1

Topic: Diabetes gestasional

Mamas, adakah yang pernah hamil dengan diabetes?? Saya hamil anak ke, minggu ini masuk 30w. Kemarin saya cek gula darah hasilnya 135. Gimana ya penanganannya? Mungkin mamas ada yang pernah senasib sama saya. Makasih banyak..

2

Topic: Diabetes gestasional

Cek gula darahnya atas inisiatif sendiri atau ada pengantar dari dokter mom ummi_icha ? Setelah cek di lab kan biasanya kita dateng lagi ke dokternya buat bantu "ngebaca" hasil uji lab. Biasanya kan hasilnya angka2 gitu, mungkin ada yang kita ngerti tapi ada juga yang kita nggak ngerti kan, jadi kita perlu tenaga medis untuk menerangkan hal itu. Kalo gugling acak sih nemunya gini "gula darah disebut berada pd tingkat normal yakni kurang dari 100 mg/dL saat berpuasa dan kurang dari 140 mg/dL dua jam setelah makan". So, kalo angkanya 135 dari mana mom yakin kalo itu DMG? Maaf lho kalo ngga membantu, saran saya sih mending ke dokter aja ya... Semoga mom n baby sehat selalu...

3

Topic: Diabetes gestasional

terima kasih sebelumnya mom feee...
inisiatif sendiri karena kakaknya dulu jg gitu, ketahuannya pas masuk rs sebelum melahirkan di cek gd nya (tanpa puasa) hasilnya 297..
nah, yang hasilnya 135 mg/dL (tadi satuan lupa gak ditulis) itu puasa dulu mom. cuma 2 jam setelah makan nggak cek lagi. semoga aja bukan DMG...
sekali lagi makasih ya mom feee

4

Topic: Diabetes gestasional

ummi _icha, aku pas hamil anak pertama kemarin juga kena diabetes gestational. Penangannya ya cuma tes gula darah sehari 4x yang hasilnya dilaporkan ke dokter seminggu sekali dan bener2 jaga makan.

Gula dan makanan dengan pemanis tambahan kayak cake, ice cream, kue2 manis and keripik kentang benar2 ga boleh. Kalaupun mau ya cuma sepotong atau setengah potong aja sekedar tombo pengen klo org jawa bilang. Makanan yg mengandung karbo tinggi kayak nasi, mie juga dikurangi. Lebih disaranin makan kentang, roti tawar gandum gitu. Sayuran boleh, daging, telur and ayam juga boleh2 aja. Klo susu dibatasin krn dia juga mengandung glukosa, paling sehari 1 atau 2 gelas, tapi klo keju boleh, sama buah2an juga agak dibatasin, sehari maksimal paling 2-3 buah aja. Intinya diet makanan sehat gitu.

5

Topic: Diabetes gestasional

hai ummi_icha,

waktu pas hamil gibran aku juga kena diabetes gestational. Atas saran dokter aku diminta untuk cek gula darah per tri semester karena Alm Bapakku itu penderita diabetes. trisemester 1 dan 2 gada masalah pas yang ke 3 gula darah ku tinggi (cuma lupa berapa tepatnya), dari hasil itu aku dirujuk ke dokter internist dari internist dirujuk lagi ke dokter ahli gizi. Nah di dokter ahli gizi inilah aku diminta untuk diet. pola makan benar2 dijaga. asupan kalori dihitung.

Benar kata disty24, yang namanya karbo atau pemanis benar2 dikurangi. Kebetulan juga pas hamil kemarin selera makan aku seperti kebo, hahaaa.. semua dilahap. jadi pas disuruh diet agak2 menderita juga siih.

Setiap 2 minggu sekali balik ke dokter untuk di cek. Ada saran juga dari dokter internist nya, setelah melahirkan aku diminta cek gula darah lengkap 3 bulan sampai 6 bulan sekali di RS. karena kalau hamil dengan diabetes gestational resiko jadi penderita diabetes meningkat sampai 6 X. tapi sampai sekarang (kurleb 4 bulan) aku belum cek gula darah di RS. paling cuma test di rumah pakai alat sendiri. apalagi kan aku punya keturunan diabetes dan penyuka makanan manis ditambah lagi kurang olahraga.

begitu aja sih mom pengalaman aku dulu. :)

Thanks,
-Marisa-

6

Topic: Diabetes gestasional

hi mba fee.. aku kena diabetes gestasional.. gula daeah 2 jam setelah makan 250 mg/dL ... akucek darah tiap kali akan makan besar, dpt injeksi insulin juga.. tp alhamdulillah sesudah pulang gula darah cenderung stabil dibawah 120 mg/dL . krn ada gen diabetea sehabis melahirkan aku berencana lebih menjaga pola makan, karena risiko untuk menjadi diabetes tinggi..

7

Topic: Diabetes gestasional

Hai all. Saya niubi disini
Baru 5 w dan hrs pakai insulin krn diabetes.
Adakah ibu ibu disini yg pakai insulin sejak awal kehamilan?
Saya skrg cm makan 3 sendok makan nasi merah tiap makan. Yg dibanyakin sayur dan buah. Snack time pun cm berani makan tomat saja. Insulin saat ini humulin r 3x sehari sebanyak 8 unit.
Ada kah yg senasib dgn saya

8

Topic: Diabetes gestasional

Hai Fourangle, sy juga lagi bingung hasil test urine dua jam setelah makan selalu ++

Kontrol ke dokter masih 2 minggu lagi, saat ini gak berani makan nasi, cakes, biskuit manis, madu semua stop

Buah apa yang rendah gula? Sy coba pisang lalu dua jam kemudian test aduh tinggi sekali hasilnya

9

Topic: Diabetes gestasional

Hai mom, udah cek ke dokter langsung? Pas kontrol ke dokter atau bidan minta sekalian cek lab ya. nanti mereka bakal kasih penjelasan juga gimana penangannya selama hamil. Jadi harus dipastiin bener-bener ya moms. semoga sarannya membantu.