1

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

moms,
mau tanya dong..
anakku kan umurnya baru 6bln nih, cewek. waktu lahiran kemaren, mertua sempet nanya ttg proses sunatan untuk anak cewek. terus terang gue baru tau kalo anak cewek pun perlu disunat. setelah ngecek sana sini, ini kok kayaknya lebih kayak tradisi ya? emang sih ga ada yang dipotong, cuma kayak "dilukai" aja. tapi gue kok kasian ya? akhirnya setelah ngasih pengertian ke suami, gue gak mau deh anak gue di "sunat" gimana pun caranya.

jadi akhirnya nina gak pernah disunat deh. cuma jadi sering dibilangin yang katanya tar nina akan tumbuh dengan seksualitas yang tinggi lah, jadi bandel lah, etc. padahal pas gue tanya ke orang tua sendiri, gue katanya juga gak disunat, gak jadi bandel kok.

di share dong ceritanya kalo moms pernah ngalamin (atau tidak).. thanks ya!

2

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

bundalia wah ceritanya mirip sama cerita ku..

waktu naia lahir, nyokap gue yang ribut nyuruh naia disunat. tapi ama suami gue ga boleh. ditentang abis2an. dan emang sih kalo baca2 gitu, emang sebenernya itu tradisi aja. awalnya dilukai kecil aja ama peniti gitu. tapi makin kesini cuma kayak jadi formalitas aja. cuma ditusuk ama kunyit yang diruncingin katanya.

gue sendiri gak tau jelas ini tradisi dari mana dan apakah ada relasi nya ama agama ato enggak. yang pasti gue tetep gak mau. menurut gue juga kalo bilang tar gede jadi bandel , dll... itu hanya untuk nakut2in aja deh. yang udah disunat pun pasti ada yang gede nya juga bandel. kayaknya personality anak itu bukan dari itu aja deh tapi dari nurture & ajaran orang tuanya. i believe that much, makanya gak mau percaya yang dibilang kalo gak disunat tar bandel, tar seksualitasnya tinggi, etc.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

hi bundalia..

gue pernah baca tuh di salah satu majalah, katanya sunat bayi buat anak cewe justru mengganggu fungsi alat kelaminnya dia nanti. cmiiw..

learning is a never ending process
@rhisuka

4

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

iya betul, saya sempat baca2 dan sharing dgn teman, sunat perempuan lebih ke tradisi yang tujuannya mengurangi libido krn dianggap kurang baik kalo kelak istri bisa lebih banyak 'minta' sama suami dibanding sebaliknya..

karena bukan karena alasan kesehatan, dan malah katanya ada kemungkinan mengganggu kesehatan reproduksi juga maka saya memutuskan tidak menyunat keira..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

5

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Keona juga ga disunat...
Kata dokternya juga anak perempuan udah ga disunat...ga ada manfaatnya...dan rumah sakit sekarang udah ga mau nyunat anak perempuan...
Secara agama pun ga ada perintahnya kok...cmiiw...

there's no place like home...

6

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Mom soal sunat anak perempuan ini sebenernya udah gak boleh (laki g kerjanya di UN n dia yang ngurus2 hal2 kayak gini), krn bisa ngerusak syaraf yang ada di clitorisnya anak itu...walaupun cuman dilukain sedikit aja

Masalahnya emang agak susah diterapin ke orang2 di indo sini, krn udah jadi tradisi...dan ada yg bilang ada hadistnya...tapi g juga muslim kok...n dr g bayi dl gak ada tuh kata nyokap g pake sunat2an....

O iya...sebenernya soal sunat ini juga lagi di usahakan sama depkes bwat diinfoin ke seluruh daerah dan pelosok supaya gak dilakuin lagi....

Begitu...jd please bgt bwat moms supaya gak usah aja deh mendingan anak cewenya pake sunat2an gitu hehhehehe....

A woman architect,wifey n mum to be..

7

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

halo mamas,
thank you yah buat sharing nya.. gue jadi lega deh sekarang. soalnya setau gue pun ga ada deh hubungannya antara agama (hadits) dengan sunat perempuan. makanya gue kekeuh gak mau... ternyata emang gak boleh kan.

8

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

hi bunda lia,
sumpah... gw ga bisa ngebayangin deh kalo anak perempuan di sunat :-(
seneng bahwa bunda lia ga nyunat anaknya :-)

[a mama who loves POCOYO]

9

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Hai semuanya...

Tadinya sih saya netral2 aja sm perihal sunat (tapi terus terang kalo bayinya cewek sih ga kepikir sama sekali). Tapi setelah baca2 lebih jauh mengenai masalah ini, saya lbh pro sama nggak nyunat, dan kebetulan secara background religi/kultural saya nggak ada pressure untuk menyunat/ga.
Kalau mau baca lebih lanjut mengenai sunat, salah satunya bisa lihat di link ini: http://www.askdrsears.com/html/1/t012000.asp

Semoga bisa membantu!

~ D ~

|momma of two cuties, lucky wife of a fine man, slave of her own thoughts|

10

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Waa..TFS mamas. Kebeneran ini si baby katanya perempuan. Kemaren ngobrolin soal ini ama suami..dia juga nentang abis2an.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

11

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

aku mau ikutan sharing ya.. Kayaknya masih banyak pro kontra soal sunat perempuan. Kalau kata "sunat" tuh sering dibayangin dengan keadaan alat kelamin berdarah-darah layaknya sunat laki-laki hihi.

Sharing dikit, Shaina, jalan 26 bulan, bulan lalu disunat tapi dengan acara adat di kampung (gorontalo), bukan di dokter. Aku sendiri tadinya ragu, tapi karena nikah dengan orang "daerah" asli dan menjunjung tinggi adat yang mengharuskan anak perempuan di sunat (istilahnya di cubit), jadi aku relakan setelah memang aku cari tau dan menemukan kalau memang prinsipnya baik.

Sunat perempuan yang aku jalanin itu si anak diambil sedikit sekali selaput dari bagian klitorisnya, gak ada piso, gak ada peniti, cuma alat semacam pinset tumpul gitu. Aku langsung cek sendiri, setelah itu gak ada darah sama sekali. Katanya itu selaput memang "tidak ada gunanya". Aku gak tau sih kalau sunat di dokter apa yg dilakukan.. Aku sendiri kata mamaku memang disunat, tapi saat masih newborn..

sekali lagi kembali ke persepsi orang tua masing-masing ya.. Even nenek-kakek-oma-opa nyuruh tapi kita ortunya gak sreg, ya dibicarakan saja :)
Kalo aku pribadi ngejalanin karena sedikit banyaknya ada unsur "menghormati adat papanya Shaina" hihi

Come to where my family's precious moments kept frozen http://baby.nirwannisa.com

12

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

hai semua,

perihal menyunat ini memang banyak diributkan sama orang-orang tua ya..waktu saya masih di tempat kerja yang dulu juga banyak yang minta bayi perempuannya disunat. padahal sebenarnya dari segi medis tidak pernah disebutkan kepentingannya menyunat bayi perempuan.
memang ada sebagian dokter yang melakukan, tapi waktu saya tanyakan ternyata mereka melakukannya hanya untuk membuat lega para orang sepuh itu dan yang dilakukan pun hanya mengusap (dengan kasa) klitoris bayi perempuan itu. tidak ada bagian mana pun yang diambil dan tidak ada alat-alat tajam. semata-mata dengan alasan tradisi :)

jadi menurut saya secara pribadi, bayi perempuan memang tidak perlu disunat. tidak ada hubungan antara disunat dengan peningkatan libidonya saat dewasa. no need to worry deh buat yang punya bayi cewek yaa.. =)

13

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

hai moms

sbnrnya sih gw belum punya anak perempuan tp pas bgt brsan baca artikel tentang sunat baby perempuan
http://www.facebook.com/note.php?note_id=409671383549&id=121463242783&ref=mf
bs jadi recomend mungkin bt moms yang baby nya mo di sunat ato tidak :D

being ftm frm wm is a "dagdigdug" journey :D

14

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Iya aku juga dulu sewaktu ngelahirin Khansa bingung soal sunat menyunat,trus bis lahir aku tanya aja ke dokterku,kata dia, ga usah disunat,gpp kok,malah kasian ngeliat.Yo wees, aku ikutin aja.Dan setelah aku baca-baca malah sunat itu sebenarnya ga ada aturan yg jelas lho di agama,malah kesannya mengada-ngada gitu. Tpi ada juga, saudaraku yg bilang, malah dokter kandungannya menyarankan anak perempuannya untuk disunat,katanya seh ada aturannya di agama,padahal itu ga bener lho.kasian juga ya saudaraku krna dia ngikutin saran dokternya....

