1

Topic: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Dear mamas....
Ada yang anaknya diikutin les dikumon, aiueo, pingu atau tempat kursus-kursus anak lainnya?
pls share dong mams......... pengalamannyaa.... thx before yaa

2

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Venny,
Gw sih belum ngelesin anak2 macem2, msh dlm tahap tanya2 doang. Tapi kemarin baru aja nganterin temen yg anaknya baru masuk di bimba aiueo, dan kayanya seru. Umur anaknya 3tahun, dan seminggu hanya 3x pertemuan, senin rabu n jumat, sekali pertemuan 1 jam. Kegiatannya macem2, tapi banyak di olah raga dan art.

a life-enjoyer mama smile
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau
ym: untung_ada_eka

3

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Kalau Malika sampai saat ini (TK B) memang belum aku masukin les2 kumon, bimba dan lainnya di luar sekolah. Pertimbangannya usia TK aku masih belum mau ngebebanin dia, karena umur segitu lebih baik dia banyak main dan sosialisasi lingkungan.. Selama ini paling dia belajar baca, pengenalan bahasa Inggris dan berhitung cukup dari sekolah aja, di rumah cuma kita ulang2 aja.  Paling sekarang dia cuma les renang dan karate, itu jg atas dasar kemauannya dia sendiri..

Dari Lingkungan Hidupnya...Anak-Anak Belajar... (Dorothy Low Nolte)

4

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

gue belum masukin les yang sifatnya lebih akademis ya. yang dia mau aja, sama kayak mommalika. maunya taekwondo dan main piano, yaudah.
gak mau renang, yaudah renangnya sama ayahnya.

tapi kalo anaknya suka gpp kali, biasanya ada trial gitu kan?

And thelilsolder is back. Fire!

5

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

vennyvernita...anakku yang pertama Ammar (7y) dan Azzam (4y9m) sudah aku masukkan ke Kumon dari kelas TK A. Awalnya ikut coba gratisnya dan anakknya enjoy. Kebetulan juga Kumon-nya ini deket rumah, cuma jalan kaki 10 menit sampe. Sebelum trial itu aku samsek nggak tahu Kumon itu kayak gimana sih metode belajarnya. Nah sejak trial itu baru tahu kalo Kumon disesuaikan dengan kemampuan individu murid. Walaupun anaknya sama-sama umur 6 tahun dan sama-sama kelas 1 SD belum tentu sama kemampuannya. Jadi mereka mengajarkan small step untuk naik ke level yang lebih tinggi.Yang harus menjadi perhatian banget di Kumon adalah, mereka memberikan PR untuk dikerjakan setiap hari, kecuali ketika les, lembar kerja di kerjakan di kelas dgn pemantauan guru. Karena matematika itu dikerjakan setiap hari dan ada waktunya, maka matematika ini rutinitas aja tuh buat anakku. S kalo memang dia jadi pinter matematika ya itu bonus. Gimana nggak pinter kalo matematika dikerjakan setiap hari. Buat ortu memang harus mendisiplinkan anakknya untuk mengerjakan PR setipa hari. Ini tantangan terberatnya. Ya..kadang anak-anak moodnya naik turun, kalo semangat malah nagih PR, kalo malees (kayak waktu libur kemarin) susah deh.

Perlu diketahui juga kalo Kumon tidak hanya Matematika tetapi ada juga Bahasa Inggrisnya.

My World is My Family

6

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

hmmm... kalau aku jadi anak sepertinya kumon cukup menyeramkan karena PR nya setiap hari...

Cuman mau sharing pengalaman sendiri waktu kecil. Aku dikursusin segala macam sama Mama. Hampir tiada hari tanpa les, waktu main dikiiit banget, memang sih mulai penuh les baru setelah di kelas 3 SD (tapi buat adikku mereka mulai dari kelas 1 SD). At one point dalam 6 hari seminggu, aku ikut kursus English, renang, senam, nari Bali, musik organ, ngaji, tennis (bbrp ada yg ga diterusin tapi diganti les/kegiatan lain seperti kursus French, softball, jazz dance, dan bimbel). Buanyak banget kan? Sampe skrg inget setiap pas kebetulan papasan para tetangga suka dengan herannya nanya "kok tumben di rumah. lagi ga ada les?"

Pokoknya dulu beneran "anak jalanan" setiap hari waktunya banyak dihabiskan dijalan. Sampai di mobil untuk antar jemput kita anak-anak dulu itu si Mama nyediain meja makan kecil segala.

Dulu waktu kecil kayanya sih semua berjalan natural. Kesannya ga cape gimana gitu tapi memang berasa waktu main rasanya kurang banget. Karena bbrp les-les itu selalu kasih PR juga kaya English dan organ. Kalau ditambah dengan mengerjakan PR sekolah dan belajar-nya, waktu main-main aktif di luar rumah sudah ngga ada. Kecuali ya pas liburan panjang.

Jadi sekarang setelah jadi Mama pengen juga ngikutin anakku nanti ke bbrp les, tapi ga sebanyak les aku dulu dan ga mau yang ngasih PR, apalagi sadar kalau skrg bbrp les itu ga ada bekasnya (contohnya: on purpose diriku membutakan diri kembali dengan not balok krn dulu kursus organ itu adalah paksaan yang luar biasa kubenciiii, dan segala bimbel itu tidak membantu prestasi apa2 di sekolah, mungkin juga itu akunya yg bebal tongue

But I still love my Mom, just don't want to copycat her to the bones.

~ Lala ~
help! mama is bitten by the travel bug.

7

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

mamas,

ikutan sharing ya ...
menurutku klo les kumon harus disesuaikan dgn karakter anaknya jg.
share pengalaman nih, krn depan komplek dibuka les kumon yg baru, Shafa (9th) mulai klas 3 (saat 8th) pengen ikutan. Krn deket rumah kami ijinkan. Tp jujur sebenernya aku pribadi ga begitu suka ama sistemnya kumon yg dikasih PR tiap hari. Emang sih tujuannya ada bagusnya, biar math jd rutinitas dan krn udh terbiasa jd biasa. Juga melatih anak bisa survive engga dgn rutinitas tsb, bagaimana menghandlenya dlsb.
Dan hasilnya Shafa bs mengikuti ritme kumon ini, dan emang ada impactnya ke pelajaran di skolah. Misal sblm ada pelajaran perkalian, dia udh hafal perkalian <100 misalnya (ya gmn ga hafal, tiap hari jadi 'santapan' smile ), so sewaktu tiba tema perkalian, cukup mudah dia melewatinya. Juga waktu tema pecahan, krn level di Kumon lebih tinggi dari klasnya dia, sewaktu tiba tema itu di sekolah, dia bs melewatinya dgn cukup mudah.

Pas adeknya, Hafiz (7th) pengen ikutan jg (sewaktu klas 1, 6th), kami ijinkan jg. Dan ternyata metode kumon ini tdk sesuai dgn Hafiz. PR yg harus dikerjakan tiap hari tdk cocok buat dia, kudu benar2 diingetin baru dikerjakan, bahkan ngerjainnya jg mood2an. Akhirnya 3bln Hafiz keluar dari Kumon.  Apakah jd math di skolah ketinggalan ? enggak jg, so far Hafiz jg bisa mengikuti dgn baik.

Saat ini Hafiz (klas 2) temanya perkalian, dan diajarkan dgn sistem rumah x isi, dan emang belum hafal perkalian <100, jadinya cara menghitungnya masih manual. Kakaknya lgs komentar "ikutan kumon aja dik, langsung deh entar hafal perkalian" smile adeknya mah cuek bebek ga tertarik big_smile

So, menurutku semua les harus disesuaikan dgn kondisi pribadi masing2 anak. Aku sih prefer anak2 les diluar pelajaran (kecuali les English). Makanya skr Hafiz maunya kursus bola, ya ayukkk aja smile

bunda shafa-hafiz-reefa

8

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Hello,

Anak pertamaku les Kumon mulai umur 3 tahun 4 bulan.  Aku masukkan dia ke sana karena memang dia anak yang curious dan senang belajar.  Sekarang dia umur 8 tahun kelas 3 SD tapi Kumonnya sudah Level H setingkat 3 SMP.

Anak keduaku mulai Kumon umur 4 tahun.  Anakku ini sangat berbeda dengan kakaknya karena dia kurang tertarik dengan pelajaran.  Alasanku memasukkan dia ke sana supaya dia punya disiplin dan terbiasa belajar setiap hari karena memang cara belajar Kumon yang memberikan PR setiap hari.  Aku takut, semakin telat kita membiasakan anak untuk belajar, apalagi anaknya seperti anakku yang kedua yang tidak tertarik untuk belajar, akan semakin susah kita membentuknya nanti.  Pada akhirnya, setelah anak masuk SD, kita juga sebagai ortu yang akan kewalahan smile

Aku sama sekali ga masukkin anak ke Kumon untuk mengejar prestasi apalagi maksa anak untuk menyelesaikan Kumon dalam usia dini supaya bisa dibangga2in ke orang lain.

