1

Topic: Day Care or Babysitter ?

btw dah ada lom ya threadnya??

saya dan swami sedang sedikit debat niy! im a student,nd swami as a worker. dan kami tinggal jauh dari ortu. nah,putra kami(taqi,15bln) sbenarnya dah mulai masuk daycare sejak usia 6 bulan.sebenarnya bingung juga, mw lanjut day care or pake babysitter aja..ya? kata swami,klobabysitter kan bisa bantu sepanjang hari,tapi klo day care kan bisa banyak temen, dan berbagai argumen lainnya. what do you think? daycare or babysitter??

2

Topic: Day Care or Babysitter ?

hai ienx...ini emang dilema yah...
menurut gw sih dua-duanya sama aja, tergantung juga kita lebih sreg yang mana, dan semua ada plus minusnya..
gw sendiri sampe saat ini prefer babysitter, karna kebetulan pas nemu yang cocok, dan udah bareng kita sejak yofel lahir, jadi udah tau lah cara kerjanya gimana...pertimbangan gw, kalo babysitter setidaknya bisa diajarin dengan detail gimana preferensi kita dalam mengurus anak (misal: mandiin, ngasih susu, ngajak main, kalo makan nggak boleh sambil jalan", dll).
kalo daycare sebenernya juga gak ada masalah ya, apalagi si anak bisa lebih mandiri dan cepet gaul...cuman mungkin pengawasannya aja yang kita harus lebih tekan-kan ke staff di sana, apalagi kalo peserta daycarenya banyak..
moga" gak tambah bingung =)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

3

Topic: Day Care or Babysitter ?

kl nemu BS yg pinter, terpercaya atau udah ikut lama ama sodara/tmn si mending BS ya. anak kita lbh "kepegang" jadinya. krn cm ngurus 1 anak kan. kl di daycare bs 1 orang ngurus bbrp anak.

gue kadang suka serem sendiri denger cerita2 BS jaman sekarang. jadi kl BS nya baru, blm tau orang nya gmn si mending daycare. Soalnya di daycare pasti lbh terpercaya dong. ada dokter nya segala yg biasa kontrol. kita jg dapet daily report perkembangan anak kita. dan yg jaga pastinya lbh educated. jd kl diterangin aturan2 kita bs lsg masuk dan nangkep. ditambah jg anaknya bs sosialisasi

gue pengalaman ama BS gue skrg soalnya. Ga mudeng2 diksh tau. untung anak nya jujur dan rajin huhu

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

4

Topic: Day Care or Babysitter ?

imo ya. kalo anaknya masih kecil dan emang ada BS yang bisa jagain, mendingan dijaga ama BS aja. karena one-on-one. dan untuk anak bayi one-on-one ini penting banget untuk men-stimulasi skilss nya. sedangkan di daycare gitu seperti yang fabfashion bilang.. jaga banyak anak. jadi handle nya juga lebih gak se full-attentive kalo di pegang oleh satu orang aja.

kalo ttg banyak temen, gak mesti di daycare sih. bisa dengan temen di sekitar rumah, dll. soalnya anak kecil itu sampe mereka umur 3-4 tahun masih mengalami yang namanya "solitary play" dimana mereka emang maunya maen sendiri. dan sekalipun maen ama temennya, masih seringan berantem karena mereka belom ngerti concept sharing ato maen bareng. jadi maunya ya maen sendiri2 aja.. sibuk sendiri.

ini gue tau sejak naia mulai sekolah juga sih. dan ternyata emang bener, tujuan gue biar naia punya temen. ternyata umurnya dia emang belom mau maen bareng.. jadi ya dia ketemu temennya, maen deh tapi maen sendiri2. belom yang sampe asik maen rame2.

tapi tetep di umur segitu (waktu itu naia udah 20bln), i prefer naia to be in daycare untuk sosialisasi ama temen2nya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Day Care or Babysitter ?

ienx, i prefer daycare, apalagi taqi udh 15bln ya?jd udh bisa mulai bersosialisasi sama anak lain, krn klo di rmh hanya ber2 sama BS aga tkt jg, kecuali dpt yg cocok dan bisa mengedukasi anak kita, klo kya cerita BS-nya fabsfashion yg ga mudeng2 males juga, hehe.. bbrp bln yg lalu gw prnh survey k daycare daerah sudirman, disana dibagi ruangannya berdasarkan umur bayi, dr NB-18mos, 2. 18mos-3yr, 3yr-5yr, dan mereka terlihat fun krn ktmu tmn seusianya. Ini IMO ya, smoga membantu :)

follow me @ulieeel

6

Topic: Day Care or Babysitter ?

