1

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Guys.. noleh dong dishare ttg gimana caranya ngajarin anak kecil >3 tahun berenang.

Sebelum berbagi tips, ada beberapa hal:
1. ini bukan baby swimming tips. Kalo itu bahasannya udah ada di sini: http://theurbanmama.com/forum/topic12-baby-swimming.html

2. Kalo bisa kita bagi tips yan mulai dari nol ie: karena waktu kecil ga kenal sama neck rick, swim trainer etc etc. Kalo sekarang bayi-bayi TUM lumayan terekspos ke berenang karena thread di atas. akakak-kakanya ini yang gue bingung.

Gue lagi rada clueless sama Aldebaran 4yo. dari 1 tahun udah mulai berenang tapi gak konsisten dan dia gak pernah bisa melawan rasa takutnya. Mungkin dulu antara 1-3 tahun gue sepertinya salah dalam mengajarkan (mungkin guenya terlalu berambisi) jadinya dia malah reluktan.

baru tadi ada setelah 4 tahun Aldebaran bisa ngapung 4 detikan. Itu juga setelah bujukan maut etc etc. sementara kita juga sabar, sabar juga ada batasnya kali ya. Dulu bokap gue ngajarin renang dengan biarin gue nenggelemin begitu aja. Sekarang mau kayak gitu malu sama penghuni yang laen wakakak.

The fact that he was already ngapung 4 detikan, I guess, already a progress but i do wish to find a way that is less hassle ke gue dan less trumatic ke dia (gue gak tau apakah cara gue yang sekarang ini bikin dia trauma).

Any tips on how to progress better?

Please do share your versions guys, thanks!

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

2

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Adhit,
Neck ring kali ya maksutnya?

Aku share pengalamanku aja ya dhit.
kalo aku lebih nekenin ke arah 'fun', urusan teknik mah belakangan. Tar jg ngerti sendiri kalo anaknya udah 'suka' sama berenang.

Waktu kecil gw diajarin bokap berenang, dan keluarga dan sepupu2ku semua seneng berenang (intinya smua seneng main air sih sebenernya).

bokap dan nyokap orang kampung, jadi berenangnya dari kecil itu ya di laut, di danau dan di kali gitu dhit.. (bayangin serial 'si bolang' atau 'anak 1000 pulau' deh). Dan ada kewajiban turun temurun untuk ngajarin anak2nya berenang.

waktu kecil aku habiskan di manado, yg akses ke pantai deket banget. Jd pertama ngerti 'renang' ya berenang di pantai itu. Dan taunya maen air, bapak ga pernah ngajarin
'pelajaran renang' kayak di sekolah.

imo, alde belum telat koq. Justru pas banget tuh, krn otot2 dan tulangnya kan udah terbentuk dan kuat untuk berolah raga termasuk olah raga renang.

Yg penting 'fun', kalo takut trauma dicari dulu penyebab traumanya apa.
yg paling umum itu:

1. Suhu dan warna air. Aku paling takut sama Air dingin (dingin menjetut gitu deh) dan warna kolam yg butek yg ga keliatan dasarnya, ato warnanya terlalu gelap (biru tua ato ijo tua) ;
Tapi kalo di kolam apartemen sih kayanya aman ya, krn suhu dan jenis airnya udah distandarkan sesuai peraturan utk bikin kolam.

2. 'instruktur' galak; instruktur yg sering maksain, menyalahkan dan suka bentak2.. What do u expect from a 4yo boy gitu lho.. Having fun aja..

3. merasa asing; kalo udah kenal sama para user di kolam, berenang akan lbh menyenangkan. Waktu kecil dulu aku berenang sama abang2 dan sepupu2 . lalu sama anak2nya temen bapak ibu, dan ga ujug2 berenang bareng, sebelumnya sempet ktemu dlm acara ngupi2 ato ngeteh2 (inget krn aku suka ikutan ngupi pake tatakan gelas, dan abang2 ku suka ngabisin sisa kopi n teh-nya para tamu lewat sisi mulut gelas yg ga ada cap lipsticknya). Jadi acara berenang bareng (main air bareng)itu pas udah saling kenal.

4. Gak ada safety tools: walopun kolamnya dangkal, peralatan musti lengkap, walopun akhirnya ga kepake. Yg basic2 aja kayak Kacamata renang, pelampung, baju renang yg nyaman (kalo kita udah ga ngerasa nyaman sama baju, renangnya gak asyik), topi renang dan sandal karet. Beliin yg betulan, kalo aku lebih suka pake yg product Speedo/Adidas dibanding yg ada gambar barbie2 ato hello kity gitu. Make them feel like a pro, kayak bapak ibunya. Ah ya, aku jg punya perahu karet dan dayungnya.

