26

Re: Sekolah Alam

iya nih... makin banyak sekolah alam yah. konsepnya emg menarik si. tetangga sebelah rumah mau masukin anaknya ke sekolah alam bintaro, baru jg kayanya...
skrg saya nyimak dulu aja deh tongue anak sayang masih 6 bulan...

*shakashakesmyworld*

27

Re: Sekolah Alam

mamas,
ternyata sekolah alam yg di rancaekek bandung coret itu pernah direview sama Lala di sini.
Tapi yg direview Lala ini udah bagus banget, kalo dulu zaman aku kondangan itu suasana alamnya masih bener2 alam rimba gitu smile

28

Re: Sekolah Alam

ikurniati,
thanks a lot infonya. btw, mau nanya lg boleh yaa..
biaya pendidikan yg diinfo di atas itu untuk PG, TK apa SD? terus Bea Guru 520rb itu perbulan pertahun ato per...?
TIA smile

mamahnya Ainayya ^_^
My Notes | My Tweets

29

Re: Sekolah Alam

@riri ~ uang pangkal 7,5 juta hanya sekali saat anak masuk
Uang operasional 3jt per tahun utk semua tingkatan
Bea guru = SPP 520 per bulan utk SD. Utk tingkatan lain, aku kurang tahu

30

Re: Sekolah Alam

Thanks Eka (apa kabar Jeng dengan per ASI -an?)

kalo mau tanya Sekolah Alam di Kabupaten Bandung Rancaekek
silahkan tanya saya sampe habis, akan dengan senang hati menjawab kalo tau jawabannya. qiqiqiq.
Anakku sekolah di SD Alam Pelopor soalnya big_smile

31

Re: Sekolah Alam

ikurniati wrote:

Anakku yang pertama sekarang kelas 1 di Sekolah Alam Indonesia (SAI). Dulu namanya SA Ciganjur, sekarang SAI ada di Ciganjur (PG, TK, SD1-SD4) dan di Rawakopi (SD5-SD6 dan SL7-SL9).

Aku sih ngerasa sekolah ini pas banget. Pas dengan gaya aku dan suami, pas pula dengan anakku.  Sekilas tentang pengalamanku selama setahun bergabung di komunitas ini. 

Kenapa disebut Komunitas? Karena memang SAI ini tidak dimiliki oleh pemilik tunggal, tetapi dimiliki oleh semua ortu yang bergabung di SAI. Pengurus Yayasan pun dipilih oleh rapat para ortu dan guru.

Pendaftaran
Emang bener sih pendaftaran di SAI ini lumayan unik.  Tahun lalu aku dan suami ngantri dari sebelum subuh lho.  Daffa (masuk SD) dapat nomor antrian 14 dan Fawwaz (masuk TK) dapat nomor antrian 23.
Alhasil, cuma Daffa yang dapat formulir sedangkan Fawwaz cuma masuk waiting list.
Denger-denger di pendaftaran tahun ini udah ada yang ngantri dari jam 4 H-1. Wah, tahun depan musti ngantri dari jam berapa ya untuk daftarin Fawwaz?

Kenapa sih sampai ngantri begini? Katanya sih banyak banget ortu yang minat nyekolahin anaknya di sini, tapi kapasitas yang tersedia cuma sedikit berhubung SAI bertahan untuk tidak menambah bangunan di area SAI. Mungkin nantinya kalau udah ada lahan baru, jumlah kelas bisa ditambah. (Berharap.com)

Seleksi
Di SAI memang anak sama sekali tidak diseleksi, SAI menerima anak dalam kondisi apa pun.  Justru para orang tualah yang diseleksi, apakah mereka cocok dengan metode pendidikan anak di SAI dan apakah mereka mau bekerja sama dengan SAI untukmendidik anak mereka.
Tahapan seleksinya ada seleksi tertulis dan wawancara.  Yang mewawancara tuh guru dan orang tua yang udah duluan bergabung di SAI.

