1

Topic: Mendampingi Anak Belajar

mohon maaf bila topik ini sudah ada sebelumnya, mohon sharing, tips, info, dll dari moms semua

anak sy umur 3.5th, laki2, skrg sekolah Playgroup. sy dan suami merasa kesulitan dalam mendampingi dia belajar (oiya moms, utk umur segini, apakah istilah "belajar" sudah dapat di gunakan ya?)
setiap malam, sy dan suami, melatih one-ten, satu-sepuluh, kenali warna2, tapi setiap malam juga pasti selalu salah.

misalnya pasti dia selalu lupa sebut lima, dari empat langsung enam (setiap kali diminta berhitung)
setelah seven lupa eight nya, langsung ke nine (setiap kali)
soal warna lebih parah lagi, sy kenali dengan pensil warna, crayon, apa pun lah yg berwarna, sy dan suami sudah menyebutkan ini warna apa, lalu minta dia mengulangi, lalu beberapa menit kemudian, sy suruh sebutkan ulang tadi warna apa, dia lupa.

misalnya utk kuning, sy sebut ini kuning, warna spongebob ya nak.. kuning juga warna matahari, dia mau mengulangi, lalu saat saya tanya lagi beberapa menit kemudian, dia lupa, apa ya...(katanya)

favorit nya mobil Cars, itu sy sudah kenalkan merah warna nya, tp kejadian yg sama selalu terulang.

sy dan suami kadang desperado juga, bagaimana ya cara nya mengajari/mengenalkan angka, warna
kami sudah belikan buku2 warna/i, kertas warna, hardbook yg ada angka dan warna nya.

biasanya utk anak 3.5th kebisaan apa yg seharusnya sudah dimiliki (mksud sy terutama soal pelajaran seperti ini?)
menggunting kertas? mewwarnai gambar secara rapi? menghubungkan titik yg membentuk gambar?

pls help moms

i'm a blessed and happy wife & mother of two

2

Topic: Mendampingi Anak Belajar

b_3k4, dipindahkan kesini ya threadnya, dan judulnya dipendekkan sedikit :)

less ego, more heart

3

Topic: Mendampingi Anak Belajar

b_3k4 judulnya threadnya gue ganti ya.. biar gak fokus ke 1 issue aja, tapi ngajarin anak in general.

menjawab pertanyaan, kebetulan anak kita umurnya sama nih. anak gue, naia, udah di playgroup sejak umur 22bln, soalnya emang gue ama suami kerja, dan dia di rumah cuma sama mbaknya aja. jadi daripada di rumah dia maen2 nya ga terarah, gue masukin untuk maen2 dan belajar sosialisasi di playgroup. gue sih gak ada target kalo anak gue mesti bisa A, B, C selama dia di sekolah, yang penting dia happy, belajar berteman, etc. malah gue ga ngerasa sekolahnya pun ngajarin apa2, kecuali belajar craft (melatih motoric skillsnya), gambar, nyanyi, etc.

sedangkan di rumah, gue juga gak ngasih waktu khusus mesti belajar. karena gue ngerasa masih terlalu kecil, tapi setiap kegiatannya, gue maunya tuh dia bermain sambil belajar. jadi dari kecil gue selalu kasih dia buku2. dari buku cerita, buku gambar, buku tulis bergambar, etc. dan emang anaknya seneng banget. dan gue liat, justru dengan ngajak dia bermain itulah dia malah jadi bener2 belajar. di umur segitu, attention spannya masih pendek banget, makanya suka lupa2. tapii ternyata kalo dia relate sama karakternya, dia akan cepet nangkepnya dan kita mesti sabar untuk terus diulang2.

