1

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

dear mamas,

mw tanya ada yg udh pernah ngalamin wasir pas hamil g y?(maaf y kl bahsannya aga jorok). Please share y.
Saya lg hamil mw 39 minggu n br skitar 2 hari ini kayany kena wasir deh, aga lumayan perih juga. Jd aga parno coz katany kl wasir bisa jd pertimbangan bwt ntar kl mw lahiran normal. Walo yg saya baca kehamilan sendiri bisa bikin wasir (karena rahim udh mulai gede n neken bagian usus besar kita makanya bisa bikin wasir)

Thanks y mamas sbelumnya :)

o ya maaf kl topic ini udh ada sbelumnya, coz saya cari sih kayanya blm ada ^___^

2

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

MilaBgr...aku pernah,tp gak ngerti mksd pengaruhnta gmn,,tkt pecah/keluar...(adduuhh maafkan yah bhsnya)..tenang aja,,mungkin bisa kurangin makanan berserat dan banyak minum air agar pupinya gak keras(aduuh maaf lg)terusnya kalo gak salah nanti pas mengejan saat melahirkan dan wasirnya takut keluar/gimana,,nanti sama dokternya biasanya dikasih tau,,dan sejauh ini sih aku udh 2 kali melahirkan normal tapi di vakum,,gak ada masalah,,tp ini menurt saya yah,,hehehe mdh2an sdkt membantu ;)

mom's sorry klo ada kata2 yg gak enak dibaca,,let me know tar biar ku edit,,hehe

3

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

MilaBgr & cittacitta: kaya'nya ngga apa2 deh ngomong rada jorok disini coz susah juga jelasin masalah wasir kalo ngga boleh nyebut kata2 tertentu :) Mods, boleh kan? Toh ini urusan kesehatan, kalo ada misunderstanding malah ribet. Lagipula, sudah pada dewasa juga :)

Well, let's talk about that little-cute-meat down there.. :D

Aku hampir selalu bermasalah dengan wasir, bahkan waktu masih gadis udah sering kena wasir, jadi pas hamil kemarin wasirku makin parah :( Wasirku jenis yang berdarah, kadang dagingnya keluar sedikit kadang ngga keluar, tapi yang jelas setiap kambuh selalu berdarah. Kalo lagi parah bisa nangis2 sambil keringet dingin di wc tuh, hiks.. T,T

Nah kalo untuk kasusku aku punya solusi yang selama ini Alhamdulillah selalu manjur. Jadi aku tuh kalo sehari aja ada makan pepaya wasirnya insya Allah ngga pernah keluar (baik darah maupun daging) untuk waktu 2-3hari kedepan. Jadi misal senin makan pepaya, selasa dan rabu ngga, pas pup hari kamis-jumat siap2 nongol lagi. So, aku usahain makan pepaya minimal 2hari sekali, kalo udah rajin gitu biasanya wasirnya ngga keluar lagi.

Yang belakangan kuketahui, ternyata untuk penderita wasir yang paling harus dihindari adalah buah salak dan ini bener2 pernah jadi worst nightmare untukku T_T

PERSALINAN DENGAN WASIR - TRUE STORY << apasiiihh? :D
Jadi ceritanya sekitar 1-2hr sebelum persalinan aku mendadak ngidam salak, belanja salak ke supermarket dan ngabisin sekitar 10-15bh salak dalam sekali nyemil (ini ngidam apa laper?). Alhasil malamnya pas pup wasirku kambuh jauh lebih sakit daripada biasanya karena campuran kondisi hamil gede dan ngemil salak *backsound: nangis sesenggukan sambil mukul2 dinding toilet* T_T

Besoknya, pas tiba saatnya persalinan aku ketakutan parah..bilang ke dokter bahwa wasirku baru tadi malam kambuh, dokter periksa dan ternyata memang keluar cukup parah. Tapi aku tetep kekeuh pengen normal, dan dokterku juga menyemangatiku untuk siap persalinan normal.

Akhirnya alhamdulillah aku bisa lahiran normal dengan bantuan dokterku menggunting perineum dengan jalur gunting yang beda dari biasanya, yaitu menyamping/menyerong alias tidak lurus menuju anus. Trus, saat sedang mengejan mengeluarkan kepala bayi aku diminta menaikkan bokong sedikit trus telapak tangan kiri dokter menekan anusku kuat2 sementara tangan kanannya bersiap menangkap bayi. Alhamdulillah dengan ditekannya anus saat mengejan bisa mencegah wasir semakin keluar saat persalinan :)

1 minggu setelah itu aku disuruh selalu makan pepaya sebanyak2nya karena pup pada kondisi pasca melahirkan normal kalau ditambah dengan wasir akan sangat tidak terdefinisikan rasa sakitnya *merinding* Alhamdulillah dengan makan pepaya banyak2 ngga ada masalah dengan pup pasca melahirkan, lancar jaya bok! :D

So, kesimpulannya: wasir saat hamil bahkan melahirkan dengan wasir yang kambuh jangan jadi alasan untuk menghindari persalinan normal, karena dengan kasus kambuh semalam sebelum bersalin aja tetep bisa lancar lahir normal :) Asal kasih tau dulu dokternya kalau kita lagi kambuh wasirnya, insya Allah dokter yang berpengalaman akan tau apa yang bisa dilakukan untuk mencegah bertambah parahnya wasir tsb :)

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

4

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ummubebek wah thanks buat sharingnya. baru tau kalo bisa sampe parah gitu yaa.. gue sering diceritain ama nyokap gue tuh, soalnya dia kena wasir pas lahiran adek gue. jadi rada beda kasus karena dia justru mulai kena wasir setelah lahiran adek gue gara2 ngejan yang salah apa gimanaa gitu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

MilaBgr,
gw alhamdulillah sih ga kena wasir pas lg hamil, tp ada temen gw yg pas hamilnya kena wasir parah sampe hrs bedrest total dr umur kandungan 7bln n terpaksa hrs lahiran caesar.
tp jangan jd parno dl ya mom, pengalaman n saran2 dr ummubebek bs dicoba tuh. utk lebih pastinya konsultasi lgsg aja dg dokter kandungan :)

bab ? atha ? kae ? nda

6

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

walopun pas hamil (dan seumur2) belum pernah wasir. ternyata setelah lahiran sukses diintimidasi mbah2 yg melarang BAB sebelum 5 hari (sepasar), katany tar jahitannya putus or 'bibir bawahnya' merot. jadinya baru berani BAB setelah seminggu (setelah menghabiskan sebutir pepaya sendirian). itupun sambil berdiri pegangan dan nangis ..T.T

jadi, nanti2 akan mengabaikan anjuran BAB setelah 5 hari itu (lagian kek gt juga diturutin .. dudulz)

less ego, more heart

7

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ummubebek - wah baru tau kalo ternyata biarpun wasir kambuh sehari sebelum lahiran, masih bisa lahiran normal... good news banget nih! (dan seru abis baca ceritanya!)

MilaBgr - aku ga pernah kena wasir, tapi tanteku pas hamil anak keduanya, wasirnya kambuh berat... gue ga tau sih separah apa, tapi dokternya memutuskan untuk operasi wasir di usia kehamilan 6 bulan.

to cut the long story short, pengakuan sang tante: sakiiiiiit banget selama 48 jam lebih... karena lagi hamil, ga bisa pake pain killer banyak2.

jadi, kalo bisa pake sistemnya ummubebek aja. ampe merinding tiap kali denger cerita tante gue soalnya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

slesta: iya betul, aku juga sering denger ibu2 yang baru pada kena wasir justru setelah hamil dan melahirkan :( Sekarang nenek Naia masih suka kambuh ngga wasirnya?

ndatha411: aduh sampe harus bedrest segala kalo gitu udah parah banget dong T_T Memang segede apa wasirnya?

sidta: aduh simbah ada2 aja deh.. :( iya lain kali mah cuekin aja saran2 ngga jelas gitu

thalia: kakak iparku juga ada yang dioperasi wasir, dan setelah itu dia selalu campaign kemana2 kalo sebaiknya hindari deh yang namanya operasi paling menyakitkan sejagat raya itu << beneran deh nih..ngga lebay, emang gila2an sakitnya, dokter kandunganku aja bilang tidak ada operasi yang mengalahkan sakitnya operasi wasir T_T

Tapi baru2 ini temen ibuku yang wasirnya gede banget sampe seukuran sekepalan tangan--lututku lemes tengkuk merinding pas pertama denger--cukup disuntik di RS Persahabatan Rawamangun hanya dalam beberapa hari wasirnya langsung kempes dan tanpa sakit. Kabarnya itu metode baru pengobatan wasir tanpa operasi. Tapi ngga tau ya, aman atau ngga buat bumil.

