1

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

Baby school..
Perlu gak ya sebenernya?

Kan sekarang banyak baby school started from 8mos. Kayaknya asik tapi sebenernya banyak manfaatnya apa gak ya?
Mungkin kalo yang ortu nya sibuk, perlu lah si sibaby dimasukin baby school biar stimulasi makin OK. kalo yang banyak waktu untuk stimulasi sama ibu+bapaknya..kira2 tetep perlu gga ya? Mana mahal...hihihi
Karena aku sebenernya pingin juga ajakin Altaf - 10mos. Tapi takut jenuh kalo kekecilan udah sekolah. Tapi baby school itu kan banyakan mainnya toh daripada belajarnya?

Ada pengalaman dengan baby school macam Tumble Tots, PAUD or sekolah deket2 rumah..dll gitu? bagusnya baby sekolah sejak umur berapa? Dear urban mamas ('n papas)..Let share yuuuk

Tika,
=D


Maap ibu mods..kalo udah pernah dibahas sebelumnya, tolong dikasi linknya. Karena saya cari2 kok ga nemu padahal lagi curious abis.

Go..ASI & Homemade food..
Go..Clothdiapering..
Go..The better future for our children
visit me at: http://javaleste.multiply.com/

2

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

maminya_altaf good thread! gue juga sering mempertanyakan ini. apalagi ngeliat banyak sekolahan yang di khususkan buat bayi2 yang masih pada kecil2 banget.

kalo misalnya si ibu kerja, dan daripada diasuh ama mbaknya di rumah (yang belom tentu bisa men-stimulasi si anak) gue sih setuju aja ditaro di sekolah. tapi menurut gue sebenernya apa yang dipelajari di sekolah itu bisa dipelajari di rumah kok.

anak gue juga dari kecil gue kasih berbagai macam maenan, buku, dll yang men-stimulasi curiosity nya. kebetulan mbaknya juga pinter ngajarinnya, jadi dia udah bisa tau banyak pas dia udah mulai ngomong & jalan. gue pun spent many times with my daughter to teach her on things.. slowly. rencananya emang setelah dia 18bln gue pengen masukin ke daycare.

ternyata karena satu dan lain hal, gue baru masukin Naia setelah dia 22bln. waktu masuk ke sekolah pun, basically compared to kids her age, she knows more. mungkin karena di rumah dia diajarin bener2 one-to-one yah. cuma dua yang lacking... her socializing & sharing skills. nah ini yang gak mungkin gue ajarin kalo dia cuma di rumah sendirian.

dan kalo misalnya Naia masuk sekoah earlier, mungkin her socializing skills would be better, gak takut2 ama orang, dll. i dunno.

tapi yang pasti itu sebenernya kembali ke orang tuanya masing2. mau spend money untuk naro di sekolah, ato mau spend time untuk ngajarin sendiri anaknya. i myself, prefer letting my kids enjoy her childhood first, baru slowly inserting academic routines. abisan kasian liatnya, masih kecil udah di pressure untuk bisa baca, dll.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

Hai Maminya Altaf,
ikut share ya...Nara gw masukin sekolah sejak 9 bulan. Pertimbangannya adalah:
- Lokasi sekolahnya ngga sampe 50 meter dari rumah. Ga pusing mikirin transportasi, jalan kaki aja.
- Pertimbangan harga. Sebelumnya gw sempet survey-survey ke beberapa sekolah…lumayan mahal-mahal. Sempet mikir, ah ngga usah deh klo gitu..toh masih bayi ini. Nahh pas ada sekolah ini baru buka deket rumah, gw liat harganya lebih murah dan karena baru buka, ada promo gratis uang masuk…walhasil langsung bayar bulanan aja. Lumayan banget.
- Karena gw kerja, Nara di rumah sama mbaknya yang rada kurang kreatif (variasi nyanyian dan mainnya itu lagi itu lagi). Gw ajarin mbaknya macem-macem juga mbaknya kurang nangkep. Jadi gw pikir klo di sekolah, Nara bisa diajak main yang lebih kreatif sama guru sekolah dan bersosialisasi.
- Waktu itu Nara lagi takut takutnya sama orang, trauma pas lebaran (waktu umur 6 bulan-an) karena ketemu orang banyak yang main rebut Nara dari gendongan gw, main cium aja dan rame banget. Nahh, 2 minggu setelah sekolah kemajuannya pesat banget…udah ga takut lagi ketemu orang. At least walaupun dia kadang ngga senyum, tapi udah ngga nangis ketakutan lagi.
- Sekolahnya cuma 2 kali seminggu, 1,5 jam (kelas babes). Aktivitasnya ngga berat karena masih bayi, jadi gw ngga ngerasa membebani Nara. Efeknya positif karena sampe sekarang dia selalu semangat ke sekolah. Buat dia sekolah itu happy place, buat main-main dan ngga sadar klo sedang belajar (sekarang udah naik kelas ke Toddler karena udah mau 3 taun, masuknya 3x seminggu @2.5jam)

Mungkin gw beruntung karena dapet sekolah yang deket rumah. Klo sekolahnya jauh mungkin gw akan mikir berkali-kali lagi untuk masukin Nara ke sekolah karena kendala transportasi, siapa yang nganter, apa musti pake supir tapi rasanya belum mampu pake supir dan seterusnya.

metariza.com | mother of two |@metariza

4

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

maminya_altaf
sama komennya dgn yg lain... biasanya sih cuma buat sosialisasi aja. saya pernah masukin alde ke gymboree cuma buat main2 aja. iya bener kata shinta & meta, kebanyakan working mom yg daripada dititipin ke mbak-nya aja, bisa diajak ke 'sekolah'.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

Seru nih :)

Kalo pertanyaannya perlu atau nggak...kynya balik ke masing2 ortu dan anak yah. Kalo gw sendiri sih masukin Atreyu ke 'sekolah' bayi2 itu sejak dia 6 bln malah hehehe. Berawal dari penasaran tentang bagaimana dia akan beraktifitas bareng temen2nya plus kebiasaan liat ponakan2 gw dr yg paling tua (sekarang 13 thn) smua pd ikutan sekolah2 bayi itu, sifatnya beda2 banget tp yg pasti luwes banget kalo masalah pergaulan...blm belum tau sih itu salah satu andil sekolah jaman bayi ato gak :p.

Kalo gw sendiriberpikiran sekedar utk melatih sosialisasi, gw punya cukup banyak waktu bareng Atreyu di rumah, ninggalin dia utk kerja cuma 3x seminggu selama kurang lebih 8 jam, jd sisanya puas bisa main2, cuma bener kt slesta kok kyknya ntar dia kenalnya cuma ibunya aja yah. Selain itu suami gw jg pengen bisa ada semacam quality time bareng Atreyu, krn kalo weekdays dalam sehari paling cuma sekitar 3 jam dia ketemu (maklum suburbian :p). Nah sekolahan ini cukup tepat krn tiap session yg 1 jam (sekali seminggu) itu salah satu ortu harus dampingin.

Di kelas itu sendiri, gw ato suami gak pernah maksa Atreyu utk selalu ngikutin apa yg lg berlangsung....krn kita gak mau membuat sekolah ini jd ajang pemaksaan :p . Jadi kadang ketika lg berkegiatan anak gw suka melanglang buana sendiri ya udah biarin aja...ntar dia balik sendiri kalo udah tertarik utk bergabung. Cukup terbukti sih, entah emang bawaannya ato krn terbiasa ketemu org baru, sampai sekarang (9bln) anak gw bisa dikategorikan ramah banget hahaha...

Yg suka salah kaprah di org tua (gw sendiri baru aja menyaksikan), yaitu suka membanding2an anaknya sama anak lain di kelas...kmaren gw liat sendiri seorang bapak dr 'anak baru' yg begitu kelar session lgs ngadu dgn nada kesal ke istrinya (didepan anaknya), bagaimana anaknya gak bisa ini-itu gak mau ini-itu, padahal tmnnya udah bisa, dll dll. Kyknya kalo seperti itu anaknya jg jd terbebani kali yah? hehehe.

Ya gtu deh kira2 cerita gw..kalo Atreyu sendiri kyknya sih dia selalu enjoy kalo sekolah.. kadang baru liat pintunya aja dia udah loncat2 girang...apalagi kalo ketemu guru2nya bisa2 1 jam cengirannya gak brenti2 hahaha.

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

6

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

sebenernya di baby school itu mamahnya ikutan belajar loh.. kalau mamah / pengasuhnya udah tau cara menstimulasi bayi seperti kata Slesta, ngga perlu baby school sih.

waktu Raka ikutan Gymboree, gue lumayan dapet insight gimana menstimulasi bayi aktif seperti Raka itu. Setiap aktivitas (apabila dilakukan dengan benar) ada filosofi bagusnya, contoh: bayi berjalan di dalam terowongan. kayaknya biasa ya, seperti melatih mereka merangkak kan? tetapi sebenarnya juga menstimulasi supaya mereka terlatih di ruangan sempit, sedikit gelap gitu.

Lagu-lagunya juga asik, di rumah bisa diulang lagi dengan bayinya. Sampe umur mau 4 tahun, masih senang dan hafal dengan gerakan lagu Gymbo.

Intinya have fun aja, don't expect too much, don't overstimulate. Just do it for the sake of having "me & my baby time".

Sampe sekarang sih gue tetap kencan berduaan sama Raka, seminggu sekali, di kelas yang berbeda :)

And thelilsolder is back. Fire!

7

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

thelilsoldier

iya bener...berkat skolah2an itu jd makin kreatif kalo main sama anak sehari2 :)...ortunya makin kreatif, anak jg menikmati ;)

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

8

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

thelilsoldier nah, ini bedanya sekolahan di indonesia ama bukan di indonesia. untuk playgroup paling gak..

di indonesia, sekolahan gitu, anak bisa ditungguin ama ortu ato caregiver di dalam kelas (preferably parents pastinya). di singapore, untuk playgroup aja ga boleh. karena berharap supaya si anak punya bond sama gurunya. kecuali kalo kayak enrichment classes yang dateng sesekali gitu sih.

kalo kayak daycare gitu, gak bisa tuh. dan si anak juga di stimulate untuk mengerjakan semua sendiri. dari pake sepatu sendiri, makan sendiri, dll. kecuali yang masih pada kecil kayak seumuran naia sekarang, kadang ada yang makannya sambil disuapin 1-2 suap pertama, tapi abis itu di stimulate untuk makan sendiri, ngeliat temen2nya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

Hmm, masih mikir2 nih mau masukin kei ke sekolah apa engga.. Dokternya sih nyaranin paling bagus umur 2thn gt, tp kok gatel ya pengen nyoba trial di satu sekolah deket rumah..

Kl sekolah gitu biasanya ngelatih apanya ya, selain sosialisasi dan motorik anak? Lg nyari alesan yg tepat soalnya, hehehe.. (malah nanya jadinya)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

10

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

Oh di Singapur spt itu ya.. Wah iya beda sama Gymbo yg seminggu sekali, hari sabtu pula ;)

And thelilsolder is back. Fire!

11

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

charissarhanie kalo menurut gue sih untuk masuk di daycare/nursery di singapore, selaen sosialisasi juga ngajarin si anak untuk mandiri. karena mereka di expet untuk mengerjakan semua sendiri.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

gue memang berencana mau masukin azka ke skolah dalam waktu dekat
udah sih sbnr nya ikutan free trial

tujuan utama gue masukin azka skolah jg utk social skill nya sih. soalnya gue liat2 azka ni agak takut sama suasana n orang baru. wajar sih, gue ngasuh azka tanpa asisten atau nyokap slm 1 thn penuh. Jadinya dia nempell mulu ama gue. Gue mau masukin dia sekolah spy setidak nya dia jg bs main ama anak2 seumuran dia. Kan di rmh cm orang2 dewasa aja

Sekolah nya pun gue pilih deket rumah. Cm play class aja slm 45min 1x seminggu. moga2 aja azka jd lbh supel hehe

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

13

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

thelilsoldier + slesta, setau gue, Gymboree di singapur, orang tuanya juga ikut masuk kok. beda ama sekolah yang dibahas slesta (cherry hearts). dulu ninit juga bawa alde ke Gymboree, dimana ortu justru berinteraksi ama anaknya...

imho, ada 2 macem sekolah bayi... gue sih ta gau term-apaan:

1. seperti gymboree dan bbrp playgroup lain. biasanya cuma 1-2 kali seminggu, trus ortu/care taker ikutan disitu dan main ama anaknya bareng2 anak2+caretaker lain.

2. playground/nursery seperti cherry hearts, montessory, etc. sistemnya kayak TK biasa, dimana anak ga ditemenin orang tua. biasanya, ini buat orang tua yang kerja... sekalian titip anak dan kasih kesempatan buat anak interaksi ama orang2/anak2 lain.

btw, gue blum pernah nyekolahin aina sih... jadi obviously, bukan expert... so, CMIIW...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

iya thal. gymboree itu yg enrichment class yang gue maksud.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

sLesTa

Ga beda kok skolah d singapura sama di indonesia. Kalo di sini sekolah playgroup/dr toddler gitu juga udah gak ditungguin, dan segala2nya diusahain sendiri, rata2 kalo udah 3 thn jg udah harus bebas diapers (udah lulus toilet training). Kalo sekolah kyk gini biasanya mulai umur 1.5 ato 2 thn gtu.

