1

Topic: Sign Language

hi moms & dads,

mau nanya dong... ada yang tau tentang sign language? pernah nonton di tv ttg ini, kayaknya seru banget. ada yang bisa menjelaskan dan yang udah praktik metoda ini?

“When real people fall down in life, they get right back up and keep walking.”

2

Topic: Sign Language

hi mama kinar...
iya nih tertarik juga dengan sign language... jadi penasaran juga apakah ada urban mamas & papas yang udah mempraktikkan ini.

by the way... yang ini juga pengen belajar deh... http://www.dunstanbaby.com/cms/index.php?page=sin-home

dunstan baby language.

diambil dari websitenya;
It was years later, when Priscilla gave birth to her son Tomas, the true significance of her gift emerged. Her instincts as a mother and her connection to sound led her to believe that a baby’s cries had to be something more than just random sounds. Noting combinations of sounds in a journal, Priscilla explored various settling techniques and observed Tom’s reactions. Eventually she was able to recognize patterns, and identify how specific cries had a distinct need attached to them.
---

selama ini cuma mengandalkan feeling aja... kalo nangis ini, tandanya ini... nangis itu, tandanya ini... kerasa aja sih beda nangisnya...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Sign Language

mama kinar, ninit waktu naia bayi gue juga pengen banget menerapkan ini. dan sebenernya mayan berhasil sih, tapi nanggung gitu, jadinya ga tuntas.

gue mulai ketika naia mulai 6 bulan. dari awal gue emang udah beli bukunya dan mempelajari signs2nya. tips2 nya:
1. mesti konsisten - yang praktek gak hanya mama nya, tapi semua orang yang komunikasi ama si anak
2. mesti di announce kita sign - jadi mesti disuarain. kalo kita ngasih sign makan, sambil sign kita juga sambil ngomong "makan", jadi si anak juga tau. kalo ada apel, sambil sign, sambil tunjuk sambil ngomong.
3. mesti sabaarrr banget! dan sign terus2an walopun si anak mungkin baru bisa sign balik setelah di atas 9 bulan.

dan ini bener terjadi loh. naia baru bisa mulai sign balik setelah dia udah 8 bulan ke atas. itu pun samar2, tapi kita mesti tau sign nya. unfortunately by the time naia umur setaun kita udah gak ngejalanin lagi. alesannya karena pas banyak banget orang yang dateng. ada oma opa, ada nenek, ada om nya.. gantian dateng dan akhirnya bubar jalan deh, karena mereka gak ngerti untuk ngasih sign ini.

but on the other hand, naia jadi lebih cepet untuk ngoceh. walopun ngocehnya belom jelas & belom bener, paling gak dia udah bisa ngasih codes lah kalo dia laper, aus, etc.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Sign Language

wah, blum pernah denger nih metode ini...

slesta, itu sign-nya itu body signing maksudnya? trus, sign-nya kita bikin sendiri apa udah ada set sign-nya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Sign Language

thalia udah ada di set signing nya kok. makanya gue punya bukunya belajar sign nya dari situ. iya body sign gitu sih. jadi kalo mau ngasih sign makan, tangannya di taro ke mulut, kayak nyuapin makan pake tangan gitu loh.

sebenernya juga signs nya tuh kayak bener2 sign language, tapi lebih simple aja gerakannya (gak pake ejaan kayak sign language beneran) karena emang untuk babies.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Sign Language

Kalau pengalaman saya pribadi, secara naluri saya kurang lebih mengetahui apa yang diinginkan Ixia dari tangisannya. Pada awal melahirkan, memang terasa cukup stress menghadapi perubahan baru didalam hari-hari kita sebagai ibu. Namun akhirnya saya berusaha untuk tetap tenang dan tidak panik, karena saya yakin batin kita dengan bayi pasti tersambung dan yang paling penting adalah kita memahami bayi kita dan bisa memposisikan diri kita sendiri apabila kita menjadi bayi :)

...Ixia Maira Naobie...
My Twitter
My Facebook
My Instagram

7

Topic: Sign Language

yeah, bener tuh. Dunstan baby language saaaaangat membantu dan jadi menumbuhkan percaya diri newly newborn parents. Berasa tau si bayi memberi cue apa, secara baby kan belom bisa ngasitau mau apa, dan dia kenapa.

Aku sendiri belajar dari nonton, karena dipinjemin dvd full versionnya (kayaknya bajakan sih hihi) sama temennya suamiku. Terus aku copy deh hehe.

Aku rasa dunstan baby itu recommended deh :) Soalnya dulu akupun nerapin n belajar dari ilmu itu

Come to where my family's precious moments kept frozen http://baby.nirwannisa.com

8

Topic: Sign Language

Hallo moms! Saya percaya sign language for babies ini worth the effort, karena udah ngeliat sendiri hasilnya (bukan bayi saya sendiri). Waktu si baby mau bilang "lagi" (minta permainan yang sama diulang), dia sign ke saya, rasanya giraaaaaaaang banget, si bayi ngomong ke saya!

Ato waktu dia ngeliat bunga, anjing, ada signs sendiri dan emang bayi itu suka "ngomong" meski vocal chords nya belum ready, how cute! Acuan saya Baby Signs.
Yang pasti butuh:
repetitions yang nggak abis-abis (huuuu), lebih baik dimulai kalo bayinya udah siap fine-motor skills dikit (mulai 8 bulanan aja)
consistency, sign nya harus sama (kompakan dulu) supaya bayi nggak bingung,
paling bagus kalo sesuai konteks, contoh BSL yang paling berhasil = bye bye (wave one hand).

Saya baru ngajarin 2 signs ke toto, drink ama bye bye, dia udah ngerti, tapi belum sign back.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

9

Topic: Sign Language

eemmmm...kayakny dah turun-temurun n naluriah ya, kalo d awal2 usia baby kita mo komunikasi dg mereka suka pake bhs isyarat gt, heppiiii aj kalo direspon balik. Cumannn g ngeh kalo itu bs ditelateni n mempercepat kemampuan anak bicara (sebenare nyambung sih tp biasany dilakuin skedar iseng pas lg maen sm baby aj, hmm pdahal trnyata sebuah metode to.. "baby sign language")
jadi pgn berbaby lg praktekin ini :D

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

10

Topic: Sign Language

aku juga pernah nie nonton sekilas video mengenai BSL di youtube...

dan aku lsg jatuh cinta liatnya dan bertekad untuk nerapinnya ke baby ku kelak...

nah skrg baby boy'ku baru 3 months 2 weeks... udah mulai ku'racun' BSL dikit2... hehehe... hope it works :)

... an Independent Woman, a Proud Mommy & a Long-Life-Learner Wifey at the same time ...

http://histoiredenous-wikit.blogspot.com/

11

Topic: Sign Language

Ada ga ya bukunya mom d indonesia? Minat ngajarin baby sign juga..thx..

12

Topic: Sign Language

Hi moms, aku pernah baca artikel di parent*ng.com (lupa linknya, dicari2 lg kok gak nemu) klo mengajarkan anak sedini mungkin bahasa isyarat bisa menaikkan poin IQ. Menurut artikel itu sih klo bisa yg diajarin sign yg baku, klo di amrik ada pakemnya (American Sign Language).

Kebetulan aku n suami walopun bisa mendengar, gabung di komunitas tunarungu. Beda dengan belajar bahasa asing lain, bahasa isyarat butuh effort lebih karena harus gerak tangan dibarengi juga ekspresi wajah. Hasilnya, orang yg bisa berisyarat (baik normal ataupun tunarungu) akan lebih ekspresif. Makanya kami bertekad untuk juga ngajarin Benaya (3m) bisa berisyarat n berkomunikasi dgn tunarungu.

Benaya Hiranya's mother