1

Topic: persiapan anak masuk sd kelas 1

hi moms,salam kenal yaa
sebelumnya mau numpang tanya,apakah ada moms yg berpengalaman dalam mempersiapkan anak untuk masuk ke sd kls 1 ? kalo ada bisa bagi2 pengalaman ^_^
kebetulan anak saya juli mau masuk sd,apakah ada tips2 supaya anak ga terlalu stres dgn jam sekolah yg lebih lama dari tk,pr yg mulai ada,dan temen baru..banyak deh ya

thanks untuk share nya ya

2

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

Hi Natalia,
wah samaan kita, alyssa juga bulan september nanti kelas 1 (masih amazed gue, rasanya cepet banget yah!)

gue sih nggak punya tip khusus, cuma kita suka bilang aja, wah alyssa is now a big girl. udah mo jadi anak SD.. ntar ngerjain PR... jadi dia sangat2 semangat dan berasa aja kalau dia udah gede! dia juga bangga banget sebentar lagi bisa ngerjain pr(let's see how long it'll last)!
ahaha.. jadi intinya kita bikjin dia merasa masuk SD adalah sesuatu pencapaian yg istimewa buat dia gitu..

soal  jam masuk yg panjang, di sini gak tll masalah soalnya TK aja dari jam 8.30-15.30 setiap hari, jadi al udah biasa..

oya, satu lagi, Al gak bisa duduk tenang di meja. Jadi ibu gurunya udah dari sekarang memperingatin dia untuk duduk manis dan nggak keseringan ngobrol kalau di kelas.
kayaknya so far sih, dia gagal total! hehe.. we'll se lah later!

maap gak bisa bantu lebih banyaktapi seneng aja ada mama yg anaknya sepantaran ama anak gw smile

3

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

Hi Natalia,
idem aja sarannya kayak Fanny. Have fun yah di SD..

Pengalaman sama Raka sih dibuat berjenjang gitu, jadi anak dikondisikan 3 bulan sebelum tingkat yang baru secara bertahap. Tapi Raka belum SD sih ya, jadi belum stress dengan ulangan tongue

And thelilsolder is back. Fire!

4

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

hi all...
blm punya pglaman ma anak yg mo masuk SD sih, tp krn aku smpt jd guru SD kls 1 jd lumyan tau pglman ibu2 ma anaknya yg baru mau masuk SD.
Berdsarkn pglamanku, mungkin yg paling utama adl motivasi biar pada seneng ma lingkungan skolah yg baru jd dikenalin aja anknya, maksudnya sblm hari H udh main k skolahnya, biar kenal jg sm lingkungannya.
ajak anak nyiapin peralatan skolahnya (kan masih pd baru2 pasti sng deh), biasanya tiap skolah jg udah nyiapin sesuatu pd hari pertama anak skolah biar fun dan bikin betah.
pengalamanku juga, kebyakan ortu yang tegang n khawatir duluan soal kemampuan anknya beradaptasi, padahal si anak enjoy aja dan bisa cepat membiasakan diri, so.. I think let it flow...
soal tar masalah pembelajaran gmana, SD kls 1 kan masa peralihan anak dr TK dan penanaman konsep, jd biasanya guru2 SD kls 1 tuh dah tau kok gmana membantu anak2 terbiasa dgn jam belajar yg lbh pnjang dr jam TK.
in iskedar share pglaman y mamas, mgkin kelak pas anakku kls I sm deg2an nya jg hehehe..

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

5

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

anyhow..
sebenernya gue rada2 ngeri juga alyssa mau 'meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi'.
soalnya gue kan gak sekolah di sini yah.. jadi kadang gue suka kuatir, ah jangan2 ntar gue gak bisa ajarin alyssa, atau karena sistem sekolahnya beda, pergaulannya beda.. pokoknya semuanya gak familier deh ya dg kondisi gue diindo waktu kecil..
but then again, yah, jadi mama emang mesti ikutan banyak belajar dari anak yah.. so we'll see..

6

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

fanny, oh iy ya, so ada cross culture understanding gt y... sedangkan jaman kita ama ibu kita aja pas skolah dulu aja biar sama2 di indo ttp aja beda apalagi beda negara ya..

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

7

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

Fanny, benar sekali, soalnya cara pengajaran dan bahasanya beda sekali dgn waktu kita sekolah di indo.  Di inggris sini, biasanya ada pelajaran basic matematik, biasanya yg ikut itu ibu2, utk belajar supaya bisa ngajarin anak2nya.  Di sekolah anakku, juga ada parent evening, dimana gurunya mengajarkan ortu cara mengajarkan anaknya membaca dengan phonic sounds.  Aku sendiri suka volunteer bantuin di sekolah, jadi aku tau gimana cara mereka belajar, level mereka dan apakah anak kita baik2 ngikutin pelajaran.

