Bersepeda Bersama Batita

Sejak Aina masih berumur satu tahun, saya sudah mulai mengajaknya jalan-jalan naik sepeda. Awalnya hanya berputar-putar sekeliling kompleks rumah. Lalu mulai diajak jalan-jalan ke yang lebih jauh, seperti pergi belanja bulanan atau mengunjungi Botanic Gardens yang jaraknya hanya 3 kilometer dari rumah.

Sekarang, kami sudah mengajak dia bersepeda ke tempat-tempat yang lebih jauh, sekitar 20 kilometer atau lebih. Dan Aina selalu senang naik sepeda.

Tentunya, ada banyak persiapan yang kami lakukan sebelum memulai kegiatan ini.

Umur berapa batita sudah boleh diajak bersepeda?

Asumsi saya dalam mengajak anak naik sepeda ini adalah saat anak sudah bisa menikmati perjalanan naik sepedanya. Sebenarnya sih, bisa saja bayi mungil dibawa bersepeda sembari digendong di dalam wrap, tapi si anak kan ga bisa melihat keluar. Jadi, menurut saya, sebaiknya syarat pertama adalah si anak sudah bisa duduk sendiri, jadi sudah bisa duduk di bike child seat atau boncengan bayi. Umumnya, orang tua baru berani membawa anaknya naik sepeda ketika sudah berumur 1 tahun. Bahkan di beberapa negara, ada peraturan tertulis dimana anak boleh duduk di Bike Child Seat setelah berumur 1 tahun dan harus pakai helm. Tentunya, kalau orang tua merasa cukup nyaman mengajak anak berumur 6 sampai 9 bulan, ya silakan.

Perlu barang-barang apa saja?

1. Boncengan Bayi/Anak
Ada beberapa macam bike child seat atau boncengan bayi. Kalau anaknya masih dibawah 2 tahun dan belum terlalu berat, yang paling enak itu adalah boncengan depan. Seperti stroller yang bisa menghadap ke kita, boncengan di depan memberi kesempatan untuk mama ngobrol dan mendapat feedback dari si anak. Kalau anak ngantuk atau bosan, kelihatan.

Kalau anaknya sudah mulai berat atau besar, kursi boncengan belakang lebih cocok, karena weight allowance-nya biasanya lebih besar (sekitar 25 kilogram). Untuk boncengan belakang, sebaiknya cari yang tingginya cukup untuk anak sandaran. Jadi kalau si anak capek atau mengantuk, kepalanya bisa disandarkan. Ada juga beberapa model kursi yang bisa recline, yang berguna untuk perjalanan jauh. Sayangnya biasanya harganya mahal sekali, jadi ga worth it untuk pemakai sepeda sekitar kompleks saja.

2. Helm anak.
Biarpun orang tuanya ga pakai helm, sangat penting untuk anak kecil memakai helm, karena jatuh dari sepeda itu tinggi lho untuk batita!

3. Krim Tabir Surya a.k.a Sunscreen
Sama seperti berenang atau piknik, bersepeda juga bisa membuat kulit terbakar.

4. Air minum & Snack.
Selalu bawa tempat minum berisi air mineral karena biasanya gampang haus.

Tip-tip lain:


  • Untuk pemula, pilih rute yang mudah atau yang sudah biasa dilewati. Sebaiknya, kita sudah pernah melewati rute tersebut tanpa membawa anak, jadi sudah tahu terrain dan karakter dari rute tersebut, misalnya, perempatan mana yang rame, atau di sebelah mana ada lubang besar di jalanan.

  • Pilih rute yang seru untuk anak, misalnya melewati taman, tepi sungai, atau toko-toko favorit anak. Bersepeda di jalan raya, selain membuat nervous karena mobil-mobil berjalan cepat disamping kita, juga membosankan untuk si anak. Dari pengalaman, bersepeda di jalan raya bikin anak mengantuk dan cranky (atau tidur) dalam waktu 15 menit.

  • Jangan pergi bersepeda pas waktu napping. You'll be dealing with a cranky monster. Atur rute, jarak dan waktu, sehingga pas waktu tidurnya.

  • Jangan lupa, waktu beresepeda akan lebih panjang saat membawa anak. Pertama, ada tendensi kita bersepeda lebih lambat dan lebih hati-hati ketika membonceng anak. Kedua, karena anak lebih cepat bosan, kita akan lebih sering berhenti dan main-main dulu selama perjalanan.

  • Karena berada pas diatas axle roda, boncengan belakang sangat sensitif dengan bumps di jalanan. Untuk menjadi semacam shock-breaker, sebaiknya ban sepeda belakang jangan terlalu penuh dipompanya.

Jangan lupa, family cycling is child-centered cycling. And have fun!

36 Comments

  1. avatar
    isyana natalia risti June 10, 2011 4:57 pm

    ahaha.. ini cita cita banget, sejak liat posting ibu bersepedanya mba thalia yang dulu. udah sempet sih bawa sali bersepeda. kita keliling bunderan HI pelan pelan di carrier pas car free day. tapi yang bawa abahnya.
    bener tuh sunscreen, soalnya ga lama bawa sali dia langsung temi.. hihi...

    ga sabar sampe sali bisa bonceng beneran.

    1. avatar
      thalia kamarga June 14, 2011 11:21 pm

      waaah, asik ya kalo lagi CFD… ntar lagi sali udah bisa duduk di boncengan beneran ya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    gamma sinta.r June 10, 2011 4:31 pm

    thaaal..20km?? hebat bgt ngajak aina sampai jarak sgitu.

    btw,foto2nya baguuss, trus aina jg kliatan enjoy bgt yaaa..

    1. avatar
      thalia kamarga June 14, 2011 11:18 pm

      hahaha, iya, sekarang udah bisa lebih jauh, gam... udah ampe 40km lah. yah pake berenti minum kalo udaranya panas sih :) aina sekarang udah suka minta pegi jalan2 naik sepeda. kalo bbrp hari ga sepedaan, dia suka kangen :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Siska Knoch June 9, 2011 10:50 pm

    suka banget sama tipsnya! pokoknya cita2 kalo pas ke spore pgn jadi kopdar sepedahan sama binggi+Aina.. ntar bakalan gue tagih *loh?!* :p
    Anyway bener bgt yg bawa minum ama cemilan, elmo yg gue bawa keliling komplek or CFD pas wiken aja suka minum byk ditengah jalan apalagi kalo dibawa 20km.... hebad iihh, dua jempol!

    1. avatar
      thalia kamarga June 10, 2011 1:13 am

      yuuuuk, mau chik! ntar ada kok tempat sewa sepeda yang bisa ama child seatnya :D

      iya bener, minuman penting banget. apa lagi kalo panas cuacanya... takut dehidrasi, euy.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    neng_april June 9, 2011 8:43 am

    Oiya, bener juga ya.hehehe
    Thanks for sharing ya Thalia! :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ifa June 8, 2011 8:38 pm

    asik bgt y bersepeda sm aina :D jd pgn coba sm irsyad digendong di carrier smbl bersepada wuih..asik kena angin semelingeran.. baru menghayal aja n hehe soalnya ms takut g seimbang..klo anakny g bs diem mauny goyang" lincah takut jatuh g y?hehe :P

    1. avatar
      thalia kamarga June 10, 2011 1:12 am

      hihihi, tungguin ampe irsyad gedean dikit aja, fa… lagian to tell you the truth, semakin kecil anaknya, semakin gampang nyeimbanginnya, biarpun dia gerak2 :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .