Bahagia itu Sederhana

Saat ini kita bisa mengakses informasi dengan sangat mudah. Ada begitu banyak informasi yang tersedia melalui internet dan media sosial. Tak ketinggalan informasi tentang berbagai aspek pengasuhan anak yang membuat kita bisa mengikuti perkembangan zaman.  

Sebagai orang tua zaman sekarang, tentunya saya tidak terelakkan dari hujan informasi tersebut. Walaupun sudah mendapatkan saran dari orang tua, kami tetap mengeceknya lagi di internet.

Satu topik yang sering menjadi pembahasan adalah tempat bermain anak. Dulu saya hanya tahu bermain di rumah atau kalau bepergian tujuannya ke kebun binatang atau taman lalu lintas (di Bandung). Sekarang sudah ada beraneka ragam tempat bermain anak-anak, ada yang di dalam ruangan dan ada yang di luar ruangan. Tiket masuknya pun bervariasi mulai dari yang di bawah Rp50.000,- sampai ratusan ribu rupiah.

Saya pun pernah beberapa kali mengajak Albi ke berbagai tempat bermain anak-anak. Namun, karena Albi masih kecil, kami tidak bisa berlama-lama di sana dan belum semua permainan bisa dinikmatinya. Padahal harga tiket masuknya cukup menguras isi kantong.

Memang bisa diakui, pengaruh saat melihat media sosial membuat saya ingin ikut-ikutan membawa Albi ke tempat-tempat yang sedang hits. Jika dipikirkan, Albi belum benar-benar suka atau mengerti. Tak jarang niat ingin membuat anak senang malah menjebol dompet.

Saat ini Albi berusia sekitar satu tahun dan baru mulai berjalan. Saya pun mulai memilih-milih  tempat yang cocok untuk Albi bermain. Kriterianya cukup sederhana: tempatnya harus luas sehingga ia bebas bergerak dan ada banyak hal baru yang belum pernah ia lihat.

Akhir pekan lalu saya mengajak Albi ke Kebun Raya  Bogor. Tiket masuknya hanya Rp15.000,- per orang dan Albi masih gratis. Kami membawa bekal dari rumah untuk berpiknik di sana. Tanpa diduga-duga, walaupun cuaca cukup terik, Albi terlihat sangat gembira berlarian menyusuri jalan, melihat pepohonan dan danau, serta bermain-main di rumput. Ada juga kolam ikan, museum, rumah kaca, dan danau yang berseberangan dengan Istana Bogor. Jika ingin mengelilingi seluruh area kebun raya, kita bisa naik bis dengan harga tiket yang cukup terjangkau.

Walau capek, Albi sangat bersemangat melihat pohon-pohon yang menjulang tinggi serta dedaunan kering di kakinya. Saat perjalanan pulang, Albi pun tertidur pulas di mobil.

Dari sini saya belajar, untuk membuat anak senang kita tidak harus mengajaknya ke tempat-tempat mahal atau yang sedang hits. Hanya berjalan-jalan dan duduk-duduk asalkan bersama ayah dan ibunya, mereka bisa tertawa dan tersenyum gembira.

Mengutip Bruce Perry, “Children don't need more things. The best toys a child can have is a parent who gets down on the floor and play with thems.”

10 Comments

  1. avatar
    Retno Aini February 1, 2018 4:11 pm

    Setujuu... bahagia itu sederhana kok, kitanya saja yang kadang suka banyak maunya, hehe :P Menurut saya, penting sekali bagi kita para ortu untuk mengajarkan value ini, biar nantinya anak2 nggak berpikir bahwa bahagia itu syaratnya banyak. Waaah, Kebun Raya Bogor! Ah jadi kangen jalan2 ke sana. Thanks utk sharingnya yaa Arina :)

    1. avatar
      Arina Robbi February 1, 2018 6:18 pm

      Setuju banget semoga Kita selalu bisa menanamkan kesederhanaan buat anak2 Kita, makasii mbak aini :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Rizka Hany January 29, 2018 8:30 pm

    Ah bener banget... Apalagi sekarang bandung banyak taman gratis yg kece. Goler2 bareng aja sama anak juga bikin anak2 pd ketawa bahagia. Makasih ceritanyaa...

    1. avatar
      Arina Robbi January 29, 2018 9:15 pm

      Betuuul seneng di bandung banyak taman yang bersih dan sejuk, bulan lalu Albi pulang ke Bandung dan main di Balai Kota seruuuu :))

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi January 29, 2018 11:08 am

    setujuuuu, bahagia itu memang sederhana. Terkadang kita suka lupa bahwa yang dibutuhkan anak hanyalah perhatian dan bermain dengan orangtuanya. Saya dan suami juga tipe orang yang lebih senang mengajak anak-anak jalan-jalan keliling kampung, komplek, taman dan tempat-tempat seru alam/outdoor yang menarik untuk anak-anak

    1. avatar
      Arina Robbi January 29, 2018 9:17 pm

      Samaaa Kita mbak dieta #toss boleh tuh mba di share tempat main outdoor yang baby friendly :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania January 29, 2018 8:33 am

    Setuju banget ma, bahagia itu sederhana.
    Yang mahal cuma gegayaannya aja, hahaha..

    Nice artikel mama Arina dan Albi :)

    1. avatar
      Arina Robbi January 29, 2018 9:05 am

      Nah haha iya kadang emang mamaknya pengen gegayaan padahal anaknya mah dibawa kemana aja hayuu hehe makasi mama Cindy :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita January 29, 2018 7:34 am

    setuju banget rin! bahagia itu sederhana. menyenangkan yaaa main ke tempat-tempat yang seperti ini.

    1. avatar
      Arina Robbi January 29, 2018 9:06 am

      Yapp mba ninit! Meski kadang lelah ngejer-ngejernya tapi liat anak kegirangan,capeknya menguap :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.