1

Topic: Prenatal Yoga

hai mamas...

mungkin ini lebih specifik dari thread ttg "olahraga semasa kehamilan".. tapi gue tertarik banget nih untuk tau ttg ini.

walopun gue belom hamil lagi, tapi dulu waktu hamil gue sering melakukan prenatal yoga. alesannya karena gue emang seneng yoga/pilates jauuhh sebelom gue hamil. dan waktu itu lagi seneng2nya, jadi gue pikir ah mendingan gue olahraganya yoga aja waktu hamil.

menurut gue sih helpful banget, karena pada dasarnya yoga itu kan untuk membantu pernapasan, jadi bantu banget, walopun gue akhirnya ga sering2 banget juga sih ngelakuinnya. karena gue cuma bisa yoga di rumah, gak ikut kelas.

mamas .. share dong, pernah gak ikutan prenatal yoga ini? kalo ada foto2nya atau gerakannya juga boleh lohh.. would be very helpful untuk tau bedanya sama yoga normal.

thanks :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Prenatal Yoga

Gue pernah ikutan semacam seminar gitu, n ada sesi yoga di akhir acara. Namanya yopitha (semacam itu deh) gabungan dari yoga, pilates, sama apa ya lupa. Udah rencana mo ikut kelasnya setelah cuti, apa daya cuti blom dimulai eh anaknya udah lahir. Sayangnya, kalo mo ikutan kelasnya di Surabaya cuma ada hari kerja, makanya gue ga bisa ikutan.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Prenatal Yoga

Shin, prenatal yoga itu ada syaratnya minimal hamil berapa minggu gitu gak? *tertarik*

metariza.com | mother of two |@metariza

4

Topic: Prenatal Yoga

metariza setau gue sih boleh dari awal2 kok met, tapi make sure jangan terlalu stretched. cuma biasanya dianjurkan kalo udah di atas 12 minggu (3bln).. soalnya kan kalo hamil muda itu suka macem2 ya gejalanya. although sebenernya prenatal yoga itu menurut gue ringaaann banget!! (apalagi kalo perutnya belom gede, jadi maunya stretch aja deh.. ) soalnya gue dulu kan karena sering yoga, pas ikutan prenatal yoga pas hamilnya masih kecil.. trus mikir.. ah kayak gini mah gue bisa tidur doang. tapi pas udah hamil gede, ternyata susyeeee benerrr..

tar deh gue coba inget2 lagi pose2 nya.. kalo sempet gue bikinin artikelnya :) tapi berarti mesti foto2 pose yaa.. dududuud.. pe-er banget dong! :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Prenatal Yoga

hehe iya shin, bikinin artikelnya yaa *ngerepotin*...setau gw ada tempat yoga yang deket kantor gw, namanya JakartaDoYoga, ntar coba gw telp ah...

mungkin lo ringan karena udah terbiasa yoga, klo gw yang ga pernah yoga samsek mungkin akan kaget juga ya :P hihi

metariza.com | mother of two |@metariza

6

Topic: Prenatal Yoga

metariza, yoga ibu hamil kebanyakan di napas kok.

Dulu pas hamil gw sempet mau ikut yoga, udah survey ke yoga light (plg deket rmh) eh..hamilnya mabok bo...males bgt keluar rumah.

Akhirnya beli bukunya pujiastuti sindhu yang ttg pregnancy yoga. Ada dvd nya juga jadi gampang ngikutinnya. tapi ya krn mabok cuman sesekali doang yoganya. Pas 8 bulan udh senam hamil, yoga terlupakan deh..he..he..

Apa mau gw reviewbukunya ? (cari mati-lol)he..he..

@medyratri

7

Topic: Prenatal Yoga

Medy,
ooo, kirain pake gaya-gaya bak di film-film gitu *maaf kamseu, belum pernah ikut kelas yoga seumur idup*

hey, you asked for it..ditunggu ya reviewnya, hahaha...

metariza.com | mother of two |@metariza

8

Topic: Prenatal Yoga

kalo gasalah giselle bundchen pas hamil olahraganya yoga ama taebo gt. hasilnya, lahiran lancar dan BB cepet balik ke ukuran semula. gatau karena olahraganya, gatau karena emang dasar bodinya.

tp prenatal yoga emang promotes biar lahirannya lancar ya?!