Nah kalau ortu sudah lulus seleksi, nantinya akan ada sitting in untuk para calon siswa.  Tujuannya agar anak bisa merasakan suasana belajar di SAI di bawah pantauan psikolog.  Nantinya anak akan memilih apakah mereka enjoy di SAI atau tidak.

Biaya Pendidikan
Sekarang ini biaya masuk SAI adalah 7,5juta.  Selain itu ada biaya operasional sebesar 3juta/tahun dan Bea Guru (SPP) 520ribu.
FYI, biaya ini baru naik tahun lalu setelah bertahun-tahun nggak naik.

Kegiatan Pendidikan
Anak-anak belajar bisa di dalam maupun di luar kelas. Ruang kelas mereka tuh berupa saung-saung yang terbuat dari kayu.

Anak-anak diajari untuk mandiri dan belajar tidak hanya dari satu sumber. Kadang-kadang mereka belajar recycle dengan cara mendatangi lapak pemulung.

So far, anakku enjoy banget di sana. Daffa yang tadinya pemalu sekarang sudah berani untuk melakukan survey dengan mewawancarai guru, ortu, maupun siswa lain. Daffa juga nggak terbebani dengan berbagai macam PR maupun les-les.

O, ya tiap tahun anak-anak melakukan OTFA (Out Tracking For Adventure) yang jaraknya semakin jauh untuk kelas yang lebih besar. Dua minggu lalu anak kelas 1 menjalani pra OTFA di bumi perkemahan Ragunan.

Keponakanku yang di SD5 baru saja menyelesaikan OTFA selama 5 hari di Ujung Kulon.  Mereka menyusuri pantai, melakukan baksos, snorkling ... Seru banget.

Nah keponakanku yang di SL8, bulan depan akan OTFA di Banjarmasin.

Tapi jangan mengira OTFA ini membebani ortu ... Justru dari awal tahun, anak-anak sendiri yang mencari dana untuk biaya OTFA ini.  Ada yang menyebar proposal ke donatur, berjualan, sampai membuat pertunjukan di sekolah di mana penontonnya harus membayar tiket masuk.


demikian gambaran sederhana mengenai Sekolah Alam Indonesia (SAI) yang berada di Ciganjur, Jakarta Selatan.
anak saya sudah kelas SD-3. masuk SAI sejak kelas TK-B. sebelumnya sekolah di 2 TK di kawasan Buncit-Mampangm dan di sana di-cap sebagai 'trouble maker' oleh gurunya.

entah lah mungkin saya yang bodoh tidak mengerti pendidikan atau pendidikan sekarang yang mengharuskan anak harus duduk manis di kelas, tidak bersuara, anak hanya menunggu perintah dari guru untuk beridiri menyanyi tepuk-tangan dst.
mewarnai pun harus ikut 'pakem' : bunga harus merah, daun harus hijau, jalan harus hitam, langit harus biru dst.

dari kondisi ini lah saya ingin mencari solusi apa yang pas untuk anak saya

singkat kata bertemu lah dengan SAI ini. dahulu masih bernama Sekolah Alam (tanpa kata "Indonesia" - baru saja kurang lebih setahun lalu). kebetulan ada adik-kelas semasa kulia yang menjadi guru di sana. berbekal informasi mengenai waktu pendaftaran, saya nekad saja.

sejak proses pendaftaran, saya merasakan bahwa sekolah ini "tidak biasa"
datang jam 5 pagi ternya formulir sudah habis ... duh, maaf nak tahun ini gagal sekolah di SAI.
udah daftar kedua, jakarta sedang musim hujan. banjir dimana-mana. saya berangkat dari rumah di daerah Kalibata jam 03.00 pagi mengendarai sepeda motor. jaket, jas hujan lengkap tiga rangkap. buncit tidak bisa dilalui karena banjir. pejaten pun sama. putar ke pasar minggu dan sampai di Ciganjur jam 4 pagi, menjelang subuh. ternyata sudah nomor 4, karena ada yang menginap ...

