1

Topic: Apasih Arti nama anak kalian?

Apa sih arti nama Anak kalian?

Pernahkah terpikir oleh kalian, apa nama yang akan diberikan pada anak kelak nanti? Harapan apa yang disertakan dalam setiap kata dan hurufnya?

Apa yang akan dijawab jika ada yang menanyakan apa artinya nama itu? Apa yang akan dikatakan ketika si anak dapat pertayaan dari guru atau temannya, “Apa arti namamu?” belum lagi, nenek, kakek, paman, bibi, tetangga, dan lingkungan yang peduli terhadap sang pemilik nama.

Sebuah kata pastilah bermakna. Makna pun akan bercabang sesuai dengan konteks keadaan dan lingkungannya. Tidak jarang sebuah kata bermakna ganda, yang tidak berhubungan satu sama lain. Jadi, Arti yang mana yang dimaksud dengan nama yang diberikan itu? Apa alasannya? Bagaimana sejarahnya? Pertanyaan ini sangat lazim ditemui.

contoh kasus seperti ini ketika aku dan suamiku memberikahukan pada dunia tentang nama anakku.
Para penanya : apa nama anakmu?
Aku dan suami : Mika, Mikail Shira Aydin Hadi
Tanggapannya
Fu (temen gw) : gue jadi inget (toko bangunan) Material.
Do(temen gw) : bukan, kaya plastik itu loh!
Mama gw : Ga boleh lho ngasih nama anak dengan nama malaikat, harus ada belakangnya [doh.. kan dah disebutin tadi ada tiga kata yang mengikuti Mikail]
Mee (temen gw): ih lucu, namanya ga pasaran, dan ga ngikutin trend.
Mike (temen gw): kok nama depannya sama kaya aku?
Mama mertua : ah nama mah apa aja, yangpenting harapannya bagus.
Papa mertua : kalo cewek jadi Mikaila dong?
Adik gw : kalo gitu panggilnya Ma’il saja. (tokoh dalam suatu serial komedi situasi di TV)
Dsb. Dsb.

Bias semua arti yang ku maksud, Jadi, Arti tersemat dalam sebuah nama: Mikail Shira Aydin Hadi. yang arti singkatnya: Pemimpin perkasa pembawa rejeki yang selalu bernyanyi untuk kesejahteraan, cerdas dan memandu kearah kebaikan.

Detailnya:
Mikail:
Mikail/Mikhail adalah malaikat yang mengatur angin, menurunkan hujan/petir, membagikan rezeki pada manusia, tumbuh-tumbuhan juga hewan-hewan dan lain-lain di muka bumi ini. OK, Mikail kalo begitu, kucari informasi lanjut tentang Mikail, yang ternyata kontrofersial. Cukup unik untuk nama seorang anak dari Agung Hawari Hadi dan Agwina Dieta.
Mika, selain enak di ucapkan, terdengan lucu dan menarik. Satu harapan bahwa anakku kelak jadi pusat perhatian, sehingga disayang lingkungannya. Mika memang mengikatkan pada sejenis plastik tipis namun keras, melambangkan sesuatu yang bersinar mengkilap, fleksibel namun tak cepat rusak. Satu harapan lagi tentang keberhasilan dalam pekerjaan, luwes tapi berpendirian kuat.
Menurut sebuah situs gudang nama di internet, Mikail itu: sebuah nama anak laki-laki, adalah bahasa Slavia (Slavic) berasal dari kata Michael yang artinya “
Who is like God”. Secara bahasa memang cukup aneh: “ yang seperti Tuhan”. Tapi Aku menafsirkannya: ”Berpribadi sesuai dengan jalan Tuhan”. Singkatnya: “Ridho Allah”.

Shira
Shira, adalah kata dari bahasa Hebrew yang artinya : nada atau nyanyian. Sebagai seniman, ingin rasanya membubuhkan nada dalam hidup sang anak, agar budi-nya halus, memahami keindahan dan penuh sopan. Satu lagi harapan tentang perkembangan pikiran yang seimbang antara rasional dan estetika, otak kiri dan kanan.

Aydin
Aydin adalah nama untuk anak laki-laki yang berasal dari bahasa Arab yang artinya: Cerdas. Tak usah di jabarkan lagi, saya piker ini cukup jelas.

Hadi
Ini adalah nama warisan keluarga, yang kalo ga salah, Mika adalah generasi ke-4 yang menggunakan marga Hadi. Masih baru memang tapi diharapkan terus berkembang. Kenapa memakai nama keluarga? Sebagai anak yang lahir di lingkungan metropolitan dan dibesarkan di lingkungan suku jawa, sunda, dan sebagainnya, pemakaian nama keluarga adalah hal yang baru. Karena banyak keluarga yang tidak memakainya dalam akte maupun keseharian.
Hadi ternyata memiliki makna yang sangat dalam sebagai penutup iringan nama, yaitu: Pemandu ke arah kebenaran. Jadi karena simpang siurnya arti nama, apapun nama anak saya kelak, nama itu adalah arti yang mengarah ke kebaikan, bukan sebaliknya.

Jadi, seperti itulah singkatnya, saya dan suami memilih nama Anakku Mika.

So..share ya buat mamas yang lain, arti nama anak kalian sebenernya?

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

2

Re: Apasih Arti nama anak kalian?

agwiena ini udah ada thread nya kok.. silahkan di cek dan di repost di SINI yaa...

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta