soalnya SD lanjutannya ini udah bener2 langsung belajar dan nulis banyaaaak banget. Jd takut kasian kalo ketinggalan di SD. 

Ada kasus salah satu murid di kelas anak pertama, yang sampai sekarang masih ga mau ikutin pelajaran dan hanya mengganggu teman2nya saat pelajaran. Dulu, guru TK bilang kalau anak ini harus "di tinggal" di TK, tp ortunya ga mau dengan alasan malu dan bilang anaknya bisa. tapi ya kejadiannya malah beda. 

Padahal banyak juga yg ditinggal dan nggak masalah. btw ada juga yg tahun depan mau ditinggal lagi, padahal udah di TK B mau 3 tahun. kasian sih, karena sekolahnya super kecepetan. soalnya ortunya sibuk :(

Maap jadi kepanjangan, jd intinya sih coba cek aja SD yg dimau sistem belajarnya seperti apa, trus kalo umurnya udah bisa masuk, balik lagi kita lihat kemampuan anak dan kematangan emosinya. 

Kalau tertinggal sedikit, seharusnya bisa dikejar :) ini kasus anak pertamaku. dia tertinggal di awal semester karena masih kaget sama sistem belajarnya, tp setelah di dampingi, jadi lumayan banget.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

4

Topic: Usia Masuk SD

anak saya sih harusnya udah bisa sih masuk SD tahun depan ... karena lahirnya bulan Juli, dulu harusnya lahirnya pertengahan agustus gitu, krn saya tau info soal bulan lahir dan umur masuk sekolah, makanya saya pilih 31 Juli lahirnya hihihi ...

sekolah di papua barat sini ngga begitu masalah sih soal umur, saya cuman khawatir soal siap / ngga siapnya itu.

biasanya guru2 TK B yang akan menilai ya? anak kita sudah siap belum masuk SD

Stallion's mommy

5

Topic: Usia Masuk SD

rooslyin, kita juga bisa lihat sih kesiapan anak, ga hanya guru. KAlo aku sih kemarin berfikir ya sudah masukin saja SD, ketika pas SD memnag dia belum bisa dan harus mengulang kelas ya buat saya tak masalah, kan proses juga buat anak untuk menyesuaikan. Karena ada saja anak yg sudah berumur 7 tahun masuk SD tetapi belum begitu dewasa daripada yg masuk 6 tahun, semua tergantung anak. 

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

6

Topic: Usia Masuk SD

piouslady,
iya biasanya nanti guru kelasnya akan ngasih tau kok apakah anaknya sudah siap untuk lanjut atau belum. Trus kan biasanya kalo mau masuk SD ada tes dulu.

Yes setuju sama mba dieta, semua tergantung sama anaknya.

#kid1 kemarin masuk SD 7 tahun tapi masih suka ketinggalan dibanding temen perempuannya yang usia 6 tahun. Finally bisa ngejar. But emang nggak semua bisa ngejar secepat itu, karena di kelas anakku masih ada yg nggak mau ngapa-ngapain sampai sekarang, dan ortunya biasa aja.

Jadi kalo menurut aku, kesiapan anak itu bisa dibantu dari sekolah dan rumah juga.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

7

Topic: Usia Masuk SD

Haloo.... Bahas lagi donk soal.masuk sd.
Saya baru galau sekarang.
Anak saya skrg masi di tk a. Tapi nanti dia akan lulus tkb di 5y10m (kelahiran september)
Artinya kalau lanjut sd. Dia akan masuk ad di 5y10m.

Sy sudah baca sana sini.. ktnya memang lebih baik diatas.6 y masuk sd kan?
Lebih baik saya tunda setaun? Jd masuk sd 6y10m?
Atau saya lanjut ya?

Seandainya.saya tunda. Selepas.tk b kosong setahun? Kira kira ngapain ya anak saya...
Apa.ga jetlag malahan dirmh aja d setaun?

Butuh saran dr mommy2....yg anaknya sudah sd.

Tx

8

Topic: Usia Masuk SD

izoel wrote:
Moms semua...aku lebih prefer kalo anak laki umurnya dilebihin. Anakku semuanya 6,5 tahun masuk SD. Ini juga hasil konsultasi sama Kepala Sekolah TK-nya. Dia kasih contoh anaknya sendiri yang dimasukin SD 5,5 tahun. Awal-awal nggak masalah tetapi setelah kelas 3-4 itu kelihatan banget anaknya mulai mogok. Akhirnya dipindahin sekolah dan turun kelas sama ibunya (Kepala Sekolah TK anakkku tersebut).
Dan aku lihat sendiri 2 keponakanku yang cowok masuk SD lebih muda, kok ya lebih banyak mogoknya. Dan kesulitan ngikutin pelajaran sekolahnya.Kasihan banget ngelihatnya.
Tapi ada keponakanku lainnya yang kelahiran bulan Juli, jadi pas umurnya masuk SD 6 tahun, so far sih lancar jaya aja sekolahnya.

Just share aja ya moms

9

Topic: Usia Masuk SD

Memang sebenernya usia masuk SD itu paling minim 6 tahu, ya paling aman 7 tahun. Tapi sebenernya kembali lagi ke kesiapan anak sih karena ada juga sebenernya yg 7 tahun belum lebih siap dibanding yg 6 tahun karena setiap anak beda-beda kan ya kesiapan dan kematangannya. Kalo aku pribadi anakku masuk di umur 6 tahun lebih dan sampai sekarang tidak ada masalah, tapi ada juga temennya yg masuk di umur 7 tahun ternyata bermasalah dalam menangkap pelajaran, nah makanya ini kembali ke masing-masing anak kalo menurutku ya.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

10

Topic: Usia Masuk SD

Ruichi mom,
Sebenarnya kenapa usia SD disarankan (kebanyakan) 7 tahun adalah karena untuk mempersiapkan kematangan dari anaknya sendiri.
Matang dalam arti apa? Nah ini, dalam arti mentalnya sudah kuat, dan sudah bisa mengikuti arahan dari guru. Karena sekarang yang kita tahu kan SD sudah mulai "belajar" yaa walau dari kelas 1 juga.
Nah yang tahu anaknya sudah siap, siapa? Yang jelas dari pihak sekolah TK dan juga kedua orang tua pastinya.


Kebetulan tahun ajaran kemarin banyak anak seangkatan anak kedua yang orang tuanya memilih untuk tetap berada di TK B dan ada yang memilih tidak lanjut TK B tetapi hanya ikut kegiatan fisik di luar dan kegiatan belajar dari orang tua di rumah.
Rata-rata anaknya yang tinggal kelas itu dari umur 5 sampai dibawah 6 tahun. Pihak sekolah sudah bilang bahwa anaknya bisa mengikuti pelajaran, tapi orang tuanya merasa mental anaknya belum siap dan kasihan kalau dibawah 6 sudah sekolah SD.
Pengalaman teman anak kedua sih banyak, karena ada juga yg dibawah 6 tetap masuk SD, tapi yaa begitu. Masih agak susah di kontrolnya dan awal agak susah adaptasi mungkin ya. Kaget pelajarannya banyak :).


Jadi balik lagi nih ke mama ruichi, enaknya bagaimana?



Setuju sama mba dieta,
Belum tentu yang usianya sudah 7 tahun bisa lebih siap dibanding yang kurang dari 7 tahun. Saya punya pengalaman pribadi di diri sendiri dan anak pertama saya. Dia masuk SD usia 7th 3bln, awalnya bisa mengikuti, setelah naik kelas 2 dia stress karena pelajarannya terlalu cepat. Sementara dia bukan yang tipe "duduk dan belajar".

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/