satu hal lagi, dia juga banyak dan cepet belajar dari TV, seperti show barney, dora, blues clues, etc. yang banyak ngajarin huruf, angka, shapes, jadi dia nangkep banget. dan yang paliiinng mayan surprising adalah, ternyata dia pun cepet banget nangkepnya ketika belajar lewat gadget (iphone). kebetulan emang gue pasangin apps seperti belajar shapes, alphabets, angka, etc. awalnya gue kasih biar dia diem aja, tapi karena apps nya interactive banget, one day (ini di umur 2thn), naia gue denger lagi ngikutin apps di iphone, nyebutin huruf A-Z tapi dengan asosiasi ke binatang. kebetulan dia emang belajar binatang dalam bhs inggris. trus pas kita lagi jalan2.. dia liat ada tulisan LION trus dia spells dengan asosiasi ke animals.. L-LION, I-IGUANA, O-OWL, N-NEWT. dan semua itu dari iphone. kita pun kaget.. tapi jadi ngerti kalo ternyata belajar dengan asosiasi itu ngebantu banget buat dia cepet hapal.

gue sih tetep gak ngasih naia maenan iphone terus2an atau nonton tv terus2an. gue lebih prefer dia pegang pensil warna, gambar dan nulis. jadi ya intinya tetep ngajarin dia pake buku2 tsb, tapi emang ga bisa lama2.. mesti pas di saat dia lagi relax.. tapi biasanya within 10 minutes udah pindah maen yang lain. jadinya ya mesti pinter2 di kita untuk meng-asosiasikan kegiatan sehari2 jadi pelajaran. misalnya nanya shapes gitu, gue kalo jalan ya sambil nanya.. liat ada mobil lewat, gue tanya itu rodanya bentuknya apa sih? nanti jawab. tapi paling baru pertanyaan ke-3, dia udah ngomongin yang lain, ya udah.. diem dulu. ntar nanya lagi.

kalo masalah di umur segitu udah bisa ngapain aja, itu beda2 yah tiap anak. gak bisa disamain. yang pasti mereka itu otaknya cepet banget nangkep, sekarang masalahnya how we can make them interested to learn it. apalagi dengan kendala attention span mereka yang masih sangat pendek banget.

mudah2an pertanyaannya ada yang terjawab, walopun sedikit :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Mendampingi Anak Belajar

eh ternyata keduluanan sidta ganti judulnya.. dan sesuai seperti yang gue maksud. *toss* sehati deh ama sita.. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Mendampingi Anak Belajar

Sama kayak slesta, gak pernah nyediain waktu khusus untuk ngajarin Albert, karena biasa sambil main... lumayan juga pengaruh TV walaupun gak sering2 nonton juga, dan apps di android.
Paling kalau di rumah gw ngajak bikin2 craft gitu... sambil ngenalin warna, bentuk, dll. Apalagi sekarang tuh banyak banget contoh-contoh craft yang simpel dan lucu2 di internet...
Trus gara2 nyari2 kegiatan buat sepanjang libur lebaran kemarin, gw banyak download aktivitas2 trus diprint dan buat main2 sama Albert, kadang gw tinggalin jg buat dia main sama mbaknya... Gw juga dapet ide2 belajar sambil main yang sederhana, kayak memilah2 paperclip sesuai warnanya, memilah2 pasta berdasarkan bentuk, memilah2 kacang2an sesuai jenis... gitu2 deh... banyak buanget sumber2nya di internet...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

6

Topic: Mendampingi Anak Belajar

b_3k4 Gue coba sharing cara yang gue pake di rumah ya...

Kalo untuk abjad, gue pake pendekatan lewat puzzle kayu. Eh ini sebetulnya bukan puzzle yang harus diatur supaya gambarnya jelas sih, tapi yang udah ada bolongan2nya dan huruf2nya bisa dimasukin ke situ. Kebayang kan? Nah, itu aja yang sering2 dimainin dan emang ga bakal langsung bisa. Misalnya beberapa kali di awal Nara pasti diem aja, tapi gue cuek aja ngoceh a-b-c. Kalo dia udah bosen kadang dia pergi, ya gue berenti. Kalo dia mau lagi gue ulang lagi... Surprisingly, abis itu Nara mulai hafal dari a-e, trus nambah nambah dan sekarang udah hafal a-z. Tapi emang kalo disuruh nunjuk "mana a, mana b" masih banyakan salahnya hahaha... Tapi lumayan lah, dan yang lebih penting anaknya ga ngerasa terbebani. Kalo dia bosen dia bilang lho "ga mau a-b-c" ya gue tanya aja mau main apa. Paling 10 menit udah ganti lagi :p