Ada jg yg model daycare, ada yg nerima dr 3bln ada yg 6 bln..kalo kyk gini selain kegiatan sehari2 jg ada acara main2 nya yg model kelas2 gtu biasanya, pastinya gk ada ortu (krn kan emang dititipin).

Nah klo model Gymboree2 gtu (iya, yg lo masud dgn enrichment class) itu emang sama dimana2 ya...dan ada berbagai 'merk' , biasanya sih model francise gtu yah? biasanya ada klas dr 6 bln (pernah liat d australia malah ada yg dr 3 bln).

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

16

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

ikutan sharing dooonk...

sama dengan alasan metariza, gw jg masukkin Wulan ke nursery (tiap hari dr jam 7.30 pg sampe 12.30 siang) karena selain deket banget rumah, lebih reasonable harganya. Wulan masuk nursery ini sejak umur 10 bulan, sementara sebelumnya, dr 6 bulan sampe 10 bulan, dia ikutan Gymboree.

Keuntungan ikutan nursery yg full time, Wulan diajarin potty training, makan sendiri, dll dll. Selain itu, sebenernya kan klo anak batita kan blm terlalu serius belajarnya, jd setidaknya mereka bs bersosialisasi sama anak2 lain. Dan ini kerasa banget efeknya buat Wulan. Soalnya jd lebih banyak celotehannya, lebih playful klo di rumah dan jadi lebih mandiri, dan ga takut ditinnggal2 sama yg jaga d rumah..

Tapi tetep aja, menurut gw, anak akan lebih belajar banyak dr org2 d rumah (a.k.a ibu/bapak/pembantu/nenek/etc). Jd walopun udh dimasukkin sekolah, tetep aja kyknya harus banyak 'main' d rumah :-p

17

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

i see.. soalnya kriteria kita buat nyekolahin bukan semata2 biar anak bisa bersosialisasi... kei kebetulan udah 'agak' socialized, karena dia sering maen sama anak2 satu komplek apt, kebetulan disini banyak anak2 yg seumur juga.. berhubung sering maen dan gaul di playground anaknya jadi populer ngelebih2in emaknya, hehehe... (jadi curhat)

tp kl bisa diajarin sampe potty training kynya keren deh, apalagi kl ampe diajarin mandiri.. sekarang aja dia masih suka trauma denger suara pintu ditutup krn ngerasa kayak ditinggal.. belum lagi sisa2 separation anxietynya yg belum ilang 100%.. mungkin sekolah yg gini kebutuhannya lebih cocok ke tipe2 nursery daripada kayak tumble tots dkk ya..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

18

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

wahh ternyata banyak juga ya yang baby nya udah sekolah.
emang biaya sekolahnya per bulan/ per 1x sih bayarnya?

makin pingin sekolahin si Altaf
:P

Go..ASI & Homemade food..
Go..Clothdiapering..
Go..The better future for our children
visit me at: http://javaleste.multiply.com/

19

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

charissarhanie,
nah kl lingkungan nya kayak gitu enak..lah kl di rmh gue ini tetangga sebelah aja gue ga pernah ketemu..mungkin krn gue muda kali ya sementara mrk udah pada punya anak yg gede2. jd ga ada tuh anak2 main di dpn rumah. jd agak kasian sih ama anak gue ga pernah main lari2an ama anak2 seumuran kl sore2 :( makanya gue pengen masukin sekolah biar bs main ama anak2 lain

mamynya_althaf
utk perbandingan gymboree 1x dateng 150rb
per bln 450rb 4x dateng
enrollment fee 600rb
annual fee 300rb

ini gymboree PIM yah, kyknya beda lokasi beda harga

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

20

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

yes, buat bayi 6 bulan ke atas atau earlier, kalo udah nunjukin tanda2 kudu crawling, climbing, dll, karena:

1. fasilitas di play center nggak bisa diboyong ke rumah
mats yang sturdy, slides, airlog, lots and lots of playballs...wuaahh... heaven for babies and kids!

2. lebih babyproofed daripada guling-guling di ranjang/sofa hehe

3. babies need repetitions and routines
dan mereka dapet repetition di kelas, diulang2 terus (e.g. parachute time di Gymboree) sampe mereka hafal dan bisa participate in the activity.

4. age appropriate stimulation

5. inspiring babies and adults (buat babies apa aja inspiring, buat adults bisa learning new songs and ngliatin cara the instructor/teacher to create the atmosphere using her voice and gestures)

6. bonding moments antara ortu and anak, terutama buat parents yang workaholic :)

kalo buat bayi di bawah 6 bulan, kelasnya lebih ditujukan ngajarin adults nya sih, selama mommy nya bisa DIHerself at home saya rasa nggak perlu ke play center, atau bisa trial class aja terus praktek di rumah.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

21

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

thalia: ya bener..

slesta: beda istilah ya berarti yang kita omongin. kalau nursery seperti daycare, gue belum punya pengalaman. tapi sepertinya daycare dimana2 ngga boleh ditungguin ya?

maminya_altaf: memangnya mau ajak baby-nya ke daycare atau ke baby gym seperti gymboree gitu?

toto: ya, untuk bayi, melihat ruangan besar penuh mainan seperti surga :D gue rasa, berat anak gue nambah sekilo abis merangkak sana sini karena happy :lol:

IMO, ke baby gym sih bukan buat sosialisasi ya, soalnya bayi ngga ngerti sosialisasi. Umur batita baru dia bisa main berdampingan, umur 3-4 thn baru bisa main bersama. Jadi kalau mau ajak bayi ke enrichment class, don't expect too much (spt tiba-tiba jadi ramah pada semua orang).

And thelilsolder is back. Fire!

22

Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

kalo gue termasuk yang ga mau masukin anak ke sekolah cepet2. reasonnya:

[list=*]

  • yang paling gede: gue kerja dari rumah dan ampe saat ini, gue part time doang. jadi punya waktu banyaaaaak banget untuk aina. gue rasa, kalo gue ngantor, ceritanya akan lain. [/*]
  • berasa sayang kalo dia cepet2 sekolah, soalnya ntar dari TK, dia bakal sekolah dan main ama orang2 lain ampe universitas. berasanya kok, kesempatan gue untuk 100% nikmatin aina yang maunya masih main ama gue doang, cuma di 3-4 taun pertama... hehehe rada egois sih yang ini :P [/*]
  • gue dan suami hobi banget bikin dan punya mainan2 (kayak ayunan, bikin taman balon, bikin acara2 craft, mural2 di dinding), jadi udah berasa playgrup sendiri. emang hobi. jadi ya lagi2, kebetulan. [/*]
  • banyak playground deket rumah (5 within walking distance), dan selalu rame. jadi tiap hari tinggal pilih mo ke yang mana, dan banyak temen baru pula :) [/*]


    jadi, kalo gue, ga berasa perlu untuk masukin aina ke baby school. but then again, untuk orang lain, pasti banyak consideration2 lain yang bikin lebih cocok kalo anaknya masuk baby school.

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia
  • 23

    Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

    senangnya ada yang buka thread ini..

    kalo gue rencananya mau masukin alya ke class gymbabes di tumbletots kalo dia uda 6 bulan. rencananya cuma sekali sebulan sih, cuma pengen tau stimulasi yang diberikan itu apa aja. nanti kalo uda tau, tinggal dipraktekin di rumah.. :)

    learning is a never ending process
    @rhisuka

    24

    Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

    fabsfashion,
    thanks nih share biayanya..jadi punya bayangan. annual fee itu pertaun ya? emang dapet fasilitasnya apa aja sih kalo boleh diceritain?. misalnya snack bayi atau alat permainan apa gitu?

    thelilsoldier,
    kalo maksudku di thread ini sih lebih ke baby school yang seminggu berapa kali itu. bukan yang daycare.

    thalia,
    hehe wah asik tuh kalo dirumah bikin mural2 dan craft sendiri sama Aina. kayaknya aku bakalan gitu juga kalo Altaf aga gedean dikit. karena aku hobi banget gambar atau bikin prakarya gitu..hehe jadi obsesi emaknya nanti ajakin anak2nya bikin2 hasil karya sendiri dirumah :lol:

    Go..ASI & Homemade food..
    Go..Clothdiapering..
    Go..The better future for our children
    visit me at: http://javaleste.multiply.com/

    25

    Topic: School for Babies: Yes or No? Lets share

    maminya_altaf silahkan cek2 article2 di the urban mama kalo gitu dong. kita sering kok share DIY projects atau activities yang bisa dikerjain ama anak.

    contohnya, activity nya thalia yang bikin mural nih:
    http://theurbanmama.com/activities/8/animal-wall-mural.html

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta