Agrowisata Sondokoro di Pabrik Gula Tasikmadu

Pabrik Gula Tasikmadu (PG Tasikmadu) terletak di Kabupaten Karanganyar, sekitar 15 KM dari kota Surakarta. Pabrik gula ini didirikan oleh KGPAA Mangkunegara IV pada tahun 1871. Saat ini PG Tasikmadu adalah salah satu pabrik yang memproduksi gula masih dengan menggunakan mesin tradisional.

Karena usia bangunan pabrik dan benda bersejarah lainnya yang terdapat di dalam kawasan pabrik, kini bangunan PG Tasikmadu ditetapkan sebagai cagar budaya. Selain sebagai pabrik gula, sebagian daerah PG Tasikmadu juga dimanfaatkan sebagai areal Agrowisata Sondokoro. Agrowisata Sondokoro menyediakan bermacam-macam wahana dan obyek wisata menarik, seperti kolam renang, area bermain anak-anak, kereta kecil, koleksi mesin-mesin tua & miniatur kereta api. Yang paling menyenangkan adalah berkeliling PG Tasikmadu menggunakan kereta api uap!

Beberapa waktu lalu, kami sekeluarga pergi mengunjungi Agrowisata Sondokoro. Sungguh pengalaman menarik dan menyenangkan, berkeliling PG Tasikmadu dan melihat areal pabrik tua antik yang luas. Terasa kental sekali nuansa nostalgia dan nilai sejarahnya. Selain itu, hal menarik lainnya adalah saat berfoto-foto dengan mesin-mesin tua dan miniatur kereta api di areal agrowisata. Sayang sekali kami tidak membawa baju renang dan baju ganti sehingga kami tidak bisa mencoba kolam renang di tempat ini.

Untuk alternatif tujuan wisata unik sekaligus informatif, Agrowisata Sondokoro adalah salah satu pilihan yang tepat. Apalagi kalau misalnya si kecil tertarik dengan segala bentuk kereta api dan mesin lokomotif seperti di kartu Thomas and Friends, pasti akan suka sekali diajak ke sini. Sambil tetirah di liburan akhir tahun, Urban mama-papa bisa memasukkan Agrowisata Sondokoro di PG Tasikmadu dalam tujuan wisata selanjutnya. Selamat berlibur!

12 Comments

  1. avatar
    Rindangi Putri January 2, 2015 3:53 pm

    Bunda hikmah: Dr luar memang keliatan tdk terawat tp di dlm ny... Sama aja si, he he he.. Tp ga rugi de mampir sini.. Bnyk hal baru Dan menarik yg bs kita dan ank2 nikmati... Tempat ny cukup take apalagi hr libur...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Hikmah Syawaliah December 26, 2014 2:12 pm

    yang diklaten aku sering lewatin kalo mau ke solo,tp blm pernah mampir,keliatan dari jalan sieh sepi dan kaya gk terawat gtu,salam kenal ya bunda....

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Rindangi Putri December 22, 2014 9:04 am

    Mama Aini: kalau di Klaten di pinggir jalan Jogja-Solo... hmm, bingung ngasih ancer-ancernya.. tapi di pinggir jalan persis jadi gampang ketemunya.
    Kebetulan pabrik gula di Klaten ini deket sama rumah mertua.. :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch December 21, 2014 8:15 pm

    wow.. keren juga nih tempatnya!!
    Miguel pasti suka kalo di ajak kesini secara nge-fans bgt dia sama kereta api dr balita hihi.
    Tfs rindangi :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Retno Aini December 19, 2014 12:23 am

    Seru bangeeett ini tempatnya, suka deh sama pabrik2 yg gedung tuanya dijadikan museum gini. tfs yaa Rindangi :D kalau yg di Klaten di sblh mana ya?

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.