Berpetualang di Perpustakaan Universitas Indonesia

Sebulan yang lalu, papa Kiara ada acara penyambutan mahasiswa baru di UI. tadinya saya tidak berniat mengantar ke sana tapi karena sekalian ingin menjenguk kakak yang baru melahirkan, saya dan Kiara ikut serta. Sampai di sana ternyata acara belum dimulai. Lalu suami mengajak saya ke perpustakaan pusat UI yang baru dibangun. Bangunannya sangat futuristik dan di bagian atapnya ditanami rumput sehingga terkesan sangat hijau. Bertempat tepat di depan danau UI dan dikelilingi oleh taman yang cukup rindang dan luas membuat pemandangan di sana menjadi indah. Terlihat beberapa mahasiswa yang sedang duduk-duduk berkumpul di halaman perpustakaan.

Masuk ke dalamnya, kesan modern sangat terasa. Terdapat deretan flat screen di dinding (sayangnya belum dioperasikan) dengan beberapa komputer tersedia untuk keperluan pencarian buku. Terdapat pula beberapa tempat duduk yang digunakan para mahasiswa untuk berkumpul dan berdiskusi. Untuk yang ingin bersantai menikmati kopi, terdapat Starbucks di lantai dasar. Sayangnya perpustakaan ini belum launching secara resmi sehingga kami tidak dapat menjelajah lebih lanjut ke lantai-lantai atas.

Dengan kesan yang luas dan indah, perpustakaan ini sangatlah nyaman, sangat jauh dari kesan umum perpustakaan di Indonesia yang kaku dan kurang terawat. Kiara sangat senang berjalan-jalan disini, mondar mandir sambil mengamati para mahasiswa berlalu-lalang. Saya rasa tempat ini sangat ideal untuk mengenalkan anak kita pada perpustakaan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap buku. Selamat berpetualang!

14 Comments

  1. avatar
    Dini Restiani October 13, 2011 12:05 pm

    hay mira...
    ketemu disini :D
    masih sering main ke UI ya...
    aku udah 6 thn ga kesana...sama sekali ga liat perkembangan UI, cuma dengar & baca2 aja dr blog orang2...:D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Chandra Marsono October 11, 2011 4:45 pm

    Awal bulan ini saya menjadi dosen di UI, dan pertama kali melihat langsung perpustakaan ini rahang jatoh ke tanah. Keren banget. Asri dan adem. Sayangnya saat ini masih untuk Civitas UI saja, namun sepertinya kedepan akan dibuka untuk umum di beberapa tempat. Lab komputernya MacPro semua, keren....

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    yosi suzitra October 4, 2011 11:31 am

    Wow keren.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    siska desianty October 1, 2011 2:03 pm

    jd pengen kesana..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    mamamabelle September 30, 2011 9:20 pm

    Keren ya perpusnya. Sama seperti moms yg lain....mengharapkan lebih banyak perpustakaan d negeri kita yg tercinta ini.

    1. avatar

      As .