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

9

Topic: Prenatal Yoga

rani sebenernya sih gak promote untuk lancar lahiran sih, dia lebih promote untuk latihan pernapasan aja. yang penting pas lahiran normal. dan ya bagus karena kan walopun hamil tetep mesti olahraga, so it's a good choice to have yoga.

tapi setau gue kebanyakan yang akhirnya practice prenatal yoga ini adalah orang2 yang emang sering yoga sebelomnya ya, karena ya more or less sama tapi dengan pose yang lebih gampang dan stretch yang gak terlalu heboh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Prenatal Yoga

slesta, dulu gw niat banget ikut prenatal yoga, tapi hanya yang di rumah hehe, beli DVD dari gramedia judulnya prenatal yoga gitu, quite oldies tapi really helpful deh...padahal gw juga jarang yoga sebelumnya, tapi gerakannya bener" ngebantu, nggak susah dipraktekin pula. buat ngelatih pernapasan dan stretching bener" bagus, bisa ngurangin pegel juga karna ada teknik relaksasinya. recommended buat yang males pergi yoga keluar rumah, hehe.
oiya, kalo di jkt prenatal yoga ada di yogalight sama rumah yoga. pernah survei tapi lumayan mahal jadi akhirnya di rumah aja =)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

11

Topic: Prenatal Yoga

mbak Slesta, aku ikutan kelas prenatal yoga. dari mulai minggu ke 24. aku g baca thread ini euy, padahal udah niat mau foto2. sayangnya sekarang udah selse kelasnya. metariza, kalo disini sih disarankan setelah memasuki trimester kedua.

kalo kata guru yoganya sih, gerakan yoga yang dilakukan itu banyakan untuk melatih pernapasan (penting untuk proses melahirkan dan meredakan ketegangan saat kontraksi) dan relaksasi (penting untuk memusatkan pikiran saat kontraksi dan mengejan)

gerakan lainnya itu untuk memperkuat tulang punggung (dan pastinya sangat mengurangi back pain), trus pelemasan otot kaki dan paha (biar g gampang keram). oh ya dan pelvic floor training, katanya sih melenturkan daerah pelvic sehingga pas kontraksi itu lebih lentur.

juga diajarin cara melahirkan yang paling natural, misal squad position dan mengatur napasnya.

sjauh ini, menolong banget, apalagi dibagian mengurangi keram dan back pain, smoga pas lahiran nanti si latihan pernapasan dan relaksasinya berguna.

disini juga ada kelas aqua yoga. di dalam air pastinya, yang katanya lebih banyak manfaatnya untuk ibu hamil, mengingat beban nya udah tambah gede, kalau yoganya di dalam air, akan lebih mudah. lagi menunggu kelas, kalo dapet, insyaAllah bakal di review.

12

Topic: Prenatal Yoga

aku praktek prenatal yoga dari umur kandungan 5 bulan, belajar dari dvd *banyak dijual sih*
latihannya memang lebih ke pernapasan, relaksasi dan ketahanan otot2 vagina gitu...
begitu pindah ke surabaya aku ikut latihan yophita itu juga asik kombinasinya diakhiri sesi relaksasi untuk hypnobirthing..
tapi setelah semua yoga dan senam itu, melahirkannya malah harus caesar..yah yang penting sudah berusaha sihhhehehee
oh iya ada juga yang olahraga nya taichi, waktu itu aku pernah ikut kelas selfhealingnya reza gunawan suaminya mba dee pas umur kehamilan 6 bulan, sempet tuker cerita.. dan beliau cerita kalo olahraga nya taichi gitu khusus untuk orang hamil, latihannya dari dvd gitu deh..

charissarhanie : hehe giselle bundchen kayaknya masi sealiran sama heidi klum yahhh *teteup* untuk soal pengembalian berat badan kayaknya emang karena tipikal badannya juga ga naek banyak yaaa ;) *tetep iri ini sih :D
ayooo mama meta n mama2 yang lain..ber yoga laaah...sepertinya intinya sih, walau hamil kita tetep musti fit yahh biasanya orang hamil suka males olahraga, dengan alasan kehamilan itu.. nah yoga kayaknya salah satu olahraga alternatif karena kan ga high impact... dan lebih kepada latihan pernapasan dan ketahanan

13

Topic: Prenatal Yoga

dear mamas,

maaf nih nyambung lagi di thread lama. kebetulan usia kandungan saya udah masuk 20 weeks nih, udah pengen mulai yoga untuk latihan pernafasan dan persiapan melahirkan nanti.
sebenarnya di sini ada maternity yoga class, tapi per sesi bayarnya lumayan mahal euy, jadi pengen nyoba aja sendiri di rumah.

