1

Topic: Hidrokel Testis pada anak

Maaf sebelumnya dah ngubek2 gak nemu forum ttg ini, atau sy yg kurang usaha ya? hehehe... monggo di close dan info sy y klo dah ada ttg ini

Mamas...mau share ni, minggu lalu, ada yg aneh (maaf) dengan buah zakar Ghani (20/3/12 pas 2thn), ada yg besar sebelah. Jadi kami cek ke dokter anknya. Aku dah khawatir karna dengar pendapat pengasuhnya, bisa2 hernia anak, hikshikshiks....:(

Dari dua dokter anak yang berbeda, kesimpulannya sama, Ghani ada penyakit yang namanya Hidrokel (dokternya nulisnya hidrocell), gak terlalu mengkhawatirkan, hanya saja harus selalu dipantau karna bisa berkembang jadi hernia yang bisa lebih bahaya, jadilah oleh dokter yang kedua, dirujuk ke dokter bedah, tapi karna beberapa hari lalu Ghani masih gak fit, jadi kami belum ke dokter bedah. Sambil nunggu waktu, saya cari info aja via internet.

Hasil google dan lihat2 milist, singkatnya begini ni yg dimaksud hidrokel:

Hidrokel testis hampir sama dgn hernia. Tp kalo hernia penutupan rongga perut yg tdk sempurna shg usus yg keluar, kalo utk hidrokel testis penutupan yg tdk sempurna tapi air dari perut yang mengalir mengisi kantung buah zakar. Kalo kondisi ini tidak di obati maka bila sudah besar bisa mengakibatkan kemandulan. Pengobatan yg harus dilakukan satu2nya adalah operasi. Untuk menutup saluran yang terbuka.

Dari beberapa pengalaman yg saya baca, emang ni anak yg punya hidrokel gak berasa sakit atau rewel gitu, beraktifitas normal seperti biasa. dan anak2 mereka yg pernah mengalami, anknya setelah bedah ya syukurnya baik2 saja sih smile

Jadi, adakah diantara urban mama papa ada yg punya pengalaman tentang ini? mohon share ya, dan mohon doa kesembuhan Ghani. aamiin....

Last edited by Ika_Ps (2012-03-19 09:53:41)

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

2

Re: Hidrokel Testis pada anak

Ika... doa saya buat Ghani...
Btw mulai terlihat besar sebelahnya baru-baru ini aja atau udah lama?
Anak sepupu saya (skrg 22bulan) juga pernah ngalamin hal ini... testisnya besar sebelah. Pertama kali terlihat besar sebelah umur berapa & diagnosis DSA-nya apa saya nggak tau pasti (kyknya sih sejak bayi ya...duh maap, ntar saya coba tanyain deh)...
Yang saya tau, DSAnya bilang bahwa so far diobservasi saja dulu, hanya kalau ukurannya tetap seperti itu (entah deadlinenya sampai usia brp) harus dioperasi.
Alhamdulillah saat ini sih sudah normal lagi jd ngga perlu operasi...

Ntar saya posting lagi deh kalo sdh ada info lbh detil... Saran saya, bedah kan tindakan invasif mam, kalo bisa browsing2 dulu aja, yakinkan dulu... apakah ada alternatif treatment lain? Kalo ga ada dan emang operasi jalan satu2nya, smoga smuanya dikuatkan ya...

3

Re: Hidrokel Testis pada anak

iya anak saya juga kalo berdasarkan analisa dokter juga mengalami hidrokel,saat ini sudah berumur 21bulan. dari yg saya baca rata2 meferensikan agar dioperasi saat 12-18 bulan.
pilihannya adalah menunggu dan berharap hidrokel ini hilang,
menunggu tapi ternyata tidak hilang dan tetap harus dioperasi
tapi sampe kapan ya, apakah lebih cepat lebih baik atw sama saja

buat yang mungkin sudah punya pengalaman dengan balitanya mohon sharingnya dong, karena saya googling ternyata banyak yang mengalami tapi tidak ada yg update kelanjutannya setelah tindakan operasi.sbg ortu anak pertama kami terus terang sangat khawatir apalagi banyak berita miring pasca operasi.

4

Re: Hidrokel Testis pada anak

update info...
ternyata anak sepupu saya kasusnya agak beda ya... diagnosisnya sama, hidrokel, tapi ketauan saat minggu 35 dalam kandungan... jadi sejak lahir memang begitu. DSA-nya menyarankan untuk observasi, krn biasanya akan hilang dalam tahun pertama (pas anak umur 1 tahunan). kalau masih begitu, mungkin akan direkomendasikan operasi.
ternyata dalam waktu 3-4 bulan sudah mengecil & sekarang sih anaknya hampir 2 thn normal aja.

Tentang hidrokel: http://www.mayoclinic.com/health/hydrocele/DS00617 infonya IMO cukup lengkap & menenangkan.
Btw di situ disebukan bahwa hidrokel kadangkala masih bisa berulang bahkan setelah operasi.

Lalu soal sampai kapan harus menunggu, setelah browsing ternyata beda dokter beda pendapat ya... ada yg tunggu umur 2 tahun, ada yg 3 tahun... ato mungkin mesti dilihat separah apa dulu kondisinya...

Poin terakhir, dari sebuah milis kesehatan, pada kasus hidrokel yang muncul tidak sejak lahir (misalnya baru terlihat tidak normal setelah balita), disarankan untuk konsul ke klinik/spesialis Urologi dulu. Jadi mungkin setelah ke DSA sebaiknya tidak langsung ke ahli bedah ya...

5

Re: Hidrokel Testis pada anak

@avee: makasih ya, iy ni deg2an msh 2thn dah operasi, aku nunggu ada waktu luang untuk ajak dia ke Spesialis Bedah Anak (SBA), cm ibu aku skrg lagi serumah sm aku dan lg pengobatan kanker serviks, klo sampe dengar cucunya knpa2 takut drop juga mb sad makasih supportnya ya...infonya berharga banget ni mb, intinya harus slalu di cek ya, apalagi area situ jarang terlihat kecuali benar2 perhatiin pas basuh atau mandi ya

@cahaya: ini ni mbk cahaya yg sm gk sm d urban muslimah? hehehe....
sabar ya mb, kita sharing info ya sama2, udah ke spesialis blm? kata DSA Ghani, mending emang di observasi dulu, aku bc2 ada yg anaknya 7 thn br operasi dan setelahnya baik2 saja sih, sy kabari klo udh dr SBA ya

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

6

Re: Hidrokel Testis pada anak

trus skr gimana mama?anakku seminggu yang lalu didiagnosa hydrocele juga, apakah lebih baik operasi?*duuuh khawatir banget, ceritain ya mama skr keadaan anak mama gmn?apakah sudah operasi atau gimana?thanx

7

Re: Hidrokel Testis pada anak

Salam kenal semuanya...
Saya cari-cari forum yang ngebahas soal hidrokel, alhamdulillah akhirnya nemu juga, walau ngebahasnya udah lumayan lama ^^

Anak pertama saya Ra'if (3 th) sabtu kmr (29 Juni 2013) kmr habis dioperasi karna hidrokel. Awal ketauannya sama kaya anak mba Ika, buah zakarnya (maaf) keliatan besar sebelah, setelah ke DSA katanya hernia, dan DSA-nya nyaranin buat dibawa ke spesialis bedah aja. Dan kata Dokter spesialis bedah ternyata itu bukan hernia melainkan hidrokel dan disuruh segera operasi, karena memang sebelumnya udah googling dikit mengenai hernia, yah akhirnya kita setuju buat operasi.

Sekarang pasca operasi ternyata masih aga besar sebelah dan warnanya juga aga beda, kira2 nanti bisa kembali normal ga ya?

8

Re: Hidrokel Testis pada anak

@ika_Ps mbak...salam kenal sbelumnya ya..gmn kabar anaknya skrg?apakah bisa mengecil sendiri ato hrs dioperasi? Anakku pas lahir juga didiagnosa hidrokel ma dokter bedah..katanya nt bsa mengecil sndri..dtunggu aja smp 6bulan.trus DSAnya juga blg gitu..trus ku pindah DSA juga blg nt kecil sndri.mmg sih skrg  sdh agak melngecil..tp kadang nggelambir gitu..hiks..sedih bgt rasanya..sharing pengalamanya ya moms.
Tks

9

Re: Hidrokel Testis pada anak

Dear All Mama

Ini pertama kalinya sharing disini & pas banget lg cari tau tentang buah zakar bayi yg besar sebelah.

Anak kedua sy laki" Gibran nama'a & skrg umur nya 3 bln 12 hari (5 Sept'14) kemarin diliat sm pengasuhnya buah zakarnya besar sebelah disaranin untuk diurut karena ada pengalaman cucunya pengasuh sy itu ngalamin kya gtu jg & diurut tp butuh beberapa kali diurutnya smpe skrg klo ga slh umur cucunya 1thn-an msh perlu diurut.
Sy spontan utk bilang tidak krn ga bs sembarangan urut kan apalagi itu alat vital takut knp", tp sy lbh khawatir lg klo anak sy msti harus dioprasi.

Bsk baru mau ke DSA, mohon doanya ya Mama mudah"an setelah diobservasi nanti buah zakarnya Gibran bisa kembali normal

Amin ya allah..

10

Re: Hidrokel Testis pada anak

Salam kenal semuanya.

Anak ku (16 bulan) juga didiagnosis hidrokel testis dari umur 13 bulan. Sudah ke Dokter Bedah Anak A katanya boleh observasi dan ditunggu sampai 2 tahun. Kenapa 2 tahun? karena pembentukan sperma awal dari umur 2 tahun. Seperti info mama2 sebelumnya, efek dari hidrokel ini dapat menyebabkan kemandulan. kalau kata Dokter A itu, karena spermanya terendam air sehingga kualitasnya dapat menurun.

Setelah aku observasi 3 bulan ini dan browsing sana sini, tampaknya kalau sudah lebih dari 1 tahun kemungkinan menutup sangat kecil dan memang operasi satu-satunya cara saat ini. Ada memang alternatif atau pijit2, tapi kayaknya aku lebih yakin ke medis. bukan apa2, tapi takutnya lebih besar efek sampingnya. Aku udah pegang beberapa nama dokter bedah anak yang pengalaman untuk hidrokel testis ini dan rencananya besok mulai mau cari second opinion. Kalau memang harus operasi, lebih baik disegerakan. kasian anaknya, walau mamanya harus nguatin mental dulu.tapi kalau baca pengalaman mama-mama lain, tampaknya tidak seseram dibayangkan.

nanti aku update ya hasil kontrol aku. oh ya gimana progress mama-mama diatas? kayaknya udah lama juga, ditunggu ya sharingnya.

terima kasih