1

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Dear mamamods... numpang buat topic baru yah..

Begini mommies.. sewaktu Akhtar lahir, saya pernah dikasi tau sepupu saya yg seorang dokter, bahwa ubun-ubun bisa menjadi alat untuk memeriksa kesehatan bayi. Misal, kalo ubun-ubunnya cekung bisa jadi anaknya dehidrasi / kurang minum. Pantes juga ya, waktu baru umur <1bulan ubun-ubunnya Akhtar suka dipegang-pegang sama DSA-nya..

Bulan kemarin, Akhtar sempat panas dan batpil..Panasnya sekitar 37.8-39.1C. Saya bawa ke dokter dan dikasi obat penurun panas, 3 hari kemudian panasnya mulai turun. Cuma saya perhatiin kok makin lama ubun-ubunnya ini menjadi jendol / benjol, dengan ukuran lumayan gede dan kalo dipegang keras banget!
Kalau ibu saya bilang, "biasa anak kecil kalau panas ubun-ubunnya jadi jendol. Nanti kalau udah sembuh akan balik lagi keukuran semula."
Oh..oke make sense sih..kan kalau kita orang dewasa batpil atau panas rasanya pusing seperti kepala mau pecah, mungkin karena kepala baby masi lunak jadi masih bisa berkembang sehingga menjendol begitu lah bentuknya..

Namun, tetap aja saya worried. Setelah browsing malah tambah khawatir, karena katanya ubun-ubun jendol itu salah satu yang perlu diwaspadai sebagai gejala meningitis :( *ketok-ketok meja*
Ditambah lagi Akhtar menjadi super cranky, nangisssss terus semaleman dan menolak untuk tidur! Langsung pagi-pagi saya bawa ke DSAnya.

Menurut DSAnya ubun-ubun jendol itu ga bagus, bisa jadi ada tekanan di kepalanya.. Namun ada pasiennya dulu yang jendol juga ubun-ubunnya seperti Akhtar tapi pada akhirnya baik-baik saja.
Setelahnya Akhtar menjalani pemeriksaan USG kepala. Alhamdulillah gak kenapa-napa :) Seminggu kemudian ubun-ubunnya back to normal..

But then,, saya notice lagi ubun-ubunnya kembali jendol tadi pagi. Anaknya sih baik-baik aja, ga rewel, makan masih maruk, gerak masih aktif, pup normal.
Duh..tapi tetap aja saya khawatir mamas :(
RS tempat DSA yang sering saya kunjungi ini tidak menyediakan fasilitas ukur kepala setiap kontrol. Padahal kalau saya lihat di RS lain (pengalaman teman-teman saya) baby mereka dicek lengkap BB+PB+Lingkar Kepala.

Saya sempat baca artikel bersumber dari sini http://health.kompas.com/read/2012/02/10/10240213/Jangan.Abaikan.Lingkar.Kepala.dan.Ubun-Ubun.Anak yang ditulis oleh Dr Widodo Judarwanto SpA.
Ini saya quote ya..

Selain mengukur lingkar kepala, memeriksa ubun-ubun anak sangat perlu dilakukan guna mengetahui perkembangan otak anak. Tumbuh dan berkembang seorang anak sangat penting dan merupakan investasi terbaik bagi masa depannya. Gangguan pertumbuhan khususnya gangguan pertumbuhan ukuran kepala dan kondisi ubun-ubun anak sangat penting dilakukan sejak usia di bawah 3 tahun.

Sebagian dokter dan orang tua kadang kurang memperhatikan ukuran lingkar kepala bayi saat melakukan pemeriksaan rutin di praktek. Selama ini yang sering menjadi fokus utama adalah pertumbuhan berat badan, tinggi badan, pemberian susu, makan dan kondisi penyakit anak. Pertumbuhan lingkar kepala dan pemantauan ubun-ubun sering diabaikan. Padahal, hal itu sangat penting untuk mendeteksi sejak dini gangguan perkembangan otak dan gangguan lainnya. Bila terlambat dalam mendeteksinya maka daat memperberat kelaianan yang sudah ada. Mengukur lingkar kepala adalah hal yang penting, karena bisa melihat pertumbuhan otaknya setiap bulan. Bila melakukan secara rutin ukuran lingkar kepala maka sekaligus mengevaluasi volume otak. Kalau ukuran lingkar kepala si bayi tak pernah dipantau, maka tak akan pernah tahu apakah ukurannya normal atau tidak.

wrote:


Saya penasaran sekali dengan si ubun-ubun dan lingkar kepala ini.. Pernah baca juga (lupa sumbernya) kalau ubun-ubun terlalu cepat menutup atau terlalu lama juga ada bahayanya.. sumbernya darimana saya lupa.. Nanti deh saya googling lagi..

