Bermain di RPTRA Tebet

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Saat ini di Jakarta sudah tersedia banyak Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Agar anak-anak terpapar dengan aktivitas outdoor, dan tidak melulu bermain gadget, kali ini kami mencoba membawa mereka bermain di RPTRA Akasia Tebet, Jakarta Selatan.

Sama seperti semua RPTRA di Jakarta, area yang terletak di pinggir Jalan Tebet Barat Raya ini pun dioperasikan atas kerjasama Pemda dengan pihak swasta.
Dengan luas kurang lebih 2.400 meter persegi, RPTRA Tebet memang terbilang agak kecil. Tetapi fasilitasnya cukup lengkap dan tertata dengan baik.

Beberapa fasilitas tersebut adalah:

Playground dengan aneka permainan anak. Mulai dari perosotan, jungkat jungkit, mini outbound dan ayunan ada di sini.

 

Kolam air mancur dengan banyak ikan di dalamnya. Anak-anak pun bisa memberi makan ikan, dengan terlebih dulu membelinya di PKK Mart (minimarket yang dikelola oleh ibu-ibu PKK setempat). Tak ketinggalan juga ada ruang laktasi dan ruang serbaguna untuk aneka pelatihan. Bahkan ada perpustakaan yang tutup pukul 17.00.

Lalu ada juga area tanaman hidroponik dan kebun aneka tanaman seperti labu, cabai, terong, dan lain-lain.

Saking senangnya dengan tempat ini, Alun dan Lintang datang pada malam hari dan besok siangnya minta ke sini lagi. Walau malam, area ini tetap ramai pengunjung, baik yang bermain futsal, maupun keluarga (orangtua dan anak-anaknya). Karena areanya tidak terlalu luas, maka pengawasannya juga cukup baik. Jarang terlihat sampah di sana-sini, dan tidak terlihat remaja/pasangan yang pacaran sebagaimana umumnya sering kita lihat di ruang terbuka. Pas ke sini malam-malam, saya melihat dua ibu-ibu yang mungkin pengelola/pengurus RPTRA ini, selalu berkeliling melakukan pengecekan dan pengawasan. Ketika banyak anak-anak main petak jongkok dan menginjak rumput, pengurus menegur anak-anak agar boleh tetap bermain namun jangan sampai menginjak rumput.

Secara keseluruhan RPTRA ini terlihat asri dan nyaman. Oiya karena areanya terbilang kecil, maka track/jalanan di dalam RPTRA juga cenderung terlihat sempit. Beberapa anak mencoba bermain roller blade namun gerak mereka terbatas karena harus berbagi dengan anak-anak lain yang berlari-larian ke sana ke mari.

Senang rasanya melihat anak-anak bergerak, bermain dan berkeringat di arena outdoor. Kami sebagai orangtua merasa senang menemani mereka sambil mata dimanjakan dengan hijaunya tanaman nan terawat di sana-sini. Segar rasanya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Pemda juga membangun RPTRA dekat rumah kami, supaya kalau mau main tidak perlu pergi jauh-jauh lagi. 

14 Comments

  1. avatar
    Retno Aini March 17, 2017 2:52 am

    Wah, ruang terbuka ramah anak di Jakarta nambah lagi ya... senang deh lihatnya. Ibukota jadi terasa semakin memanusiakan warganya :) Terima kasih mba Imelda buat selalu sharing info ruang2 terbuka di Jakarta, senang deh infonya pasti bermanfaat buat mama papa yang nyari outdoor playground buat anak2. keep the post coming ya mba :D

    1. avatar
      Imelda Sutarno March 17, 2017 4:12 pm

      mbak aini, sama-sama ya.Mudah2an RPTRA ini benar-benar membawa manfaat terutama bagi anak-anak ya mbak. Amiin....

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel March 10, 2017 10:08 am

    Makin kece yaaa Jakarta. Semoga makin banyak rptra yang terjaga keasriannya! Tfs mel!

    1. avatar
      Imelda Sutarno March 17, 2017 4:12 pm

      Amiin...yuk yuk doain terus semoga makin asri dan makin banyak RPTRA nya. Sama-sama ya Ka :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Gabriella F March 6, 2017 9:00 pm

    Wah keren banget ya, bersih dan asri RPTRA-nya. Senangnya lihat Jakarta makin cantik, semoga menular sehingga kota-kota lain juga makin ramah anak ya.

    1. avatar
      Imelda Sutarno March 17, 2017 4:11 pm

      amiin...semoga ya mbak. Biar anak-anak se-Indonesia lebih ceria, lebih sehat juga karena fisiknya bergerak, ga cuma ngegadget aja hehe :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Honey Josep March 6, 2017 4:56 pm

    waaah senengnyaaaa uang publiknya juga dilengkapi dengan ruang laktasi pasti urban mama juga makin betah untuk bermain di ruang terbuka :)
    Tfs Imelda!

    1. avatar
      Imelda Sutarno March 6, 2017 5:12 pm

      iya mbak Honey, nampaknya rata2 RPTRA dilengkapi ruang laktasi. Soalnya yang aku liat di Kalijodo juga seperti itu (ada r.laktasinya nya). Yuk yuk main ke RPTRA :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita March 6, 2017 3:33 pm

    woohoo!
    jakarta makin kece! seneng banget banyak RPTRA :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno March 6, 2017 4:26 pm

      iya mbak. Seneng bangetlah pokoknya. Mudah2an semua RPTRA di Jakarta terawat dan benar-benar ramah anak ya mbak, aamiin....

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .