1

Topic: Financial Planner

Hai mamas n papas,
mau tanya donk, apakah ada yang menggunakan jasa financial planner untuk mengatur keuangan keluarga? jujur aja nih keuangan keluarga kacau balau semenjak kelahiran yofel hahaha....jadi kepikiran utk menggunakan jasa financial planner, tapi ragu juga karna butuh biaya tambahan lagi..

anyway, utk yang pernah/sedang menggunakan jasa financial planner, boleh di share impactnya utk keuangan keluarga, dan se-worth it apakah hasil yang dicapai, dibandingkan dengan biaya yang sudah dikeluarkan? oiya, boleh juga share planner yang recommended, dan range consultation fee nya yah...thankies! =)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

2

Topic: Financial Planner

superpippo, gw blm pernah make jasa FP profesional. Gw sih coba ngerancang sendiri sana-sini walopun gw sadar rancangan gw pasti dinilai kacau balau sm FP huahahahaa. Ehm, memang gw jg terpikir utk konsultasi tp setidaknya gw belajar dl sebanyak2nya spy gak buta2 amat pas diskusi sm mereka.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

3

Topic: Financial Planner

Yuuuhuuuui, ditunggu share-nya nih..
Pernah kepikiran juga tuk konsul ma FP, tapi tu dia, mikirin biayanya hikkssss

just found a new sanctuary ^_^

4

Topic: Financial Planner

superpippo,
so far gw blm pake jasa FP...

btw kalo tertarik yg QM, konsultasi sama ligwina Rp 750K/hr. kalo selain sama ligwina Rp 500K/hr.
ntar cari2 'contekan'-nya dulu ya...

yang jelas sih sebelum bikin plan... keuangan kita-nya harus sehat dulu.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Financial Planner

teh Ninit, itu dia. Harus 'sehat'-nya itu :P

just found a new sanctuary ^_^

6

Topic: Financial Planner

aku sempet pernah email QM, trus ini balasan dari mereka ttg tahapan untuk menjadi klien mereka... tapi aku belum coba...

Ini email dari mereka:

QM memiliki 2 jenis jasa yaitu jasa konsultasi (tahap 1) dan jasa Plan (tahap 2).

Untuk tahapan apabila tertarik menjadi klien QM, adalah sbb :

1. isi dulu form financial check up terlampir (attch)
2. setelah diisi kembalikan form nya, by email
3. dari form ini kita bisa lihat how healthy is your financial condition
4. kalau belum sehat, akan direfer untuk melakukan financial check up + konsultasi dulu (tahap 1)

(biaya = Rp 500rb/jam dg planner QM atau Rp 750rb jk dg mba Ligwina atau dg Plan Director, mba Tejasari).

5. kalau sudah sehat, we could move on to the next stage . yaitu jadi klien QM dan mulai membuat PLAN (tahap 2).

Konsultasi yang dilakukan berupa sharing dan diskusi, planner tidak akan membuat hitung-hitungan angka dan tidak ada rekomendasi produk, karena kedua hal tersebut akan dilakukan di tahap plan.


Apa itu PLAN ?
PLAN adalah pembuatan rencana keuangan yg komprehensif
kontrak klien & QM = 1 tahun
selama 1 thn kontrak, klien akan didampingi oleh 1 orang Financial Planner (FP) + 1 orang Client Relations Officer (CRO).
FP yg bertugas membantu proses pembuatan plan, menghitung2 semua kebutuhan investasi, memberikan rekomendasi produk, cek asuransi.
CRO bertugas untuk bantu klien mengimplementasikan PLAN nya, bantu buka account investasi, bantu beli produk nya, tapi semua a.n klien.

karena a PLAN is just a PLAN, kalau ga di jalanin, ga ada efeknya sama kita kan?

Proses pembuatan PLAN based on discussion (klien & planner), bisa 3-4x pertemuan .

PLAN dibuat sangat tailor made, artinya sangat disesuaikan dg kebutuhan klien.

Dlm proses plan akan dibahas ulang tujuan investasinya dan klien akan diberi gambaran seberapa besarkah kebutuhan investasinya per bulan untuk mencapai tujuan financialnya, serta diberi penjelasan produk investasi dan pemilihan produk investasi yg disesuaikan dg profil si klien (konservatif, moderat, agresif).

Fee kita per tahun, based on jumlah aset lancar yg dipunya oleh calon klien.
aset lancar = total cash, deposito, nilai tunai asuransi/ reksa dana/ saham

Fee nya start dari 7jt/th untuk total aset lancar s/d 250jt, dan fee nya akan bertambah tergantung dengan total aset lancar.

Ok, sementara ini dulu yg saya sampaikan, untuk selanjutnya kita bisa langsung ketemuan... Jika menemui kesulitan dalam pengisian form silakan hubungi saya, dengan senang hati saya akan membantu. Thank’s...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

7

Topic: Financial Planner

retnasihombing, bener, itu dia pertimbangannya...gw juga sebenernya lebih prefer planning sendiri, tapi kadang ada hal" yang kita nggak begitu ngerti, terutama menyangkut investasi dan hutang"an, hihihi...tapi it's a good start though, untuk belajar sendiri dulu sebanyak"nya...

die2, hahaha...iyah makanya mau nanya, worth it nggak bayar sekian, dengan hasil yang didapat?

ninit, thanks for info...=) iya temen juga ada yg pernah pake QM, tapi kalo nggak salah bayar utk sekian bulan, dan katanya sih memang membantu banget...oiya setuju banget soal keuangan harus sehat, hehehe...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

8

Topic: Financial Planner

gabriella, thanks buat infonya, sangat informatif =)
hmm...kayaknya semua dimulai dengan konsultasi dulu yah, baru bisa bikin plan...gw juga sebenernya nggak mau ikut"an trend, pake financial planner pengennya emang karena kebutuhan, dan untuk serius berinvestasi...anyway, niat mencoba kapan? hihi

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

9

Topic: Financial Planner

superpippo, sebenernya dari awal tahun niat pengen ngeberesin keuangan yang sama kayak elo, berantakan setelah ada anak... mungkin sebetulnya dari dulu udah berantakan, tapi gak nyadar karena belum ada anak...
agak males sih ngisi form yang mereka kirim itu... hihihi...
terus sampe sekarang belum nyoba2 deh...
lagi berusaha mencoba untuk membereskannya sendiri dulu... dengan informasi2 dari TUM...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

10

Topic: Financial Planner

Gabriella, 500 rb/jam? ya ampun mahal juga ya tnyt only for consultation. Bersukur juga nih tiap jumat TUM ngadain Live chat forum brg QM, semoga terus berlanjut.

11

Topic: Financial Planner

Astrid & Ella,

Ada alternatif lain klo kita mau coba ‘bikin’ plan sendiri. Eh gw ngga dibayar buat promosi ya, sumpah...cuma share aja, hehe. Dulu gw pernah juga tanya langsung kaya Ella ke QM dan dapat jawaban yang sama persis. Tapi waktu itu akhirnya memutuskan ngga jadi klien karena masih sayang uangnya...walhasil gw bikin plan sendiri aja. Suatu hari gw denger klo QM bikin planning certification. Nahh gw tertarik banget ikut dengan 2 alesan:
1. gw pengen tau plan yang gw bikin udah bener apa ngga, feasible apa ngga
2. penasaran, kayak apa sih plan yang mereka bikin dan jual...hehe
so i signed up untuk sertifikasi bulan maret lalu dan puas banget...mereka ngga pelit ngasi ilmu. Ilmu ya, bukan data...hehe tapi sangat wajar karena untuk dapetin data kan mereka keluarin effort yang cukup gede dan punya tim riset sendiri. Tapi mereka mau kok kasi data pas di sertifikasi itu untuk ngitung plan pribadi kita.
Anyway di sertifikasi itu diajarin step by step dalam membuat plan, mulai dari prinsip dan tujuan kita bikin plan apa, cara ngitungnya sampe bikin plan. Nantinya kita bisa modifikasi sendiri tergantung kebutuhan kita. Kayanya berguna banget buat kita-kita yang jadi CFO rumah tangga :P mereka juga jelasin pake bahasa yang sangat mudah dimengerti karena pesertanya datang dari beragam background pendidikan dan (waktu itu) mostly bukan orang finance, banyak juga yang bahkan baru itu buka excel...

Klo buat gw skarang jadi ngerasa ngga perlu buat pake finplan tapi mungkin untuk memonitor plan klo suatu hari gw ngga yakin sama implementasi plan gw, gw akan pake jasa konsultasi per hour itu. btw salah satu tujuan mereka bikin sertifikasi adalah dengan harapan orang yang udah ngerti, bisa bikin plan sendiri sehingga ngga perlu pake jasa mereka. I think it’s nice of them untuk mengedukasi masyarakat tentang literasi finance.

boook, gw sotoy berat....bener ngga mba Fitri?

metariza.com | mother of two |@metariza

12

Topic: Financial Planner

pake aja check up tool yang ada, kalau udah sehat dan ada dananya, silakan pake planner. atau kalau belum ada budgetnya, ikutan trainingnya aja. biayanya 1/2 dari harga plan.

kalau belum sehat ya sehatin dulu..

pengalaman gue sama planner, dibedah abis tuh AsJi gue, biaya pendidikan anak, dan lifestyle. trus diajak berkomitmen, kalo komitmennya < dari kebutuhan, pasti dibilang ngga realistis. Enaknya, plannernya ngga sesilet juragan yang punya.. atut eke hihihi.

tapi sebenernya gue ketemu mba Wina juga, kenalan sebentar dan ngga keliatan silet sih :p

lucunya, begitu deal dengan QM, tujuan finansial gue tiba-tiba belok. "ternyata saya lagi hamdan.. saya mesti nambahin tujuan pendidikan anak ke-2" huahahaha..