slesta,
pantes azka di skolah suka rebutan mainan, kadang direbut kadang ngerebut. ternyata emang blm ngerti ya :)

nah gue jg setuju ama lo say sosialisasi ga hrs di daycare. kl di kompleks ada anak kecil mending main ama mereka. gue jg ga akan masukin azka ke skolah pas 1,5thn kl ada temen main. mungkin geu akan nunggu ampe 2thn an. sayangnya di skitar rmh gue ga ada sama sekali anak kecil. Yg SD pun tak ada. SMA adanya. jadi kasian jg azka bnr2 ga ada temen nya. mayan lah dengan skolah 2x seminggu dia hepi bgt ktm anak2 lain yg seumur dan bs main2 di playground nya

myallayna,
yg di apartemen bkn? haduh lupa nama apartemen nya.

oya kl daycare nya deket ama kantor enak tuh. bs liat pas lunch time dan bs ktm lbh cepet pas pulang kantor :)

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

7

Topic: Day Care or Babysitter ?

fabsfashion, iya d sudirman park, nama day care nya gw lupa..

follow me @ulieeel

8

Topic: Day Care or Babysitter ?

thanx.. cukup membantu.. :)
ada yang tau gak,apakah sudah ada penelitian mengenai perbedaan pertumbuhan anak yang tumbuh di daycare and ma BS?

9

Topic: Day Care or Babysitter ?

sLesTa wrote:
soalnya anak kecil itu sampe mereka umur 3-4 tahun masih mengalami yang namanya "solitary play" dimana mereka emang maunya maen sendiri. dan sekalipun maen ama temennya, masih seringan berantem karena mereka belom ngerti concept sharing ato maen bareng. jadi maunya ya maen sendiri2 aja.. sibuk sendiri.



baru tau juga tentang ini..pantesan anak kecil klokumpul suka ribut ya.. mending maennya ma anak gede aja kali ya.. ma anak umur2 SD gitu, jadi malah momong.. :P

10

Topic: Day Care or Babysitter ?

fabsfashion wrote:

gue pengalaman ama BS gue skrg soalnya. Ga mudeng2 diksh tau. untung anak nya jujur dan rajin huhu


kqkqkq..klo ma BS yang blm pengalaman gitu, kita musti rajin2 dampingin juga yak..?!

11

Topic: Day Care or Babysitter ?

ienx, temen gw dulu di sudirman park, dua-duanya kerja, jadi anak dititipin di daycare sejak bayi banget (mereka gak percaya sama BS yg dr yayasan gitu). tapi ternyata, believe it or not, sekarang anaknya 2 taun, tetep pemalu juga sih dan kalo main masih suka sendiri (bener kata slesta, umur masih sangat berpengaruh). trus mungkin pengaruh juga apakah sering diajarin sharing dan diajak ketemu banyak org sama ortunya (other than people @ daycare).

tapi kalo soal penelitian resmi sih gw juga belum pernah nemu euhehueheu...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

12

Topic: Day Care or Babysitter ?

ienx iya, menurut gue ya justru anak2 batita itu kalo mau diajakin maen, diajakin maen sama anak2 yang udah lebih gede dan bisa ngemong. mereka akan lebih seneng maennya dan jadi lebih keliatan bisa maen bareng.

soalnya gue punya sepupu, anak tante gue yang kebetulan masih kecil banget. waktu naia lahir, dia ikut nungguin (ke spore 3 bulan nemenin gue, waktu itu belom masuk SD). nah pas naia udah mulai bisa jalan dan udah mulai bisa ngomong, mulailah sepupu gue ini maen ama naia. dan karena dari kecil dia udah liat naia, dia emang sukaaaa banget ama naia. sampe dia bela2in bolos sekolah biar ketemu naia pas gue lagi ke jakarta (skrg dia kelas 2 SD).

dan kalo ketemu tuh merekaaa dekeett banget. kemana2 pegangan tangan, karena naia ngerasa safe. dan si sepupu ini (yang sebenernya om nya naia) ngerasa punya "adek kecil" (kebetulan anak tunggal & anak yatim. bokapnya meninggal waktu dia umur 3 tahun). jadi dia bener2 ngejagain naia kemana2. makan bareng, maen bareng.. kemana gue pergi, dia ikut! padahal biasanya susaaah banget diajak kemana2.

nah sejak naia ketemu ama sepupu gue itu, tiap dia ngeliat anak cowo, dia kayak happy gitu. ngerasa dia punya relationship begitu ama sepupu gue, dan menyamakan ke semua anak cowok. dan dia kalo dibilang.. "tuh ada abang.. " langsung happy! hihi.. tapi kalo ketemu ama anak seumurnya ato beda 1-2 thn, akhirnya dia diem aja, ga brani krn si anak yang laen juga masih terlalu kecil untuk tau arti sharing.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Day Care or Babysitter ?

sletsa lucu bbgt siih naia..

14

Topic: Day Care or Babysitter ?

emm, gue sih gatau prefer yg mana ya krn blm pengalaman naruh anak di daycare. sejauh ini sih gue masih percayain keira sama mbaknya dirumah.

pengalaman gue sih masih ok2 aja ya, kl mau anak bersosialisasi paling ajak main sama anak2 satu komplek apt. Dan bener kata slesta bilang, anak kecil cenderung seneng main sama yg lebih tua. Kl yg lebih muda ato sebaya sih biasanya dicuekin ato malah berantem. bagusnya kl gaul sama anak lebih tua, anak kita bisa sedikit belajar konsep sharing, ini yg gue liat dari keira sih. egois masih ada, tp setidaknya ga terlalu ngerebut mainan orang.

back to topic: kl udah ada BS yg terpercaya sih mending sama BS ya, kl masih nyari2 mungkin opsi tetep di daycare bisa dipertimbangkan.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

15

Topic: Day Care or Babysitter ?

ienx kalau menurut gw sih, yang perlu dipastikan kalo lo mau ninggalin anak sama BS adalah, kita harus memastikan bahwa BS adalah orang yang tepat. idem seperti kata fabfashion, cerita BS jaman sekarang aneh2 deh. dan gw mending paranoid daripada kejadian. Kalopun terpaksa pake BS, dan ga ada siapa2 lagi yang bisangontrol, mending dikau juga "nitip" lke tetangga. yah maksudnya, kita minta tolong tetangga untuk ngliat2in tu BS.

Tapi kalo ngeliat dari pengalamanmu yang udah pernah di daycare, dan so far so good, lanjutkan saja. its just my opinion. karena dikau kan dah kenal orangnya.

cuma noted sama yang slesta katakan di atas, kalo di daycare handle nya juga lebih gak se full-attentive kalo di pegang oleh satu orang aja.

kelebihannya kalo pake BS, kamu bisa ajarin dia untuk melakukan yang biasa kamu lakukan ke anak.

oiya, kok tadi gw langsung kepikir penggunaan clodi ya. hehe. Kalo sama BS lebih enak ngajarin perawatan clodinya. OOT yah? maap ;p

16

Topic: Day Care or Babysitter ?

ienx aku pernah pake babysitter, art, sama nitipin di daycare. sekarang cacha dititip di daycare kalau aku pergi. karena pengalaman susaaaahhhh banget cari babysitter/art yang bisa dipercaya, cocok, ga bikin sakit hati, dll (hehe, banyak bgt kriterianya). di rumahku ga ada siapa2, jadi kalo pake bs atau art, ga ada yang ngawasin, terus terang aku jadi pikiran banget. kalo di daycare kan ada beberapa orang, jadi ga mungkin pengasuhnya berbuat macem2.
kalau di rumah ada orang lain yang bisa ngawasin, atau ada tetangga yang bisa dititipin, lebih enak pake bs kayanya.
kalau mau dititip di daycare, dicek dulu, termasuk rasio pengasuh : anak berapa. pengalamanku syarat ini lebih ketat untuk anak di bawah setahun, ada daycare yang max 1 pengasuh pegang 2 baby.
pake bs mungkin lebih enak karena bisa lebih lama bantuin kita, tapi pengalamanku udah agak lama ga pake art/bs, rada2 risih malah jadinya, privasi terganggu, hehe. pasti lebih capek, jadi mesti kerjasama suami-istri, termasuk ngurusin anak, bersih2 rumah, nyuci-setrika, menurutku masih sanggup ya gapapa :D

bunda cacha dan hafidz

17

Topic: Day Care or Babysitter ?

myallayna wrote:
fabsfashion, iya d sudirman park, nama day care nya gw lupa..


Highreach kalau ga salah yg Di Sudirman Park..
tpi ada juga yang mommy house daycare..agak lebih murah dari High reach tpi tetep mahal :p

Anyway...kalau aku prefer BS sebenernya...hehehe untuk alasan yg sedikit tidak manusiawi, biar bisa nolong pas weekend...pengalaman sekarang Maira diasuh bude yg pulang pergi n sabtu mgg libur..wadduuhh...bener2 capek dah..

Tapi Maira utk sosialisainya aku ikutin PAUD..
sekedar nyanyi n joget2...dia paling kecil sih tapi gapapa lah...masuk cuma 3 kali seminggu n yg sekali pun senang doang..sisanya 2 jam aja per datang..

hasil nya? maira dah ngerti jawab "Sayaaa" sambil angkat tangan...trus suka minta emaknya nya nyanyi lagu yg diajarin di sekolah (padahal gue juga ga tau... :( )

18

Topic: Day Care or Babysitter ?

meryl, oiya bener highreach, klo mommyhouse day care dmn ryl?
klo dirumah ada kakek-nenek ato kel yg bisa dipercaya emang enakan BS ya, bisa dimaksimalkan gitu, hehe..tp klo ga ada khawatir jg sama kya ade.. hmmm i wish nyokap tinggal deket sama gw jd bisa ngawasin allayna.. *lah ko jd curcol* :D

follow me @ulieeel

19

Topic: Day Care or Babysitter ?

Myallayna,
sama mommys house daycare juga di Sudirman Park..
tapi jauh lah dari High reach..
kalau high reach itu kan yg punya psikolog anak

20

Topic: Day Care or Babysitter ?

Hi ienx..

Gue dulu pas masih krja, nitipin alya di daycare. Pertimbangannya waktu itu, karena kami (gue dan suami) cuma tinggal berdua, jadi ga ada yang ngawasin kalo pake BS di rumah. Sebenernya gue cocok2 aja sama daycare-nya alya waktu itu, cuma waktunya ga se-flexibel kalo kita pake BS. Daycarenya alya buka dr jam 7.30 - 18.15. Jadi, kalo misalnya gue mesti kerja overtime, gue mesti bayar lagi tambahan biaya yang, yah, agak mahal itu. Dan biaya daycare (yang bagus) itu lebih mahal dibanding biaya kalo kita pake BS. Tapi kalo lo ga masalah sama batasan waktu dan besarnya biaya kalo nitipin di daycare, kalo menurut gue sih mendingan titipin di daycare. Tapi kalo lo uda punya BS yang dipercaya atau BS di rumah ada yang nungguin, misalnya sodara atau ada tetangga yang bisa dipercaya buat nengokin sesekali, pake BS lebih enak sih. Soalnya waktu ga dibatasi, kitanya ga repot antar jemput ke daycare, dan biayanya juga lebih murah.. HTH yaaa..

learning is a never ending process
@rhisuka

21

Topic: Day Care or Babysitter ?

Myallayna & Fabsfashion.. Daycare yang di sudirman park itu gue pernah post nama dan no telp nya di thread daycare. Gue lupa juga, hihi.. :p

learning is a never ending process
@rhisuka

22

Topic: Day Care or Babysitter ?

Meryl.. Oiya, yang di sudirman park namanya high reach.. Wah, ada mommy house juga ya disana? Baru tau nih.. *langsung googling*

learning is a never ending process
@rhisuka

23

Topic: Day Care or Babysitter ?

wa..day care jakarta ya?? ;)) oia, kriteria apa aja yang harus dipertimbangkan untuk menilai day care selain rasio? soalnya kmrn baru aja dapet laporan dari gurunya taqi,katanya,"taqi nakal, karna suka mukulin temennya, jadi dia dihukum" klo aku sbenarnya termasuk one of mommys yang gak setuju ada istilah,"anak nakal.." i mean, actually mereka punya dunia mereka sndiri, yang kita gak ngerti maksudnya apa. mungkin maksudnya bukan mukul, tapi menyapa. (jadi inget cerita sletsa ) .. cz , dia klo maen di rumah ma anak tetangga (yang notabane anak Sd,SMP) baik2 aja, juga gak suka mukul2..:( (gak tau masih masuk thread ini or masuk thread lain ya... :D)

24

Topic: Day Care or Babysitter ?

Ienx
setuju...jangan pake "nakal" selama ini kalau negur Maira juga pake nya "Maira jangan jadi anak ga baik dong"
daripada nakal :(

kalau penilaian ku sih, yg mesti dipertimbangkan
1. Ruangan
2. Aktifitas
3. kompetensi yg mengasuh
4. Kurikulum utk yg dah toddler, maksudnya gini..apa mereka support potty training yg akan kita terapin ke anak..soalnya ada juga yg nyari mudahnya..maunya anak yg dititipin dibekali pampers ajah..jadi ga mau repot
5. Metode evaluasi mereka

duh jadi banyak yak :p
hehehehe maap

25

Topic: Day Care or Babysitter ?

Dear moms,

Mohon sharingnya, bagaimana dengan keenkids day care? khususnya yang di jl.ciputat raya...saya lagi bingung, setelah lebaran pengen nitipin anak di DC saja, mengingat di rumah tdk ada siapa2....cari day care yang pas dg kantor kok susah ya....kebetulan kantor saya di fatmawati dan suami di palmerah...sepertinya yang pa ya di keenkids ciputat raya....tapi masih bingung mana yang terbaik....please help..

Tks
Ari