Untuk puzzle2 itu macamnya banyak, ada juga yang angka jadi mungkin bisa dipake juga tuh.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Mendampingi Anak Belajar

gue idem sama Slesta, Gabriella dan Otty, gak pernah punya waktu khusus buat ngajarin alyssa.
baru setelah alyssa SD, kita mulai rutin punya waktu belajar. itu pun gak lama, karena dianjurin untuk anak kelas I SD 10-15 menit aja sehari.

waktu alyssa TK,
gue pernah nanya sama gurunya, apakah gue boleh mulai ngajarin dia alfabet dsb. gurunya bilang boleh aja, selama memang anaknya TERTARIK DAN MINTA sendiri. terus, dia juga saran untuk 'jangankasih tau semua dulu'. Kenapa? soalnya di belgia, belajar baca tulis dan matematika dasar baru di mulai pas SD, jadi kalau anaknya udah gape duluan, ntar di SD dia bengong. yang ada malah males deh..
gue pikir bener juga, jadi gue gak mau 'ngedrill' dia, atau nyodorin 'semua ilmu' ke alyssa. Gue biarin ketertarikannya tumbuh sendiri, kalau perlu dia cari tahu sendiri sebelum gue ajarin dia. gue gak mau dia keburu bosen dengan ilmu hanya karena gue ngotot 'ngejejelin' dia dengan bbg hal. gue mau dia eksplorasi dulu dan banyak banyak maen deh mumpung masih balita.. hihi

8

Topic: Mendampingi Anak Belajar

fanny Nah bener, fan, urusan depresi karena pelajaran biarlah dia rasakan setelah gede aja haha... Makanya gue juga ga maksa Nara untuk belajar, cuma pengen ngenalin abjad aja pake cara yang fun dan ternyata cukup berhasil.

Gue rasa sih anak kecil itu sebetulnya tiap hari belajar, karena banyak banget hal yang menarik minat mereka dan yang belum pernah mereka tau sebelumnya, cuma hal2 itu mungkin kita anggap biasa makanya kita suka ga nyadar kalo sebetulnya mereka lagi belajar. Karena di pikiran kita, definisi belajar itu ya yang duduk manis untuk latihan berhitung-membaca gitu.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Mendampingi Anak Belajar

toss sama sLesTa walopun telat. tadi mau nimbrung belum sempet :)

b_3k4, sebenernya untuk sekarang, belum bisa bener2 disebut belajar sih. saat ini, masih pengen asa (26bln) eksplor lingkungan sebanyak mungkin. karna itu dia lebih sering dibiarin di luar, main pasir, main tanah, rumput, air, ngelus berbagai macam hewan (dan ngulek sambel, megang paku n palu dsb) drpd dikenalin dengan puzzle dll itu.

asa model anaknya suka sesuatu yg 'live' ... ndampingin dia belajar itu mesti yang heboh. biasanya yg efektif sih dengan

[list=1]

  • nyanyi-nyanyi n joget-joget. tujuan utamanya sebenernya buat seneng2 aja. kalopun dari situ dia jadi belajar ya syukurlah. kebetulan aku hapal semua lagu jaman kecil dulu termasuk yg jarang beredar, kadang lagunya ngarang sendiri. lumayan dari sini udah berhasil ngenalin anggota badan, hitung, konsep naik-turun, masuk keluar dsb.[/*]
  • browsing bareng, cari gambar binatang, buah dll[/*]
  • turun langsung ke lapangan :) liat benda aslinya. ke sunda kelapa liat kapal, ngasih makan jerapah, ke kebun teh, kandang sapi di kampung dll. pernah lho aku sengaja ajak dia duduk di trotoar deket kantor lama banget, sambil ngabsen kendaraan; itu taksi biru, bajaj orange dll[/*]

    untuk abjad, belum dikenalkan sama sekali :P . nanti lah klo udah 3 taun ke atas.
    secara mamahnya juga diasuh oleh mbahnya dengan cara yang sama, yakni gak diajarin huruf sama sekali sebelum masuk SD (karna bapak pengen aku total main) :)

    less ego, more heart
  • 10

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    dear all moms

    sharing, tips n triks, info nya bery inspiring, perlu sy test case nih ke Ferrel :)
    oiya ttg learning by doing, coba semua yg ada dilingkungan, rada susah nih dirumah, weekdays kan ditinggal kerja, mertua dan mba nya sedikit2 jangan, nanti bla bla bla... gimana ya?
    padahal sy dan suami setuju, biar anak mencoba sendiri, kan msh dlm pengawasan, mskipun sampai kotor, terjatuh, jadi dia bisa merasakan.


    oiya masih berkaitan dengan soal belajar nih (boleh ga?)
    sy baru mulai mengikutsertakan Fer di kelas musik di yamaha, adakah mom yang sama?
    so far dikelas itu, ferrel mau ikutan aktif, sambilan pencet2 semua tombol di electone nya, kadang mau pindah tempat duduk.

    bagaimana pandangan moms ttg kelas2 aktivitas sperti ini? misalnya kelas olahraga (renang, badminton), kelas kesenian (musik, lukis)

    sy pernah trial 2x kelas melukis, tp waktu Fer msh 2th, tp tidak sy teruskan karena seperti nya hanya tertariknya 15 menit, sisanya udh bosen.

    i'm a blessed and happy wife & mother of two

    11

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    b_3k4

    kalau untuk les anak ada di sini mungkin bisa buat referensi :-)

    Ferrel 3.5 tahun yah?
    kalau boleh usul, knp gak ikutin pre school aja?
    kayak kata slesta di atas, jadi bisa lebih terarah.
    selain itu di pre school kan lebih bervariasi yang diajarin. jadi gak cuma les melukis aja atau les musik aja.
    dengan begini, selain mngenalkan anak pd bbg kegiatan belajar dan bersosialisasi, juga bisa keliatan minat si anak apa..

    12

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    iya moms, ferrel udh masuk playgroup,br mulai th ajaran ini.plus setiap sabtu join music class itu. Ada si pkembangannya, lbh byk nyanyi2,berteman dgn anak2 lain yg seumur,bisa bdoa,lbh mandiri ke toiletnya.tp utk urusan belajar dlm arti sbenarnya blm byk kemajuan hehehe.

    i'm a blessed and happy wife & mother of two

    13

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    b_3k4 wah sama nih kayak Darren dulu.

    Darren itu kalau disuruh ngitung, pura- pura lupa atau malah sengaja.

    Jangan langsung di judge ga bisa yaaaa... karena sebenernya dia BISA, cuma memang belum bisa fokus aja.

    Kitanya mesti sabar ngajarinnya. Lebih baik lagi klo ngajarinnya sambil cerita dasn harus diulang- ulang.

    Nanti lama kelamaan dia bisa fokus.

    ga usah dipaksa, kalo dipaksa malah makin antipati dia sama kegiatan belajar.

    Terus mesti juga liat mood-nya anak, klo dia lagi mood belajar langsung deh diajarin tapi klo udah ga fokus... udahan.

    Tips untuk nambah fokus dia semakin panjang, mewarnai dengan dikasih waktu. awalnya 10 menit lama kelamaan menitnya dikurangi.

    Semoga bermanfaat :)

    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com

    14

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    hi moms... ikutan nimbrung yah
    anak saya kenar sekarang 25 bulan. Sejauh ini saya belum pernah mengajak kenar untuk duduk belajar alfabet atau berhitung. Tetapi saya mengajarkan alfabet, berhitung, bentuk, warna, doa, ayat" pendek sambil bermain. Dan ternyata alhamdullilah respondnya bagus. bahkan hampir setiap hari kenar mengajak saya untuk membaca. Kadang saya pura-pura lupa untuk membaca buku sebelum tidur atau bermain alfabet, atau membaca ayat-ayat pendek krn lelah dan ingin cepat tidur. Tapi gak tega juga kalau kenar sudah merengek minta baca buku. dan karena sering baca buku saya lihat sepertinya kenar haus banget akan hal-hal yang baru. Sampai saya juga kenalkan dia dengan metamorfosis binatang dbs. Dan dia mengerti.

    Yang saya takutnya adalah krn telah banyak tau, saya takut nantinya dia gak mau ikutan paud, atau TK karena bosan telah mengerti hal yang lebih dari itu.... gimana yah moms? desperado jadinya..... sekarang Kenar sudah pintar mengeja 2 sampai 3 suku kata.... apakah harus saya lanjutkan?

    15

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    Fanny mupeng deh di belgia kurikulumnya lebih child-friendly. Ga ngotot anak udh hrs bisa nulis abc dan huruf dr usia dini.

    Anak saya (3 yo) jan ini mulai masuk nursery. Sempet kawatir karna denger2 dr teman nursery harus udah bisa abjad, angka2, opposition, dsbnya. Paniklah karena keisha selama ini abjad aja belum hapal.
    Tapi setelah dipikir2 toch kan ntar juga akan diajarin dr awal di
    sekolahnya. Lagipula satu sisi ngerasa kasian klo sekarang dia udah harus berkutat dengan pelajaran macamnya real school. Bayangan saya kelas untuk 3yo ya emang untuk main dan bersosialisasi sama temennya kan?
    Tapi akhirnya sambil mengisi waktu sebelum start sekolah dan biar keisha ga kaget2 amat, sya download material homeschooling, trus praktekin dirumah.

    Biasanya sih saya cari yang arts and crafts, misalnya tempel potongan2 lingkaran sesuai angka berurutan hingga membentuk caterpillar. Saya liat klo sambil main gtu justru kei malah seneng dan cepet inget.
    Tapi memang sih harus diliat mood si anak dan juga mood mamanya. Klo mood mamanya baik jadi ga cepet esmosi klo ternyata anak ga bisa ngikutin. (pengalaman pribadi banget)

    16

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    alde sekarang kelas 4.
    sekarang bisa dibilang perkembangannya signifikan. soalnya dari kelas 1 sampai kelas 3 awal tuh masih harus dibawelin kalo belajar :D.

    sejak kami ajak ke itb... sepertinya semangat belajarnya mulai naik. di rumah juga dia lebih suka nonton nat geo channel. jadi lebih semangat belajarnya. hahaha mungkin anak2 yang lain udah dari dulu yaa kayak gini... maklum deh kalo aku, baru ngalamin... jadi seneng liat perkembangannya.

    nilai PR & ulangannya juga bagus... aku selalu bilang, bangga bukan karena nilainya tapi karena lihat proses alde belajar untuk mendapatkan nilai itu.
    udah bisa dibilang sekarang ngga didampingi belajar. udah mulai otomatis ada kesadaran. paling aku nanya aja ada ulangan apa, ada kesulitan apa di sekolah.

    kemarin dia nanya kalo kuliah yang paling bagus apa dan di mana... at least nanya gitu aja udah bikin hati senang. :D

    kalo adiknya... masih cuwek banget :D hahhaha...

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    17

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    ninit, berasanya gw baweeel banget kalo nyuruh belajar... ternyata sama juga ya.
    Albert sekarang kelas 2 kalau bikin pr udah kesadaran. Pulang sekolah langsung bikin pr. Walaupun besok libur, pasti pulang sekolah langsung cari pr biar bisa bebas katanya. Tinggal belajarnya aja yang masih belum fokus. Sukanya belajar sambil main sekolah2an gitu sambil nulis2 di papan tulis. Gw sih seneng2 aja ngajarin di papan tulis gitu karena dia juga lebih happy ngerjain soal-soalnya.

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    18

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    b_3ka,
    Sekarang anaknya udah SD kali yaa..gimana belajarnya? :)

    Sama spt fanny,
    Enzo Dante juga ngga diajarin khusus gitu di rumah. Karena di TK juga ngga diharuskan untuk ajarin calistung. Pernah konsultasi sama gurunya, Enzo & Dante perlu ikut les tambahan ngga, karena banyak juga teman2 seusianya yg udah lancar baca tulis hitung sedangkan Enzo Dante belum bisa apa2..masih suka kebolak balik kalo nulis, belum hapal nama2 huruf atau angka..masih sering kelewat2. Tapi ternyata kata gurunya itu sih normal, bahkan kita orangtua akan kaget karena tau2 pada usia tertentu (umumnya 6-9tahun) si anak langsung lancar baca, tulis & hitung tanpa harus repot2 mengajari, karena memang dia sudah siap.

    Waktu aku masih kerja kantoran dulu, teman2 satu team ibu2 senior, jadi banyak belajar juga dari mereka. Salah satu memang nganjurin untuk ngga cepat2 masukin anak ke SD, lebih baik mengulang di TK drpd nanti dia stuck di SD. Ada juga yg nganjurin utk ga terlalu semangat ngejar anak supaya cpt bisa calistung, karena dia kerepotan sendiri ngejelasin ke anaknya waktu anaknya baca teks film di tv dan nanya2 maksudnya, juga saat anaknya baca segala yg bisa dibaca kyk baca majalah atau tulisan2 di spanduk di jalanan.
    Guru TKnya juga bilang, kalo usia balita itu banyakin main dan aktivitas fisik selain gizi dan istirahat. Karena dari bermain banyak hal yang bisa digali, bahkan hal2 yg ga kepikir oleh kita orang dewasa. Patokannya yang ada di buku rapor TK/ preschool aja..contohnya anak udah bisa naik sepeda roda dua, sudah bisa lari zig zag, atau berjalan lurus sejauh bbrp meter, sudah bisa menyapa teman, guru dan staf sekolah. Ya hal2 yg sederhana aja.


    Pernah juga denger dari orangtua temannya Enzo, kalau sampai kelas 3 SD itu cuma sekolah2an..sekolah benerannya baru mulai di kelas 4. Itu kali ya, yg dialami teh ninit sama Alde :)


    Enzo Dante tiap hari aku dampingi belajar. Kalo lagi sibuk sama kerjaan rumah lain, Enzo aku suruh baca buku dan kerjakan soal latihannya, maksimal 3 halaman. Nanti pas dia tidur siang, pekerjaannya aku periksa. Setelah bangun tidur siang dan mandi, aku hanya fokus ngajarin ke yang salah2 aja.
    Tapi ya itu, kalo ngga didampingi ada aja jawabannya yang kocak2. Atau kalo matematika sering banget ada yg ga teliti, bykan krn ga bisa tapi banyakan krn ngerjainnya buru2 pengen cepat selesai dan main.
    Kalau dante biasanya cuma mewarnai huruf dan angka, atau menggambar apa aja yg dia pengen. Kadang aku sesuaikan juga sama tema yg dikasih dari TK. Misalnya temanya ttg alat transportasi, aku suruh dia menggambar dan mewarnai mobil, lalu menulis kata "mobil"..ya sejenis itu lah. Banyaknya nyanyi2 atau sajak gitu, dia yg ngajarin aku :)

    Kalau untuk shalat dan agama islam, anak2 shalat di masjid dekat rumah, kebetulan masjid jaraknya cuma terhalang 2 rumah dari sini, jadi mrk begitu dengar adzan langsung jalan ke masjid dan shalat berjamaah sama eyang2 dan bapak2. Untuk doa2, karena sering dengar lama2 jadi bisa. Dan biasanya kita sering doa bersama juga sebelum tidur. Tapi masih sebatas itu sih..untuk iqro nya blm tamat, tapi gpp lambat yg penting betul.


    Kalo dampingin Enzo belajar, sumbu sabarnya harus panjang :D jadinya malah marah2 melulu akunya..krn anaknya suka banyak alesan gitu..pengen pipis lah, pengen minum lah, pengen pup lah..trus sakit kepala, sakit kaki..digigit nyamuk lah trus nyemprot2in baygon..adaaaa aja alesannya. Lama2 aku pencet idungnya. Ampun mamaaaa :D

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    19

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    hahaha,.. bayangin enzo belajar, lucuuuuu

    tapi bener.. anak SD, agak wajar sih klo dia cari2 hal lain yg lebih menarik dari belajar. soalnya pelajaran SD sekarang susaaah unt usianya.. :(

    Nathan kelas 2 SD kmrn bahan midtestnya udah ada pertanyaan : Akte Kelahiran dikeluarkan oleh... (IPS) atau Apa yang dimaksud Toolbox dalam Tuxpaint (TIK)

    Jadi saya sih biasanya coba buat summary sndiri, dibuat semenarik mungkin, dengan bahasa mudah plus suka ditambah gambar2 juga krn nathan termasuk yg audio visual learner (bikin summary ini biasanya dikerjain di kantor jam maksi), plus bikin soal2. Malemnya diajarin deh ke nathan.

    Relatif jd lebih betah belajar sih anaknya. Tapi tetep sih, targetnya bukan juara kelas atau nilai 100, targetnya asal tetep happy dan semangat belajar aja, soalnya klo dia bosen ngeri juga, baru kelas 2.

    20

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    mama windy,
    bener banget... aku sih ngga penting buat juara kelas. yang penting dia memahami materi. mengikuti proses belajar dengan happy dan sadar kalau ilmu itu bermanfaat untuk dirinya.

    jadi tiap nilai bagus juga yg di appreciate bukan nilainya yang 100, tapi usaha dan belajar kerja kerasnya untuk mendapatkan nilai itu.

    ella,
    wah di rumah jadi pake white board kayak guru gitu yaa di sekolah. ah! aku juga di rumah ada white board. bisa dipake lagi deh. :)

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    21

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    sebentar lagi anak-anak mau UAS. Mau tips atau share dong mama, biasanya anak-anak belajar untuk persiapan UAS mulai kapan, berapa lama/jam, tiap hari atau bagaimana?

    22

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    Wah ipeh, uas pertama Lana ya peh... biasanya ortu lebih deg2an daripada anaknya. Anaknya mah santai. Kalau aku biasa ajak tanya jawab aja dari soal-soal ulangan hariannya. Kadang juga minta Al ngerjain soal dari buku kumpulan soal yang banyak dijual di toko buku. Gitu aja sih, gak heboh-heboh banget. Yang perlu banyak latihan paling Matematika sama Bahasa Inggris. Lainnya sih sama aja kayak ulangan harian.

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    23

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    Wa ga coma di TL Path dan FB ternyata disini juga lagi topik UAS ya.
    huhu jadi akut deg2an, se-menyeramkan itu kah? gimana jaman bang mig nanti y yaaa?

    ipeh - kalo teteh gue ngajarin anaknya emang di bikin jadwal, misal pulang sekolah udah ganta bajo makan bersih2 dan main bentår (kalo ga ngantuk) belajar ato udah bangun tidur sektlian 1 jam kuräng lebih. trus pas malemnya teteh gue yg bacain jd anaknya kayak cuek padahal nangkep loh.
    ini sih masukan aja hihi soalnya kan blm tentu berhasil di anak yg lain.

    Semangat kaka Lanaaaa :*

    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch

    24

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    ipeh,
    awal UTS/UAS ya gitu deh... deg2an dan heboh. maklum pertama :) tapi ke sini sini... malah ibunya santai banget. yang penting tanya jawab aja sih.. bener kata ella, dari ulangan harian diulang. di buku kan suka ada tuh pertanyaan di akhir bab. nah paling dari situ.

    good luck yaa kakak lana! :)

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    25

    Topic: Mendampingi Anak Belajar

    Sebetulnya sih biasa aja chik, cuma krn ortu heboh jadinya semua heboh. Al juga ada jadwal jadi plg sekolah mandi makan trs biasanya bikin pr atau latihan soal. Habis itu bebas trs kalo udah mkn mlm beres2 buku trs tanya jawab. Uas malah enaknya bisa belajar dari soal2 ulangan harian kl mnrt gw.

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow