Belajar Main Drum, Mengapa Tidak?

Sejak kecil sebenarnya Albert sudah tertarik dengan bermain drum. Sering sekali ia merangkai wadah-wadah mainannya menjadi serangkaian drum dan memukul-mukulnya dengan sumpit. Namun karena saat itu ia masih terlalu kecil dan kelas di sekolah musik lebih banyak yang mengajarkan pengetahuan musik secara umum, keinginan itu seperti terlupakan. Ditambah lagi saya tidak bisa membayangkan betapa berisiknya rumah jika Albert benar-benar mengikuti les drum dan harus berlatih di rumah.

 

Sampai saat rentang konsentrasi dan fokus Albert termasuk sangat pendek untuk anak seusianya, ditambah kemampuan motorik halusnya yang kurang bagus, psikolog yang menanganinya menyarankan agar ia mengikuti les drum. Albert langsung tersenyum lebar, seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Setelah itu saya mencoba mencari tahu sebenarnya apa saja sih manfaat belajar bermain drum dan inilah beberapa poin pentingnya:

  1. Dengan bermain drum artinya Albert harus benar-benar berkonsentrasi. Bayangkan saja, empat anggota tubuhnya: yaitu dua tangan dan dua kaki harus melakukan gerak yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Ini juga menyeimbangkan kerja otak kanan dan kirinya.
  2. Ini juga menjadi latihan yang bagus untuk kekuatan lengan dan bahunya. Saya masih ingat saat pertama kali Albert belajar memainkan drum dengan iringan musik, ia mengeluh pegal sekali padahal lagunya baru sekitar tiga menit. Kekuatan lengan dan bahu ini akan menunjang peningkatan kemampuan motorik halusnya.
  3. Bermain drum juga melatih fokus dan kesabarannya. Ia harus betah duduk tenang selama beberapa waktu dan tidak bisa tiba-tiba berhenti, harus terus bermain sampai lagunya habis. Ini yang membedakan dengan saat ia bermain piano. Kadang saat perhatiannya teralihkan, ia bisa saja berhenti bermain di tengah-tengah.
  4. Pelatih drumnya sempat bertanya, pelajaran matematika Albert sudah sampai mana? Apakah sudah belajar pecahan? Berarti nantinya saat bermain drum, Albert secara tidak langsung berlatih menghitung juga.
  5. Keterampilan bermain drum ini membuat Albert mengenal berbagai jenis musik dan kebudayaan. Sekarang saat mendengarkan musik, ia sering mencoba-coba melatih ketukannya. Hal ini meningkatkan kemampuan auditifnya.
  6. Bermain drum juga menguras energi, jadi cocok untuk anak-anak yang memiliki energi berlebih seperti Albert. Seperti saat tampil di konser, ia terlihat berusaha sekuat tenaga saat memukul drum dan langsung berkeringat saat selesai bermain.
  7. Mengeluarkan energi yang besar saat bermain drum sekaligus mengeluarkan emosi-emosi negatif yang ada dalam diri Albert. Setiap selesai les ia terlihat lebih ceria dan tenang.
  8. Biasanya sekolah musik juga ada program konser sehingga anak-anak bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka dengan tampil di depan banyak penonton.
  9. Nantinya ketika sudah lebih mahir, ia akan bermain dalam grup, artinya ia harus bisa bekerja sama dengan pemain musik yang lain.
  10. Keterampilan bermain musik ini juga menjadi nilai tambah dirinya dalam pergaulan, apalagi saat menginjak masa-masa remaja nanti.

Nah, urban mama, ternyata cukup banyak ya manfaat belajar drum ini. Semoga informasi ini berguna ya.

10 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel April 7, 2017 7:14 pm

    Keren albert! Enzo dante juga disaranin utk main drum utk awal les musik. Anaknya udah pgn banget tapi sampe skrg belum cocok waktunya sama kegiatan di sekolah. Tfs ella!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    zata ligouw April 4, 2017 9:48 pm

    Al kereeennn.., adek Sabil jadi terinspirasi nihhh...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi April 4, 2017 1:57 pm

    tosss albert main drum kayak mika. Ini drum bener-bener bikin konsentrasi anak lebih baik juga ya, jadi lebih peka hehe. So far mika sih belum les drum di tempat kursus musik, kebetulan belajarnya sama bapaknya dirumah karena bapaknya juga bisa drum dan di rumah juga ada drum. Kece albert, you rock man!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Honey Josep April 4, 2017 12:30 pm

    wah, ternyata banyak sekali manfaat main drum ya.... jadi kepengen les-in Darren drum juga... semoga anaknya mau dirayuuuu

    Tfs Ella!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    musdalifa anas April 4, 2017 10:12 am

    Albert duh ngefans deh sama albert, bisa main piano, drum, crafty jago. Dari dulu suka banget liat orang-orang main drum. Dan baru tahu juga kalau bermain drum itu manfaatnya banyak banget. Tfs ya ella.

    1. avatar

      As .