Yang jelas paling utama tuh untuk sembuh dari wasir adalah doa minta kesembuhan sama Allah dan buat dirimu mabuk pepaya-ng :p

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

9

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Dulu gue kena wasir pas hamil, lupa pas kehamilan berapa bulan tapi udah cukup besar. Mana gue ga tau itu wasir, taunya pas doing my business tiba2 ada darah yang netes. Panik gila, kirain ada apa2 sama janinnya. Ga sakit sih, cuma ya ada darah yang keluar (beberapa tetes doang). Setelah baca2, katanya itu wajar seperti yang udah dijelasin sama milabgr.

Yang cukup membantu:
- minum air putih yang banyak
- makan sayur n buah sampe mabok
- jangan paksa ngeden pas BAB, kalo dipaksa dijamin bakal berdarah

Kayaknya gue sangat beruntung deh, ga ada sakit sama sekali n keluarnya sesekali doang kalo gue lupa makan buah/sayur yang banyak. Tapi pas melahirkan emang jadi PR buat dokter gue, dia bilang wasirnya kenapa gitu sampe dia harus ngejait n ngakalin supaya ga perdarahan parah (kayaknya sempet ada perdarahan dikit tapi gue ga sadar). Selesai dijait baru gue dibilangin tentang perdarahan itu, n jaitan gue udah kayak diobras alias banyak, ditambah gue ga boleh duduk sampe 10 jam (padahal melahirkan normal biasanya 6 jam aja) thanks to my wasir. Gue juga sempet kliyengan n ga boleh tidur sampe 2 jam (yang jagain gue dipesenin untuk ngebangunin gue kalo gue menunjukkan tanda2 mo tidur), ngantuk bener deh waktu itu. Kayaknya gara2 kehilangan darah agak banyak ya. Alhamdulillah setelah melahirkan ga muncul lagi tuh wasir.

ummubebek Ga kebayang sakitnya gimana, alhamdulillah gpp ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

10

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

MilaBgr,

wow merinding bacanya :)
dulu waktu hamil enzo aku dilarang ngeden sama dokter, katanya bahaya buat ibu hamil kalo kena wasir
-jadinya aku emang banyak minum air putih aja sampe mabok kayak otty :P
-bersahabat sama buah pepaya dan melon
-ikut kelas senam hamil (diajarin cara ngeden yg betul)
-kalo mau pupi aku pake bantuan faktu (sejenis obat wasir yg kayak lilin kecil yg dimasukin lewat anus), dokterku bilang sih gpp buat mencegah luka
-bener2 gak maksain ngeden (takut soalnya)
-minum obat yg judulnya 'ambeven'

ummubebek - duh ngebayanginnya sampe sakit ubun2.. ;p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

hi! Gw udh 36w.. Minggu kmrn br ngeh kl muncul wasir tp daging aj gk ada darahnya. Pengennya sih bsk lahiran normal. Kl ttumbuh daging aja gt tetep bahaya gk ya kl mengejan pas melahirkan? Thanks

12

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ummubebek - "operasi paling menyakitkan sejagat raya..." --> iyaaa, tante gue juga bilang yang sama! blum pernah ngalamin sakit sehebat itu, katanya.

duh, amit2 deh... moga2 mama2 disini ga usah ampe operasi yaa....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ummubebek,
ga ngerti segede apa wasirnya, yg pasti hrs bedrest krn kl dia kebanyakan duduk/gerak jd pendarahan.
duh, baca thread ini jd ngilu sendiri :|

sidta,
itu si mbah ada2 aja yah. gw dl wkt abis lahiran yg ada setiap masuk kamar di RS susternya nanyain udh BAB belum? trs setiap makan 3xsehari itu pasti dikasih buah pepaya, berhubung gw ga doyan pepaya ya ga gw makan :D selain itu sih dlm hati kecil gw berdoa *duh kl bs jangan kepengen BAB dulu donk, ga kebayang aja sakitnya kena jaitan*

bab ? atha ? kae ? nda

14

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

cittacitta : Iya saya gugling da yg bilang bisa sampe pecah gitu n bisa jd pendarahan, ngeri bgt makanya

ummubebek : wah ternyata udh kena wasir dr gadis y. Saya juga bukan termasuk kategori yg BAB tyap hari tp alhamdulillah g sampe parah ky sekarang. Hm kebayang deh gmn g enaknya.
Ok deh saya coba tips pepayany n say no to salak, mdh2xan cocok jg.
Duh ngeri juga y pas mw ngelahirin malah kambuh wasirnya (mudah2xan saya g ngalamin). Yupz saya jg mw keukeuh minta normal ah k dokternya, semoga dokterny berpengalaman kaya dokternya ummubebek, smangat!!!(apa coba he3x). Nanti sore sih mw cek rutin skalian cerita masalah wasirny mudah2xan beliau tetep mw dukung bwt lahiran normal. Makasih banyak bwt tipsny, ngebantu bgt ^___^
wah ada cara baru y nyembuhin wasir tanpa oprasi?he3x tp tetep coba cara yg murah meriah tp aman dr ummubebek dulu = makan pepaya. Yupi sambil truz berdoa byar wasirnya sembuh

sLesTa : iya katany banyak juga yg kena wasir pas abis lahiran y

ndatha411 : wah parah bgt y wasirnya mpe harus bed rest gitu (baru denger soalny wasir harus bedrest). He3x tenang aja tetep smangat bwt lahiran normal ko stelah denger sharingnya ummubebek :)

Sidta : hm g kebayang deh gimana g enakny perut nahan BAB 5 hari :(

thalia : iya mending pake carany ummubebek aja drpd oprasi yg g kbayang sakitnya gitu, dengernya aja udh ngeri

otty, eka : makasih tipsnya. Iya nih tragedi wasirny juga gara2x ngeden dgn skuat tenaga pas BAB, jadi deh. Kapok deh g mw maksain lg ngeden kl pas BAB. Duh smoga g sampe d jait kaya gitu y wasirnya

pockycan : wah ada yg senasib nih (he3x sakit bareng ko seneng), ayo kita smangat bwt tetep lahiran normal kaya ummubebek. Byar g jd parah kyt saya, jgn maksain ngeden kl BAB.Smoga lancar n normal y lahirannya, kita saling mendoakan amiin

thalia : iya naudzubillah, mudah2xan g kjadian deh amiin

Thanks y mamas bwt sharing n supportny

15

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Dear mamas,

Kmaren udh ke dokter, alhamdulillah kata dokternya "kamu masih muda, g sah kwatir, insya Allah walo wasir bisa normal ko". Lega deh dengernya. Kt dokterny yg aga riskan itu justru wasir vagina (nah loh baru denger) karena pendarahanny bisa banyak (naudzubillah). So bwt mamas yg ngalamin hal yang sama ma saya, g sah kwatir masih bisa bgt ngelahirin normal walo wasir, smangat!!!
Alhamdulillah skarang wasirny g sakit lg, thanks to advise ummubebek n saya juga jd monster buah he3x, jd BABny lancar n g hrs maksa bwt ngeden. O y yg pedes2x hrs d hindarin bgt ternyata bwt yg lg wasir kata dokter saya.

Yg saya aga kwatir malah wkt kmaren cek k dokter katany bayiny br sedikit masuk panggul (usia kehamilan saya udh mw 39minggu), pdhal kt instruktur senam hamil kl hamil anak pertama minggu k 38 harus udh masuk panggul babynya. Ada yg udh pernah ngalamin g mamas?gmn carany byar bayinya cpt masuk panggul y?
Mohon masukannya y mamas

bwt moderator maaf kl saya hrs bikin judul baru or ini udh pernah d bahas, please let me know..

