Aku Cerdas Mengelola Emosi

Untuk mengimbangi kesukaan Albert membaca buku-buku berjenis ensiklopedia, saya sering membelikannya buku-buku yang berisikan cerita. Salah satu buku yang sudah saya tunggu-tunggu kehadirannya adalah buku tentang mengelola emosi ini. Cara paling efektif memberikan pengertian mengenai hal tertentu pada Albert adalah melalui cerita-cerita dari buku, sehingga saya senang sekali ada buku seperti ini agar Albert punya gambaran lebih jelas tentang mengendalikan emosinya. Buku Aku Cerdas Mengelola Emosi ini merupakan karya dari Watiek Ideo dan Fitri Restiana, bekerja sama dengan sepuluh ilustrator.

Dalam buku ini ada sepuluh cerita pendek tentang contoh-contoh emosi yang sering keluar begitu saja tanpa bisa dikendalikan dengan baik. Akibatnya tak jarang sampai menyakiti orang-orang di sekitar kita. Untuk itulah anak-anak diajak mengenali emosi-emosi yang ada dengan baik, agar kelak bisa mengendalikan emosi mereka. Panjang setiap cerita hanya 14 halaman, dengan ilustrasi menarik dan kalimat yang tidak terlalu panjang, sehingga enak untuk dibacakan pada anak-anak.

Salah satu cerita favorit Albert adalah yang berjudul Krisan Kiki, si anak tidak sabar menunggu tanamannya berbunga dan mendapatkan ide untuk sering menyirami dan memberinya pupuk. Akibatnya, tanaman itu bukannya berbunga dan malah membusuk. Kiki merasa sedih sekali. Dari cerita ini anak-anak diajak untuk belajar bersabar jika ingin mendapat hasil yang baik.

Cerita-cerita dalam buku ini antara lain:

 

    • Roti Kesukaan Sisi - tentang marah

 

    • Lomba Busana - tentang kecewa

 

    • Bermain di Taman Kota - tentang rasa cemas

 

    • Barang Baru - tentang iri hati

 


Totalnya ada 10 cerita dengan ilustrasi yang menarik dan tebalnya 148 halaman. Saya merekomendasikan buku ini agar anak-anak bisa mengenali emosi yang muncul dalam diri mereka dan menyalurkannya dengan cara yang tepat.

Related Tags : ,,,

7 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel October 13, 2016 6:53 am

    Bagus yaa bukunya. Ilustrasinya juga bagus. Seneng deh sekarang banyak buku2 lokal yang bagus. Tfs ella, mau cari ah

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Siska Knoch October 12, 2016 8:12 am

    Ya ampun ella, pas banget gue lagi cari2 buku soal emosi dan cara ngatasinnya.
    Tfs ella :*

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania October 10, 2016 11:57 am

    Ilustrasinya baguus! Ceritanya juga mudah dimengerti sama anak-anak yaa.. Duh pengen baca juga deh jadinya

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Imelda Sutarno October 10, 2016 10:14 am

    wah...jadi pengen beli juga. Harganya berapa mbak Gabriella? Model ilustrasi seperti ini yang anak-anakku suka, karena lebih membuat mereka tertarik dan mau ngikutin ceritanya. TFS ya mbak....

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita October 10, 2016 8:31 am

    bagus yah laa bukunya. pengin baca deh... penting banget buat dibaca anak-anak :) dan ilustrasinya bagus banget. sukaaa!

    1. avatar

      As .