Ayo Berkreasi Bersama!

Saya masih ingat, saat saya kecil, saya sering diajak oma saya untuk berkreasi bersama di rumah, mulai dari menggambar, melukis, origami, membuat kolase, menjahit, merajut, dan lain-lain. Menurut saya, kegiatan itu sangat menyenangkan, buktinya saya masih ingat sampai sekarang. Waktu SMA, di sekolah saya juga kegiatan ini mendapatkan perhatian khusus, saya mulai mencoba bermain dengan tanah liat, gips, melukis di kanvas, merenda, makrame, dan belajar paper cutting. Pada saat kuliah, saya sempat berjualan kartu-kartu pop-up buatan sendiri, dan ternyata kemampuan berkreasi juga sangat berguna saat saya mengajar bahasa.


serius membubuhkan lem

Sudah terbayangkan bahwa saya akan menularkan kesenangan ini pada anak saya nanti. Apalagi saya juga rajin menonton acara semacam Art Attack dan Mister Maker. Sejak Albert berusia 1,5 tahun, saya pelan-pelan mulai mengumpulkan berbagai barang untuk melengkapi “art box”-nya, yang tak lain adalah kontainer plastik yang saya isi berbagai macam barang yang bisa dipakai untuk berkreasi bersama. Saya secara khusus menyiapkan art box ini agar jika sedang ada waktu luang dan tercetus ide untuk bikin-bikin sesuatu, saya tidak perlu mencari-cari perlengkapannya terlebih dulu, karena sudah lengkap ada di suatu tempat. Art box ini biasanya saya simpan di salah satu lemari, tidak berbarengan dengan mainan Albert, karena di situ saya juga menyimpan berbagai peralatan yang cukup berbahaya, seperti gunting dan cutter.


menggambar dengan spidol

Saya memulainya dengan krayon dan kertas gambar, kemudian ditambah dengan spidol warna-warni, pensil warna, sekarang isinya kira-kira:



  • Krayon, spidol, dan pensil warna.

  • Berbagai jenis lem: lem kertas biasa, lem kertas yang seperti lipstik, lem kerajinan tangan.

  • Gunting untuk saya dan gunting yang aman untuk anak-anak.

  • Penggaris, cutter.

  • Kertas gambar, kertas warna-warni, kertas lipat.

  • Benang wol, tali, karet gelang.

  • Bantalan stempel untuk finger painting.

  • Playdough.

  • Pembolong kertas (yang standar dan berbagai bentuk).

  • Semacam spidol warna-warni khusus face painting.


Saya berencana juga melengkapinya dengan:



  • Cat poster warna merah, biru, kuning, dan putih (dari empat warna ini bisa dihasilkan jutaan warna)

  • Kuas dan palet.

  • Busa-busa berbagai bentuk.

  • Apron untuk Albert.


Selain barang-barang yang saya sebutkan di atas, saya juga suka mencari-cari bahan yang ada di rumah, seperti kapas, kacang-kacangan, piring kertas, gelas plastik, tisu, tusuk gigi, dan berbagai barang lain yang memang selalu ada di rumah. Dengan adanya art box ini, jika saya punya ide untuk berkreasi bersama Albert, mood itu tidak akan hilang menguap karena saya tidak punya perlengkapannya. Ide-ide untuk berkreasi biasanya saya ambil dari internet, acara televisi, atau buku-buku.


salah satu kreasi Albert

Mungkin ada mamas yang punya ide lain untuk mengisi art box untuk anak?

Related Tags : ,

11 Comments

  1. avatar
    Gabriella F February 14, 2011 9:04 am

    Thanks buat semua yang udah kasih komentar... semoga ide ini berguna buat semua...
    sebenarnya art box Albert udah lebih banyak lagi isinya... ada sticker2 lucu, ada pipe cleaner (atau ternyata di sini disebut bulu merci), ada mata2an (google eyes) dan barang2 bekas hasil buruan mamanya... kardus2 bekas, bubble wrap...(@kiki, lo inget kan gue sampe pesen2 ke cleaning service kantor buat ngumpulin kartonnya tisu gulung... hahahaha...)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ratu dewi andrini (dinni) February 11, 2011 4:43 pm

    wow thanks for the great idea.. yeah why not make our own art box

    kalo art box rafa nanti mau aku tambahin stiker lucu2.. mumpung dianya lagi hobi tempel2 dimana2.. hehehehe

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Nikanikanikanik February 10, 2011 8:01 pm

    waah..bener bgt tuh,kadang2 klo dah niat n gak nemu bahan2nya akhirnya ide cuman berenti di "bab niat" aja tuh..art box..ya..ya..berguna bgt! tfs n ide nya ya mom

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    agis February 10, 2011 7:08 pm

    wah, makasih ide-nya ya mama ella...lengkap banget peralatannya albert ya :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    jarvi kurnia lestari February 10, 2011 2:22 pm

    wkwkwkwk....Bebeeeeettt...serius benerrr...kapan yaa Aira bisa ikutan corat coret kaya gini...xixixi....i bet it's goin to be really fun! TFS mbk El...

    1. avatar

      As .