1

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

hallo urban mama&papa..
Baca artikel Thea Rizkia http://theurbanmama.com/topics/our-stories/5245/lets-start-being-smart-patients.html jadi pengen belajar lebih banyak tentang RUM/RUD...
mama&papa sharing disini yuuk ....

i'm Arva addict

2

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

arvasmom,
Iya tulisannya thea menyadarkan kita ya, kalo RUM/RUD itu salah satu bentuk tanggung jawab kita pada diri sendiri.
Sepengetahuan gw sih ya, RUM/RUD itu bukan anti obat2an, justru RUM/RUD adalah menggunakan obat2an pd saat yg tepat, baik & benar agar terasa manfaatnya bagi kesehatan kita.

dulu gw sering kesel kalo pulang dari dokter ga bawa 'oleh2' berupa obat2an, ato minimal vitamin deh :) katro ya? Hehe..
Soalnya dokter2 yg gw visit itu kebanyakan dokternya ibu/bapak, jd dokter jadul gitu, yg udah opa2/oma2 hehe..
ternyataaa..bukan opa2 n oma2 itu yg gak gaul, tp gw-nya yg o'on hahaha...
Kalo emang gak sakit, ngapain minum obat ya?
Bapak gw bukan tipe pasien yg RUM/RUD, melainkan DDD/DDO (dikit2 ke dokter, dikit2 obat). dan thn 2007 lalu keluar masuk RS utk cuci darah krn fungsi ginjalnya terganggu. Makanya, urusan RUM/RUD beliau strict bgt, gak mau anak cucunya kena penyakit ginjal spt beliau :(

Gw, abang2 dan adik gw semua punya buku rekam medis dari bayi :) berhubung udah penuh dan kusam, sekarang gw punya buku rekam medis baru.
Buku rekam medis ini berguna banget buat yg sering pindah2 rumah. Jadi, tinggal di manapun, berobat sama dokter manapun, kita gak perlu curhat lagi krn dokter udah baca riwayat kesehatan kita melalui buku tsb.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

eka,
jd tertarik soal buku rekam medis-mu itu.. biasanya kan tiap RS/dokter nyimpen rekam medis masing2 pasiennya. jd kalo langganan ke beberapa RS ato dokter jd rekam medisnya misah2 dong ya?
yg punya eka itu gabungan dr semuanya? jd tiap berobat bawa buku sendiri buat dicatetin sama dokternya, begitu?

4

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

riri,
medrec book bikinan bokap buatan sendiri, penuh dengan hekter :p
Haduh tar deh kalo di bandung msh ada gw upload photonya. Acak2an, hanya bokap yg ngerti.
Jaman dulu kan blm ada buku gitu ya. Jadi itu lembaran2 kertas hvs yg dijepit di map, terakhir difile di binder plastik :) copy resep & kuitansi jg ikut difile di situ.
Awalnya bikin utk daftar pengeluaran ibu, bapak gw kan pegawai negeri while ibu gak kerja, ibu rmh tangga.
jd difile gt utk tracking pengeluaran & anak2 jgn sampe sakit yg sama berulang2 hehe..

Kalo yg gw punya skrg, buku dari RS Hermina Bandung. kalo berobat/kontrol ke dokter yg beda, buku itu yg dipake. Dibawa2 kemana2, jd kayak diary gitu. Kalo ada waktu suka gw warnain, dihias2 haha.. tp dokter/suster kalo liat medrec book yg rapi mrk seneng loh.. Kadang ada yg nanya: 'ibu mau tulis sendiri? tulisannya jelek bu, gpp?' hihihi.. Jd gw minta tolong aja mereka tulis pake capslock, biar kebaca.
Buku yg keluaran RS gitu biasanya lengkap koq. Kolom2nya udah jelas, trus suka ada penjelasan ttg kehamilan, imunisasi dll.

Kalo bukunya enzo & dante dpt dari DSA pertama yg dikunjungi. Dari sponsornya si klinik/DSA itu, dari sufor. Tp ga usah skeptis, bukunya lucu koq. Informatif pulak. Hanya ada merk sufornya aja di belakang sampulnya. Belakangan pas gw pindah DSA, dpt buku baru, jadi buku lama sampulnya diganti. Tapi mau pake sampul sendiri jg boleh koq. Kalo medrec booknya enzo, sempet gw tempel2in sticker :)

Tar deh photonya gw upload.
Biasa aja sih..tapi kalo lg iseng, seneng aja warna2in sambil ngecek2 imunisasi apa yg belom, penyakit apa yg berulang, obat apa yg ga perlu, berat badan koq gak naik, kenapa.. Yaa diary gitu deh..
:)
*penting*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

@eka wah papanya keren! bikin medical record anak- anaknya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

6

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

honey,
iya bapak pegawai negeri. jadi sering pindah2 tugas. medrec book penting banget jadinya. kalo pns gajian di awal bulan, jadi ibu hrs pisah2in kebutuhan bulan tsb, dimasuk2in ke dlm amplop. biaya utk dokter ini yg gak jelas, ada sih askes, tapi dulu itu harus ke RS/puskesmas rujukan dan kayaknya agak jauh dari rumah. bapak itu dari dulu kalo sakit selalu panggil dokternya ke rumah, kayak di sinetron2 gituuu.. hihihi...tapi jadinya temenan sih, kadang dokternya main ke rumah hanya utk main catur sama bapak :p

riri,
ini photo medrec book gw & anak2 yg sekarang. kalo yg buatan bapak blm dicari, ada di bandung kayaknya, nyelip2 entah di mana :p

http://i1016.photobucket.com/albums/af286/ekadeau/medrec1.jpg
bukunya beda2 gambar sampul luarnya, tapi ukurannya kebetulan sama, jadi sampulnya pake yg seragam aja. kebetulan warnanya hejo, warna paporite ;p pengennya sih pake sampul buatan sendiri, tapi tar aja deh, kapan2 ;p

http://i1016.photobucket.com/albums/af286/ekadeau/medrec2.jpg
bukunya enzo & dante sempet gw tempel2in sticker naruto hehehe... buat 'tanda' halaman. krn di buku itu ada halaman khusus buat jadwal imunisasi, rawat inap, dll. dan biar rapi & mudah dicari aja sih.

http://i1016.photobucket.com/albums/af286/ekadeau/medrec3.jpg
bbrp dokter hanya ngasih kertas (nah mmg seharusnya kertas begini, kalo buku itu sponsor dari sufor/obat). begitu kertasnya penuh, gw tempel di buku ini, biar gak nyalin lagi. gw tempelin kms juga yg dari posyandu. yg di buku gw, itu nyelip2 copy resep & kuitansi yg belum sempet gw rapiin, juga ada leaflet ttg vaksin kanker serviks.

kalo mau bikin, enaknya pas lagi hamil ato pas cuti melahirkan. bikin yg rapi dan lucu gitu :p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

eka

tertarik nih ama bukunya.. kalo bikin sendiri, ada tutorialnya ga?
atau, kalo beli, beli dimana?
aku cuma dapet kartu imunisasi aja dari klinik bersalin, ga dapet KMS. jadi growth chart aku plot-in sendiri pake buku panduan dari sponsor Toiletries bayi.

Mother of Universe

8

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

Eka, jempolan deh ibu ini..tapi memang tumbuh dari keluarga ya kebiasaan itu, jd ngefans sama ayahnya eka :).Saya juga nyatat sih..nyatat history sakit seperti sebelum gejala timbul apa kegiatannya, ke tempat mana, makan apa, waktu timbul gejala obat apa, kapan pemberian, dosis berapa, ukur suhu..tapiiii setelah fit kembali ya catatan itu dibuang...penting nih share ilmu macam begini. Jadi pengin lebih rapi. Tfs ya..

hari ini adalah hari baik

9

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

eka,
muantab deh ibu ini :) aku jg niat sih mau keep track riwayat sakit & vaksin Nay. salah satu alasannya, krn kmaren itu waktu papanya Nay dpt penugasan dr kantornya, paperwork yg harus diisi adl riwayat vaksin dr kecil.. & sangat merepotkan krn kita ga punya datanya.
skrg sih tiap kemana-mana memang buku bayi Nay ga pernah ketinggalan. jd kalo tiba2 harus kunjungan ke dokter udah siap sedia.

btw, kalo ke DSA kan memang dokternya tanpa diminta lgsg ngisi buku bayi/anak. tp kalo orang dewasa, kayanya selama ini ga pernah dikasih copy medrec utk pasien ya? jadi kita harus bawa2 sendiri form utk diisi dokternya?

10

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

eka wrote:
dulu gw sering kesel kalo pulang dari dokter ga bawa 'oleh2' berupa obat2an, ato minimal vitamin deh katro ya? Hehe..
Soalnya dokter2 yg gw visit itu kebanyakan dokternya ibu/bapak, jd dokter jadul gitu, yg udah opa2/oma2 hehe..
ternyataaa..bukan opa2 n oma2 itu yg gak gaul, tp gw-nya yg o'on hahaha...
Kalo emang gak sakit, ngapain minum obat ya?