sekarang lagi coba browsing2 CD/VCD untuk panduannya, kebetulan nemu di sini:
http://www.hypno-birthing.web.id/content/wp-content/uploads/2008/06/yoga.jpg

ada yang pernah pakai CD/VCD antenatal yoga ini? kalau ada mau dong reviewnya....
kebetulan saya mau beli buku hypno-birthing di website yang sama, jadi klo review Antenatal Yoga-nya bagus, mau beli sekalian :)

makasih ya mamas...

14

Topic: Prenatal Yoga

Ikutan share yah mbak Slesta
Aku juga fans berat Yoga n Pilates, tp tetep menganut paham gratisan hehe..
Sejak persiapan nikah, dan sampe sekarang hamil 23 minggu, kerjaannya berburu video pilates di You Tube, trus didownload pake You Tube downloader/ DVD videosoft (softwarenya juga gratisan hehe)
Prenatal pilates/yoga biasanya beda-beda untuk tiap trimesternya.. Btw aku juga kombinasi ama Power walking (jalan cepat nonstop 30-60 menit) dan berenang..
Hasilnya? Badan seger, kenceng,mengurangi nyeri (terutama lower back pain), dan nggak buru-buru cari baju hamil.. stok baju lama masih banyak kepake ..

Mother of Universe

15

Topic: Prenatal Yoga

helloooo...salam kenal semuaaaa...

lagi kepikiran untuk ikutan prenatal yoga di bikram kemang, soalnya lucu...sebulan sekali suaminya disuruh ikutan supaya bisa bonding. kalo gue sih bukan cuma bondingnya, tapi seru aja sih ngerjain suami ikutan yoga hehehe :-p

apakah udah ada yang pernah coba prenatal yoga disitu?

16

Topic: Prenatal Yoga

Jaman hamil, rajin banget ikut kelas yoga.. tapi ikut kelas yoga yang reguler di G*lds Gym di MOI kelapa gading. Karena dulu udah sering ikut yoga di kampus, jadi pede aja ikut yoga reguler pas hamil.. SOalnya mau ikut yang kelas khusus prenatal harganya lebih mihil dan gak bisa tiap hari, kudu janjian dulu...

Untung ada instruktur yang pernah hamil, namanya mbak Patria. jadi dia kasih tau gerakan2 yang boleh sama yang gak boleh buat ibu hamil.. Sayangnyaaa... Gak kepikiran foto-fotoo... huhuhuuu.. padahal sampe bisa headstand sgalaa.... berasa rugi deh gak ada fotonya..

Tapi meskipun ikut kelas yoga, tetep aja lahirannya SC.. huhuhu... (ini sih karena ada faktor X-nya)

@ianaholic
ibu antar kota antar propinsi

17

Topic: Prenatal Yoga

koeliz Wow hebat banget masih bisa pake baju2 lama pas hamil (waktu trimester 1-2 ya?). Gue sih kalo badan ga banyak berubah, cuma perut aja yang majuuuu sampe celana pun ga bisa dikancing (tapi celana hamil kedodoran). Akhirnya sekarang gue masih pake celana kantor biasa tapi ga dikancing, mudah2an ga melorot karena retsletingnya lepas deh :P Eh OOT parah nih gue.

Gue sebetulnya tertarik sama prenatal yoga, di deket rumah gue ada tuh tempat yoganya. Tapii tarifnya gila, 4jt untuk 10x kedatangan. Mending gue beliin stroller aja deh.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Prenatal Yoga

nerusin OOTnya otty, gue malah ampe hamil tua masih pake baju2 lama kok. baju tapinya ya, bukan celana. kalo celana udah tuker ke celana2 karet/maternity pants mulei bulan ke-5.

balik ke prenatal yoga, dua kali hamil dua2nya gapernah ikutan krn mihill.. tp kynya pas hamil kedua ini sebenernya perlu sih, karena gue lbh ngerasa 'sakit2an' dibanding pas jaman hamil pertama. tapi kalo udah 33weeks gini udah telat kali ya, yowis nanti pas lahiran apapun yg terjadi terjadilah deh, hihihi...