Aku malah bilang ke anakku yg pertama yg memang senang belajar itu, ga usah cepet2 naik level Kumonnya.  Karena aku pikir, lah kalo misalnya udah kelar Kumon waktu dia kelas 6 SD, terus pas dia naik SMA 1 dan ketemu materinya lagi apa dia masih bisa inget ??  Pasti lupa !!!  Karena kan kalo udah lulus semua level Kumon, dia ga akan dapet worksheet lagi tiap hari.  Nah trus, apa gunanya les Kumon dulu ?? hehe ...

Kalo kurang cocok dengan sistem Kumon, mungkin mommies bisa liat sistem ENOPI (dari Korea) karena di situ juga diajarin CRITICAL THINKING selain Mathematics.  Dan di Enopi PR TIDAK SETIAP HARI.  Lembar kerjanya juga lebih menarik untuk anak-2 karena besar, bewarna, dan bergambar smile

Anakku sempat trial Enopi 2 minggu tapi akhirnya aku ga jadi masukkin ke situ dengan pertimbangan untuk apa dobel2 les Kumon + Enopi.  Mau berenti Kumonnya sayang karena sdh jalan 3 tahun lewat.

Moga2 my two cents bisa berguna yaaa
smile

Shoot for the moon.  If you miss, you'll land among the stars.

9

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Ara ikutan les Kumon dari umur 5 thn (K2). Awalnya emang dia yg pengen ikutan Kumon, karena ada anak tetangga yg juga ikutan kumon. Waktu ada trial gratis di kumon deket rumah, kita ikutan deh. Kita kasih tau, bakalan ada PR yg harus dikerjain setiap hari. N dia tetep insist pengen ikutan kumon, yah akhirnya lanjut terus deh sampe sekarang. Ara sekarang udah kelas 1 SD. Kalo lagi liburan sekolah, dan kita sekeluarga bepergian aku bilang sama gurunya Ara ngga usah dikasih PR. Biar dia enjoy liburan sekolahnya untuk main2 smile
Selain itu Ara juga minta ikutan les piano. Karena syarat ikutan les piano min umur 6 thn, jadi Ara baru ikutan les Piano di Yamaha Music School sejak kls 1 SD. N dia seneeeng bgt. Mama papanya lagi nabung nih buat beliin piano buat Ara jadi dia bisa latihan di rumah. Sekarang latihannya masih pake piano mainan yg beli di ELC, heheh.
Sisanya Ara ikutan ekskul melukis (waktu TK) dan menari (SD) di sekolahnya.
Oh iya, sebenrnya Ara juga ikutan les berenang setiap hari Sabtu. Tapi karena beberapa minggu ini kalo sabtu pagi sering hujan or mendung, jadi jarang dateng les berenangnya nih smile airnya dingin bgt katanya, heheh
Ara juga pengen banget ikutan les balet, tapi masih nyari tempat les yg gak terlalu jauh. Dan semoga hari lesnya ngga bentrok dengan jadwal kegiatannya yg sekarang.
Mamanya seneng bgt Ara mau ikutan banyak kegiatan di luar sekolah atas dasar keinginannya sendiri smile

Mommy of Khiara, Faza n Farah
@mamaarza

10

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

oh senangnya ada thread ini... kebetulan punya rencana masukin celia ikutan kumon tapi nanti menjelang SD [sekarang masih PG] selain feb nanti ikutan Junior Music School di Yamaha biar dia ga butek belajar terus hehehe..

aku pernah ngobrol sama temen yang anaknya pernah ikut kumon dan sudah berhenti karena lama kelamaan merasa bosan disebabkan pe-er yang banyak. temenku itu bilang kalo pe-er itu bisa di nego dengan gurunya? bener gak sih?
tapi dia mengakui sih ikut kumon bikin anaknya pinter math di kelasnya..

♡ I'm so blessed! ♡
@edhabe
~let all your things be done with ♥ ~

11

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

@newborn:
Iya emang bener banyaknya PR Kumon bisa dinego smile
Standardnya sih 10 lembar per hari tapi mereka liat juga kalo anaknya dapat bahan baru or kemajuannya sedikit or si anak keliatan lagi hopeless ... PR nya dikurangi jadi 5 lembar or pernah anakku dapet 2 lembar doang.  Begitu semangatnya udah kembali, pelan2 dinaekkin lagi jumlah lembarannya.

Kalo aku liat, yang penting anak itu harus ngerti banget sama pelajarannya baru dikasih bahan baru lagi.  Jadi mereka bikin si anak PD dulu sama kemampuannya on that level.

Kalo soal ikut Kumon jadi bikin anak pinter maths di sekolah sih bener banget (pengalaman pribadi) .... trus kitanya sbg ortu ga usah cape2 lagi ngajarin .... karena materinya mereka udah dapet di Kumon hehehe...

Shoot for the moon.  If you miss, you'll land among the stars.

12

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

oooww... kumon pe-er nya bisa di nego. okeh banget tuu.

setuju, intinya balik ke anaknya ya. maunya ikutan les apa dan sesibuk apa.
dulu (sampe skrg sih sebenernya) saya sendiri sukanya yg punya kegiatan setumpuk. tp kalo sekarang kan bisa pilih kegiatan yg disuka ya, jd walo sibuk enjoy2 aja. nah dulu, bbrp les yg saya ikutin itu di"paksa"kan ortu, terutama bimbel, les musik, dan ngaji tongue (kasian kayanya jd guru ngaji.. jarang ada anak yg rela ikhlas les ini).

tp saya jg punya sodara jauh yg pernah bilang "aaah, senangnya banyak homework. makes me feel sibuuk. best-nyee." (yak si sodara ini emg mix indonesian-malaysian dan tinggal di KL). Pas denger dia ngomong itu, saya lsg memberinya tatapan aneh dan mgkn iri.. kok saya ga bisa kaya dia ya. Saya paling sebeeeel di kasih PR.

Last edited by oilalaa (2011-01-31 15:46:15)

~ Lala ~
help! mama is bitten by the travel bug.

13

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

mom-of-3 new born maksudnya aku bukan? heheh...
ooo jadi bener ya bisa nego, iya sih aku juga nanti masih tetap sambil liat progress anakku kalo sudah mulai ikutan..
TFS yaaa..

♡ I'm so blessed! ♡
@edhabe
~let all your things be done with ♥ ~

14

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

waaa senangnyaaa.........banyak masukan.
thanks all......... seneng banget baca2 semua ceritanya, dapet banyak pencerahan ni gw.
Gw consider les-les ini karna ada temen cerita kalo bisa membentuk attitude yang bagus dalam belajar nanti dan disesuaikan dengan kemampuan anak.

Nasha tipe balita aktif (that's why dia seneng sama sekolahnya sekarang karna banyak kegiatan dan halaman main yang cukup luas), senengnya dichallenge dan kalo gak dikasi aktivitas bisa cenderung jail....hehehe... so gw emang lagi cari2 les yang kira2 cocok.

dari sekolah udah dapet berenang (pake pelatih), melukis, bhs inggris dan menari (semua masuk di jam sekolah). sore dia udah TPA 3kali seminggu (kalo ga mood, gak gw paksa, lebih buat banyak temen main sama anak2 sekomplek aja). gw lagi ngincer taekwondo atau senam gymnastik di GOR deket rumah.

kumon lagi ada coba gratisnya 16-28 feb ini, insy mau ikut coba. tertarik banget.. berharap bisa bikin nasha belajar fokus

15

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

bimba aiueo ok loh bu smile

16

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

hamdani mau dong di share bimba aiueo nya, lagi pengen trial nih karena kebetulan ada bimba baru buka di dekat rumah big_smile

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

17

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

moms, nanya dong bimba aiueo tuh buat belajar baca ya?
kalo untuk anak-ku yang rada speech delay bisa gak ya? minimum anaknya umur berapa atau sudah harus bisa apa?
biaya-nya berapa ya?

18

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

ada yang pernah masukin anaknya ke i can read? minta review dong...
raka lagi ikutan summer program, lucu sih ada play / drama jadi pengen les beneran di situ tapi takut anaknya ngga cocok dengan sistem belajarnya.

And thelilsolder is back. Fire!

19

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

mamabear iya setauku bimba aiueo buat belajar baca, kmrn sempet nanya2 di cibubur itu buat anak mulai 3thn, biaya pendaftaran 250rb, perbulan 250rb, seminggu 3x pertemuan @ 1jam.

thelilsoldier klo i can read itu kursus bhs inggris ya? barusan googling ternyata di cibubur jg ada, udah berusaha nelp tp gak ada yg jwb sad  Jadi penasaran ama summer program nya, bagi2 info dong moms...ttg kegiatan, syarat2 daftarnya (umur dll), biaya & jadwalnya...TIA

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

20

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Cinta Anakku juga les Bimba AIUEO, deket rumah, metode belajarnya pake nyanyian gitu, selama liburan ini, aku ambil yang 3x seminggu biayanya (Surabaya)175rb/bln. uang pendaftaran  175rb (dapet kaos juga). trus kalo daftarnya dah tengah bulan, prefer Trial dulu, dikasih kesempatan trial 2x, trus baru deh daftar. Ada guantee juga kalo selama 72 jam belom bisa baca, selanjutnya gratis sampe bisa baca. Usia siswanya minimal 2th.

Durasi per kali datang 1jam doang, schedulenya dri jam 8 AM- 4PM (bisa pilih schedulenya mau yg mana), istirahat jam 12-01PM, 1 kelas isinya 5 siswa ajah. kalo lebih dr itu, hrs ganti schedule. jadi sebisa mungkin waktunya di fix kan ajah. disesuaikan dgn schedulenya yg lain.

21

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Cinta,
Belajar baca dengan bhs inggris. Belajar phonics, grammar. Raka sih seneng, katanya gurunya pinter smile

Biayanya 150rb/visit utk summer program, utk reguler sekitar 2.1jt/term (3 bln). IMO kemahalan ah, ikutan ekskul di sekolah paling 250-300/bln.

And thelilsolder is back. Fire!

22

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

seru juga ya bimba aiueo, udah ngecek yg di jakpus deket dari rumah. jadi tertarik buat nyoba.

ini sejenis gafa baca ya?

a pro in changing diaper
editor in chief theurbanmama.com | @ninityunita

23

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

Bunizza anaknya umur/kelas brp ikut bimba aiueo? klo buat anak TK B kira2 telat gak ya klo mau ikutan? trs klo bimba ada PR gak ya buat dikerjain di rmh? Kmrn sempet trial di gafa baca, tp ternyata tiap pertemuan selalu ada PR buat anaknya jd aku & suami kurang sreg  klo anak TK dikasih PR...


thelilsoldier waduh mayan juga ya biayanya *mundur teratur* , mending ikutan ekskul di sekolah aja klo gitu big_smile

ninit klo udah trial ditunggu review nya ya...

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

24

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

hi moms.. anakku dodo (5.5YO) ikut les baca tulis hitung di Smart Kids School di Sawo Manila Pejaten.. soalnya bacanya belum lancar jadi aku kejar supaya bisa lancar utk bekal sd nya. aku ambil paket 1:1 satu guru satu murid dgn biaya relatif murah, biaya pendaftaran 200rb, biaya perbulan 300rb...

In love with Nino, Dodo and Cheyyii....

25

Re: LES ANAK - Kumon, biMBA-AIUEO, Pingu

kalau anakku raya (5thn) ikut les kumon sejak tk b dan gafa untuk les membacanya sejak tk b juga, kalau les memang dia yang minta, karena kumon dekat sekolah dan teman2nya banyak yg les kumon dia jadi tertarik, kalau gafa awalnya memang ikut trial, tyt dia enjoy ada pelajaran menulis, membaca dan menggunakan komputer jadinya dia berminat.

nah kalau adeknya kia (2,5thn) ngebet banget pengen les gafa sempet ikut trial cuman karena umurnya kurang aku disuruh tunggu 6bln lagi untuk masukin kia ke gafa, padahal dia udah seneng banget les, adiknya lebih bernafsu kalau belajar hehehe, setiap malam kalau ditanya mau mimpi apa...dia selalu jawab SEKOLAH

sebenarnya les tergantung minat anak saja menurutku, aku nggak pernah maksain dan karena anak yg minta dan kalau itu baik arahnya kenapa nggak...hehehe, sekarang raya lagi ngebet minta les bahasa inggris di ILP cuman aku masih bagi2 waktunya dia aja, kasian kalau kecapean hehehe