Cerita Ngidam

Waktu masih lajang dulu, saya sebenarnya agak-agak curiga sama ibu hamil yang ngidam. Itu beneran ngidam atau cari perhatian suami, keluarga terdekat, atau teman. Habis, kesannya seakan-akan mengada-ada. Dari yang mulai ngidam hanya bisa makan sambal, pecel, mangga muda, ga bisa nyium bau suami, sampe ingin makan mangga curian. Apalagi dengan adanya mitos kalau ibu hamil ngidam dan nggak diturutin, nanti bayinya jadi ileran. Nah, jadi makin semangat kan orang-orang terdekat mereka untuk mengikuti keinginan ibu hamil.

Ketika hamil anak pertama. Saya menyugesti diri sendiri kalau saya tidak percaya dengan ngidam. Selama saya merasa perhatian suami dan keluarga mencukupi, kenapa saya harus minta yang aneh-aneh? Dan ketika suami saya sempat sibuk bekerja dan sempat tidak memperhatikan saya selama beberapa hari. Saya juga menyugesti diri sendiri bahwa itu dilakukan suami saya untuk keluarganya sehingga tidak seharusnya saya menuntut hal-hal yang membuat suami dan keluarga saya pusing tujuh keliling untuk menuruti keinginan ngidam saya.

It works!

Selama 8 bulan saya hamil anak pertama. Saya tidak ngidam sama sekali, tidak mual, tidak muntah-muntah, diajak jalan kemana aja dan dengan kendaraan apa aja sanggup. Kalo kata orang, saya hamil kebo. Jadi kayak ngga berasa hamil. Dan, saya pun mulai merasa teori saya tanpa berdasarkan bukti ilmiah ini berhasil, bahwa ibu hamil bisa ngga ngidam, kuat, ngga mual-mual, ngga muntah-muntah. Asalkan bisa dan yakin dengan diri sendiri.

Ketika kehamilan kedua. Saya pun mulai menyugesti diri sendiri seperti kehamilan pertama. Dan... tidak berhasil. Meskipun beberapa kali saya menyugesti diri sendiri. Saya tetap merasakan mual-mual, muntah-muntah, pusing, ngga kuat, ingin tidur terus. Dan, saya mulai merasakan yang namanya ngidam.

Iya ngidam dan itu berlangsung sampai anak kedua saya lahir. Makanan yang bisa masuk ke perut saya itu hanya makanan yang pedas. Ngidam yang biasanya dirasakan selama trimester pertama, dirasakan oleh saya sepanjang kehamilah anak kedua. Yang biasanya hanya bisa makan 2 cabe dalam masakan itupun sambil kepedasan dan ditemani bergelas-gelas air putih. Sekarang saya bisa merasakan 10-15 cabe tanpa merasakan kepedasan. Bahkan, suami dan bapak saya yang biasanya jagonya makan pedes sampai terheran-heran melihat saya ludes menghabiskan sambal dan lauk-pauk pedas spesialnya mereka. Entah kenapa, perut rasanya berontak jika makan nasi tanpa cocolan sambal, ataupun makan nasi tanpa rasa pedas.

Akhirnya, saya pun mulai merasakan tersiksanya ibu hamil yang harus muntah dimana saja, kapan saja. segala macam makanan yang saya makan pasti saya keluarkan lagi, ga bisa cium bau kaldu, gorengan, dan segala macam. Bahkan minum air putih, jahe, permen, crackers, biskuit pun bisa saya keluarkan lagi. Makanan dan minuman favorit sebelum hamil tetap juga ngga bisa masuk, bahkan mencium baunya pun sudah membuat saya mual-mual ngga karuan. Morning sickness pun jadi all day sickness. Dan, muntah saya pun tergolong berlebihan sampai saya harus dirawat di rumah sakit selama satu hari untuk dinfus karena tidak ada makanan dan minuman yang bisa masuk perut.

Segala macam cara dan tips sudah saya coba untuk mengatasi mual, muntah, dan rasa suka berlebihan terhadap masakan pedas. Ternyata, ga ngaruh juga. Akhirnya, saya pun mulai menerima dan mulai menikmati kelebihan kehamilan kedua ini. Toh, namanya juga hamil. :)

Setelah anak kedua saya lahir. Tiba-tiba kemampuan saya untuk menahan rasa pedas hilang. Jangankan untuk makan 10-15 cabe. Makan 2 cabe yang dicampur dalam masakan, saya bisa kepedasan dan menghabiskan bergelas-gelas air minum.

Di kehamilan yang ketiga ini. saya mulai menyikapi dengan tenang. Alhamdulillah, morning sickness juga ada, tapi ga separah kehamilan kedua. Ngidam juga ada, tapi masih bisa masuk makanan yang lain.