And thelilsolder is back. Fire!

13

Topic: Financial Planner

emang ya, kayanya butuh bgt pake jasa FP. aku jg udah lama bgt tergoda... tp koq kayanya ngeluarin uang 7jt-an sayaaang bgt. kayanya uang segitu lumayan bgt dibeliin RD saham. (huhuu.. gaya :p)

ayo.. ayoo.. ibu2 yg udah pake FP, pls share dong biar ngga ragu2 lg nih.

14

Topic: Financial Planner

thelilsoldier,
mba, kalo udah kontrak trus tujuan finansialnya berubah gitu gpp ya? apa ada fee revisi lg? terus, selama masa kontrak, kalo kita mau konsultasi dgn plannernya sudah include di fee yg setahun itu apa di-charge biaya konsultasi lg? thx yaa.. :)

15

Topic: Financial Planner

Maap OOT. Inga,gue baru tau loh lo hamil. Congrats ya!
Btw,lumayan ya 7jeti. Huhuhuhu.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

16

Topic: Financial Planner

yang simple plan kan ngga 7 jeti.

Nyanya: iya Nya hehehe..

And thelilsolder is back. Fire!

17

Topic: Financial Planner

thelilsoldier,congrats ya..hore..raka mau punya adik.

gw belum berasa perlu pake fp mungkin krn background gw banking ya jd sedikit byk ngerti.

Tp gw tertarik ama trg yg metariza blg,bgs tuh idenya.
Itu pelatihan regulerkah?

@medyratri

18

Topic: Financial Planner

Medy,
kayanya mereka tiap bulan bikin...coba liat ke websitenya :)

metariza.com | mother of two |@metariza

19

Topic: Financial Planner

Superpippo,
Iya tid, ikut seminar dulu aja ato googling di internet banyak sumber2 informasi bgs ttg family financial planner di blog2 (contohnya catatankeluargamuda) -- sangat informatif dan kok contoh2nya kaya kel gw bgt haahhaaa..
banyak kok tools buat tau kondisi keuangan keluarga kita sehat ato ngga..
Tp sebenernya enaknya pake FP tuh karena ada org yg ngawasin kita (ya iyalah dibayar mehong biar kita lebih disiplin, heheheh...) kaya orang fitness dan pake personal trainer...
Tp kalo jd konsultasi ma FP share2 yah :)

Reborn since El was born
@inicrey

20

Topic: Financial Planner

thelilsoldier,
ooh.. ngga 7jt toh? baca post gabriella, fee-nya starts from 7jt/thn udah bikin takut duluan.. :)

btw, kalo alternatif fp selain QM ada Aidil Akbar's AFC dan Prita Ghozie's ZAP Finance.
estimasi biaya konsultasi di AFC:

Konsultasi per jam = Rp 300.000/jam
hanya sharing/discuss saja. tidak ada rekomendasi tertulis.
kurang tau kalo sama mas AA lgsg berapa biayanya. tp kalo ga salah AFC suka bikin kopdar dmn pesertanya bisa nanya2 deh..

Konsultasi per case = Rp 500.000 ~ 1.500.000
misalnya kasus dana pendidikan, kasus dana pensiun, kasus perencanaan asuransi. ada hasil rekomendasi tertulis.

Konsultasi komprehensif = Rp 3.500.000 ~ 15.000.000

21

Topic: Financial Planner

sorry OOT, inga congrats ya Raka mopunya adek, udah berapa bulan Nga?

yaampun pake jasa FP ini lumayan juga ya, itungannya per jam, tadi baca punya teh ninit 500K/hr kirain per Hari ternyata perjam, dan pasti gak cukup kalo sejam-tigajaman. Tertarik dgn info Meta, pengen ikutan seminarnya, dulu bayarnya berapa Ta?

22

Topic: Financial Planner

hoiya, waktu itu juga sempet dapet info ttg seminarnya, kalo gak salah 2 hari, sabtu minggu gitu... kalo gak salah sekitar 3 jt ya...
ide bagus juga... jadi pengen ikutan seminarnya...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

23

Topic: Financial Planner

Ella, tenkyu ella info biayanya. 3juta lumayan juga sih ya, tapi demi mempebaiki cashflow dan kalo hasilnya bener usefull gakpapasih ya..

24

Topic: Financial Planner

Ipeh, gw daftar yg early bird bayar 2.5jt. Normal price 3jt... Ya dulu sempet mikir sayang ngga ya bayar segitu tp disupport (dan dibayarin) suami, hehe katanya yg namanya ilmu ngga akan sia2...yaud brangkat :)

metariza.com | mother of two |@metariza

25

Topic: Financial Planner

Tp usefull kan ya Met?