1

Topic: Tips: Memberi Obat Tetes Mata Pada Anak

Mama's yang pinter-pinter, mohon trik and tips nya dong ngasih obat tetes mata ke anak...
Aufa 17m lagi sakit mata(ketularan temennya di daycare), matanya merah, berair, trus bengkak, aduhhh kasihan banget ngeliatnya, ampe saya nangis kalau melihatnya..
kemarin udah ke dokter mata, dan dikasuh obat tetes pengganti air mata yang harus dikasih sesering mungkin, tapi apa daya susaaaaaahhh sekali klo mau netesin ke mata Aufa...hikcs..hicks...udah dipaksa, dipegang kepala dan tangannya, tapi matanya ga mau dibuka, dibuka pun dikit banget, jadi obatnya ga tau deh masuk apa enggak...ditambah lagi sekarang ada bengkak, jadi ga tegaaa banget buat maksa membuka kelopak matanya....aduhhh gimana ya mama's ???? mohon saran.

2

Topic: Tips: Memberi Obat Tetes Mata Pada Anak

bunda,
dulu KI-KA pernah tes ROP dan harus dikasih tetes mata sekian menit sebelum pemeriksaan. obatnya untuk membuka retina mata agar bisa diperiksa. waktu diteteskan memang harus dilakukan 2 orang. 1 orang pegang si anak, dan 1 orang yang tetesin ke mata. Tapi itu hanya bersifat insidentil. saya gak bisa membayangkan kalo harus sesering mungkin dilakukan dengan cara yang sama. Efek yang pernah saya dapat waktu memaksa anak melakukan sesuatu adalah "trauma". Sampe skrg KI-KA trauma teramat sangat sama yang namanya sendok obat. sampe dilempar2 bener.. gak peduli itu sendok isinya air gula, kalo liat sendok obat langsung jerit2. Maaf jadi tidak banyak membantu... Semoga segera menemukan solusi yang lebih mudah. Cepet sembuh ya Aufa.. :) *kiss Aufa*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Tips: Memberi Obat Tetes Mata Pada Anak

Coba dikasih pas tidur. Buka mata bagian bawah, langsung tetesin. Harus cepat ngasihnya, jadi obat tetes udah dibuka.
Kalau aku tambah siapin senjata pamunkas, yaitu nenen hehehe.

And thelilsolder is back. Fire!

4

Topic: Tips: Memberi Obat Tetes Mata Pada Anak

thelittlesoldier,
aku pernah nyobain caranya kamu...awalnya bisa...tapi aku lampunya kudu remang2...kalau terang, anak gw bangun...alhasil...masuknya gak jelas...masuk mata, atau enggak ya....
ditambah lagi, si anak makin pinter loh...., berasa kita pegang kelopak bawahnya, langsung melek...en menghindar, "gak mau ditetesin, ma...."

kalau cara gw yang paling jitu adalah. Anak direjeng. bisa dilakukan 2-3 orang. biasanya gw ama laki gw. posisi di atas ranjang. laki gw ngempit kaki anak gw. Satu tangan pegangin kedua tangan anak gw, tangan satu lagi pegangin kepala anak gw. Gwv posisi diatas kepala anak gw, tangan satu buka dua kelopak mata dia (atas bawah), tangan satu, langsung sigap tetesin itu obat mata.
Selesai ngasih..., obat mata langsung dikasih ke laki gw yang nutup, gw langsung angkat gendong anak gw...gendong berdiri....sambil ngapus sisa2 obat di tepi matanya dengan tissue bersih.

gw ngejalanin caranya thelittlesoldier ampe 2 minggu gak sembuh2. Cara ayng dia bilang sama persis yang diajarkan oleh dokter mata anak gw. malahan gw diomelin ama dokter mata anak gw, katanya obatnya gak masuk..., makanya mata anak gw tambah parah. ampe harus dikorek...hiiiy, kesian deh.
lalu begitu gw jalanin cara begitu..., nangis dong anak gw..., so pasti. tapi kita langsung gwndong berdiri..., gak lama tuh nangisnya...eh, 3 hari jauh lebih membaik matanya.

Tapi tiap anak kan unik, mungkin cara yang dipakai gw belum tentu bisa dipakai ama anak yang lain. Semoga bisa membantu.

kalau anaknya bengkak matanya..., coba deh bawa ke dokter mata anak...siapa tau bisa dikerok. dibuka kelopak mata bagian bawahnya, lalu pake cutton buds dikerok selaput bening yang menutupi kelopak mata bawahnya. Sakit sebentar..., tapi dengan dikerok, anak jadi cepet sembuh sakit matanya, moms... menurut dokter mata, selaput itulah yang menghalangi obat masuk, dan bekerja dengan sempurna. Dengan dibuang itu selaput, obat jadi lebih efektif kerjanya, sakit mata cepet sembuh. Tapi hanya dokter yang boleh mengerjakan loh...HTH ya