1

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

seneng banget ada forum ini, berhubung baru aja 1bulan gabung member gym, penting banget saya nyimak forum ini :) secara saya ini masih silau banget liat alat2 di gym apalagi cara kerjanya bnyk pencet2 an yg bikin bingung :P trus liat mas2 trainer di gym dempal2 :) cuman paling tdk suka ama para marketing yang suka memaksa ikut program2. oya saya blm memutuskan pakai PT (personal training), seberapa penting sih pakai PT scr biaya lumayan mahal? trus sepertinya ketika kita datang mau latihan & nggak tau cara kerja alat selalu ditanya udah punya PT blm, klo tdk punya sepertinya pelit banget ngasih info ditanya cara kerja masing2 alat gym. mamas boleh nggak sih tanya disini tips ngegym tanpa atopun memekai PT? :) TIA

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

2

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

tari ini postingnya gue pisahin ya, dijadiin thread khusus. soalnya ini diskusinya beda ama yang di thread sebelumnya.

kebetulan gue punya pengalaman dengan PT. awalnya gak pernah mau pake PT, karena mahal! trus rasanya ya bisa2 aja deh menggunakan alat2 gym tanpa dikasih tau PT, belajar aja sendiri.. or so i thought. tapi kemaren ini karena gue pengen training yang teratur setelah naia sudah disapih akhirnya decide, oke deh, gue mau coba pake PT.

berikut pros & cons dari gue:

PROs


  • kita jadi tau alat apa yang mesti dipake dengan target workout kita[/*]
  • di awal kita ditanya apa target kita olahraga, jadi dalam waktu tertentu kita olahraga untuk mencapai target tsb[/*]
  • karena pake PT, dan harus dibayar, ga ada kata males. mau males mau rajin, mesti dateng on time sesuai jadwal. nah kalo gini enaknya sih ama PT yang bisa memotivasi ato yang galak sekalian. jadinya takut kalo mau cancel hihihi.. [/*]
  • karena takut cancel, jadinya jadwal training juga sesuai dengan yang ditargetkan[/*]
  • kalo sudah tau & kenal, biasanya jadi motivator yang baik. dan kadang juga ngejelasin apa yang mesti kita kerjakan supaya bisa maintain, etc.[/*]


CONs

  • mahal[/*]
  • kadang kalo training udah abis dan kita ngerasa cukup, suka dipaksa buat nambah2 lagi[/*]
  • kalo gak cocok, malah jadi ngebetein, bukan motivasi. jadi mesti pinter2 nyari yang cocok[/*]

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Slesta..Saudaraku ada yg pingin punya PT biar sesuai dengan target yg ingin dicapai, dia pingin banget burunin BBnya. Soalnya selama ini sendiri saja, ga pernah sesuai targetnya..Btw biayanya berapa sih kalau boleh tahu?

4

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

kmr di tawarin PT di Goldgym , ada beberapa pilihan 36x pertemuan hargananya 7jt sekian, 24x pertemuan 5jt sekian, 12x pertemuan 2.999.000,tapi saya masih mikir2 sih ehmmm mahal :P

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

5

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

tari - stuju ama slesta. kayaknya sih kalo baru mulai di gym, enaknya pake PT, jadi dikenalin ama alat2nya juga. yang enak juga adalah kita jadi tau work out yang cocok ama kita yang kayak apa. kalo udah biasa ama gym-nya dan udah comfortable ama scedule work outnya, ga usah diterusin lagi.

dulu gue pake yang 20 kali pertemuan. ada yang 10 kali, ada juga yang 30 kali. waktu itu ngambil yang tengah2 aja, abis bingung mau yang mana. ternyata 20 pas banget :) dan dalam 20 pertemuan itu, aku turun 7 kiloan dan posture badan + strentgh bisa balik ke sebelum hamil. not bad lah :D

indriani - bukan slesta sih, tapi IMO, kalo mo pake target, bayar PT worth it kok. mereka bisa bikinin schedule untuk nyampe targetnya itu dan ada yang motivasiin.

ttg harga, setau gue harga di indonesia ama harga di singapur bedanya jauuuuuuuuh! lbh murah di jakarta kok. untuk ancer2 harga, jadi mending tanya ama member yang tinggal di jakarta.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

ikutan yah....

buat aku pake PT itu penting banget kalo emang kita punya target spesifik, kalo cuma cari fit doang ya gpp ndak pake PT.
Dulu aku mutusin pake PT karena aku males banget buat olahraga, dengan pake PT aku "terpaksa"dateng ke gym karena udah bayar mahal dan matuhin semua agreement antara aku dan si PT...
begitu sudah bisa latihan sendiri dan sudah dapat rutinitasnya, aku mutusin buat ndak pake PT lagi..tapi set mind nya aku udah kebentuk..

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

7

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Waktu mau nikah, sempet nge-gym dan pake PT. Setuju sama slesta dan thalia, klo pake PT target buat nurunin berat badannya tercapai karena PT akan ngatur pola latihan kita kaya gimana terus juga diajarin cara pake alat, postur tubuh yang baik kaya gimana pas latihan tapi walaupun pake PT aku sempet injury juga, tapi ga lama kok istirahat nge-gym 2 minggu-an abis itu pola latihannya dirubah lagi sesuai saran dari dokter.

8

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Kemaren pas baru mlai ngegym lagi, dapat free 3 kali pake PT, lumayan buat kenal-kenalin ke alat dan diajarin streaching. Pas udah selesai ditawarin mau pake PT gak, kalo gak salah 24x pertemuan sekitaran 7 juta. Aih mahal banget, dan gak ada target juga sih mis: mau turunin bb jadi diskip aja pake PT. Tapi temenku sukses turun BB 10Kg pake PT :)

9

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

tari,
setuju sama slesta & thalia, kalo awal2 pake PT itu ngebantu banget.
kalo masalahnya di biaya, mungkin bisa tanya2 sama bagian marketingnya, ada koq macem2 PT. misalnya mau PT yg kelas silver, gold atau platinum. yg silver ini biasanya PT baru, jadi harganya jg di bawah PT gold atau platinum. tapi walaupun masih baru, cuma beda di 'jam terbang' aja sih. yg gold atau platinum itu biasanya PT yg udah lama, high achivers (misalnya membernya mereka banyak yg berhasil achieve target), tapi ya intinya krn perbedaan jam terbang itu.

gpp sih pake PT, pilih yg sejenis PT silver aja, pilih paket yg paling murah aja dulu. biasanya min 8-10 kali training. tar juga kalo PTnya baik biasanya mrk suka kasih bonus 1-3x extra training visit :)
untuk awal2 sih targetnya biar tau semua alat2 ngegym dan cara2 excercise yg benar aja biar ga cedera. dan banyak2 tanya/ konsultasi ttg tips2 ngegym, gimana caranya biar fun.
kalo ternyata bodynya jadi ngebentuk dan jd slim, itu mah bonus banget! :)
tar kalo dah bisa, baru deh ga perlu pk PT. tapi temen juga ada yg 3 tahun berturut2 selalu pake PT, ya gimana selera juga kali ya.

indriani,
beda2 sih biayanya. start from 2.5jt perpaket (10x visit) juga ada koq. cara pembayarannya jg macem2, ada yg perbulan ada juga yg perpaket. ada jg gimana kita nego-nya. kadang ada PT yg sama, paket yg sama, tapi harganya bisa beda antara member 1 dgn yg lain. dan hal ini legal, yg penting ada fee brp % utk gymnya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

10

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Kalo olahraga cuman punya waktu mepet 30 menit tiga kali seminggu kayanya kurang nampol kalo pake PT, kecepetan waktunya (minimal 45-60 menit). tapi jatohnya cuman latihan kardio totok :) gimana atuh ya..

cool :)

