1

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Dear mamas..
mau nanya-nanya ni..boleh ya..tp topik ini dah ada belum ya..kalau dah ada mohon di move aja..maklum newbie.. :D
saya kan lagi ngerencanain hamil lagi (anak kedua)..nah saya lg ngumpul2in info tentang suplemen buat ibu hamil, dulu pas kehamilan yang pertama DSOG-nya slalu ngasih suplemen tiap saya periksa (kalsium ama apa gitu saya lupa)..dan saya rajin banget tu minum suplemennya, bahkan saya minum juga tu suplemen minyak ikan yang mengandung omega 3 dan konon bagus buat pertumbuhan otak bayi..tp belakangan saya googling kok ada yg bilang sebenernya ga perlu..
tell me ya mamas..thanks a lot..

2

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

mamanazza folic acid (asam folat) ya maksudnya? kalo folic acid ini perlu karena penting untuk pertumbuhan sel2, termasuk otak bayi. akan tetapi, lebih bagus kalo dikonsumsi ketika masih TTC, lebih efektif kalo pas lagi masa2 mau hamil mengonsumsi asam folat ini. tapi biasanya sampai hamil besar dokter tetap ngasih. dulu gue juga yang dikasih hanya asam folat dan kalsium.

untuk kalsium pun sebenernya gak perlu pake suplemen sih. kalau kita bisa mengonsumsi susu dengan baik selama hamil, gak perlu kalsium suplemen lagi. tapi kebanyakan bumil itu malah eneg minum susu, makanya akhirnya dikasih suplemen. selain dari itu, selama tetap menjaga makanan dengan gizi seimbang, makan makanan yang sehat, dari sayur, buah dan asupan protein, suplemen sebenernya gak perlu2 amat kok.

dulu gue hamil pun asli cuma dikasih asam folat dan kalsium. kalsium soalnya gue emang rada eneg minum susu. dan terakhir2 dikasih iron juga karena gue kekurangan asupan zat besi. bukan kekurangan yang sampe berbahaya atau gimana, tapi selalu pas di cek iron-nya selalu kayak di bawah border terus. jadinya pas terakhir2 dikasih yang berupa pill sama dokter gue.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

sLesTa
Naaa..iya asam folat.. Wah bagusnya dikonsumsi pas masa2 sebelum hamil ya..siap2 hunting ni.. :D
Brarti suplemen ga masalah ya..kalo pas hamil emang eneg banget minum susu, dulu pas hamil anak pertama di trimester 1 saya sempat opname 3 hari gara2 dehidrasi, muntah terus habis minum susu, kemungkinan karena zat besi di kandungan susunya tinggi..tp ga tau bener ga tau enggak ya..soalnya habis ganti susu, ga terlalu muntah lagi, cuma eneg biasa.. :D

4

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

iya, dulu pas hamil anak pertama juga gw cuma asam folat sama kalsium. soalnya selama hamil aku gak eneg-an n gak muntah2, jadi makanan dan susu masuk semua. katanya susu bumil juga lebih baik diminum dari sebelum hamil (karena kandungan folat nya yang tinggi). btw kalo gak salah ada topik 'penting enggak nya minum susu bumil' kan ya??? *meluncur kesana abis ini aah*

kalo yang omega2 an dulu aku sempet konsumsi telur dengan omega (biar mahal tetep bela2in beli) gak ngerti ngaruh apa engga.

oya kalo tablet asam folat dijual bebas gak sih? maksudnya perlu resep dokter apa ngga?? jd pengen beli. eh tapi folat bisa didapet dari pisang juga kan ya??.

mamanazza
aku juga lagi pengen hamil lagi niiiihhhh. jangan2 ntar kita due date nya samaan hehehehe

Bussy life...happy life...

5

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

waktu hamil pertama dulu sama dokter selalu dikasih suplemen asam folat sama kalsium dan rajin minum :).