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

19

Topic: Prenatal Yoga

otty ha? elo udah pake maternity dress ty? gue masih pake celana sebelom hamil nih. tapi sejak masuk bulan ke-4 kalo pake celana udah mulai dipakein belly band. berhubung ribet dan ogah beli maternity pants, jadinya gue dah males pake celana deh kalo ke kantor. kalo weekend paling pake leggings, kalo ke kantor gue pake dress aja.

charissarhanie belom telaattt!!! justru malah bagus ran... gih buruan! gue juga sejak hamil ke-2 ini malah belom olahraga sama sekali nih. abisan weekend-nya lagi ribet kesana kesini, jadi gak sempet terus. mudah2an abis mudik lebaran udah bisa rutin lagi.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Prenatal Yoga

hai..hai..
mau tanya udah ada yg pernah ikutan aquatic gym for pregnancy gak?
soalnya di rumah sakitku KK hospital,singpore adanya programnya aquatic gym gitu..jd kita akan gym di air dgn menggunakan baju renang..kocak yah..
pengen daftar tapi masih blom tau,mendingan ikutan yoga aja buat nafas apa gmn..mana yg kira2 lebih perlu..

21

Topic: Prenatal Yoga

otty wrote:
Gue pernah ikutan semacam seminar gitu, n ada sesi yoga di akhir acara. Namanya yopitha (semacam itu deh) gabungan dari yoga, pilates, sama apa ya lupa. Udah rencana mo ikut kelasnya setelah cuti, apa daya cuti blom dimulai eh anaknya udah lahir. Sayangnya, kalo mo ikutan kelasnya di Surabaya cuma ada hari kerja, makanya gue ga bisa ikutan.




wahhh baru baca thread ini dan kebetulan aku lagi di surabaya sampe awal november :)
nanya donk mbaaa..kelas prenatal yoga yang mba maksud di sby dimana ya?ada tlp yang bisa dihubungi mungkin atau alamat tempatnya?
makasih mbaaaa x)

enjoy your moment!
bisous Bundo de Jene

22

Topic: Prenatal Yoga

imu gue sih belom pernah ikutan yang khusus untuk pregnancy, tapi kalo aqua aerobic, which is ya aerobic di dalam air udah pernah. menurut gue sih emang paling enak tuh aqua aerobic, karena gerakannya jadi lebih susah karena ada faktor berat dari air, dan lebih keringetan daripada aerobic biasa. jadi harusnya buat mama yang lagi pregnancy juga bagus, karena gerakannya sebenernya ringan2 aja, tapi efektif.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Prenatal Yoga

aku ikutan kelas yopilates dari hamil 30w. baru ikutan sekali sih.
gerakannya ringan,lebih banyak diajarin buat pernafasan, latihan kekuatan kaki berdiri-setengah jongkok, latihan buat otot paha, sama latian konsentrasi. paling suka pas sesi relaksasi, bisa ketiduran beneran. meskipun kayaknya gerakannya enteng tapi keringetan deres lhooo, trus abis latihan tidurnya jadi enak.

24

Topic: Prenatal Yoga

haii.. mau tambahin informasi aja :
Sabtu lalu gw ikutan nyoba "prenatal Yoga' di Jakartadoyoga" menteng. Dalam seminggu disana dibuka 2 kelas, hari senin sore dan sabtu pagi.
Baru sekali ikut jadi belom begitu terasa manfaatnya,tapi sepertinya pasti akan berguna untuk mengurangi keluhan diseputar punggung dan pinggang serta pernafasan pasti jadi jauh lebih ok.
Bagi yang mau tau lebih soal prenatal yoga di jakartadoyoga , bisa telp di nomor (021) 3100071 atau di www[dot]jakartadoyoga[dot]com

Semoga bermanfaat..

25

Topic: Prenatal Yoga

* sebelumnya nyasar di thread senam hamil... eh ternyata ada threadnya sendiri.

Di bandung juga baru buka kelas prenatal yoga di Galenia Mom & Child Center.
Kemarin Sabtu liat latihannya ok juga. Ruangannya luas dan homy, Instrukturnya juga baik dan care bgt.
Ternyata gerakannya ga terlalu heboh ya... (selalu membayangkan yoga dengan ngelipet-lipet badan dgn posisi aneh2 ^.^')

Oya, ada yg pernah nyoba TaiChi buat ibu hamil??

Dear Mama, empowering yourself!! Knows better, Think Best, Choose Right... Gentle Birth, From the WOMB, For the better WORLD.