Last edited by indie (2010-05-26 04:36:25)

8

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

hi moms,
mo share dikit nih. si neng udah hampir seminggu duduk di kelas 1. masih semangat 45.. hehe

hari pertama sekolah, kita ada rapat ortu selama 1.5 jam untuk ngedenger penjelasan ttg metode belajar di sekolah, tips untuk ortu mengajari anak di rumah ,dsb.
itu papan tulis penuh sama tulisan ibu guru.. haha. gue ama suami duduk di bangku alyssa sampai tebengong-bengong. langsung stress, duh kayaknya ribet bener yaks. what a challange! udah mana angkatan sebelumnya yangg gak naik 6 orang! bayangin, 6 dari 20-an anak.. wadeww..

metode belajar baca tulis dan berhitungnya bedaa banget kayak jaman gue baca i-ni bu-di dulu. tapi gue seneng karena metodenya pakai cara lisan, gerakan dan vision (eh apa tuh istilahnya, yah pokoknya begitu deh)

ibu guru juga berpesan ortu harus sering2 melatih anak dirumah, tapi katanya sebaiknya gak lebih dari 15 mnt perhari. hari pertama gue ngelatih alyssa.. eh salah baca (pronounciationnya gak bener). wakaka tengsin deh.

tapi intinya exciting banget rasanya... belajar bareng alyssa smile

9

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

Tadinya berpikir cuma masuk kelas 1 aja yang ada fase 'kadang susah, kadang gampang'

Ternyata mau masuk sehabis liburan panjang dan masuk ke kelas 2 dan 3 juga mengalami hal yg sama smile)

Di sekolah vanya juga sudah normal kalau pasti ada satu dua anak yang ngambek pas masuk pertama sekolah, umumnya kelas 1 dan 2.

Yang terpenting, jangan pernah merasa kita jadi ortu yg gimana gitu kalau ternyata anak kita termasuk yg susah banget adaptasi di sekolah. Karena pihak sekolah setiap semesternya sudah biasa menghadapi soal seperti ini.

Anak ngambek dan minta dijemput? Jemput aja terus jalan2 deh ke mal. Besok coba lagi. Jangan terlalu disiplin harus bisa langsung adaptasi. Namanya juga baru kelas 1.

Takut dikira bagaimana sama ortu lain? Tenang, 90% ortu yang ada di sekolah sudah paham banget koq. 

Sekarang vanya dah kelas 3, dia dan teman2 dia yg dulunya termasuk susah adaptasi juga dah biasa aja. Jadi bawa enak aja. Enaknya kalau anak nangis minta ikut kita, serasa hanya kita yg bisa selamatkan dirinya wink

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

10

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

Haiii...
July ini hafidz jg masuk sd nih. Dari sekitaran agustus thn lalu gw udah mulai setres gara2 hafidz diajarin baca gak bisa aja.
gw sebenernya ortu yg gak setuju anak tk belajar calistung. Dan sekolah yg dituju hafidz jg tdk memaksakan. Katanya sudah kenal huruf aja gapapa bunda. Tp tetep aja deg2an.
gw tempelin post it di tembok kamar pake huruf2 n suku kata. Tetep hafidznya bilang gak bisa....
makin kesini makin sutris aja gw (emak rempong deh...)
Akhirnya pas bagi raport desember kemarin, bu guru nya kasih buku untuk belajar.
daaaaan.... gw pun ketawa sendiri. Ternyata cara ngajar di rumah (yg pake mettoda jadul yg gw tau; di eja) itu gak sama dgn yg sedikit2 diajarkan di tk. Amazed aja ternyata hafidz sebenernya udah bisa sedikit2.
anyway, selain membaca gw jg ngajarin kemandirian lebih dr biasanya.
kayak pake baju sendiri, mandi n urusan toilet, makan, beresin mainan dsb. Gak boleh tantrum, nangis gak jelas atau ngambekan.
Kemarin sempat di test psikologi. IQ nya alhamdulillah bagus. Tp seperti yg udah gw duga, emosional nya masih berantakan dan daya konsentrasi nya kurang. Krn urusan baca udah lewat deg2an nya....skrg tinggal urusan emosi n konsentrasi nih yg bikin deg2an hehehehe pr banget deh.

Bussy life...happy life...

11

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

aku lagi ngadepin si sulung (Ais, 6y5m) yang mulai ngambek sekolah. Gara2nya si adek pulang lebih cepet (TK A pulang jam 10:30) sedangkan dia pulang jam 14:00

masih bisa diantar ke sekolah sih, tapi nangis dulu depan kelas. Ujung2nya bu gurunya membujuk supaya mau masuk.

Sindrom abis libur panjang kali ya, ada aja "ujiannya" hehehe

12

Re: persiapan anak masuk sd kelas 1

Mommies.. Emily selesai TK nya Juni ini n harusnya naik ke kelas 1 bareng teman2nya dr K1, tp berhubung kita mau pindah ke Denmark jd disana dia mulai masuk Grade 0 bln July ini.

Yang bikin khawatir semoga aja Emily bisa adaptasi dengan lingkungan n bahasa yg baru. Takutnya nanti dia jd stress dan ga mau sekolah..

Bagaimana cara supaya Emily enjoy dgn perubahan nanti ya Moms?