formulir sudah ditangan pukul 8 pagi. harus di-isi dan dikembalikan seminggu kemudian.
wawancara pertama : orang-tua dengan pihak yayasan dan guru. di tahap ini dilihat niat dan keteguhan hati orang-tua untuk meyekolahkan anaknya, dan komitmen orang tua terhadap kemajuan sekolah.
alhamdulillah, lolos.
tahap berikutnya adalah sit-in (uji coba sekolah). alhamdulillah, lolos juga smile

banyak sekali yang bisa dituliskan mengenai SAI, tapi keterbatasan waktu nih ... oh ya, SAI ini bukan milik perorangan tapi dikelola oleh komunitas (community-based).

salam,
/KuraNinja

sebentar lagi siap-siap untuk 'menginap' di sekolah, anak yg no 2 masuk PG-A wink

32

Re: Sekolah Alam

kuraninja: ujian sit-in, macam apa sih? penasaran aku?

33

Re: Sekolah Alam

wah, banyak banget ya pilihan sekolah. jadi migren.. tongue

learning is a never ending process
@rhisuka

34

Re: Sekolah Alam

mamas, aku agak penasaran dgn  konsep sekolah alam ini. awalnya aku berpikiran bahwa sekolah alam ini adalah alternatif sekolah dgn style pengajaran/teaching yg cocok utk mereka (learners) yg memiliki nature smart atau learning style naturist (see multiple intelligences & learning styles). later on aku punya pertanyaan jg sih, observasi spt apa yg dijalankan sblm mengambil kesimpulan bahwa anak kita adalah naturist-smart or naturist learning style shg memutuskan bahwa sekolah alam yg paling cocok?

quite frankly aku jg definitely not a fan of conventional/ traditional/old school dgn konsep direct teaching dmn teacher is the ultimate authority dan "knowledge is just about fill in the blanks with the 'right' answer" kind of principle. aku tdk berkeberatan dgn kurikulum nasional (aku malah msh blm yakin dgn alternatif kurikulum internasional), tapi susah bgt mencari sekolah dgn konsep active learning dan sdm (guru) yg kredibel & qualified yg offer pengantar bahasa indonesia, dmn english tetap 2nd language. ada yg tau or punya info mengenai hal itu? sekolah alam memang sptnya punya teaching method active learning dgn kurikulum nasional, tp ya balik ke keraguanku di atas, what if klo anakku learning style-nya bukan naturist? ada yg pernah ngalamin or dengar cerita anak gak betah di sekolah alam? dan apakah mamas disini memang menyekolahkan anak ke sekolah alam krn stlh observasi memang merasa anak punya learning style yg cocoknya belajar di sekolah alam?

*juga lagi hectic nyariin sekolah yg cocok utk anak*

thank heavens for lil' girls

35

Re: Sekolah Alam

Ikut menunggu jawaban pertanyaan mba adistybudiman juga niy.. Sepertinya tertarik dengan konsep SAI smile

appreciate diversity | @linasaja

36

Re: Sekolah Alam

pengen juga sih masukin hanif disekolah dengan konsep ini...tp mihil ya tongue
itung2 dulu akh 4 thn lg biayanya brp ya...

bunda hanif.....

37

Re: Sekolah Alam

adisty&linasaja:
observasi yang kulakukan: finger print juga dari pengamatan sehari-hari.
ternyata hasil finger print sangat mendekati hasil pengamatan pada anak pertamaku ini.hasilnya pembelajar naturalis.

kalo belum sempet tes ini itu, liat cara mama/ibu/bunda nya belajar. biasanya nurun ke anak juga. 75% gen anak dari ibu kata seorang doktor dari bandung (duh lupa namanya)

menyadari banyaknya mata pelajaran (minimal 10, belum muatan lokal) siswa SD Indonesia, SD Pelopor mensiasatinya dengan fokus pada 4 mata pelajaran utama di 4 bulan pertama di tiap semester. 4 mata pelajaran ini adalah: matematika, english, sains, PAI.
Pelajaran lainnya langsung praktek sehari-hari, misalnya gotong royong, maka ada jadwal piket. Pendalaman materi di akhir minggu dengan memberikan PR dan 2 bulan sebelum semester berakhir.
Dengan begini, anak diharapkan bisa enjoy belajar dan mengerti "konsep" dari materi pelajaran.
SD Alam Pelopor sudah sering jadi bahan studi banding sekolah bertandar internasional. Jika ingin pelajari lebih detail silahkan klik www.sdapel.com
Kesederhanaannya melahirkan banyak prestasi smile

Mbak Siti mahal atau tidak tergantung sekolahnya, belum tentu yang berlabel ALAM semuanya mahal, contohnya SD tempat anak saya sekolah.
Uang masuk 3-4 juta, bulanan 280rb (full day sudah termasuk makan), biaya kegiatan semester 300-400rb
Di Pamulang ada sekolah alam juga mbak??

hope this help yaaa...

38

Re: Sekolah Alam

gw berniat memasukan labib ke sekolah Alam, dengan alasan gw ingin anak2 mencintai sekolahnya dengan hati,bukan karena keterpaksaan. kebetulan gw punya temen yg menyekolahkan kedua anaknya di sekolah alam & menurut cerita temen gw itu,anak2nya sangat suka akan sekolahnya.

apalagi baca tulisannya anis mata* di atas*....mudah2an benar2 akan terwujud smile

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

39

Re: Sekolah Alam

mmh menarik...kalo untuk PG muatan agamanya seberapa besar ya? soalnya pengen konsep sekolah alam tp yg kasih pendidikan agama jg...
makasiy...

mamanya kayla n nayya

40

Re: Sekolah Alam

seneng banget ya kayanya klo bisa sekolah di Sekolah Alam ini.
mo share beberapa hal, dr web nya SAI : http://www.sekolahalamindonesia.org
dari situ, ketauan ternyata pendaftarannya dimulai bulan FEBRUARI.
mo tanya yg udah nyekolahin anaknya disitu, acara bayar membayar sekolah, klo misalnya anak kita ketrima disitu, sekitar bulan apa yak? biar ga salah kalkulasi nih hehehe,,,

ayo donk,, share para mommies yg masukin anaknya ke SAI smile
thank

41

Re: Sekolah Alam

kepengen deh anakku ntar sekolah alam.tipikal anakku itu gak bisa diem dan super aktif.takutnya masuk sekolah konvensional yg cuma bisa duduk n dengeri guru ngajar malah bikin anakku gak enjoy.manalagi menurutku sekolah langsung dengan praktek itu lebih masuk otak daripada hanya teori.tapi sekolah alam kan belum terlalu familiar pasti suami n keluarga besar menentang.apalagi kalo daftarnya aja smp nginep2...huh mana mungkin suami mau.

42

Re: Sekolah Alam

anak gue baru 2 bulan nih, tapi udah kecentilan nyari sekolah, biar dari awal tau berapa yang mesti disiapin. nah kemarin pas otw mau nitip anak ke daycare gratisan aka rumah emak, ternyata ada Sekolah Alam Bintaro. Langsung sreg se-ada2nya. Tapi pas buka website nya, ternyata Sekolah Alam ini hanya khusus muslim..

Moms ada rekomendasi gak, kira2 ada gak sekolah alam di Jakarta Selatan (Bintaro-Serpong) yang tanpa orientasi agama aka general?

Please inifo ya.. Thanks!

a proud mother of Caprice Jaden Wibowo

43

Re: Sekolah Alam

otty wrote:

Kalo Sekolah Alam yang di Surabaya kayaknya ga semahal itu deh, untuk uang pangkalnya sekitar 4jt (PG) n 6jt (TK). Per bulannya ga sampe 400rb. Kalo udah masuk dari PG, ntar lanjut ke TK tinggal bayar kekurangannya aja, n gitu terus sampe tingkat atasnya. Kalo yang ini masih masuk akal lah...

Bener Otty, yg Surabaya kayaknya nggak semahal Jakarta.
Sekedar info ya: anak pertamaku, Anindya (9 thn) sekolah di situ (SD Alam Insan Mulia Surabaya) ketika kelas satu SD (6 thn). Uang pangkal plus macem2 sekitar 8 jutaan. SPP 400 ribu, sudah termasuk makan siang (5 hari sekolah).

Waktu itu kami baru balik dari Australia, dan cari2 SD di Surabaya. Kami carinya SD swasta karena yang negeri udah pada tutup pendaftaran dan agak susah kerjasamanya dg anak kami yg waktu itu nggak lancar bahasa Indonesianya. Kami ke beberapa sekolah dan menyuruh Anindya memilih sendiri sekolahnya. Dia suka SAIMS karena halaman tempat bermainnya luas dan nggak ada PR, haha. Tapi memang konsep sekolahnya juga bagus. Di kelas hanya ada maksimal 24 orang, dengan 2 guru. Pengajar dan staf juga bisa diajak bekerja sama dg kami karena Anindya punya kebutuhan berbeda (harus belajar bahasa Indonesia).

Tapi Anindya di sana cuma 6 bln karena harus ke Australia lagi. Saya minta surat cuti (3 tahun). Jadi tahun depan Anindya bisa langsung masuk kelas 5 tanpa perlu daftar lagi (dan tanpa bayar uang pangkal lagi). Juga berniat ndaftarin Ayesha ke PG-nya nanti. Moga2 prosesnya nggak ribet.

44

Re: Sekolah Alam

Mamas,
adakah yg tau sekolah alam di Cikeas?
mohon info dong.. & sebaiknya umur berapa bs sekolah di sana?
terimakasih sebelumnya

45

Re: Sekolah Alam

Dear Mamas yg dah sekolahin anaknya di SAI...
btw btw...klo uang pangkal sekolah alam bisa dicicil ga siy? big_smile

~AmbunyaQla&Kei&Kinza~
cerita @ginakecilmungil

46

Re: Sekolah Alam

kl gw kok kurang sreg ya sama konsep sekolah alam... ini sih opini pribadi ya mamas. tp kl ngajarin cinta alam, menanam tanaman atau mengurus peliharaan kayaknya bisa dikerjain sendiri. tp yah mungkin banyak keluarga skrg yg ortu nya dua2nya di kantor seharian n lahan bermain yg kurang, maka muncul sekolah2 alam.

jd inget masa kecil kl liburan ke rumah nenek, hal2 yg dilakuin di sekolah alam kurang lebih sama dengan kegiatan liburan gw. mentornya itu sepupu2 yg udah sma atau kuliah.

kl gw sih lebih menginginkan hal2 seperti mengenalkan alam itu sebagai hiburan akhir pekan. atau menjadi sumber kegiatan ortu-anak. seperti artikelnya fanny tgg camping.

aniway, ini cuma pendapat pribadi smile

Life is always interesting...

47

Re: Sekolah Alam

mamas, sekolah alam depok (SADE) yang di sawangan itu sebelah manakah ? pernah keliling mencari lokasinya tapi kesasar. nemunya yang di puri bali, sama gak ? ...
klo school of universe itu sekolah inklusi, berarti rata-rata sekolah alam punya program inklusi juga dong ya ..

tertarik sama konsepnya. soalnya karakternya asa nampak lebih bisa berkembang kalau belajar di luar. trus inget jaman dulu, temen-temen  pada main di sawah, mandi di kali, lumpur2an tiap hari. dan mereka jadi kayak punya 'kearifan' tersendiri gitu smile

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

48

Re: Sekolah Alam

Kalo sekolahin anak ke SAI baiknya sampai umur berapa ya?

Kalo dari PG-TK-SD aja di SAI dan SMP-SMA di konvensional school kira2 adaptasi anak akan sulit ngga ya? Atau bablasin sampai SMP, terus SMA baru ke konvensional school?

Aku mikirnya kalo jadi si anak SAI begitu sampai di konvensional school jangan2 masih bersikap "adventures" kaya anak2 laskar pelangi dan gak nyambung sm temen2 barunya. Sedangkan masa2 teenager nanti cukup taft juga kan, ini kan menyangkut persiapan anak ke jenjang universitas. Karena mengingat universitas kita ga ad yg brkonsep alam, msh byk yg konvensional.

Hadeuh kok ak jd skeptis ya, maklum mams, blm liat langsung.

Ak suka konsepnya. Tp kalo diturutin rasa ragu sama kaya dewiamel, activity kayak gini alternatifnya summer camp (cukup 2-3 minggu tiap tahun).

49

Re: Sekolah Alam

Dear mamas2.. ada rekomend ga kalau di daerah tempat tinggal saya, di Galaxi, Bekasi, yang dekat katanya ada sekolah alam natur islam, di JatiAsih, ga dekat2 amat sih, tp dari pada di Sekolah Alam Bekasi yg ada di Jatirangon, kasian anaknya kalau sudah kecapean di jalan.

Saya juga lagi hunting SD dan TK buat kedua anak saya nih, dua2nya buat tahun depan, dan maunya sih kakak beradik di sekolah yang sama, jadi maunya yang kira-kira cocok sama anak2, dan ga pakai acara mogok2 sekolah gitu.

Sama dgn mamas2 yang lain, soal kekhawatiran apakah nanti SMPnya bisa beradaptasi atau ga, dan karena sudah terbiasa bebas, apakah malah nantinya jadi seperti tidak terbiasa dgn aturan baku, ketakutan spt itu, muncul dalam pikiran saya, karena masih jarang hasil lulusan Sekolah Alam yang sudah ada kan ya?

Ada yg bilang, SD mah di mana aja, yg penting SMAnya krn kan mau masuk Univ.. hehehe.. tp ya masing2 org punya pendapat ya?

btw, sudah ada tread ttg Balita mogok sekolah ga ya? anak kedua saya, masuk awal Juli ini, Play Group, dan setelah libur lebaran ini, ga pernah mau sekolah lagi, rabu lalu, dia nangis2 minta pulang, akhirnya gurunya nyerah, ditelpon ke rumah, agar di jemput ke sekolah.Dan hari ini, ga mau pergi sekolah sama sekali.

Apa karena bosan ya dgn kegiatannya, tetapi kalau ditanya,selalu bilang, " Sekolahnya Jelek, Gurunya Jelek"... duuuh.. gimana ya ini.. mana sudah bayar 2,5 juta.. (masih blom lunas ) kan lumayan juga tuh buat saya dari hasil nabung dikit2..

Love you my fam, today, tomorrow and forever smile
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

50

Re: Sekolah Alam

Hai moms semua, salam kenal.. smile
semoga nggak telat ya gabung di thread ini.
anakku jg sekolah di Playgroup sekolah alam Ciganjur, tapi bukan yang SAI, melainkan yang Sekolah Citra Alam http://www.citraalam.sch.id/
SCA ini pecahannya SAI dulu, sebelum SAI pindah ke Jln. Anda. Lokasi SCA di Jln. Damai, Ciganjur nggak jauh dr SAI juga...
overall, hampir sama yg mommy2 ceritain ttg sekolah alam lainnya, so many adventures, anak diajarkan mandiri, pembentukan karakter, bukan berbahasa bilingual dan merupakan sekolah inklusi.
sejauh ini anakku seneng banget sekolah disini, perubahan yang paling mencolok sih, sekarang anakku bisa bilang...
"nggak apa-apa bunda, pegang tanah... pegang pasir... 'kan nanti bisa cuci tangan"
*tinggalemaknyaygnyengir... hehehe
jd kuncinya emaknya harus siap mental kalo anaknya maen kotor2an, nggak ada noda kan nggak belajar big_smile