5. Bapaknya ato ibunya yg ngajarin harus ikutan nyebur dan ada di deket2 anak, biar anak percaya dan ngerasa aman ada yg melindungi. jgn neriakin dan tepuk2 tangan dari pinggir kolam aja. Dulu aku nempel banget dan meluk kenceng2 bapak lho, saat bapak ngajakin 'memeluk ombak', aku malah meluk bapak, bukan meluk ombaknya. Pas belajar nyelem, aku taunya belajar buka mata di dlm air. Dan rasanya seneng kalo bisa buka mata di dlm air, krn selain bisa nemuin bintang laut (abang2 dan sepupu2 suka bikin games buat banyak2an nemuin bintang laut) aku juga liat ada wajah bapak yg ngelindungin. Dan itu cuma di pinggir pantai, yg kalo bediri paling selutut ato sepaha doang airnya.

6. ada perasaan guilty kalo ga bisa menuhin keinginan ortu/instruktur, itu jg bikin ilfeel, buatku. Waktu sekolah dulu, kalo lomba renang atau les renang itu ya, males banget. Krn mungkin i do it for others bukan untuk kepuasan sendiri, jd ngerasa kayak ada beban gitu, ga asyik. Berasa salah kalo ga menang atau kalo ga achieve target, misalnya bisa renang bolak balik dalam waktu sekian menit dsb...

Suka kasian kalo inget adikku. Dia lahir di bandung yg saat itu kolam renang ga secanggih skrg. Komplek kita ga punya fasilitas kolam renang, ada kolam renang tapi jauh. Jd yg deket itu yg kolamnya butek dan dingin. Dasarnya berlumut gitu. Instrukturnya gondrong; baik tapi tampangnya nyeremin. kalo weekend, kolamnya kayak cendol, jd bapak pilih jadwal latihan di weekdays, pulang kantor. Bapak ga ikut nyebur, krn malesin bgt kali kolamnyapun. Adikku nangis2 ga mau les renang, dan krn ga mau les renang itu, adikku belajar cepat dan langsung bisa pada 4kali pertemuan (hrsnya 12kali pertemuan). Jadi judulnya bisa karena terpaksa hahaha.. Dan mungkin krn emang turunan jd skrg adikku ya seneng2 aja berenang di mana aja, termasuk di kolamnya sma 3/5 yg spooky itu dan di kolamnya itb yg dingin itu.


Semoga alde having fun ya main airnya..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Adhit, kalau gue udah ngajakin alyssa renang dari bayi. tapi kayak Eka, cuma pengenalan aer aja, biar dia gak takut. Dan gue dan Jo juga selalu ikutan renang yah..
Saat Al udah gedean, kita pakein dia ban yg di tangan itu. kenapa? karena mnrt gue itu yg paling bikin dia bisa gerak bebas dibanding, misal yg bentuk jaket.
AL sih berani banget sama aer, tapi dia paling gak suka kalau mukanya basah... (artinya dia juga gak mau nyelem)
akhirnya kita ngakalin dengan beliin dia kaca mata renang, dan kita maen lempar koin, yg ngeharusin dia nyelem. sejak saat itu dia berani...
saat dia umur 5th, kita lesin dia berenang. baru2 ini dia dapet sertifikat 25 m. yay!
oya, pas terakhir les kemaren, salah satu 'ujiannya' adalah dia harus nyebur dari papan start (dikolam semi olimpik). tyt kata instrukturnya, ngajarin anak loncat masuk air itu penting, karena kadang anak udah jago renang, tapi begitu kecebur mendadak, mereka bisa kehilangan orientasi (panik). dengan melatih cara loncat mereka jadi gak panik, dan tahu atas bawah.. gitchu.. HTH.

4

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Thanks Eka and Fanny. tapi ngebujukin maunya itu dan untuk dia mengalahkan rasa takutnya yang gue mulai struggling sih sebenernya. Dan itu yang gue cari. Kayak Alysa yang kalo dilempar koin dia wajib nyelem. It works kan. Tapi gimana caranya gue bisa ngebujuk dia untuk mengumpulkan courage untuk itu?

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

5

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Sorry malah nanya balik, sebenernya anak harus atau setidaknya ekspektasi orang tua, idealnya anak bisa berenang umur berapa sih?
Seinget gue, dulu gue baru bisa berenang umur 7 atau 8 tahunan gt deh. Itu termasuk telat ya? Hehehe, emang gue agak penakut dan ada trauma pernah kecemplung di empang daerah puncak sampe pernah kelelep di danau daerah cibubur. Tapi harusnya kalo gak ada trauma, bukannya hampir tiap anak suka main air ya? Apalagi sekarang kolam renang bagus2, udah gitu banyak mainannya..

Menurut gue, kalo mau ngajarin anak di tempat cetek dulu (at least yang kedalamannya bikin dia gak kelelep kalo berdiri) sambil main2 sampai dia merasa nyaman di air, baru deh naik ke step nyelam menyelam, kejar2an.. Atau apapun yang dilakukan dengan fun. Tapi ini gue juga belum pengalaman sih, ini kan teorinya.. Kalo prakteknya belum ngadepin juga :p (sambil menyimak cara2yang bisa dicontek kalo tiba2 Nata jadi takut berenang)

Oya, kalo gue ngelatih napas dengan cara siram kepala Nata pake shower pas lagi mandi.

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

6

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Adhitya, mengenai Aldebaran yg kamu bilang gak pernah bisa melawan rasa takutnya terhadap berenang (atau air kolamnya?), itu juga terjadi di aku, soalnya wkt kecil dulu aku telat bgt belajar renang, sama Ortu baru dikursuskan saat usia 14 tahun, lbh telat jauh dr bunnia.. :p

Baru 2 bulan latihan aku udah merasa sok expert gara2 ditantangin temanku utk berenang di kolam yg paling dalam, diam2 tanpa sepengetahuan pelatihku yg jg lg sibuk ngajarin anak lain. Krn lintasannya cukup jauh, aku kecapekan di tengah2, alhasil tenggelam lah aku entah smp berapa lama, tau2 wkt sadar aku sdg diberi nafas buatan & ngeliat orang2 yg pd ngerubutin aku..

Aku ngalami trauma hebat & berkepanjangan *lebay* :p, sempat vakum smp bbrp tahun, tp wkt awal kuliah mulai mencoba memberanikan diri utk nyemplung2 dikit di kolam dangkal, trus berenang di kolam sedalam 1,5 m. Pulang dr berenang nonton film "Jaws", begitu masuk kolam mlh trauma lg deh ngebayangin ada hiu raksasa di air (gile, kenapa gue jd trauma melulu gitu ya?! :D)

Krn aku gak terima dgn keadaan ini, aku gak pengen Nendra ngalami hal yg sama kyk aku, yaitu gak pernah bisa melawan rasa takut terhadap air (plus kegiatan dgn air). Kayaknya tips dr eka bagus bgt tuh, yaitu kegiatan berenang & main air dibikin fun, serta kreatif bikin game2 menarik kyk pengalaman Fanny :)

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

7

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Aditya, anakku yg kedua jg takut air, tadinya gak suka berenang. Aku memang telat ngenalin berenang, udah 2 tahun lebih baru diajak berenang, soalnya aku delay imunisasi. Aku yg paling penting imunisasi lengkap dulu baru diajak berenang. Mula2nya mang susah, tapi seperti yg Eka & Fanny udah bilang di atas, kita ajak utk fun, jadi biar dia water confident dulu.

Utk anak yg udah gedean 3-4 thn, emang mesti bertahap, gak bisa langsung dicemplungin, karena mereka udah gede rasa takutnya. Sedangkan utk bayi, lbh gampang, langsung cemplungin spt anakku yg pertama, krn waktu itu kita tinggal di south africa, di rumah ada kolam renang, jadi dia udah kursus berenang for safety sejak umur 1 thn.

Buat anakku yg kedua, aku beli games buat di kolam renang spt sinkers, banyak macamnya ada yg bentuknya spt sticks atau rings atau ikan2an, coba liat di sini lalu pertama2, aku biarkan aja anakku main di pinggir kolam renang, dia paling nyemplungin sinkers, diambil, loncat2. Lalu kalo udah mulai confident, aku suruh blow bubbles di air, terus main bola2, suruh ngejar bola2, terus mulai tuh dia agak berani, aku suruh pegang swimming noodles
http://www.gb-sports.co.uk/water_woggle.jpg
http://www.gb-sports.co.uk/water_woggles.jpg
Di jakarta, ada gak yah, kalo ada tolong kasih tau yah. Aku suruh dia kick, sambil aku pegang, tapi gak aku tarik, dia kick sendiri, pelan2 aku gak pegangin lagi, suruh dia kejar bola. Sesusah itu, introduce swim floats, pertama2 2, satu di tiap tangan, kayak sayap, lalu pelan2 itu noodle diambil, tanpa noodle tinggal floats.

Kasih rewards setiap abis berenang, mungkin bikin spt progress card atau buku, kasih star sticker setiap selesai berenang, lalu mungkin kalo udah 10 stickers dapat treat, etc.

Jangan terlalu pasang ekspetasi kalo anak mesti bisa ini itu. Ikutin aja maunya, kalo dia gak mau lakukan sesuatu, bilang aja, gak apa2, kita coba lagi besok yah. Oh, iya, anak2 kadang takut mencoba, jadi utk encourage dia mau mencoba, suruh dia coba dalam hitungan 10 detik, kita hitung, 1-10, lalu naik sampai lebih lama.

Swimming noodles itu juga bisa dipakai utk belajar ngambang, gaya punggung, pertama2 dia takut, kaku banget, lalu aku suruh liat atas, liat langit2, pertama2 memang harus dipegang, dia kick. Basically, just take it one at a time and make it fun. Sekarang, anakku udah ikut les berenang, jadi bukan aku yg ngajarin lagi. Dari yg gak suka air, sekarang ngajakin berenang mulu..

Have fun swimming!!

8

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Adhit
Gimana kalau lo ajak Arza renang, sementara Alde nonton aja dipinggir ama NInit. Nggak usah komen apa2, nggak usah diajakin, just have fun with Arza. Siapa tau nanti Alde 'ngiri' dan jadi pengen ikutan.
Dan usul Eka dan Indie top banget tuh, ajak Alde belanja beli alat2 dan mainan buat maen air. bola, pelampung, celana renang, kacamata, etc.. Tapi intinya maen dulu Dhit, ntar kalau dia udah nggak takut baru mulai dikenalin dg 'renang'

9

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Ah.. Raka pernah les renang di apartemen, cara ngajarinnya ngga cocok sama Raka soalnya ya gitu caranya dilempar dan dibiarin nyemplung. Sempat minum banyak air kolam hekeke dan gue perhatiin Raka malah gak hepi dengan les renangnya. Yaudah cuman bertahan sebulan.

pengen masukin klub renang di sekolah krn yang ngajar lebih pro (kali ye soalnya dari Jakarta Aquatic) tp gak jadi krn waktunya ngga pas.

jadinya skrg sering renang aja sama ayahnya. berenangnya pake ban tangan itu, kadang pake papan pelampung. kalo pake ban tangan bisa lebih dilepas berenang sendiri, kalau pake papan pelampung belum bisa jauh-jauh (one arm away aja, soalnya bapaknya jg gak pede).

kalo gak pake alat bantu dipinggir-pinggir, jadi bisa pegangan pinggiran kolam. sebelah tangan pegangan pinggiran, terus kepalanya hilang timbul di air (belajar napas aja).. di sini tetep harus deket-deket.. one arm away lagi.

Raka blm bisa berenang mandiri sih Dhit, tapi udah doyan berenang. Kalo minggu pagi pasti ngajakin berenang.

Oh yang paling Raka suka tuh meluncur dari pinggiran kolam, pernah sekali waktu nemenin dia terjun-naik-terjun-naik gituuuu aja sejam kali. Kolamnya 1.5m, pake ban tangan. Emaknya nongkrong di dalem kolam aja.

And thelilsolder is back. Fire!

10

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

halo halo..

kalo ini sih pengalaman gue sendiri dulu waktu kecil ya, semoga berhasil di anak gue ntar kalo da waktunya belajar berenang, sukur2 berhasil di alde..

kalo gue duluuu, pertama kali nyempungnya di kolam anak2 yang cetek. pertamanya sih main air dulu, usulnya eka sama indie oke tuh, sebelumnya diajak beli mainan buat dimainin di kolam renang, kaya bola, ember, etc (mainan anak sekarang apa aja sih?). nah ntar biar main2 dulu tuh di kolam renang, sampe dia ngerasa nyaman di kolam renang. kalo dia uda ngerasa nyaman, pertama kali diajarin meluncur dulu di kolam cetek itu. dengan lo contohin, misalnya buat ngambil bola yang ngapung agak jauh dari tepi kolam, lo meluncur ke arah bola itu, ntar biar alde niru. kalo uda bisa meluncur, baru diajarin gerakan kaki, bisa sambil pegangan ke pelampung yang biasa dipake pelatih renang yang kotak gitu. biar alde tertarik mungkin dibikin kaya games kejar2an sama lo, atau teh ninit. pokoknya dibikin se-fun mungkin biar dia ga ngerasa dipaksa berenang. ini belum terbukti berhasil ke anak umur 4 tahun sih, cuma gue dulu waktu tk (atau sd?) kayanya begitu,hehe.. semoga berhasil.. :)

