Belajar Berkebun di Lahan Terbatas

Impian saya sejak dahulu adalah memiliki rumah kecil dengan lahan luas yang bisa saya gunakan untuk berkebun. Saya suka sekali dengan rumah mertua, banyak tanaman hias dan buah berjejer rapi di sana. Ternyata impian tersebut belum bisa menjadi kenyataan, karena saat ini saya tinggal di rumah kecil dengan lahan terbatas. Bahkan setelah merenovasi rumah, saya pun sudah tidak memiliki lahan tanah kosong untuk menanam.


Berikut beberapa tips untuk urban mama yang ingin belajar berkebun namun memiliki lahan yang sangat terbatas dan menggunakan pot sebagai media berkebun: 

  1. Jangan lupa untuk merawat tanaman dengan baik. Perawatan tanaman tidak kalah penting karena tanaman rentan terkena serangan hama dan penyakit. Perawatan tanaman meiliputi penyiraman secara teratur, penyinaran sinar matahari, dan pemupukan.
  2. Tentukan jenis tanaman yang akan ditanam. Karena lahan cukup sempit, maka sebaiknya hindari menanam pohon buah-buahan. Biasanya, pohon buah-buahan itu akan berkembang menjadi besar dan tentunya akan membuat lahan terlihat lebih sempit.
  3. Tentukan lokasi tempat berkebun. Pastikan lokasi tersebut terpapar sinar matahari.
  4. Siapkan ukuran pot yang sesuai dengan jenis tanaman. Awalnya saya membeli paket urban farming, jadi dalam satu paket tersebut sudah terdapat benih, media tanam, dan pot. Paket ini sangat cocok untuk memulai belajar berkebun. Atau jika memiliki pot yang cukup besar, urban mama dapat menggabungkan beberapa tanaman dalam satu pot.
  5. Pilihlah tanaman yang cepat tumbuh, seperti sayuran selada, tomat, cabai.

Ternyata berkebun mudah bukan? Saat ini saya berencana membuat taman vertikal memanfaatkan salah satu dinding luar untuk menanam sayuran hidroponik. Ada urban mama yang memiliki hobi berkebun seperti saya? Selamat berkebun!

10 Comments

  1. avatar
    Tyara Maryam April 1, 2019 8:43 am

    wah ide yang bagus! apalagi sekarang trend banget ya di IG serba hijau2 di rumah pakai tanaman. me likey mba ipeh!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Gabriella F March 22, 2016 7:57 am

    Seger banget ya peh lihatnya! Pengen ah nyoba tanam bumbu2, biar kayak di tv kalo mo masak tinggal petik2... TFS ya peh...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania March 21, 2016 10:07 pm

    Duh jadi malu nih,dirumah lumayan banyak "tanah kosong" tapi stadart aja sih isinya,nggak nanem yang macem-macem kayak kak ipeh gini. Takut kerepotan euy.
    Tapi jadi oengen coba dulu deh yang di pot-pot kecil :)
    TFS ya kak ipeh,artikelnya menginspirasi aku banget.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    bundakanya March 21, 2016 2:38 pm

    MBA ipeh, tfs, artikel nya inspiratif, cocok untuk saya yg tinggal diperumahan, boleh tau dmn beli bibitnya.....makasih

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar March 21, 2016 10:42 am

    ipehhh liat foto-fotonya di IG mupeng bangettt...urban farming yaa noted! Mudah-mudahan bisa terealisasi bikin mini garden dengan lahan terbatas seperti ini:)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.