11

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

ratihmuliani sejak punya anak kedua, gue juga ga punya waktu lama untuk bisa olahraga. emang mentok itu 30 menit on weekdays, dan sekitar 1.5 jam on weekend. jadinya ya gue milih lari aja, kebetulan depan rumah ada track buat lari :) yang penting rutin.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Gw sama ma ipeh, dapet free PT 3x, jadi lumayan buat ngenalin alat ga perlu bayar PT lagi. Dan iya kalo mau ada target mending sama PT karena kita pasti diburu PT buat jadwal latihan jadi ga ada ogah-ogahan dan males-malesan. Tapi kalo cuman buat olahraga aja ga ada target apa-apa ga pake PT sih ga maslaah. Kalo gw sih kalo ada uangnya pengen pake PT biar teratur tapi karna mahal jadi ya yang penting olah raga aja lah dulu

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

13

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Aku baru daftar lagi di gym, tapi ya itu..mentok masalah waktu. Dilemaaaa bgt kayanya. Di weekdays pengen cepet2 pulang biar msh bisa ktemu anak2 sbelum tidur, di weekend, mrasa sayang kalo pergi nge-gym n ninggalin anak2. Akhirnya, saking pengen langsing (dan krn dah tlanjur dftar n byr jg sih) aku paksaain min 1x1 jam di weekdays dan 2x1,5jam di weekend trus seringkali baw a anak2 jg sekalian nge-mol krn lokasi gym di dlm mol :-)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

14

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Hallo semua, wah senengnya para Mamas rupanya sudah aware bener yah soal PT...sekedar menambahkan saja dari apa yang sudah di share di atas, PT diperlukan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan apalagi kalau kita tidak bisa disiplin dalam latihan. So mencari PT yang knowledgeable penting karena setiap kita mempunyai kemampuan yang berbeda dalam mencapai tujuan fitness yang kita inginkan. Buat saya lifestyle kita sangat menentukan agar tujuan yg kita inginkan tercapai lewat fitness/olahraga. Physicall Fitness mengacu pada Good Eating Plan + Good Exercise Plan. PT yang baik akan melakukan first assessment dengan 2 cara Body Measurement (komposisi fat, otot dan air dalam tubuh) dan Body Screening (Fungsi gerak tubuh). Kedua cara di atas sangat penting untuk mendapatkan pola latihan yang maksimal. Jadi, Tujuan Fitness kita gak sekedar fat/weight loss aja tapi memaksimalkan fungsi gerak tubuh juga karena hal tsb akan sangat membantu dalam aktifitas kita sehari-hari. Nah, carilah PT yang concern pada dua aspek diatas, kalau masalah harga sangat relatif buat saya tergantung dengan programnya. Semoga bermanfaat ya infonya Mamas. :) ~Frank

a runner, lifetime learner and overcomer ~ i'm greatly blessed!

15

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Ikutan sharing ya :)

Sempet 2x ambil PT, awalnya cukup membantu. Terutama untuk "maksa" olah raga. Karena emang awalnya saya males banget sama yang namanya olah raga.

Untuk pengenalan alat, lumayan terbantu juga, jadi sekarang setelah lepas PT bisa pake sendiri tanpa ngeri cedera karena salah penggunaan.

Dengan adanya PT, kita juga dapet bocoran gerakan-gerakan/ sekumpulan latihan yang bisa kita lakukan dirumah! (misalnya variasi gerakan yang bisa bikin perut rata! Penting nih bu ibuu) :D Saranku, banyak tanya, korek semua informasi dari si PT. Udah bayar mahal boo.. :D

PT saya tidak terlalu concern dengan diet. Memang pada awalnya dikasih menu, tapi tidak di kontrol oleh mereka. Dalam artian, tetep aja kalo diet itu harus diri kita sendiri yang mengatur pola & nafsu makan kita.

IMHO, sekarang setelah lepas PT, saya merutinkan diri ngikut kelas aerobik di gym (1 jam/ kelas), dan dengan ikut kelas-kelas tersebut, malahan lebih cepet turun berat badan (karena pembakaran lemaknya yang lebih non-stop); kalau pake PT keseringan istirahatnya :p

IMHO lagi, pada akhirnya, kalau memang pengen langsing, motivator terbesar itu diri sendiri, with or without PT, pasti bisa! :D

semangaatttt. (n__n)

16

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

eh iya... lagi mikir2 mo pake PT lagi. kemaren kena injury, jadi kayaknya kalo pake PT, bisa lebih cepet balik lagi kayak dulu, pre-injury.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

thal,
elo mu pake PT lagi? asiknyaaa... iya bener thal biar cepet pulih yaa.

kemaren gw ngobrol sama temen lari yang PT. asiknya, dia PT freelance sekarang karena karir PTnya udah lama juga... jadiii, orang2 lah yang nyamperin dia. dicari.

dia bilang... kalo dia, termasuk makanan juga diperhatikan banget. jadi dia suka dateng ke rumah trus masakin lunch/bfast. ditongkrongin sampe dimakan hahaha... ga bisa cheat!

bener banget sih kalo pola makan ga dijaga juga yaa kurang maksimal ya jadinya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Ninit,
ayoo share di sini, gimana sesi dengan PTnya?

Visit My Lapak at Mama's mall : Young Living Essential Oil.
*Special discount for TUM member, mention your ID.
*Lots of my personal tips : tried and tested using YL EO
Link : http://theurbanmama.com/forum/topic3133-essential-oils-young-living.html

19

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

diaaan,
maapkeun baru update ttg PT gw.

gw sekarang nge-gym di fitness first. PT gw namanya andreas susilo.

tadinya PT gw cewek. trus dia resign. trus gw ditelp bahwa PT gw diganti sama mas andreas susilo ini.

ternyata, cocok!
gw sempet ambil test di webnya, nyari PT yang cocok sama gw. ternyata nama mas andreas ini keluar. :D

orangnya baek dan yang gw suka, atensinya tinggi. suka ngingetin jadwal latihan via whatsapp.

trus suka memotivasi. kadang kalo udah set 2 suka berasa ga kuat tapi dia terus ngasih semangat, ga ngasih berenti gitu aja.

yang gw suka, gw suka nanya ini itu... bahkan ada yang udah gw googling dulu sebelumnya (jadi sebenernya gw udah tau) dan senengnya mas andreas bisa jawab. ga yang jawab gitu2 aja. jadi gw ngerasa, ga sia2 ya gw spend money buat hire PT.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Makasih Nit,
gue jg akhirnya ambil PT di ff oakwood.
Suka2 dan ga masalah nih, cuma mau ambil yg murahan lagi, hehe.
link utk cari PTnya apa sih Nit? TIA

Visit My Lapak at Mama's mall : Young Living Essential Oil.
*Special discount for TUM member, mention your ID.
*Lots of my personal tips : tried and tested using YL EO
Link : http://theurbanmama.com/forum/topic3133-essential-oils-young-living.html

21

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Gue belum pernah pake PT,tapi jadi tertarik pake PT banget setelah liat teteh ninit dan artikel mbak mia hari ini :D
sayang di jogjs/solo nggak ada FF :(

mbak dian yang get personal itu ya mbak? kalo nggak salah sih FF-letsgetpersonal ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

22

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

wah Dian sama teh Ninit pake PT yah? duhh..gw juga mau mulai fitness lagi dan maunya juga pake PT biar maksimal, gak kaya dulu, lama ikut fitness tapi berasa gak maksimal karena ngga terarah latihannya..

pengen daftar di FF Cibubur Junction kayaknya nih..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

23

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Zata buka FF letsgetpersonal deh ta,buat nentuin PT yang cocok sama lo. Gue waktu itu daftar dan udah janjian,tapi akhirnya ga bisa karna bentrok waktunya :(

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

24

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

dian,
ini linknya www.fitnessfirst-letsgetpersonal.com

coba cek yan. cocok ngga PT yang lo pilih sama hasil test-nya? ;)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: [gym] Personal Trainer: Pros vs Cons

Ninit,
makasih linknya..iyaa gue dah tes nih.
Tapi hasilnya beda sama PT gue yg skarang scr personality, dulu gue pilih krn dia spesifik bisa handle spine issue gitu sih, hehe. Jd ya not bad at all juga. Plus dia jg sabar ngadepin gue yg bandel latian bolong2 :D

Visit My Lapak at Mama's mall : Young Living Essential Oil.
*Special discount for TUM member, mention your ID.
*Lots of my personal tips : tried and tested using YL EO
Link : http://theurbanmama.com/forum/topic3133-essential-oils-young-living.html