learning is a never ending process
@rhisuka

11

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Thanks guys atas semua masukannya. bener-bener useful dan nambah wawasan. Think we have passed fun and games beberapa tahun terakhir tapi tanpa progress karena Alde masih belum nyaman aja sama air. Ngeliat Adiknya berenang juga ga terlalu ngefek. Will take these into consideration tho.

Senjata terakhir gue saat ini adalah reward chart, bener kata temen2. Sekali ngapung dapet 4 stars = 5 beng beng. Dia suka bener beng beng. emang sih sugar tapi at this point gue juga mulai kehabisan ide.

Will let u know how this progresses.

Kalo ada yang lain mau sharing, please do ya. many thaaaanks!

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

12

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Dear all. mau ngabarin aja, tadi pulang kantor kita berenang 40 menit and that was the best 40 minutes in 2010 (lebay!)

Sebenernya ketika gue bilang 'berenang' dalam konteks ini bukan gaya kupu-kupu (ya iya laah) tapi rather gue refer ke 'mengapung' tanpa pegangan alat.

Nah dari tadi siang gue udah wanti-wanti ke dia, nanti sore berenang. We're going to have fun, I promise. dan gue ajakin Ninit dan Arza juga.

dia itu rada ga percaya sama gue karena gue terkadang ngelepas dia. jadi ketika gue bilang "I will not let u go", ternyata psikologi dia, "yeah right."

Sebenernya gue ngelepas dia karena gue pengen dia berprogress. well mungkin didikan old school ya. keluarga gue emang gitu. terkadang kita berniat memberi yang terbaik untuk anak, only to find kita memberikan apa yang kita terima waktu kecil.

Anyhoo, jadi tadi dia request pengen berenang sama mamah. Fine, dia berenang sama mamahnya. sama mamahnya dilepas dan mulai ngapung. Gue liat sih ini terjadi karena dia memulainya dengan orang yang dia bener-bener trust, completely.

Setelah ditepukin baru deh dia ketagihan. Dan minta 10 beng-beng. Baru deh nyaman sama gue juga. Sementara Ninit berenang sama Arza, gue dan Alde lama-lamaan ngapung. Seneng juga denger dia ngomong "Lagi Pak! besok lagi ya!"

Akhirnya tu anak ngapung juga. Kuncinya satu. Motivation/courage comes from trust.

O ya, satu lagi. Sebenernya bukan tanpa alat sih. Aldebaran itu memakai sebuah vest, entah ini apa namanya. tapi bener-bener membantu anak kecil ngapung. karena alat ini seperti jaket dan tidak dipegang/melingkari, jadi di saat mengapung, kaki dan tangannya belajar berenang.

Pros and cons dari alat ini:
cons: kata orang ini memberikan persepsi palsu ke anak bahwa dia bisa berenang, padahal alat ini lah yang membuat dia mengapung. maksudnya, katakanlah untuk mengapung, seorang anak harus mengeluarkan daya 1000 joule (cipak cipuk). dengan alat ini, 600 joule juga bisa ngapung. jadinya pas dilepas, confidence dia hilang.

pro: di saat dia mengapung, anak bisa konsentrasi tangan dan kaki belajar renang.

jadi ya memang alat ini tidak boleh dipakai sampai 20 tahun gitu ya. :P:P

Bagi gue, alat ini helpful banget. guepernah liat di ELC, harganya sekitar 230 ribu. Kita dulu beli di mothercare singapur. gue saranin sih kalo udah punya ban/pelampung, mending ga usah beli ini. Kalo emang baru bener2 mulai berenang dari nol, this device helps.
http://farm6.static.flickr.com/5041/5280151497_bca044e4ef.jpg

Kalo ada metode yang lain, tolong share yaaa.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

13

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

wah, alde pinter!
Tepuk tangan utk mama ninit :-)

Mungkin para bapak emang ga sabaran ya? Enzo jg gt, apa2 maunya sama mama first, bikin papanya pundung.

Tapi emang rasa aman dan nyaman itu koq yg ngebuat kita pede dan berani buat berenang.

Tmn sma gw jago renang di kolam olimpiade, tapi untuk berenang di laut dia ga bisa, krn trauma wkt kecil pernah tenggelam wkt perahunya kebalik.

Oh ya, gw dulu suka gelantungan di leher bokap pas brnang. Jd kayak digendong belakang gt loh.. Gw ngerasa aman aja kalo gt. Kalo pd, cobain dhit. Enzo jg suka gelantungan gt sama gw dan papanya.

Enzo blm bs renang, 'suka' sama air jg mood2an. Kalo air dingin dia males, tp kalo banyak temen dia semangat aja, lupa sama ketakutan dia sama air dingin.

Jalan2,lari2 dan lompat2 di kolam. Dulu nyokap suka bawa gw jalan2 di dlm air muterin kolam. Biar kita tau 'medan'. Karena walopun kedalaman air cuma sedada, kalo takut sugestinya berasa dalem bgt dan takut tenggelam. Jd pastiin alde tau kalo saat dia capek, dia bisa bdiri dan jalan2 aja di dlm air. Santai aja dhit, bisa krn biasa koq.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

14

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Naila juga termasuk anak yang takut air. sampe umur 3 tahun aja susah banget bisa masukin dia ke air selain jolang (ember datar) tempat dia mandi. seriously :D.

masalahnya dia sama sekali ga mau matanya kena air. keramas aja model di salon gitu loh, dia nyender di jolang dan rambutnya digerai ke belakang. kita keramasin dari arah belakang. pake kacamata dia ga mau, anehnya. jadi ya sabar2in aja nunggu momen yang tepat untuk ngajak dia basah2an di air.

umur 4 tahun dia mulai mau masuk ke air. itupun cuma leher ke bawah. jadi lucu juga kalo liat dia selesai berenang, rambutnya ga basah.

krn Naila punya asma, sebenernya kita pengen banget Naila cepet bisa berenang. tapi malah sama DSA-nya dibilang, "nanti aja Bu, kalo umur 6 tahun. otot & paru2nya udah kuat. dan harus belajar berenang beneran, bukan cuma main air. kalo cuma main air malah pilek dan asmanya bisa kumat."

yah gitu deh, jadi sebelum dia umur 6 tahun, kita banyakan cuma pengen dia 'berani' sama air dulu. baru pas umur 6 kita cariin guru renang. kenapa pake guru? krn Naila cenderung yg nurut sama guru, tapi berani ngelawan sama Ayahnya (gw ga mungkin ngajarin renang krn gw sendiri ga bs renang :lol: ). kalo gurunya bilang, coba tahan napas dan masukin muka ke air, Naila bakal nyoba. sebaliknya kalo Ayah yg bilang tahan napas & masukin muka, Naila bakal bilang, "GA MAU!!!!!" :D.

biar dia seneng, ya standar lah.. suruh milih baju renangnya & cap-nya sendiri. trus kayak Eka bilang, beliin kaca mata renang yg bagus, warnanya boleh pilih sendiri.

itu pun kita sempat ganti guru, sampe akhirnya nemu guru yg cukup sabar dan Naila ngerasa cocok. Naila butuh waktu lebih lama sampe bisa masukin kepala ke air. jangan ketawa ya, mau keramas di shower kamar ganti Bikasoga sambil menghadap ke depan (dan beresiko matanya kena air) aja baru dua bulan terakhir :lol: . sebelum2nya, kalo keramas di shower harus munggungin gitu.

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

15

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Pas nih, gue juga lagi kepikiran gimana caranya ngajarin Icha (3.5y) supaya bisa berenang beneran, gak sekedar ngapung, tapi bisa juga teknik2nya... Icha dari kecil berenang juga sebatas maen aer doang... Gak pernah pake neck ring ato apa gt, cuma ban yang dilingkerin di pinggang, dan dianya gerak2in kaki... Sama paling2 gue lepas bannya, trus posisi tengkurep dadanya gue tahan, dan gue suruh kecipak kecipuk kakinya... Tapi nahan nafas, muka dicelupin ke aer, apalagi ngelakuin gerakan floating, masih belum bisa...

Indie, swimming noodlenya kayanya good idea deh... Apalagi bisa untuk berbagai gaya...

Benernya kemaren gue dah pengen masukin dia les berenang aja, karna kebetulan ada deket rumah dan menurut pelatihnya, anak umur 3.5 tahun dah mulai bisa ikutan... Tapi kata ayahnya, mendingan gue latih dulu sendiri, karna secara tekniknya gue bisa (pernah les waktu kecil)...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

16

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

fanny wrote:
tyt kata instrukturnya, ngajarin anak loncat masuk air itu penting, karena kadang anak udah jago renang, tapi begitu kecebur mendadak, mereka bisa kehilangan orientasi (panik). dengan melatih cara loncat mereka jadi gak panik, dan tahu atas bawah.. gitchu.. HTH.


oh ternyata gitu ya? gue sempet sebel Raka maunya terjun-terjun meluncur doang (di sekolah abis latihan nyebur), ternyata ada kamsudnya kirain cuman iseng doang :D

And thelilsolder is back. Fire!

17

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

indie, Kl mau nyari swimming noodles ada tuh, dijual di Giant Hipermarket seharga Rp. 24.900,-, tp sayangnya gak dijual 'pengait' utk nyambungin ke-2 ujung noodle ini supaya bisa membentuk lingkaran pelampung. Aku udah nyoba beli 1, tp blm pernah kupake, ntar kapan2 mau kucoba, pasti asyik ya.. :)

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

18

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

waaa...al(4y) juga masih takut nih sama kolam renang. tiap diajak berenang, pasti deh perlu waktu dulu buat ngebujuk al masuk kolam, trus maunya dipinggir aja. maksimal tinggi airnya seperut dia, padahal kalo masuk ember di rumah airnya bisa sampe dadanya. kenapa ya mams? apa dia udah takut duluan dengan besarnya kolam renang?

19

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Dear all,
Aku dan suami sama2 cupu soal renang, bisa ngeluncur se-lebaran kolam renang aja tanpa trputus udah bagus banget buat kita (yeah..sooo pathetic,..:( ).
Tapi pengen nathan bisa renang, mungkin ga ya? atau kami harus kursus dulu unt bisa renang baru bisa ajarin anak...? Please share (terlebih yg punya masalah sejenis,hehe)

Thx alot,
Windy

20

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Windy, aku ga bisa renang loh... dan walaupun ayahnya bisa renang, Naila jarang2 mau renang sama ayah.

Solusi kita, untuk ngenalin Naila sama air mah di kolam cetek aja, yg buat anak2 itu. Di situ kan gw bisa berdiri :D.
Nah setelah Naila bener2 mau belajar berenang, sekitar umur 6 tahunan gitu, kita pakai guru renang. Mungkin kasusnya Naila agak unik ya, krn spt gw bilang di atas, dia justru lebih mau 'nurut' sama guru dibanding sama orang tuanya. Sama ortu dia berani bantah. Ini beda dengan anak2 lain yg mungkin lebih nyaman belajar sama ortu dibanding sama orang 'asing' seperti guru :D

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

21

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

windy...aku lumayan jago berenang, masalahnya aku pake jilbab trus nggak punya baju renang yg buat berjilbab (sebenerbya males aja nyarinya). Tiap renang Ammar anakku cuma maen aja sendiri, lait orang meluncur, bisa ngapung dia suka dan pengen. Aku tawarin mau bisa renang beneran nggak, dia mau banget. Kebetulan di kolam renang deket rumah itu ada guru/les renang buat anak-anak. Wah dia seneng banget, apalagi banyak temennya. Memang anaknya juga niat banget jadinya perkembangan setelah 3 kali pertemuan sih lumayan ya buat anak 7 tahun.

So nggak perlu bisa renang juga kan kalo mau bisa renang (hihi...emak-emak pemalas)

My World is My Family

22

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Windy, mau sharing juga neh, aku suka renang, walopun dengan gaya terbatas, hihihi...nah tapi ayahnya Devan gak bisa renang, walopun gak takut air, jadi ya cuma cipak cipuk maen air aja kalo ke kolam renang.

Nah, waktu Devan baby usia 4 bulan, aku sudah kenalkan sm air di kolam plastik isi air hangat, ternyata dia seneng banget, terlihat dari ekspresinya yang ketawa2 ketika dimasukkan ke air.