Sama..kalau untuk imunisasi, dokter muda juga ok. Tapi kalau untuk berobat, aku juga lebih memilih dokter yang sudah senior, yang jam terbangnya sudah tinggi sbg dokter langganan. Tapi biasanya dokter senior (apalagi yang sudah profesor) kalau ga ditanya biasanya terkesan pendiam. Alasan milih dokter senior karena diagnosanya seringkali lbh akurat, jadi obat yang ga perlu otomatis diminimalisir.

Apalagi untuk antibiotik, aku harus lebih aware, tapi bukan berarti anti antibiotik sama sekali. Kalau aku dan anakku yg berobat, yang harus diingat adalah harus cerita ke dokter kalau di keluargaku ada riwayat alergi amoxicilyn. Ternyata alergi obat ini menurun, dari kakek, beberapa tante, dan ibuku sama2 alergi obat ini. Jadi sebelum dokter menulis resep yang ada antibiotik ini ke aku/anakku, aku yang harus aktif cerita ttg riwayat alergipada jenis antibiotik ini, dan setelah aku cerita ttg riwayat alergi ini, pasti dokter akan langsung mengganti jenis antibiotiknya. Tapi pernah juga kejadian aku lupa cerita ke dokter ttg riwayat alergi antibiotik ini, untung aku bisa dikit2 baca tulisan di resep dokter, jd langsung bilang "dok, di keluarga saya ada alergi sama antibiotik ini". Kebetulan dokternya sdh prof, prof Abdurrahman di bandung. Jadinya malah diskusi ttg antibiotik ini dan gejala2 alergi antibiotik, alhamdulillah jd dpt ilmu baru.

Kalau sedang bepergian dan anak sakit shg harus ke dokter yang baru pertama kali ketemu,sehabis berobat biasanya aku juga suka cek-cek jenis obatnya di internet ke beberapa situs yang terpercaya sebelum meminumkannya ke anakku untuk mengetahui jenis obatnya (keras/tidak) dan juga efek sampingnya, krn pengalaman berobat ke beberapa dokter di RS, bungkus obat dan kertas yang berisi penjelasan ttg efek samping dsb itu sudah dibuang terlebih dahulu oleh petugas apotekernya, jadi bener2 tinggal botol sirupnya saja yang dikasih ke kita.

11

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

Koeliz
Wah, kalo beli gw gak tau beli di mana. Ga nyari juga. Mungkin di toko2 alat kesehatan/toko buku ada kali ya? Hehee..jd penasaran.
biasanya tiap RS ngeluarin buku bgini kalo pertama daftar.
Yang jelas di dlmnya ada lembaran:
- data diri: nama,jns kelamin, tanggal lahir, nama ortu, alamat, no tlp,...
- riwayat persalinan: nama RS, dokter/bidan, klinik, jenis persalinan, berat & pjg lahir, lingk kepala & dada, gol darah,...
- riwayat neonatal: asi/tdk, kuning/jaundice, kejang, defisiensi enzim, terapi sinar, transfusi darah, hipogilemia, gangguan pernafasan, cacat bawaan, kadar bilirubin, tgl pulang dr RS, berat & tinggi badan saat pulang, tgl kontrol, ...
- catatan medik: tgl kunjungan pertama pd DSA, riwayat alergi obat, riwayat penyakit dlm keluarga, riwayat penyakit yg pernah diderita & tglnya.
- catatan tumbuh kembang: tgl, umur, barat bdn, panjang/tinggi bdn, lingkar kepala, pemeriksaan/keluhan/diagnosa, pengobatan/tindakan,nama dokter, harga obat, ...
- catatan imunisasi: jenis imunisasi (biasanya stickernya ditempelin), vaksin, pabrik, tgl imunisasi, paraf dokter, usia, ...
- rencana imunisasi ulangan (booster)
- tanggal perjanjian imunisasi: tgl, imunisasi, pemeriksaan perkembangan, pendidikan kesehatan/gizi (saran dokter/nakes)
- catatan perawatan di RS: tgl perawatan, diagnosa, RS, dokter yg merawat, catatan khusus...

Namila,
Hahaha..bapak mmg strict kalo soal pengeluaran & kesehatan. katanya kalo badan sehat kan uang utk pengobatan bisa buat beli2 yg lain :)
Dan meskipun biaya pengobatan kita ditanggung perusahaan, justru kita harus 'care' sama obat apapun yg kita makan. Krn ujung2nya yg kerja ginjal kita, sayang aja kalo harus ngalamin cuci darah berkali2 spt bapak. Sayang uang, sayang tenaga, sayang waktu kebersamaan sama keluarga, harusnya bisa liburan bareng2 ke pantai ini malah bareng2 sedih di RS nungguin org sakit :'(
Iya bikin yg rapi emang kadang malesin. Tapi kalo udah 'jalan' kesananya mudah koq. Cara paling mudah minta dokter/suster/apoteker nulis pake huruf kapital biar kita ngerti maksudnya.

Riri
Iya buku yg buat org dewasa emang kita yg hrs minta/tanya. Setiap dokter yg gw visit jg bilang koq, cuma gw yg bawa diary gitu hihihi... Tapi emang buku gw jarang ditulisin jg,jarang ke dokter. Paling kontrol IUD doang.
Gw bilangnya tolong tulis yg lengkap pake huruf kapital. Utk keperluan reimburse kantor gw/suami biar ga ribet verfikasi. So far sih dokternya nurut2 aja, dan imo nih jadi 'ngeh' bahwa gw pasien yg banyak maunya :)

Indriani
Eh iya bener, kertasnya suka dibuang. sbnrnya kita bisa minta lho, dan harusnya dikasihin ke kita. Jadi pas tebus obat, minta kuitansi, copy resep & rincian harga obat yg ditulis pake huruf kapital/print. Lalu minta kertas/brosur penjelasan obat jgn dibuang.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

12

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

Emang netapin RUM/RUD itu susah, soalnya terkadang kita udah panik duluan kalo anak sakit, buru-bur ke dokter, dokter kasih obat apa aja hayuk aja ditebus tanpa tau tuh obat buat apa ya? antibiotik bukan ya? kalo anak sakit ga butuh antibiotik kenapa harus dikasih itu? dan hal-hal semacam itu. Tapi emang ga dipungkuri, gw aja kadang masih panik koq kalo Mika sakit, tapi selalu mencoba rasional dalam menghadapinya dan ini yang susah, bener-bener susah deh. Sama aja kayak pilihan hidup dan mati, hehe.

Kemaren Mika sempet diare parah, tapi Alhamdulillah ga sampe dehidrasi soalnya gw kasih cairan yang banyak walaupun dimuntahin lagi dan ga gw bawa ke dokter. Karena gw baca dari artikel-artikel tentang diare, akhirnya gw coba nahan diri ga kedokter dan ngelakuin pengobatan dirumah. Tapi gw juga udah bertekad, kalo sampe 3 hari masih sakit ya pastilah gw bawa kedokter, untungnya Mika pas mau dibawa kedokter mulai membaik, hehe. Tapi memang dari dulu kalo mika sakit gw baisanya nunggu 3 hari baru kedokter, walaupun terkadang di hari pertama pengen banget bawa kedokter biar dikasih obat terus sembuh hahaha, tapi ga pernah gw lakuin, selalu bawa dihari ke3.

Buku medical record Mika juga cuman satu2nya, jadi buku dari lahir sampe sekarang ya buku itu. walaupun gw ganti dokter, tetep gw pake buku yang dari lahir itu, jadi biar ketauan riwayatnya Mika, sehingga dokter baru pun ga bingung.

Yuk belajar terus yukkkkk

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

13

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

Kalo gw dapet buku medical record dari RS Bunda Margonda, waktu itu baru pindah ke Depok, dan pas berobat langsung dikasih buku itu... (gak dikasih sih, bayar sekitar 15rb kalo gak salah)... jadi setiap pasien baru yg berobat di situ pasti wajib beli buku itu kalo belom punya. Jadinya ya kita bertiga punya, dan ke dokter mana pun pasti kita bawa... kadang ada dokter yg bingung kalo kita todong ngisi buku itu, tapi banyak juga yang udah biasa...
Berasa kebantu banget dengan buku ini... jadi kita bisa tahu, rata2 per tahun kunjungan ke dokter berapa kali... jadi bisa tahu dalam setahun tuh pernah sakit apa aja. Gw dan suami sih kalo sakit ringan pun pasti ke dokter, tujuan utama sih buat surat istirahatnya (berasa rugi aja kalo sakit tapi potong cuti)... tapi berdasarkan pengalaman sih, beberapa kali sempat ke dokter dan memang disuruh istirahat aja... gak pake dibekali resep obat2an yg harus ditebus...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

14

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

ella,
Hihihi..bener banget. ke dokter utk dapetin surat istirahatnya :)
Tapi kalo cuma sehari sih ga perlu ke dokter & pake surat istirahat. mungkin tiap perusahaan beda2 ya peraturannya, tapi umumnya sih gitu.

Dieta,
Iya, nahan diri dari komentar org lain itu yg susah. Tapi kadang percuma jg ke dokter, paling cuma disuruh byk istirahat & perbanyak asupan cairan & makan yg bener sama jgn stress/jgn terlalu capek.
Malah kalo ke dokter makin sakit krn capek di jalan,capek antri, mending tidur di rmh :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

15

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

Mau sebagus apapun dokternya, RUM/RUD whatsoever, semya jg tergantung orgtuanya gimana. Misalnya anak diare, udh kedokter pro RUM, tp orgtuanya panikan dan ngga sabaran. Ujung2nya bawa ke dokter lain, dikasih antibiotik dan unnecessary drugs. Lalu berangsur2 bayi membaik krn emg udh fasenya. Jadi kedepannya orgtua akan mikir kalo diare harus antibiotik. Pdhl dunia lagi berusaha melawan resistensi antibiotik.

So, bukan hanya perlu belajar ttg RUM menurutku, kita jg harus belajar menata hati dan stay calm walau susah saat anak sakit.

16

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

miraQueen
So true! Ada tetangga yang tanya dokternya kira dan kara dimana. Kok jarang sakit. setelah dicoba, ternyata katanya gak cocok sama dokter yang aku rekomendasi. Katanya kasih obatnya cuma 1 macam. Kalo di dokter lain bisa dapat beberapa macam. Mau jelasin tentang RUM dan antibiotik juga agak susah, karena udah sepuh. Jadi ya dihormati aja keputusannya. Karena kan kita gak tahu paniknya kalo cucunya lagi sakit seperti apa. Pernah juga ditanyain kenapa kok milih dokter itu, ya baru deh aku jawab alasan dan aturan pemberian obat.

Setuju, kalau prefer dengan dokter yang RUM, kunci utamanya orang tua harus kuat hati, kuat mental, banyak sabar ketika anak belum sembuh juga. selama tidak ada tanda kegawat darurat'an, gak perlu panik juga. Oh iya, sama banyak-banyak belajar, baca-baca tentang penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

Aku baru tau istilah RUM ini setelah punya anak. Sebelum2nya, kalau sakit dikit aja (batuk, pilek, radang tenggorokan) pasti selalu ke dokter kantor minta obat. Malah obat di rumah sampe numpuk2 karena gak pernah diminum sampai habis.

Setelah punya anak ini jadi lebih aware soal RUM. Memang sih ya ibu2 baru kayak aku gini kalo anaknya kenapa dikit pasti bawaannya pengen langsung ke dokter. Pernah pas anakku usia 2 bulan kena batpil, eh sama dokternya dikasi 3 macam obat yang harus diminumin (termasuk antibiotik juga didalamnya). Karena tekadku gak pengen sakit dikit diminumin obat, jadi obatnya aku tebus, tapi gak kuminumin.Suami tadinya pengen obatnya langsung diminumin aja biar cepet sembuh, tapi untung dia ngertiin pilihanku buat gak kasi obatnya dulu, katanya "Kamu mamanya, jadi kamu tau yang terbaik buat baby A. Tapi kalau seminggu belum sembuh, dikasi ya obatnya". Untungnya seminggu kemudian anakku sembuh dari batpilnya.... Kan kasian kalau masih 2 bulan harus minum banyak obat...

18

Topic: Rational Use of Medicine/ Drugs (RUM/ RUD)

Gara-gara per-RUM-an aku sampai pusing nyari dokter buat anakku, sampai sekarang sih berobat ke puskesmas aja sama dokter kulit karena anakku kulitnya sensitif, soalnya tinggal di kota kecil susah nyari dokter ideal.. kemaren waktu anakku sakit agak lama berobat ke puskesmas dikasi antibiotik,, langsung berasa "iih, semua dokter sama aja" haha, ternyata anakku gak sembuh-sembuh dan pas liat ciri2 sakitnya emang harus dikasi antibiotik.. akhirnya nyerah juga ngasi antibiotik.. pendapatku sekarang jadi antibiotik itu gak haram kok asal penggunaannya sesuai..

Proud wife, happy mama, and coffee freak..

Banosflorales.blogspot.co.id