Hamil yang kedua ini juga dikasih asam folat sama kalsium oleh dokter, tapi entah kenapa males banget bawaannya mau minum dua suplemen itu :(. Untuk hamil yang kedua ini lebih prefer makanan alami saja untuk mendapatkan asupan asam folat dan kalsium. Untuk asam folat akuseringin makan sayur bayam dan jeruk, kalau kalsium dari makan kacang hijau.

6

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

dewiamel
hehehe..iyaa..dulu pas omega2an juga krasa rada mahalan..tapi kata orang kalo dah demi anak sih tetep diusahain yaa... :D
Kmaren sore setelah dibilang sLesTa kalo asam folat bagus diminum sebelum hamil, aku langsung hunting ke apotik..ada yang dijual bebas kok..ga mahal juga ternyata..(sambil ngitung uang bulanan.. :P) Iya konon katanya asam folat emang ada di pisang, makanya lg rajin banget ni makan pisang.. :D Ayuuk hamil barengan..sapa tau ntar due date-nya juga bisa barengan.. ehehehe.. :D

indriani budi utami
iya ya..masalah utama bumil sih emang males kalo minum obat ato vitamin..9 bulan minum kayak begituan sih emang ngebetein..tapi akunya pas hamil ni mabok mulu..trutama trimester 1, ga pagi, siang, malam cuma pengen muntah aja bawaannya..sampe opname itu tadi..padahal kan konon justru perkembangan otak bayi di trimester 1 ya..nah makanya aku paksa2in dah minum suplemen2 itu..tapi smoga kalo ntar hamil lagi (aamiin :) ) bisa meniru dirimu yang prefer makanan alami.. :)

7

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Kemarin waktu pap smear juga dokter kandungan gw bilang kalau ada rencana hamil lagi, lebih baik minum asam folat dari sebelum hamil. Waktu hamil juga gw dikasih asam folat dan kalsium. Gw pilih asam folat yang punya kandungan zat besi juga waktu itu.. Setelah tanya dokter, gw juga tambah vitamin C, karena waktu itu pernah pas awal hamil sempat flu.. dan rasanya ga enak bangett, udah gitu ga boleh minum obat kan.. Jadi gw minum vitaminnya, vit C, asam folat dan kalsium sampai melahirkan..

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

8

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

mamanazza, thanks bgt ya udah diingetin dgn adanya thread ini. Kebetulan aku & suami berencana nambah teman buat Nendra, jd sekarang program hamil utk anak ke-2.. :)

Dulu waktu anak pertama mulai dr TCC sampai melahirkan aku konsumsi PRENATAL Woman's Dietary Supplement dr Nature's Plus, belinya di Guardian/Century Health, kl gak salah harganya hampir Rp. 400 ribu isi 90 tablet, gluten free. Selain itu juga dapat tambahan pil dr DSOG-ku.

Komposisinya Prenatal lengkap bgt, mulai dr Multivitamin, Biotin, Kalsium, Iron, Thiamin, Ribo Flavin, Iodine, Niacin, Fosfor/Asam Amino Complex, Zinc, dll, termasuk Asam Folat 800 mcg.

Dari sumber makanan langsung/alami sebenarnya udah cukup ya (kl Asam Folat bisa diperoleh dr buah2an segar, Asparagus & sayuran hijau, sedangkan Kalsium dr susu & hasil olahannya, ikan teri kering, kacang2an), tp krn waktu itu aku lg sibuk ngerjakan byk proyek shg makanku srg gak teratur, drpd kuatir kekurangan nutrisi akhirnya ku-back up pake suplemen Prenatal ini.

Berhubung sekarang lagi program hamil, aku jadi kepikiran mau konsumsi lagi.. :)

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

9

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

iyo moms..kalo hamil tambah minum asam folat sama kalsium..n saya juga minum susu kambing..disini susah nyari yang segar jadi minum yang bubuk..kandungan kalsiumnya jauh lebih tinggi dari susu sapi..saya sekarang lagi hamil n menyusui juga jadi ya harus semangat minum suplement..biar semua bisa sehat...anak ibu n calon baby...