16

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

MilaBgr - yay! glad to hear that! untung ga usah pake obat2an dan operasi ya :) btw, wasir vagina itu apa ya? baru pernah denger juga...

ttg gimana caranya biar bayi cepet "engaged", silakan dibikin topik baru ya. blum ada topik spesifk ttg itu kok.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

wah tambah ilmu..
thanks 4 sharingnya ummubebek dan mamas yang lain.
gak nyangka sampai sengeri itu yah yang namanya wasir. bacanya ampe linu. eh wasir itu = ambeien kan?

MilaBgr
thank god gak perlu operasi. kl wasir vagina apalagi itu? baru denger. kalau wasir 'biasa' itu potongan usus yg keluar, kalau vagina 'rahim'nya yg keluar gitu? cmiiw.. kalau tukang pijet blg 'peranakan turun'?

btw, kiwi katanya juga bantu BAB loh. aku di sini gak ada paya, jadi seringnya kalau 'bumpet' makan kiwi :)

18

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ooo ada wasir vagina ya? jangan2 temen gw yg hrs bedrest ini wasir vagina, soalnya dia pendarahan trs. apalagi kl tertekan oleh janin. ugh serem bgt, cuma baca aja ngilu linu jd satu nih :|

fanny,
iyah wasir itu ambeien. obatnya cuma satu kynya ya, banyak2 makan buah n sayur biar lancaaarrr... :D

MilaBgr,
Alhamdulillah udah wasirnya udh ga sakit lg, mudah2an bs lahiran normal. mama n baby sehat walafiat, amiiiinn..
dl gw biar baby cepet masuk panggul disuruh rajin2 sholat sunah ma mertua. kl jaman dl kan dianjurkannya ngepel nungging tuh, tp jaman skrg ga ngerti jg masih ada ibu2 yg mau ngepel nungging ga ya? :P jd mendingan rajin sholat sunah aja itung2 tambah pahala :D pokoknya intinya sih sering2 posisi nungging kyk sujud deh. good luck ya mom! *btw mamods, diriku bales disini jgn disemprit ya. ga ketemu thread khusus ttg ini :) *

bab ? atha ? kae ? nda

19

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

ndatha411 - ttg gimana caranya biar bayi cepet "engaged", silakan dibikin topik baru ya. blum ada topik spesifk ttg itu kok... *priiiiiit*.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

20

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Dear mamas,

Iya alhamdulillah masih bisa banget bwt lahiran normal. Makasih y mamas bwt doa n supportnya ^____^

mba Thalia : Makasih y supportnya. Ok ntar saya bikin topik baru y

All : iya saya jg baru denger ada wasir vagina, cuma g berani nanya apa itu wasir vagina k dokternya takut jadi parno

Betul betul betul (upin ipin he3x), kl wasir or mencegah wasir mang paling aman jd "monster" buah n sayur he3x

21

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

untuk urusan wasir a.k.a ambeien ini udah urusan dari SMA nih...
dari kecil, membesar, ngecil lagi
udah coba salep ini itu, kedokter juga kebetulan di magelang kampung halaman ada dokter ahli yang pake cara ala tiongkok gitu untuk nyembuhin dengan diputusin pake benang, untuk sepupu gw ini ampuh banget dan ga sakit, bokap gw juga pake cara ini ampuh dan ga sakit
karena ada satu sepupu yang operasi ambeien..katanya ini operasi paling sakit untuk keadaan pasca operasinya,karena banyak saraf diujung sana *cmiiw*
kalo ambeien gw kebetulah ga bs disembuhin pake benang itu karena tipenya beda gitu, ambeien sendiri ada yang didalam ada yang diluar..
nah punya gw yang ditengah2 gitu didalam tapi membengkak jd keluarnya sedikit ajah..kalo yang bisa diputus pake benang itu yang keluar..
sebenernya yang bikin ambeien gw tambah parah adalah hobi gw makan pedes, udahlah apalagi kalo pedesnya dari cabe yang buat bakso atau soto..alamakkkkk alamaakk..
nah pas hamil karena gw rencana utk melahirkan normal, dan inget pengalaman sepupu yang pas melahirkan ini si ambeien juga ikutan brojol gw langsung coba browsing gimana nyembuhin ambeien tanpa operasi
nah pas banget gw nonton di Metro TV acara healthy life kalo ga salah waktu itu, jadi dibahas penyembuhan ambeien ini ada ahli nya itu prof.baffar
gw coba cari ternyata beliau buka cabang disurabaya
dan setelah konsultasi kesana, untuk penyembuhan total sih ga bisa karena ada jamu yang harus dikonsumsi, tapi untuk mengurangi sakit dan semakin bengkak mereka kasi salep *sebagai bagian dari terapi*
sejak umur kehamilan 7 bulan pake salep ini...emang manjur yah, ambeien mengecil..*tentunya ada pantangan2 juga kayak cabe gitu udah haram seharamharamnya huhuhuuu* tapi demi demi demi...
eh ternyata pas waktunya harus caesar...jadilahh abis melahirkan bandel lagi, makan pedes dan skrng mulai kumat lagi

22

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

wahhh saya juga mengalami wasir a.k.a ambeien ini dari sejak belum hamil,tapi gak pernah terasa sakit,cuma ada kayak daging yg menonjol.waktu hamil saya konsultasi ke dokter dan dokternya bilang gak apa-apa terbukti saya bisa melahirkan normal dan si wasir gak bikin masalah selama proses melahirkan itu.
tapi..
setelah melahirkan,wasirnya jadi sakit dan berdarah,sama dokter saya dikasih obat borraginol-s yg bentuknya kayak peluru untuk dimasukkan ke (maaF) anus.setelah diberi obat sembuh tapi kadang masih kambuh,kalo saya kebanyakan makan pedas.
berhubung saya gak doyan dan bahkan pobia sama pepaya jadi saya gak pernah makan pepaya,padahal kalo baca post mama disini pepaya itu obat yang ampuh banget ya.
selain pepaya apalagi ya buah yang bisa membantu mengurangi wasir?

love zahra,berumon and books

23

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

Aku juga waktu hamil ngalamin wasir... duh malu abis deh. Usia kandungan 34w, terus ngerasa gak enak banget pas duduk. Seumur2 belum pernah tuh wasir, dan gak ngerti wasir tuh kayak apa. Cuma aku ngerasa kok duduk jadi sakit, aneh gak dan konfi... so tanya ke nyokap, terus nyokap teriak "KAMU AMBEYEN!!"
Gua langsung sedih, padahal kalo makan buah, selama hamil tuh tiap hari buat es buah pake susu dan bermacem2 buah2an kecuali pepaya. Terus ngomong ke suami dibilang "Masa kamu kena ambeyen seh? Penyakit gak elit banget!" Tambah sedih lagi. :(
Akhirnya ke dokter kandungan, komplen kenapa kok bisa kena ambeyen. Dokter ngasih tau emang bisa terjadi ke ibu2 hamil. Dan solusi nya dikasih Trombopop (bener gak tulisannya?). Diolesin di tuh wasir, beberapa hari kemudian ilang deh sakit nya.
Setelah lahiran (aku lahiran ceasar seh) gak pernah kambuh2 lagi tuh wasir... :D

24

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

@ummubebek : makasih sharing n tips2nya ya...
kebetulan pas hamil anak ke-3 kemaren, saya juga ngalamin wasir (emang sih gak sampe keluar darah n daging, hanya pembuluh-nya aja). pas kontrol ke Sp.OG katanya wajar karena memang pembuluh itu tertekan dinding rahim yg makin membesar. CMIIW

Alhamdulillah masih bisa persalinan normal (walopun abis itu BAB pertama setelah lahiran ampe nangis2, hehe...). Tapi setelah minum air putih yang banyak, maem Pepaya sampe eneg, ngemil Yoghurt, maem sayur berkuah, Alhamdulillah BAB-nya jadi lancar. Pokok'e kalo saya musti mraktekkin jurus sederhana ini deh ^^ (secara bukan orang yg termasuk lancar BAB-nya, hehe...)

bunda-nya saLamah, naiLah 'n uKasyah
Diary Keluarga saLamah

25

Topic: Wasir Saat Hamil & Melahirkan

wah sama nih, aku juga pnh ngalamin wasir di trimester pertama. itu krn aku ga bisa nyium bau air putih sama skali tp masuk trimester kedua udh bisa minum air putih BAB nya jd lancar. jadi sma seperti mamas yg lain biar ga kena wasir harus byk minum air putih, makan pepaya & serat aja.