Catatan Mainan DIY Anak: Main Pintar Tidak Perlu Mahal

Bermain adalah dunia anak, bermain merupakan hak dan kebutuhan setiap anak. Bermain juga merupaka satu kesatuan proses yang akan selalu ada dalam proses tumbuh kembang anak-anak kita. Banyak sekali pilihan permainan yang bisa kita kenalkan pada anak tapi terkadang kita terbentur pada waktu, harga, tempat, dan lainnya. Sebagai seorang ibu tentu saya ingin saat bermain bersama kedua buah hati adalah momen yang menyenangkan dan berkualitas. Saya juga ingin saat bermain bersama mereka ada added value yang dapat diberikan, mudah mencari  bahan-bahan, dan yang barang-barang yang bisa dimanfaatkan dari rumah.

Selama ini saya mencari inspirasi untuk mengajak main Miguel dan Vino dari internet. Tak jarang saya menghabiskan cukup banyak waktu saat mencari-cari permainan yang kira-kira cocok untuk mereka. Belum lagi waktu yang saya perlukan untuk persiapan. Karena itulah saya menyambut gembira hadirnya buku tentang membuat mainan untuk anak ini.

Sesuai dengan judulnya, buku setebal 129 halaman ini berisikan berbagai mainan yang bisa kita buat sendiri untuk anak-anak. Setiap permainan ditulis lengkap dengan alat dan bahan, cara membuat, dan langkah demi langkah yang bisa kita ikuti dengan mudah. Buku ini ditulis oleh lima mama kreatif, yang salah satunya adalah Fenny Masudah sebagai kontributor The Urban Mama, bersama dengan Stella Sutjiadi, Anies Anggara, Husna Ika Putri, dan Virginia Tanumiharjo.

Selain cara membuat mainan, satu hal penting yang ada dalam buku ini adalah template gambar. Ini penyelamat bagi saya yang kurang bisa menggambar dengan baik. Pada setiap permainan ada panduan usia anak, sehingga kita tidak bingung apakah mainan ini cocok untuk anak kita atau belum. Lalu juga dijelaskan tujuan dari setiap permainan. Buku ini juga dilengkapi dengan tahapan tumbuh kembang anak usia dini yang bisa menjadi acuan kita, sehingga bisa tahu mana yang kira-kira sudah dicapai dan kegiatan apa yang masih memerlukan stimulasi.

Salah satu mainan yang sudah saya buat adalah Kelereng Titik Air. Dari penjelasannya, permainan ini secara tidak langsung juga mengajarkan ilmu pengetahuan alam tentang proses daur air. Dengan cara ini, diharapkan anak bisa senang bermain dan mengerti tentang proses dari mana hujan turun.

https://www.youtube.com/watch?v=TBFoVhCmW9s

Ada 50 ide permainan yang ditulis secara mendetail dalam buku ini, jadi buku ini bisa digunakan untuk menciptakan kegiatan seru bersama anak-anak pada musim liburan mendatang.

Related Tags : ,

15 Comments

  1. avatar
    ririn mommy sila September 8, 2016 11:01 am

    bukunya kereeennnn bingits
    belinya dimana ya??
    bisa infokan ke saya???

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    lelafik June 21, 2016 7:48 pm

    memang menyenangkan ya si kecil bisa bermain dan belajar

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Fenny Masudah May 31, 2016 7:43 am

    Thank you mommyluv yang sudah bersedia mereview saya samgat2 senang kisses and hugs for you. Untuk ibu2 dan mba2 terima kasih yah apresiasinya juga.

    Mba aini memang tinggal dimana? Mungkin saya bisa bantu untuk mendapatkan buku tersebut

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania May 25, 2016 10:37 pm

    Bukunya kereeeeeeeenn banget momchik!
    Duh aku jadi pengen punya deh,biar jadi mama yg kreatif dikit gitu didepan anak-anak :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar May 24, 2016 3:52 pm

    ini buku wajib para emak-emak yaa chikaaa...tfs isi bukunyaa chik:)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.