1

Topic: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

Hi mama papa semua,

Mau doong di share beberapa pertimbangan mama papa semua dalam memilih pre school / sekolah untuk buah hatinya. Aghnan rencananya mau aku masukin ke pre school umur 2 tahun. Dan kita cukup bingung mau masukin sekolah dengan kriteria seperti apa. Apakah billingual/full english / full indonesia? Seperti apa kurikulumnya, montessori, cambridge, IB atau sesuak depdiknas? Dan faktor-faktor lainnya.

Kindly share ya, jadi bisa jadi masukan buat aku dan si mas. Thanks before smile

2

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

Dadidedo
Hai Nggi..lagi survey2 sekolah juga niy buat amira..mau sharing sedikit yaaa..
Pertimbangan gue milih sekolah sebenernya ngga banyak syarat.cuman:
1. Buat preschool, gue lebih prefer sekolah yg bahasa pengantarnya bahasa indonesia aja..tapiii,tetep satu kali seminggu ada pelajaran bahasa inggrisnya.biar amira mengerti bahasa ibu dulu aja..

2.Buat TKnya,harus survey dulu ke SD yg mau dituju nantinya.biasanya sekarang masuk SD ada tesnya kan Nggi.naah,cari TK yg ngajarin kurikulum yg sesuai dengan tes masuk SDnya nanti..misalnya,baca tulis,berhitung,dan bahasa inggris

3.Cari yg deket rumah,hehehe..biar ngga cape tongue

Mmm,kyanya siy itu aja ya pertimbangan gue.mudah2an bisa bermanfaat yaaa..
Kiss kiss buat Aghnan ya Nggi..

'love to watch Amira sleep'

3

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

*ikut menyimak karna gue juga masih bingung* big_smile

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

4

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

Dadidedo kayaknya topik ini ud pernah dibahas tp entah dithread sebelah mana ya...*cari2 g ketemu*
Tahun depan kayla (22M) jg mau aku masukin pre school, berarti pas masuk pre school usianya 2thn lebih 9bln...Milih sekolahnya :
- jarak, harus deket dr rumah.
- guru, maunya yg sabar n perhatian. Mungkin bs diliat pas kita ngobrol2 n caranya ngajar dikelas. Tapi masih agak bingung krn bs jd pas open house sengaja berbaik2....Trus selalu kasih progress anak2 didknya mingguan atau paling g bulanan.
- bangunan, krn masih masa2nya maen, gedungnya harus cerah krn IMO gedung yg cerah bisa mempengaruhi suasana hati
- hari dan lama sekolah, krn masih awal-awal n tahapnya baru perkenalan, aku carinya yg seminggu masuk 3-4 kali aja trus waktu sekolahnya cukup jam 8-10 (2jam)
- bahasa pengantar bahasa indonesia sajah....

Kalo TK sama kayak tiwtiw carinya yg mendukung masuk ke SD yang dituju. Pengennya siy g pindah dr pre shoolnya tp g tau d...nanti dievaluasi lg kalo udah jalan...

mamanya kayla n nayya

5

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

mrs tody - maksudnya ini bukan? http://theurbanmama.com/forum/topic355- … share.html
Eh tapi beda ya? tongue

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

6

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

iya nya aku dah baca yg itu.. cuman itu sekolah bayi-bayi bukan? Gw mikirnya krn Aghnan udah toddler, jadi ya beda.. Eh beda gak sih? *bingung sendiri*..

Aku masih semedi, sama nunggu respon yg lain. Mau nyimak soalnya masih bingung sendiri.. hihihi..

7

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

kalo aku pertimbangannya...

  1. lokasi. harus deket ma rumah, max 1km lah smile tp beneran nih atha baru aja tahun ini mulai PG, pas dibangunin kadang ada saatnya dia semangat ke sekolah, ada saatnya males2an. kebayang aja kalo sekolahnya jauh harus bangun pagi buta, kena macet dsb.

  2. bahasa pengantar bahasa sehari2. kalo di indonesia ya bahasa indonesia. karena bahasa tsb yg akan dipakai ma anak sehari2. percuma aja di sekolah pake bahasa inggris tp lingkungan terdekat menggunakan bahasa indonesia.

  3. kondisi sekolah. gedung/bangunan terawat/tidak, kebersihan dan kerapihan lingkungan sekolah, fasilitas bagaimana, setidaknya mempunyai halaman/taman bermain yg cukup luas untuk anak bermain.

  4. guru/petugas sekolah. dilihat bagaimana sikapnya dg anak2, tidak hanya guru tetapi petugas kebersihan/administrasi/satpam pun harus ramah, sabar, perhatian terhadap anak2 murid.

  5. ekstrakurikuler. walaupun waktunya cuma sebentar waktunya (0,5-1jam), tp menurutku ini penting utk menambah aktifitas dan kreativitas anak. di PG atha ada ekskul menari, menggambar, bahasa inggris dan berenang. utk kelas TK ditambah ada marching band, karate.

kurang lebih sih seperti itu ya, kalau utk TK setuju dg mamas lainnya lebih baik dicari sesuai dg SD yg mau dituju.

eb atha kae nda

8

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

klo aku dulu pas alesya 2th masukin nya ke gymbore  yg seminggu 1x krn pertimbangannya cuma untuk sosialisasi dan perkembangan motorik kasarnya.
Pas umur 3 thn baru deh masuk PG, pertimbangannya :

  • lokasi : gak terlalu jauh dari rumah dan searah dengan rute kantor gw, jd gw bisa nganterin dulu sebelum kerja

  • antar jemput : sekolah nya mesti yg ada fasilitas antar jemput resmi dan dikelola ama sekolah *ini penting bgt buat gw krn incase ada masalah dgn antar jemputnya bisa komplen ke sekolah, bukan ke pihak ke3*

  • jadwal sekolah : pilih yg seminggu 3x dan sekolahnya gak lebih dr 3jam *diluar jadwal ekskul*

  • biaya : ini juga penting bgt buat gw krn gak rela *gak mampu sih lebih tepatnya*  nyekolahin di sekolah yg mihil uang pangkalnya dan spp yg udah gak masuk itungan kantong gw

  • anaknya OK dgn sekolah itu : sehabis survey/ trial gw selalu  confirm ke alesya, klo dia udah mau di sekolah itu gw menjelaskan panjang lebar ttg konsekuensi sekolah disitu. Misalnya hrs bangun jam brp, pake bajunya spt apa, gurunya ada brp, temen sekelasnya brp, kegiatannya apa aja, antar jemputnya pake apa, sampe rumah jam brp dll. Klo dia msh bilang OK ya go a head.

Klo masukin ke TK dgn pertimbangan jangka panjang, untuk masuk SD. Jadi sblm nentuin sekolah TK nya, gw ama suami udah nentuin tujuan SD nya dulu.

sharing pengalamanku nih klo untuk jangka panjang, mending nyari sekolah yg udah lama *bukan sekolah yg baru bbrp thn berdiri* karena biasanya klo sekolah baru itu masih belum  well prepare dgn kegiatan belajar mengajarnya, staff pengajar & administrasinya pun jg blm fix, sering ganti2.
Biasanya kekurangan suatu sekolah akan ketauan klo kita udah masukin anak ke sekolah itu (selain dari info2 pengalaman org lain), jd agak susah jg klo dibilang nyari sekolah yg gurunya sabar dll, krn bisa saja waktu trial dgn guru A dan ketika mulai masuk sekolah gurunya ganti si B. Dan biasanya guru2 klo ama murid yg lg trial akan bersikap lebih 'manis' hehehe

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

9

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

dadidedo,nyanya maksudku thread yg ini http://theurbanmama.com/forum/topic1540 … -anak.html. Mirip g siy? *celingak-celinguk cari mamods*

ndatha oh kegiatan kayak menari dll itu masuknya ke ekskul ya? bukan pelajaran wajib? soalnya dlm bayanganku kalo anak PG/TK pasti diajari nyanyi dan nari....Wah kalo gt aku jg bakalan cari info niy soal ekskul nari, krn kayla g bisa hidup tanpa menari...udah keliatan bgt dr jaman masih belajar berdiri hehehe

cinta kalo antar jemput untuk PG g jd prioritasku krn carinya sekolah yg bs ditempuh dg jalan kaki atau paling jauh diboncengin sepeda sama BS...

mamanya kayla n nayya

10

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

mrs tody
kl di PG atha itu sistemnya moving class tiap bulan. jd kl ga salah ada 8 kelas, tiap kelas itu ada temanya masing2. temanya itu ibadah, alam, profesi, rrr apalagi yaa lupa harus liat contekan dulu di rumah tongue trus utk kelas sentra seni lain lg. di dalam kegiatan belajar (pada saat berbaris pun) pasti diajarin berdoa, bernyanyi, menari tp di ekskul lebih difokusin lg utk belajar tarian apa.

sama, utk PG krn cari yg deket2 aja ma rumah jd ga perlu pake jemputan. tp emang yg paling penting setelah survey beberapa sekolah, perlu ditanya ke anaknya lebih seneng sekolah yg dimana? krn semua itu anak yg akan menjalaninya, bukan orangtua.

Last edited by ndatha (2011-07-22 15:18:19)

eb atha kae nda

11

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

ndatha
serubanget itu PG nya ada moving class tiap bulan. Emang PG dimana Atha?

12

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

mrs tody iya bener setiap ortu pasti punya pertimbangan dan kebutuhan tersendiri buat sekolah anaknya ya...that's way sharing dr pengalaman org lain itu kadang juga bisa dijadikan pertimbangan smile

dadidedo PG / TK sekarang rata2 konsepnya moving class. Dulu pas PG nya alesya jg moving class.  Dan tiap 3 bulan punya tema sendiri. Skrg di TK nya konsepnya sih bukan moving class tp dengan sentra2 di kelasnya. Jadi di dalam kelas ada sentra balok, sentra peran dll. Tiap 3 bulan juga ada tema tertentu, pas akhir tema pasti ada puncak kegiatan untuk anaknya .

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

13

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

cinta ooh gitu ya.. macam kaya metodenya montessori ya.. Jadi anak dibiarkan memilih yang dia lagi pengenin ya.. smile

14

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

mrs tody - sebenernya ada thread yang lebih mirip lagi, dimana yang diomongin itu cara2 nyari skolah buat toddlers. tapi kok ga nemu ya?

gapapa lah, disini aja dulu, ntar kalo nemu, di-merge aja threadnya.

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

15

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

beda parent beda pertimbangan, walaupun in general mirip2 lah sama yg disebut di atas. intinya buatku sih cari sekolah yg nyaman untuk anak, misal dari segi jam sekolah, lokasi/jarak tempuh, fasilitas (sarana dan prasarana sekolah yg bersih, nyaman, aman) dan pastinya juga metode/approach sekolah terhadap anak2, terutama para guru (kesabaran dan kemampuan guru menghadapi anak2 jelas tidak kalah penting dengan title/background pendidikan guru).

untuk biaya, IMHO sekolah bagus memang usually mahal (we can't avoid it), tapi mahal sekalipun gak selalu berarti lebih bagus, pasti cocok buat anak or worth-it. apalagi klo cuma buat gengsi ortu. ada sekolah yg IMHO fasilitas ok metode ok (jelas harus donk, mahal gitu loh!), tapi begitu aku lihat2 kok mahalnya karena banyak acara2 yg (menurutku) gak (or at least belum) terlalu penting, misal bolak-balik pentas/perform ksenian di luar sekolah (padahal sekolah punya sarana aula besar) dengan props yg khusus rancangan designer (dan pastinya mahal gila2an), field trip ke museum or taman wisata di luar kota dengan pesawat (errr, really? is that like necessary?) untuk anak2 level primary, sesekali mengundang 'celeb' kondang utk mengajarkan topik tertentu kepada anak2 (i don't know, i just don't find it worth splurging too much just to be able to say that anakku sudah sering ketemu 'celeb' di sekolahnya). of course hal2 tersebut klo didebat pasti punya nilai edukasi buat anak and no doubt with unlimited resources (in this case, unlimited budget) we all can have more fun more information, i just don't think the school is being reasonable on making their priorities. i will love better for schools (and teachers) yg bisa ngajarin with limited budget yet unlimited amount of kreatifitas dan imajinasi ke murid tetap bisa menambah ilmu dan pengetahuan mereka dibandingkan dengan penghamburan uang dan resources in the name of education. but that's just me though smile

happy hunting smile

thank heavens for lil' girls

16

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

Ih...setuju banget sama Adistybudiman,
Gw juga pengennya yg biaya & aktifitasnya make sense. Jadi, mungkin Alde akan gw masukin ke PG/TK yg uda kondang dari dulu (baca belasan tahun lalu)  aja.. Biasanya sekolah kyk gitu punya kurikulum yang bagus tapi ga berlebihan. But, I still searching for that kind of school too..

Last edited by ploves (2011-08-07 08:49:39)

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

17

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

dulu waktu milih sekolah pre-school untuk cila, pertimbangan aku;

- harganya masuk akal, ngga terlalu mahal dan pas sama sarana pendidikannya.
- lokasinya juga ngga terlalu jauh dari rumah.
dan yang paling penting, cila suka sekolah disitu..

makanya trial tuh penting banget yaa mom, jadi cila udah trial ke beberapa sekolah tapi dia mogok untuk ngelanjutin trialnya lagi.. pas trial di semipalar, cila sukabanget malah langsung nagih-nagih minta sekolah lagi..

yaa udah deh milih di semipalar

18

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

kl milih sekolah, pertimbanganku :
- lokasi
- kondisi sekolah
- akreditasi dari sekolah
- kondisi lingkungan pergaulannya
lebih milih ke sekolah yang uda ada nama dan mutunya ga diragukan lagi.. smile

19

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

Bener tuh, trial emang penting banget...pengalaman anak saya yg pertama,  ga pake trial, karena dia lgs seneng sekolah di PG itu, jadi ga pake acara mogok2an sekolah.. eeeeh.. lain dgn adiknya, awalnya dia yg minta2 sekolah, dan saya daftarin di sekolahan yang ada PG, TK dan SDnya, krn niatan saya nantinya saya akan daftarin kakaknya tahun depan ke SDnya, jadi biar ga pindah-pindah lagi gitu.

Tapi ternyata oh ternyata, si adik mulai mogok sekolah, dan hari ini ga mau pergi ke sekolah sama sekali, walaupun sudah dibujuk2, kalau hari rabu lalu, dibujuk2, dia mau pergi, tapi pas ditinggal, kata gurunya nangis terus-terusan minta pulang.

Saya tanya, kenapa ga mau sekolah, jawab dia," sekolahnya jelek, gurunya jelek"..hehehe.. saya curiga, dia bosan kayaknya krn memang halaman tempat bermain agak kurang luas, dan kelaspun sempit gitu, mainannya juga kurang banyak kali.
Apa mungkin karena satu area dgn SD, jadi lahan untuk PG/TKnya jadi terbatas? padahal justru anak2 seusia itu, lebih butuh banyak aktifitas kan ya?
Jadi, harus hunting sekolah lagi nih kayaknya, ya maunya sih sekalian yg bisa langsung ada SDnya, padahal saya sudah naksir juga sih sama SD Al Ikhlas ini yg ada di Jl.Nakula, Mas Naga, Bekasi.

Ada rekomend ga ya mamas2 yg mungkin ada yg tinggal di seputaran Galaxi, Bekasi?

Salam, thanks sebelumnya

Love you my fam, today, tomorrow and forever smile
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

20

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

wahh bagus juga neh ada thread kayak gini. Membantu banget untuk memilih sekolah.
Mika skrg seh umur 17bulan, dan lagi aku masukin kinderland seminggu sekali. Ya itung2 latihan dia belajar sekolah. So far seh baru 1 kali masuk kemarin, dan Mika demen.
Cuma setelah ini pas Mika udah umur 2thn, aku bingung mo masukin kemana. Ke nasional? Nasional + ? ato ke international.
Jujur aja, untuk international kayaknya engga deh, karena SD aku udah ngincer Tarakanita untuk Mika. Nah... apakah aku harus masukin si Mika ke playgroup dan TK Tarakanita juga ato playgroup dan TK di Kinderland, baru SD nya di Tarakanita. Takut nya susah juga masuk ke SD nya, karena orang dari luar. sad
Please info yah....

21

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

wah, seneng banget ada thread ini, emang lagi butuh banget tips untuk milih preschool buat Raza, karena bentar lagi 2 tahun.
sepertinya pertimbanganku juga :
- lokasi, pengen yg ga jauh banget dari rumah
- biaya, setuju dengan adistybudiman, harga reasonable dengan kualitas terbaik smile
- kebersihan sekolah, termasuk kebersihan gurunya.
- bahasa : indonesia, karena masih mau ngajarin raza bahasa ibu
- rasio guru yang cukup, misal 1 guru handle 3-4 anak, dengan asumsi si anak sudah ga didampingi ortu, jadi mesti ada guru yg handle dia
- jadwal : seminggu hanya 3x, karena konsep PG ini masih bermain sambil belajar
- isi kelasnya dibatasi, jadi ga terlalu crowded, pengalaman trial di Rumah main cikal FX, kelasnya rame banget, padahal tempatnya ga terlalu luas.

biasanya kan ada free trial tuh, nah ini bisa dicoba untuk melihat apakah si anak enjoy di sekolah itu atau tidak.

a happy wife & mom always defines me best! smile
@mamaaltair

22

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

Joan menurut gue sih sebenernya itu kembali ke anak dan ibunya, dan program jangka panjang sekolahnya.  misalnya elo rencana mau ke tarakanita, dan ngerasa mungkin lebih oke masuk ke TK nya dulu, ya go ahead. 

karena tiap keluarga (dan terutama si anak) punya kriteria yang beda2.  yang pasti sih, kalo menurut gue, untuk pre-school, cari aja yang penting ada kegiatannya, guru2nya sabar, sekolahnya bersih, dan lokasi juga penting.  karena at the end, pre-school itu kan bener2 untuk bermain.  let them play, walopun itu playing while learning.  sekolah jangan dibikin beban dulu.. nanti akan ada masanya datang untuk itu smile

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

23

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

Slesta: iya seh. Musti ngeliat cara pengajaran di tarq yah. Kalo di kinderland kemarin udah ngintip2 seru juga. Emang seh pengalaman gua waktu playgrup, 3 bulan bolos sekolah... tongue. Lupa kenapa kok bisa bolos sekolah gitu. Maklum, dulu nyokap gua kerja, jadi cuma dapet laporan aku bolos sekolah dari pembantu doank. hihihihih.........
terus yang masih gua inget sampe skrg tuh waktu TK, lupa tanda tangan nyokap buat PR gua. Terus gua di strap suruh berdiri di depan kelas dan angkat kaki. Well agak2 trauma juga seh sampe skrg. Nah apakah sekolah lokal tuh masih sama kayak dulu yah??

24

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

kalo dari aku yaa.. (kebetulan baru memutuskan sekolahin Rafa 2 bln yll di TKAI):

  • liat dulu kebutuhan anaknya.. kalo anak yang aktif kayaknya harus cari skolah yang banyak kegiatannya (kebetulan Rafa termasuk anak yang super aktif, jadi kurang cocok dg metode montessori)

  • banyak tanya ke orang2 ttg skolah yang di incer (pengalaman ortu murid yg anaknya udah skolah disitu pasti lebih pengaruh dlm mengambil keputusan)

  • datangi skolahnya, liat lingkungannya, guru2nya, fasilitas, kurikulum dll (mostly ttg pembelajaran di skolah itu sih..) krn kalo masi PG harusnya mereka lebih banyak bermain --> bermain sambil belajar..

  • skolah yang udah punya nama bagus, blum tentu cocok sama anak kita.. jadi emang kitanya musti rajin2 cari.. dan jangan lupa pas liat2 skolahnya bawa juga anaknya jadi kita bisa liat reaksi anaknya gimana.. kalo dia takut or gak nyaman.. biasanya ada yang gak sreg di anaknya dg skolah itu (this is just my opinion yaa hehehe)

  • trus kalo buat aku, jarak gak masalah selama anaknya seneng.. (balik lagi ke anaknya sih.. kebetulan Rafa seneng bgt jalan2 naik mobil, jadi pergi lama ke sekolah naik mobil itu dia hepi2 aja hehe)

  • buat aku.. bahasa pengantar juga penting.. aku maunya cari PG yang bahasa indonesia sebagai pengantarnya, krn blum ada rencana nyekolahin yang skolah internasional gitu deh.. tongue

  • dan satu lagi.. sesuaikan budgetnya hehehe banyak bgt skrng skolah yang mahal2..

yaa mudah2an ini cukup membantu.. krn kmaren jujur, milih PG buat Rafa itu cukup panjang prosesnya.. ntah dah brapa skolah yang di datengi smile akhir jatuh cinta pada 1 skolah that somehow meets all my criteria. big yeay!!

25

Re: Pertimbangan Memilih Pre-School / Sekolah

anggi, iya betul sama dgn thread yg dikasih tau mrs.tody, memilih sekolah untuk anak. Tapi kalo dibaca2 itu lebih ke sekolah SD+.
Jadi gpp deh kayanya untuk thread ini kita fokusin ke preschool ya?!

setelah memutuskan untuk gak pake jasa BS & ART, tadinya gw jg mau nyari sekolah buat enzo & dante. Tapi sampe skrg masih maju mundur antara sekolahin ato engga.
mungkin kalo gw masih kerja, ga perlu byk pertimbangan, pasti lsg gw sekolahin ke daycare/preschool yg paling deket dgn rumah/kantor.

Tapi krn gw ibu rmh tangga, jadinya ga merasa terlalu penting buat nyekolahin enzo & dante dari sekarang. Gw-nya yg msh pengen main2 sama mereka tongue
Hanya sekali2 aja kalo gw lg mati gaya, lg boring bgt, ato lg kurang fit gw ngerasa hrs nitipin anak2 ke daycare.

Pertimbangan gw:
1. Posisi menentukan prestasi, hihihi.. Yg pasti deket rumah/tempat kita kerja.
2. Biaya yg dikeluarkan; sepadan gak dengan fasilitas gedung & pengajar.
3. Kurikulum yg digunakan; gw lebih fokus ke kemandirian, pembentukan sikap & aktifitas. Misalnya dibiasakan utk menggunakan toilet dgn benar (toilet training), mencuci tangan, makan minum sendiri, pake kaos kaki & sepatu sendiri, beresin tas & alat2 sendiri, taat peraturan (penurut), terbiasa mengucapkan maaf, tolong & trima kasih, terbiasa bersikap ceria/ positif, kalo ngambek anaknya bisa mengungkapkan dgn kata2 (bukan dgn teriak atau merusak barang), dan banyak kegiatan fisik seperti menari dan olah raga.
4. Fasilitas: toilet yg kids friendly & bersih, ruangan kelas terang, ada perpustakaan, ada ruang makan, dan halaman untuk bermain di luar.
5. Liat anak2nya, keliatan happy atau enggak. Anak tmn gw ada yg sediiih banget kalo sakit dan ga bisa sekolah, usianya 4.5thn, tapi ada jg yg malah jadi males pergi sekolah (usia 2.5thn). Jadi kayanya usia 4thn+ utk sekolah itu memang udah hasil riset utk usia sekolah ya...makanya sampe skrg gw masih maju mundur buat sekolahin enzo
6. Bahasa indonesia krn di rmh berbahasa indonesia, tp ga nolak jg kalo ada pelajaran bhs inggris/arab/jepang yg diajarin lewat lagu2, doa2, atau drama/roleplay.
Yg jelas kemampuan berbahasanya terarah jd lbh kaya kosakata & pilihan katanya lbh baik/sopan.
7. Jumlah guru/pengawas utk 1 murid. Dan jumlah muridnya ga terlalu banyak.
8. Ada acara jalan2 ke zoo, museum, manasik haji, lomba2, pemadam kebakaran, liat latihan baris berbaris polisi, dll. Biar seru aja, kan kalo gw yg menyengaja ngajak agak2 males gitu ke kantor polisi nangkring di lapangan nonton mrk lg baris hihihi..soalnya enzo lg seru aja pgn nimbrung sama pak polisi tongue

Ya kalo preschool sih gitu aja kayanya, yg penting anaknya keliatan happy & aktif, intinya biar dia sehat aja sih ga boring main di rumah terus sama mama. Kan kalo di sekolah banyak temen & ibu guru ya, jd anaknya ada motivasi buat hidup lbh sehat dan baik kayak temen2nya yg lain, seperti yg diajarin ibu guru. Trus kalo di sekolah kan ada mainan & fasilitas buat main2, kalo di rumah kan mainan/buku2nya jg terbatas tongue
Dan waktunya max 3x seminggu. Gw sih pengennya 1-2x aja, sisanya pgn berenang, jalan2 ke taman, mandi bola/main perosotan di mall2 (iya sambil gw jalan2 hehehe..), atau playdate ke rumah temen gw ato kakak ipar/kerabat gitu biar anak2 jg kenal sama sodara2nya. Mumpung gw ibu rumah tangga smile

a life-enjoyer mama smile
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau
ym: untung_ada_eka