10

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Klo yang saya tau sih,suplemen sebenrnya ga perlu klo asupan gizi dari makanan yang kita makan sehari-hari cukup. Tapi klo kita ragu-ragu gada salahnya minum suplemen..

Klo dulu aku minum suplemen folamil genio..Cukup komplit komponennya bahkan bisa dipake sampai menyusui..

11

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

sama... selama gw hamil cuma dikasih asam folat sama kalsium aja sama dokter.. pas trimester pertama ditambah sama anti mual, itu pun diminum kalo lagi mual aja..

@dewiamel, asam folat bisa kog dibeli di apotek2 tanpa harus pake resep dokter.. (gw sih pakenya yg Folas yah)

kalo susu khusus ibu hamil sih gw juga minum tapi males bikinnya, jadi gw juga beli susu pasterisasi.. :)

12

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

kalo aku minum folat, kalsium dsb cuma 1 bulan pertama.. folat masih diminum kadang2 sampe 3 bulan... seterusnya sama sekali ga minum... alhamdulillah babyku sehat..

13

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

ummu afdhal wrote:
saya juga minum susu kambing..disini susah nyari yang segar jadi minum yang bubu
wrote:
k..

susu kambing mam? baru denger. eeh... itu rasanya kayak apa y??

Bussy life...happy life...

14

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

iya mom bener, sebenernya kalo cukup yakin makanan kita sehat dan seimbang sebenernya vitamin ga terlalu dibutuhkan, aku pribadi sih ga gitu yakin dengan asupan giziku mencukupi/enggak :)

jadi kemaren dikasih deh folat+kalsium di bulan 1&2, bulan 3 dapet kalsium+folamil genio (bener kata mom ajeng..klo liat dr komposisi kandungannya nampak komplit), bulan 4 ini dikasih kalsium+obipluz (with DHA&EPA)..

15

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

dewi amel
iya moms susu kambing..saya minum yang bentuk serbuknya jadi udah gak berasa amis kambing...kata teman yang minum susu kambing yang aslinya memang berasa amis jadi perlu ditambahi perasa seperti coklat ato lainnya. kandungan kalsiumnya jauh lebih tinggi dari susu lainnya..n baik untuk mengobati bermacam penyakit juga...yang ini saya kurang paham...tapi coba search aja kalo mau tau manfaat lainnya...
maaf tidak membantu banyak..

16

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

ikut gabung ya..

bgmn dgn propolis, amankah diminum saat hamil? aku suka minum propolis utk terapi flue alergiku. mohon pencerahan, trims.

17

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

dulu waktu hamil pertama, aku sempet dikasih suplemen asam folat sama penambah darah...

sekarang karena suka sembelit dan males minum susu, di kehamilan kedua aku dikasih folat sama kalsium... padahal sel darah merah sempet agak di bawah rata-rata...

tapi sampai di bulan kelima, cuma dikasih osfit DHA... katanya disana sudah ada kalsium dan tuna oil yang bagus untuk perkembangan otak janin...

jadi mungkin, suplemen di masa kehamilan hanya sebagai pelengkap aja... kalau memang asupan gizi sudah mencukupi untuk mom n baby, kayanya ngga perlu suplemen macem2...

semoga membantu...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

18

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

nimbrung ya moms..

kalo konsumsi suplemen yang tanpa resep dari dokter gimana?
kandungan 17 minggu ini aku tadinya konsumsi promavit, trus grafola DHA. tapi promavit kapsulnya segede gambreng (kadang keselekkalo minum itu), grafola DHA baunya gak kuattt >,<
ada yang nyaranin konsumsi osfit DHA dan vitamam 2 karena kandungannya lengkap buat bumil.
aku gak minum susu, cuma air kacang hijau, buah, plus suplemen tu tadi, trus seumpama gak pake suplemen, is it ok moms?
thanks in advance

19

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

midolady,,aku dari 4 bulan udah dikasih osfit dha ama dokter,,and baik dokter aato bidan bilang itu bagus banget buat janin.
aku juga dikasih prenamia,soalnya aku anemia n tensi rendah.

kalo midolady ngerasa udah cukup makannya kayanya ga usah ada supplemen gapapa, asal ga ada keluhan kaya aku or pernah ngeflek gt.
klo ga suka susu kalsium bisa take dari redoxon.
tapi kalo DHA aku ga tau ya itu bisa didapet dari apa selain obat dari dokter.setau aku bisa dari minyak ikan (aku juga minum,,aku pake merek nutrimax,,beli di century/guardian) tapiiiii itu kapsulnya gede2 banget.
HTH mom

20

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

midolady...
imho, suplemen kan sifatnya tambahan aja ya... tanpa suplemen sebenernya juga ngga papa, asal konsumsi nutrisi cukup... kayanya minum air kacang hijau dan buah2an udah cukup deh. asal makan makanan utama juga sehat dan teratur...

imho again... sebaiknya konsumsi suplemen atas petunjuk dari dokter. meskipun sifatnya tambahan dan kandungannya bagus buat kita, siapa tau sebenernya kita justru ngga butuh, atau bahkan kita butuh varian suplemen yang lain. seperti tambahan kalsium, tambahan zat besi atau yang lain... HTH,.. :)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

21

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

thanks choco & mrs doyi buat masukan2-nya :)
hmm, kayaknya aku yg terlalu kuatir kalo nutrisi calon bebi ni gak terpenuhi ya.
jadinya apa2 masuk (kecuali susu siy >,<)

22

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

haiii mommy2.. mau share nih... skrg usia kehamilan gw uda masuk 18 minggu.. alhamdullilah skrg napsu makan uda kembali normal,, ada sedikit cerita nih moms :

wkt kontrol baby kmrn gw dikasi vitamin sama dokter yg mengandung omega 3 + asam folat dengan baunya yg lebih amis + ukuran kapsul yg lebih gede dr vitamin gw yg sebelumnya..

permasalahannya adalah : kenapa yaa tiap minum vitamin ini, jarak sekitar 1 jam gw pasti muaal bgt bahkan sampe muntaah (kan sayang bgt nutrisi yg uda gw dapet dr vitamin or makanan yg uda gw makan).. padahal masa2 mual gw uda lewat. Pernah gw coba sehari ga minum vitamin ini hasilnya Gw Ga Muntah Lagiiii......

ada saran ga moms.. lebih baik gw stop minum vitamin ini atau ini cuma efek dr kandungan didalemnya? pengaruh ga yaa ama janin gw klo gw ternyata ga cocok sama vitamin ini? thx... :)

23

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Moms,
kalo minum minyak ikan gitu aman ga sih?
kmrn waktu ke Sydney smpt beli 500 tabs minyak ikan, katanya kaya DHA
eh ga lama kemudian dinyatakan hamil, menurut moms TUM dilanjutkan ga ya minumnya?
terimakasih utk pencerahannya

NB : selama ini minum folavit & seloxy juga sih..

24

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

missyayuk tujuannya makan minyak ikan itu untuk apa ya? sebenarnya sih ikan gitu bagus buat bumil, tapi kayaknya bagusan kalo fresh ya.. dan ada beberapa ikan yang juga ga dibolehin. mungkin sebaiknya ditanyakan aja ke ob/gyn nya pas jadwal check up.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Sama mama..selama hamil aku juga diksihnya asam folat sama kalsium..
Selain itu minum susu bumil juga..
Waktu trimester 1 dan 2 minum suplemen asam folat dan kalsium tiap hari..
Tp diakhir trimester mulai males minum suplemen karena nutrisi dari makanan sehari-hari udh lumayan cukup kayanya..hehe