Please mamas, sharing knowledge-nya ya ttg ubun-ubun ini..sekalian lingkar kepalanya juga.. kapan sekiranya ubun-ubun ini menutup..
Adakah yang pernah mengalami ubun-ubun jendol atau cekung atau yang lainnya (Kalo Akhtar setiap marah / nangis ubun-ubunnya pasti berdenyut cepat banget..hee)

Ditunggu sharingnya ya..

Terimakasiii..

2

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

amaliaputri..trims ya untuk sharingnya.

Tentang ubun2 cekung sbg tanda dehidrasi, aku juga pernah dijelasin dokter begitu. Waktu itu ilyasa (saat itu 7 bulan) salah makan dan jadi muntah-muntah. Dijelasinnya kurleb sama, kalau ubun2 bayi cekung itu tandanya dia dehidrasi. Tapi maaf ya untuk mslh yg lain aku jg tdk tahu, jd aku tidak bisa membantu.

Tentang lingkar kepala anak, kebetulan temanku juga ada yang punya problem. Lingkar kepala anaknya lebih kecil dari LK (lingkar kepala) normal untuk anak seusianya. Dan itu terjadi sejak dlm masa kandungan. kecilnya sih kurang 1 cm dari batas minimum LK yang normal. Tapi kalau dari perkembangan motorik kasar dan halus ga ada masalah sih, makanya mamanya berpikir mungkin itu mmg krn pengaruh keturunan/genetik. Dsa langganannya sih menyarankan anak temanku itu untuk di CT scan untuk make sure saja bahwa itu mmg krn genetik. Tapi temanku masih takut pada pengaruh CT scan untuk anak dibawah 2 tahun.
Ada mamas yg pernah punya pengalaman serupa atau pernah melakukan CT scan untuk putra/putrinya?. Makasih sblmnya.

3

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Indriani,, CT Scan itu scanning yang kitanya tiduran terus dimasukkin ke lingkaran itu bukan? waduh,,kalo itu kasian banget anaknya.. Anakku yang baru di USG kepalanya aja pake acara berontak.. Ngeri juga si efeknya si CT Scan ini.. Merujuk pada artikel yang aku link itu ukuran lingkar kepala anak memang dipengaruhi dari genetik juga..bisa jadi LK baby temanmu memang karena genetik.. kalo genetik mungkin bisa diperhatiin juga ya lingkar kepala orangtuanya..buat perbandingan saja..

4

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

hiks,,, mommies... :(
share dunks tentang si ubun-ubun bayi ini.. penasaran banget deh kenapa punya anakku bisa jendol begitu..

nanya ke temen2, sodara2, gak ada yang mengalami kejadian serupa..
nanya ke beberapa dokter juga belum ada jawaban yang pasti..
cuma ibuku aja si yang pengalaman anak2nya sewaktu sakit ubun-ubunnya ikut jendol..apa iya karena genetik ya..?

5

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

gue kurang tau banyak sih ttg ubun2 ini, karena ga ada pengalaman langsung juga, tapi kalo pertanyaan kapan nutup, dari pengalaman sih benar2 nutup itu bisa sampe 1.5-2thn.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

waduuhh mel.. karena thread lw gw baru inget kalo gw sama sekali ga pernah bener2dengan sengaja ngeraba ubun2 marsha... gw pernah denger dari DSA jg sih kalo ubun2 cekung tanda dehidrasi tapi kalo soal jendol ga pernah dijelasin dan setiap kunjungan ke dokter jg ga pernah diukur LK marsha.. haduuuhh jd mau raba2 ubun2nya..

shin,emangnya sebelum 1.5 atau 2 tahun tuh belum nutup sempurna ya? kalo diraba kaya apa? masih lembut2 gitu kah? aduuhh clueless banget gw soal perubun2an ini

7

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

coffee_mix,, jangan-jangan RS yang sama kahhh? hahaaa :D tapi jadi penasaran juga deh kenapa DSA langganan gue fine aja gak ada pengukuran LK..padahal di klinik lantai bawahnya ada pengukuran LK itu..

kalo ubun-ubun nutup sama seperti yg dibilang sLesTa ca..kata emak gue umur setahunan gitu masi suka berdenyut itu ubun-ubun..

Gue merhatiin ubun-ubun juga semenjak dia jendol pertama kali (yang Akhtar dirawat karena ISPA+ADB bulan lalu itu ca..). Ubun-ubun itu kalo diraba lembut, tapi normalnya si rata dengan permukaan sekitarnya ya, terus keliatan banget kalo anaknya botak kadang suka berdetak gitu, mirip detak jantung..

8

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

iyaaah sama mel DSA gw jg fine aja ga ada periksa lingkar kepala n PJ badan... padahal sebenernya kan penting ya? trus gwnya juga ga minta diukur pula...Rumah Sakit lahiran dl bukan?

9

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

ibu-ibu nimbrung ya...
anak saya 21 bulan jg ubun2nya belum menutup sempurna.
Abis nanya lwt twitter sama dr. Hardiono katanya harus lihat perkembangan dan lingkar kepalanya (20 bln minimal 46 - 50 cm)
Alhamdulillah dari observasi saya sih, si kecil normal2 aja perkembangannya. Nah, cuman itu dia lingkar kepalanya perasaan udh lama banget gak diukur... :(

makanya pengen buru2 ukur lingkar kepalanya...mudah-mudahan normal-normal aja.

- mom of three sons -

10

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

coffee_mix,, iya RS lahiran dulu.. tapi klinik yang deketan ama lobi itu diukur lho.. jadi skrg Akhtar dicoba kesitu..

loeloe17,, boleh tau dr. Hardiono praktek dimana aja ya..? sekalian minta info akun twitternya juga ya... :) thanks

11

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

amaliaputri wrote:
coffee_mix,, iya RS lahiran dulu.. tapi klinik yang deketan ama lobi itu diukur lho.. jadi skrg Akhtar dicoba kesitu..

loeloe17,, boleh tau dr. Hardiono praktek dimana aja ya..? sekalian minta info akun twitternya juga ya... :) thanks



mba,
akunnya @hardiono
dia prakteknya kalo gak salah di klinik anakku tp lokasi persisnya kurang tahu..tanya lgsg aja ya :)
kalo konsul langsung kebetulan saya jg belum pernah sm dr Hardiono

- mom of three sons -

12

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

kalo ngukur lingkar kepala pas di atas telinga apa kaya pake bandana gitu ya ? soalnya di tempat praktek DSA anak saya ga pernah diukur . cuma timbang berat badan aja . tinggi badan juga ga diukur .

13

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

loeloe17,, thanks yaah!

luvani,, sepertinya cara mengukurnya dari atas alis anak..karena melihat dari link yang aku submit di post 1, disitu ada gambarnya..

14

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

loeloe17..mau tanya gimana cara mengetahui kalau ubun2 anak belum menutup sempurna?. mksh

15

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

amaliaputri,
Anak pertama gw enzo dulu jg ubun2nya cekung gt, gara2nya wkt imunisasi umur 1bln enzo kan nangis, trus pas gw liat ubun2nya mencekung gt. Sekalian deh nanya sama DSA.
Dan iya, katanya kurang ASI, jadi deh dr situ gw agak 'menggilai' ASI :D
Dijelasin jg sih kalo idealnya ubun2 anak itu akan menutup di usia 18bln.
Sedangkan lingkar kepala perlu diukur utk mengetahui penyakit2 spt kepala yg membesar/mengecil (duh, apa ya namanya, lupa), dan utk mengetahui perkembangan otak. TB, BB, LK perlu diukur utk mengetahui 'ideal/tdk'nya perkembangan anak.
Skrg enzo hampir 4thn, dan ubun2nya sdh menutup sempurna, langsing, tinggi, aktif, dan baik2 saja sih, insya Allah :)

Imo, 'feeling' ibu jg alat deteksi. Kl gw sih, kalo memang merasa ada yg salah, lbh baik konsultasi aja sama DSA, diskusi ttg kekhawatiran kita & apa2 yg perlu dilakukan.
Mudah2an sih nothing serious ya :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

16

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

amaliaputri oh diatas alis ya ? makasih infonya . ntar mau coba ngukur sendiri deh

17

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

coffee mix berasa kok, kalo di pegang masih rada lembek gitu di area yang belom nutup sempurna. nanti kalo sudah nutup, dipegang kepalanya udah keras semua, ga ada lagi yang lembek2. *ini cara paling manual heheh*

gue nulis username lo jadi pengen kopi ya... #salahfokus

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

ibu2.. setahu saya, sebenarnya parameter tumbuh kembang bayi kan banyak, termasuk yg mesti diukur adalah lingkar kepala setiap kali ke BKIA/posyandu/dsa/bidan. kalau gak diukur, minta aja.
soalnya penting untuk mengertahui pertumbuhan kepalanya. yg kata eka diatas juga untuk tahu apakah anak kita mikro/makrosefalus (yg mungkin bisa mengarah ke sindrom yg lain: hidrosefalus, down syndrome, dll #knock on wood)
kalau klinik/RS gak melakukan, bidannya diingetin aja. kl tetep gak mau cari tempat yg lain. hehehe

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

mummyhilya..kalau imunisasi ke dsa yg buka klinik sendiri mmg biasanya ga diukur, plg2 yang diukur TB dan BB. Mau minta diukur LK kadang suka lupa aja.

Luvani..td pagi akhirnya aku jg ngukur LK anakku pakai meteran. .Ngikut gambar ini/yg dikasih amalia putri soalnya sdh 2 bln ini ga diukur.
http://www.ayahbunda.co.id/support/image.content/02/001/001/395/P
gambar diambil dari sini

20

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

eka, coffee_mix, indriani and all mommies... mau update perkembangannya ubun-ubun menjendolnya Akhtar yaa... :)

Selasa sore kemarin (setelah posting topic ini), Akhtar langsung dibawa ke DSA. Saya sengaja ga datang ke dokter langganan karena buat cari 3rd opinion.. 2 dokter sebelumnya sewaktu ubun-ubun Akhtar menjendol pertama kali bulan lalu cuma bilang "gak ada apa-apa".. *yatapi masih ga jelas juga sih yaa*

Nah, dokter ketiga ini sempat heran awalnya.
Saya ditanya, ada perubahan perilaku anak ga? ada perubahan motorik ga? kejang? demam? muntah? atau sempat jatuh? Saya jawab memang gak ada.
Lalu Akhtar diperiksa keseluruhan..sampai akhirnya ketahuan tenggorokannya mulai meradang..
Dokter kasi dia obat, tapiii..kalau sampai 3 hari minum obat ubun-ubunnya ga kempes juga, sabtu besok di USG lagi kepalanya..

Alhamdulillah, sehari setelah minum obat ubun-ubunnya mulai mengempis..dan barengan juga Akhtar batuk-batuk dan keluarin dahak lumayan banyak. Sekarang anaknya udah ga batuk lagi daaannn yang bikin lega ubun-ubunnya sudah balik ke ukuran semula.. yeayyy

Gak tau yah mungkin saja akhtar ini punya ubun-ubun yang 'bertingkah'. sehingga begitu ada yang ga beres langsung nonjol itu ubun-ubun..
Well, kalo diambil sisi positifnya bisa jadi alarm juga si..hehee :p

21

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

amaliaputri..alhamdulillah. ikut senang ga ada sesuatu yg serius dan perlu dikhawatirkan dg ubun2 Akhtar.

22

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

indriani.. iyaa..alhamdulillah penanganan DSA baru ini tepat..

mummyhilya,, well noted..skrg udah pindah ke klinik lain kok :) untung cocok.. Di tempat DSA dulu cuma merhatiin BBnya aja..naik udah alhamdulillah.. Tapi kalo gak ada pun bisa ukur sendiri dengan tali penggaris buat jahit itu lho..apa ya namanya.. terus dibandingin dengan growth chart yg banyak bertebaran di search engine google..
tentang lingkar kepala ini seharusnya saya aware..apalagi dengan adanya riwayat sepupu yang makrosefalus..ga tau sih itu genetic apa bukan..

23

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

indriani makasih ya gambarnya

amaliaputri emang susah" gampang ya cari DSA yg bener" aware dan sesuai harapan . apalagi kadang ada dokter yg ga suka kalo ditanya" pasien .

24

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

amaliaputri...toss nama anak kita sama :)
Mo sharing pengalaman aja, waktu anak2 aku bawa untuk kontrol ke maternal&child center tempatku, selaen bb yg harus diukur emg perkembangan lingkar kepala.malah pas aq blg khawatir sm bb anak yg ngepas dia blg kl bb kdg relatif.tp kl lingkar kepala ini wajib utk mengetahui normal tidaknya pertumbuhan anak. Aq kaget jg sik pas dibilang gt krn dr dulu jarang bgt ukur2 LK ini setiap ke DSA.

Cuman emg pas hamil n lahiran anak kedua, obgyn aku merhatiin bgt perkembangan Lk anak. Katanya sik pengaruh bgt sm perkembangan otak. Tp emg kl di indo ga semua DSA mengukur ya bgtu anak gedean. Pdhl hrsnya penting bgt kan?

Just sharing si. Tp kl emang khawatir mndg cari sampe dpt jawaban yg masuk akal ya. Maaf kl ga bgt membantu. Smg Akhtar ga papa :)

Desperately want to be 'Emak Asik' for her children
Suka nyampah di @ http://meettheprabandono.blogspot.com

25

Topic: Ubun-Ubun dan Lingkar Kepala Bayi

Kalo soal LK anak gw jg pengalaman ni.. Pas 1st ke dokter imunisasi masak yg d perhatiin cmn BB anak, abis tu gw komplain dah.. Br setelah itu ukur TB ama LK. Jadi setiap x ke dsa, gw mesti minta d ukur ama perawatnya. N LK baby gw selalu kurang dr normal.. Huhu ampe 8 bln tetap d bwh grs normal, tapi perkembangan baby si biasa2... Jd ga terlalu kawatir jg