Sejak dia mulai besar, usia 1 tahunan, aku suka ajak dia jg berenang, ternyata dia suka berada didalam air, dan kadang malah aku yang susah buat berhentiinnya :)

Nah, menurutku neh, soal kebiasaan aja kok supaya suka berenang itu, soal bisa atau tidaknya, nanti si anak bs dikursuskan ke guru renang aja...:)

Ow iya, untuk bantu Devan mengapung di air, aku pakein dia pelampung yang berbentuk gelang yang dipakaikan di lengan bag atas, apa ya namanya, hihihi, penampakannya siy kayak gini

http://flic.kr/p/9gnJSh

Semoga membantu ya :)

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

23

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

aduh ini thread penting nih....

zhafran 4y juga belom berani masuk air tanpa dipegangin... kita udah les in ke guru renang (soalnya mama papanya sibuk hehehe) selama bbrp bulan terakhir tp belom bisa ngilangin takutnya...
kalo dibilang hari ini renang, dia bilang maunya di kolam kecil aja, ga mau di kolam besar...

mudah2an pelan2 dia berani... kalo suka air sih udah suka, cuma ga berani ama air yg banyak di kolam gede :D

24

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

wow wow.. banyak yg kasih input.. makasi ya moms,.. :)
tapi udah niat ni, mo mampir n tanya2 membership di sport centre kompleks.. klo ada pelatih renang buat anak2, maulah skalian belajar renang juga sama dia,.. haha.. biarlah, malu2 dikit, asal bs renang n hati lbh tentrem
soalnya nathan maunya dipegang ketiak (kaya gendong) ato dadanya, di kolam dalam.. trus kakinya menjulur ke belakang seolah dia berenang gitu..
gawat kan, klo tiba2 diriku kepleset.. walo alat2 pelampung nanti tetep akan kupasangin ke badan nathan (ups..kemaren2 gak pake pelampung)

Thx all.. ;)

25

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

mau sharing juga nih tentang urusan renang2an. Sejujurnya dari Malika bayi sampai dia playgroup 3 tahun, seinget aku kita cuma ngajak dia berenang 1 kali aja, kacau deh, soalnya selain bapaknya gak bisa berenang akunya juga males cari baju renang muslim. Nah waktu PG sebulan sekali ada renang. Kali pertama berenang Malika udah semangat banget. Disuruh jalan nyebrang kolam super cetek dia semangat banget, sampai tiba2 gak tau dia dapet ide darimana dia pengen berenang ala orang udah bisa berenang.. Dia coba2 gaya bebas dan alhasil dia gelegepan, kayak mau tenggelam gitu. Aku yg dipinggir kolam udah teriak2 minta tolong sama guru yg ada di kolam. Langsung deh ditolongin, tapi habis itu dia gak mau lagi nginjekin kakinya di kolam. Nangis sejadi jadinya. Bulan berikutnya dia gak mau lagi nyemplung, walupun cuma ngerendemin kaki aja dia ogah. Begitu terus sampai TK A. Mau dibujuk bu gurunya, aku, bapaknya, diimingimingi hadiah tetep nolak. Kadang2 mau tp harus dipegangin dan segala macamnya. Kadang kalo lg gak mau sama sekali dia cuma duduk dipinggir kolam aja.. Waduhh aku tuh sampe gemes banget..trus kepikiran buat ngelesin dia aja, yg ada sama guru lesnya disuruh nunggu dulu sampe rasa takut dia ilang dulu. Tiap sore kadang aku ajak dia ke kolam renang kompleks, gak berenang, cuma ngeliat orang berenang aja. Kalo sabtu minggu kita ajak dia berenang di kompleks, tapi ya gitu dia cuma main2 aja di kolam super cetek, tiap kita ajak ke kolam cetek langsung ngambek. Pernah sangking gemesnya kita paksa dia ke kolam dalem, walhasil sukses dia nangis2 n jerit2. Kadang kita mikir, buang2 waktu aja nih cuma main2 di kolam, tp ternyata bagi Malika itu mungkin cara dia buat numbuhin rasa beraninya lagi.. selain itu dia gak mau banget kalo aku udah mulai menawarkan diri ngajarin dia.. Tapi seiring waktu lama2 dia mulai berani, kira2 menjelang akhir TK A dia udah berani, mulai berani nyemplungin kepalanya n berenang gaya jongkok tapi tangannya kayak gaya bebas..*apasih* sambil bilang 'maa..aku udah bisa berenang..' dan kita segera kasih jempol...:DD. Tapi tetep tiap kita koreksi atau nawarin diri ngajarin tetep gak mau. Alhamdulillah 3 bulan lalu dia sendiri yang minta les renang. Langsung deh kita daftarin les renang, sekarang emak babenya bahagia banget ngeliat dia udah bisa berenang di kolam dalem walaupun belum sempurna, malah kadang berasa gak percaya..:DD

maaapp ya kalau kepanjangan...

Dari Lingkungan Hidupnya...Anak-Anak Belajar... (Dorothy Low Nolte)