Mungkin saya jangan terlalu takabur ya. Meremehkan hal-hal yang biasa terjadi dan membuat tersiksa pada ibu hamil. Akhirnya terjadi juga ke saya dan malah lebih parah lagi.

Jadi, saya mengalami pengalaman yang berbeda-beda di tiap kehamilan. Seperti tagline The Urban Mama tapi dengan sedikit modifikasi. There is always a different story in every pregnancy.

*image from http://www.sxc.hu/photo/517549

22 Comments

  1. avatar
    Lusiane SN October 5, 2013 12:01 pm

    Waktu hamil Lio, sy tergolong yg mulus2 aja. Ga ngidam, ga mual-muntah, ga bengkak, masi bs ke mana2, ga aneh2 lah, masi bs ditolerir. Cuma sy suka eneg klo liat nasi, kyk males gitu liat nasi, pdhl sy tergolong orang yg ga bs kenyang klo blm makan nasi. Trus mendadak klo waktunya makan malam, sy maunya cuma makan bubur kacang ijo+susu kental manis yg dijual d deket rumah *ini ngidam ato doyan yah hahahaha....
    Semoga nanti klo hamil lg jg mulus2 aja ;))

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    agatha astrid December 26, 2012 1:31 pm

    Hay..

    Saya lg hamil 10 minggu nih. Dan dr 6 minggu hamil, udh mulai berasa mual2 dan muntah2. Rasanya kesiksaaaaa banget. Ga bs minum air putih, ga bs nyium minyak kayu putih dan balsem (padahal sblm hamil suka banget), dan yang paling ga enak itu nyium bau suami :( rasanya bau suami tu ga enaaaaak banget, sebel kalo deket2 dia :(
    Tp klo makanan sih ak ga terlalu kepengen apa2, cmn kmaren sempet pengen siomay yg ad dicipete (makanan dr wkt kecil pas tinggal dicipete) tp pas sampe sana udh pindah, tp yaudh gpp..
    Emang pengalaman ibu hamil beda2 bgt ya, temen kantorku enak2 bgt hamilnya. Semuanya bisa dimakan, ga mual dan g muntah2.
    Tp aku menikmati aja deh semuanya, tp ttp berharap setelah 3 bln mual dan muntahnya ilang hehe..

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ntanchan February 7, 2012 2:55 pm

    Saya juga sama, kayanya hamil kebo juga deh. Hehehe...
    Sampe sekarang hamil 16mgu, Alhamdulillah belom pernah muntah mual yang gimana gitu. Sampe kuatir, ko saya ga kaya ibu hamil lainnya ya. Kata dokter, justru perlu disyukuri kalo kaya gini, jadi baby-nya dapet nutrisi yang cukup.
    Masalah ngidam juga, ga terlalu diikutin sih. Biasanya cuma sesaat aja, kalo ada ya dimakan, ngga ada juga ya makan yang ada aja. Hehehe... Alhamdulillah :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Tina Trihandayani November 1, 2011 2:56 pm

    new comer nih.., mo ikutan nimbrung ya...
    skrg aq lg hamil 19 mggu, dan Alhamdulillah ga ngalamin yg namanya ngidam or mabok gt deh.. kbetulan ada barengan temen sekantorku dia mah tiap pagi nyampe kantor langsung muntah2 gt. Ampe aq mikir dia koq lebay deh.. pernah sih skali muntah itu pun malem, karna pusing d kereta dari waktu pulang kerja. trus aq jg ga pernah minta or ngidam macem2.. pernah pengen bubur ayam, 3hari berturut2 makan itu terus. udah gitu ya udah. ampe skrg so far do good lah.. :) aq jg mensugestikan ke diri sendiri klo hamil itu menyenangkan.. :) pokoke jangan ampe nyusahin diri sendiri n orang lain. tapi manja2 sama suami mah teuteup.. hehehe.. :p

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Divi zarra jamil October 24, 2011 9:06 pm

    salam kenal mbak meliana dan semuanya aku baru gabung namun kehamilan ku sudah menginjak 38week 4days ...
    awal kehamilan saya tidak ketahuan setelah 1bulan setengah baru ketahuan hamil dan menginjak bulan kedua saya mual dan muntah tidak hanya pagi saja tp malam juga parahnya lagi tidak makan nasi selama hamil sampai menginjak kehamilan di usia 4 bulan hihihi tp alhamdulillah si baby di perut sehat dan terus berkembang :)
    selama hamil trimester pertama juga saya gak bisa masuk kedapur karna melihatnya saja sudah bikin muntah2 hihihi aneh ya tapi saya menikmati kehamilan saya hingga saat ini :)
    setiap kehamilan itu memiliki cerita masing-masing ya :)

    1. avatar

      As .