12 Ide Kado Ulang Tahun untuk Anak TK

Beberapa bulan ini, anak-anak banyak mendapat undangan ulang tahun dari teman-temannya. Kalau ada yang ulang tahunnya dirayakan di sekolah, biasanya para orangtua akan “urunan” untuk membeli kadonya bersama-sama. Selain itu kalau memang akrab, ada juga yang memnerikan kadonya langsung secara terpisah.

Buat anak-anak yang perayaan ulang tahunnya diadakan di rumah, otomatis saya harus cari ide dan menyetok beberapa kado sekaligus. Beruntungnya rentang usia anak-anak yang mengundang datang ke perayaan ulang tahun itu tidak berbeda jauh dari usia anak saya sendiri. Saya suka tanya ke teman-teman sesama para mama dan menanyakan pendapat para ibu-ibu tetangga sekitar, biasanya kado ulang tahun apa yang cocok untuk anak usia TK. Berikut daftar beberapa kado yang cocok untuk anak usia TK:

1. Peralatan menggambar dan mewarnai. Anak usia TK pasti suka sekali dengan kegiatan mewarnai, kita bisa memilihkan pensil warna yang tidak mudah patah atau krayon yang warnanya terang dan tidak menempel di tangan.

2. Peralatan menulis. Peralatan tulis anak-anak pasti sering kali hilang, tak ada salahnya kita memberikan peralatan tulis yang diberi hiasan tulisan nama anak.

3. Permainan balok edukatif. Siapa yang tak suka bermain Lego? Kebanyakan anak akan menyukainya, apalagi kalau dapat balok besar seperti Lego Duplo, Megablocks, dan lainnya.

4. Kotak bekal makanan. Membawa kotak bekal berwarna-warni atau bergambar karakter kartun favorit pasti membuat anak-anak semakin lahap menyantap makanannya.

5. Tas sekolah. Memilih tas untuk anak sebenarnya susah-susah gampang. Anak pasti menginginkan tas dengan gambar kesukaannya, namun orangtua juga harus pintar mencarikan tas yang sesuai dan nyaman digunakan oleh anak.

6. Lilin mainan. Anak-anak yang suka berkreasi pasti senang jika dapat kado playdoh atau fundoh, bukan?

7. Peralatan mandi. Sebenarnya saya ingin menuliskan peralatan menyikat gigi, tapi ternyata banyak juga orangtua yang senang memberikan perlatan mandi komplit dengan hiasan tulisan nama anak.

8. Buku. Anak-anak pasti suka jika diberikan buku mewarnai ataupun buku kumpulan cerita dan dongeng. Buku dapat dibaca bersama-sama, dan membantu untuk memupuk minat baca anak.

9. Kaus Karakter. Buat lucu-lucuan, baju kaus dengan gambar kesukaan anak-anak bisa diberikan nama juga agar lebih personal.

10. Mainan. Kalau ini lebih general ya, mainan untuk play pretend seperti masak-masakan, alat pertukangan, seragam profesi, dan lain sebagainya.

11. Baju renang dan perlengkapan renang. Handuk dan baju renang model penyelam adalah salah satu kado paling aman yang bisa diberikan ke anak usia TK yang sangat menyukai aktivitas renang.

12. Botol minum. Minum air putih tak lagi membosankan jika botol minumnya berwarna-warni dan bergambar kartun favorit!

Itulah beberapa kado yang biasanya saya berikan kepada teman-teman sekolah M dan anak tetangga yang berulang tahun. Semoga bermanfaat bagi para Mama dan papa yang sedang putar otak mencari ide kado ulang tahun anak usia TK!

 

6 Comments

  1. avatar
    Atika dian Pitaloka July 27, 2018 10:09 pm

    Nice info! Bermanfaat n gak harus mahal tapi anak anak pasti sukaak!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini March 28, 2018 1:12 pm

    Ciiin makasih buat tipsnya ini! aku termasuk yg suka bingung nyetok items apa aja buat hadiah ultah teman2nya Alma. Mainan, buku & lilin itu selalu jadi favorit anak2 sini :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi March 28, 2018 12:05 pm

    Pusing ya kalo udah mikirn kado buat temennya anak-anak haha. Asyik nih bisa dicontek idenya

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita March 26, 2018 10:18 am

    ah! ini artikel penyelamat banget deh! thanks cin... asli suka bingung kalo ada temen anak-anak yang ulang tahun. kayaknya itu lagi itu lagi deh ngasihnya :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Intan Rastini March 26, 2018 4:00 am

    Twerakhir saya memberikan kado ke keponakan saya yang ultah ke-5 saya beri buku tulis, spidol khusus anak-anak dan sticker karakter. Kebetulan bulan April nanti Kavin ultah trus bulan Mei giliran Kalki yang ultah, mau nyiapin buat kado anak sendiri hihihihi...

    1. avatar
      Cindy Vania March 27, 2018 8:47 am

      kalo kado buat anak sendiri dan sodara masih enak yaa.. kadang suka mikir yang buat kado teman sekolah :P

      ultahnya jejer2 gitu Kavin sama Kalki :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.