Bento


Bento adalah makanan yang disiapkan atau disajikan di dalam kotak makanan. Berasal dari Jepang, sekarang bento berkembang ke banyak negara termasuk Indonesia. Salah satu jenis bento yang dikenal dan mulai digemari di kalangan urban Mama adalah bento yang disiapkan untuk bekal sekolah anak-anak.


  

Kyaraben atau Charaben (character bento) adalah yang paling populer dipilih untuk anak-anak sekolah karena bentuknya yang lucu dan penataan yang cantik untuk membangkitkan selera makan anak. Bento menurut pendapat saya adalah suatu seni penyajian makanan dalam kotak makanan yang penuh dengan kreativitas. Tidak ada batasan untuk berkreasi, ide bisa datang dari mana saja.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menyiapkan bento:



  1. Usahakan sebisa mungkin untuk menyajikan makanan sehat untuk anak dengan menu seimbang karbohidrat, sayur/buah, dan daging. Bento tidak harus berisi makanan Jepang tapi bisa kita adaptasi dengan menyediakan makanan yang sesuai dengan selera anak-anak kita.

  2. Memerhatikan kebersihan pada saat menyiapkan dan menata makanan.

  3. Sebisa mungkin merencanakan pembuatan bento sehingga tidak akan memakan waktu lama nantinya dengan 'sketching' di kertas. Saya tidak pandai menggambar tapi saya perlu merencanakan dan menuangkan ide ke dalam coretan-coretan di atas kertas yang memudahkan saya dalam menyiapkan bento. Dengan perencanaan, saya bisa menyiapkan bahan makanan yang ingin saya sajikan, bentuk yang ingin saya buat, alat-alat apa yang saya perlukan, dan lain-lain. Karena saya selalu menyiapkan bento untuk anak-anak saya di pagi hari, maka rencana sudah selesai dibuat satu hari sebelumnya. Waktu menjadi sangat efisien dengan perencanaan yang sudah disiapkan.

  4. Buat bento dengan kombinasi bahan makanan sehingga terlihat ‘colorful’. Bila sayur sudah berwarna hijau, usahakan jangan memasukkan buah berwarna hijau tapi bisa warna lainnya sehingga terlihat lebih manarik dan tidak monotone dengan hanya 1 atau 2 warna saja di dalam bento.


  

Selama ini banyak orang mengira kalau bento hanya diperuntukkan untuk anak-anak yang susah makan. Bento adalah untuk semua anak bahkan untuk orang dewasa. Bisa menyiapkan bento untuk anak-anak kita adalah suatu kepuasan tersendiri dan kebanggaan bagi anak-anak. Di samping itu kita bisa mengontrol dan mengatur makanan sehat yang mereka dapatkan. Terutama bagi anak-anak yang memiliki masalah alergi pada jenis makanan tertentu.

Pada kenyataannya, bento tidak melulu harus Kyaraben/ Charaben bento.
Banyak jenis bento yang tidak memasukan unsur 'cute' ke dalamnya. Jadi tidak usah berkecil hati bila merasa tidak bisa menyiapkan bento dengan karakter yang lucu. Yang terpenting adalah makanan yang sehat seimbang dan penataan yang menarik. Semua bisa dipelajari dengan mudah melalui media yang tersedia seperti buku-buku bento dan blog-blog bento sebagai referensi.

Jadi jangan tunggu lagi, siapkan sendiri bento untuk bekal sekolah anak-anak urban Mama sekarang! Apalagi di The Urban Mama sudah ada forum khusus yang mendiskusikan tentang bento, http://theurbanma.ma/bento. Dengan bento lebih hemat dan terjamin dengan makanan sehat dan gizi seimbang.

30 Comments

  1. avatar
    dewi yullyanti September 1, 2010 7:37 pm

    aaahhhh liatnya aja udah seneng, gak sabar pingin coba bikin :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    nuning purwaningsih August 23, 2010 10:17 am

    Cho~~~ KAWAIIII~~~~~~ ~~~~(^_^)~~~~

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Alke Niera Amelia August 20, 2010 9:27 am

    @Winda : ini mbak Winda Handayani yg di friendlist MP-ku ya?

    @Lia Chen : kueren banget dah.. liat website-nya bikin ngiler. udah komen di website-nya.. (a.k.a a blog to forget)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Lia Chen August 19, 2010 6:59 pm

    @Sri : Untuk mata, aku pakainya nori / rumput laut yg biasa untuk membuat sushi.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel August 19, 2010 6:53 pm

    aah lucunyaa..!
    pastinya anak-anak tambah suka makan nih kalo bentonya seseru ini ;)
    lia, kalo yg warna item untuk biji mata itu pake apa ya?
    wah harus mulai belajar ngebento dari sekarang nih, walopun kayaknya nyiapin bento sekeren ini harus ber-jam-jam ;p

    1. avatar

      As .