b_3k4 judulnya threadnya gue ganti ya.. biar gak fokus ke 1 issue aja, tapi ngajarin anak in general.
menjawab pertanyaan, kebetulan anak kita umurnya sama nih. anak gue, naia, udah di playgroup sejak umur 22bln, soalnya emang gue ama suami kerja, dan dia di rumah cuma sama mbaknya aja. jadi daripada di rumah dia maen2 nya ga terarah, gue masukin untuk maen2 dan belajar sosialisasi di playgroup. gue sih gak ada target kalo anak gue mesti bisa A, B, C selama dia di sekolah, yang penting dia happy, belajar berteman, etc. malah gue ga ngerasa sekolahnya pun ngajarin apa2, kecuali belajar craft (melatih motoric skillsnya), gambar, nyanyi, etc.
sedangkan di rumah, gue juga gak ngasih waktu khusus mesti belajar. karena gue ngerasa masih terlalu kecil, tapi setiap kegiatannya, gue maunya tuh dia bermain sambil belajar. jadi dari kecil gue selalu kasih dia buku2. dari buku cerita, buku gambar, buku tulis bergambar, etc. dan emang anaknya seneng banget. dan gue liat, justru dengan ngajak dia bermain itulah dia malah jadi bener2 belajar. di umur segitu, attention spannya masih pendek banget, makanya suka lupa2. tapii ternyata kalo dia relate sama karakternya, dia akan cepet nangkepnya dan kita mesti sabar untuk terus diulang2.
satu hal lagi, dia juga banyak dan cepet belajar dari TV, seperti show barney, dora, blues clues, etc. yang banyak ngajarin huruf, angka, shapes, jadi dia nangkep banget. dan yang paliiinng mayan surprising adalah, ternyata dia pun cepet banget nangkepnya ketika belajar lewat gadget (iphone). kebetulan emang gue pasangin apps seperti belajar shapes, alphabets, angka, etc. awalnya gue kasih biar dia diem aja, tapi karena apps nya interactive banget, one day (ini di umur 2thn), naia gue denger lagi ngikutin apps di iphone, nyebutin huruf A-Z tapi dengan asosiasi ke binatang. kebetulan dia emang belajar binatang dalam bhs inggris. trus pas kita lagi jalan2.. dia liat ada tulisan LION trus dia spells dengan asosiasi ke animals.. L-LION, I-IGUANA, O-OWL, N-NEWT. dan semua itu dari iphone. kita pun kaget.. tapi jadi ngerti kalo ternyata belajar dengan asosiasi itu ngebantu banget buat dia cepet hapal.
gue sih tetep gak ngasih naia maenan iphone terus2an atau nonton tv terus2an. gue lebih prefer dia pegang pensil warna, gambar dan nulis. jadi ya intinya tetep ngajarin dia pake buku2 tsb, tapi emang ga bisa lama2.. mesti pas di saat dia lagi relax.. tapi biasanya within 10 minutes udah pindah maen yang lain. jadinya ya mesti pinter2 di kita untuk meng-asosiasikan kegiatan sehari2 jadi pelajaran. misalnya nanya shapes gitu, gue kalo jalan ya sambil nanya.. liat ada mobil lewat, gue tanya itu rodanya bentuknya apa sih? nanti jawab. tapi paling baru pertanyaan ke-3, dia udah ngomongin yang lain, ya udah.. diem dulu. ntar nanya lagi.
kalo masalah di umur segitu udah bisa ngapain aja, itu beda2 yah tiap anak. gak bisa disamain. yang pasti mereka itu otaknya cepet banget nangkep, sekarang masalahnya how we can make them interested to learn it. apalagi dengan kendala attention span mereka yang masih sangat pendek banget.
mudah2an pertanyaannya ada yang terjawab, walopun sedikit :)
? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com |
@slesta