15

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Oiya Mamas, beberapa waktu lalu ada yang bertanya ke bapak Quraish Shihab mengenai sunat anak perempuan ini, menurut beliau dalam Islam sunat pada anak perempuan tidak dianjurkan. Jadi pertimbangan aja sih buat mamas yang punya anak perempuan ;)

learning is a never ending process
@rhisuka

16

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Kayaknya sunat perempuan memang tradisi aja ya. Anak saya (3 m) tiap ketemu saudara selalu di tanyanya dia sudah sunat apa belum (dan memang belum ditindik juga sih). Males berdebat bilang ga mau disunat..karena pasti nanti jadi panjang (yang nanya para tante, nenek dan kawan2nya). Jadi biar ringkas nanti kalau ditanya bilang 'udah' aja deh. huhuh bohong ya jadinya.

17

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

sumpah!!!
baru tahu klo bayi perempuan perlu disunat...'
tapi kayaknya cuma tradisi ya..

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

18

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

waaa..kebetulan..aku juga lagi bingung nii soal sunat menyunat anak perempuan...jujur, baru tau pas ngelahirin thanyraa (2m, 17d)..mertuaku yg ngomongin soal sunat gituh...suami sih gak setuju, ga tega katanya...ortu ku sendiri bilang juga katanya ga perlu..walopun dulu aku disunat..tp katanya skrg udah nggak boleh dan agak ada dasarnya....setelah baca2 postingan ini, kyknya mantap untuk ngga ajalah...krn lebih ke tradisi ajah bukan untuk kesehatan...thx mamas...

Ibunya Muhammad VITO Adelard, Khadijah Sarisha alTHANYRAA & EL - Zaidaan Athalla | @RheeaNanda | http://nandapurnama.wordpress.com

19

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Sama dengan kebanyakan para mama,,
anakqu cewe juga ga disunat,kemarin pas lahiran diRS aq sempet tanya pas mau ditindik,,iyah bilangnya juga sunat cewe tidak dianjurkan..dan apabila keukeuh mo disunat karena tradisi silahkan,tapi pihak RS ga melayani sunat cewe..
^.^

:) :) :)

20

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Seneng deh dpt thread ini..ngerasa banyak temen.aku jg kurang setuju sm sunat pada perempuan.dulu wkt regina(1y7m) lahir mertuaku menyarankan(tdk memaksa) untk dsunat,tp aku ga setuju krn aku jg tdk dsunat wkt kecil,alhamdulillah sehat2 sampe skrg :D
Dan saran tmnku yg kebanyakan org arab (yg nama blakangnya alatas,alaydrus,dkk) itu juga tdk diharuskan.krn KATAnya tdk ada ajaran di agama saya yg kebetulan islam(al-quran). "? ????????????????????"?

Jd ya anak perempuan saya tidak saya sunat. Dan happy wkt baca thread ini,soalnya aku ngga sdirian..hihi..

21

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

idem, anak gw jg gak disunat, gw pun enggak. Tp gw gak kontra sm mereka yg melaksanakannya, karna hak tiap orang juga. Di agama gw, dr hasil baca2 sih sunat buat anak cewek sunnah, jd gak mesti (cmiiw). Gw sndiri sejauh ini kurang ngerasa nyaman kalo anak cewek disunat, apalagi kalo yg ngerjainnya bkn org yg bener2 paham ttg sunat perempuan. Karna kok kayaknya sunat perempuan jd byk versi, ada yg ktnya cm diseset, diinin, diituin, pake alatnya ini, itu, dll, jd kurang jelas jg mana yg bener. Beda ma anak cowok yg jelas prosedurnya.
Tp ini balik lg kemantapan hati ortunya mau sunat anaknya apa nggak.

22

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

Farah (2yo) juga gak disunat, walau waktu lahiran aku baca buku tentang "apa yang dilakukan orangtua muslim di 7 hari pertama" disitu dikatakan sunat cewe hanya sunnah. disitu juga hanya dibilang "untuk kehidupan seksualnya kelak". tapi gak ngerti juga kehidupan seksual yang gimana maksudnya.

alhamdulillah di keluarga gak ada yang nuntut tentang sunat2an. ya sudah, kalo ragu, mending enggak toh? *wink*

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

23

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

farahbun wrote:
kalo ragu, mending enggak toh?


bener bgt hehe

24

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

cuman pingin komen dikit... apa bener ya hadist (kalo memang ada) yg "menyunnahkan" "sunat" pd bayi perempuan itu shahih?
*kyknya ga pernah dgr crita Rasul menyunat Aisyah...*

25

Topic: Sunat untuk Anak Perempuan

mili juga ga di sunat, walaupun awalnya nyokap g aga maksa untuk nyunat mili pas mili lahir, di rumah sakit tempat mili lahir tidak memperbolehkan sunat. suami juga ga setuju bgt mengenai ini ... aku dulu ktanya sich di sunat, cuma banyak juga yg ga disunat .. fine fine aja ...
sepertinya ini tradisi aja ya