Chocolate Pie

Urban Mama pernah menonton film The Help? Kalau pernah menonton film The Help, pasti ingat salah satu adegan seru dimana Minny (Octavia Spencer) menyajikan Chocolate Pie untuk Holly Holbrook (Bryce Dallas Howard). Meski ceritanya agak-agak membuat bergidik, tetapi karena menonton adegan tersebut saya jadi penasaran membuat chocolate pie. Setelah menjajal resep dari website Joy of Baking, chocolate pie sukses jadi salah satu hidangan favorit di rumah kami. Biasanya saya membuat chocolate pie ini di akhir pekan untuk camilan teman minum kopi sore-sore, atau untuk hidangan menjamu teman yang berkunjung ke rumah. Cara membuatnya pun mudah. Berikut resepnya:

Bahan kulit pie:

  • 130 gram tepung terigu serbaguna
  • 35 gram gula bubuk atau gula pasir halus
  • 113 gram mentega dingin atau margarin dingin, potong kecil-kecil
  • sejumput garam

Bahan isi pie:

  • 150 gram gula pasir
  • 5 sendok makan tepung maizena
  • 30 gram bubuk kakao (unsweetened cocoa powder)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 300 ml susu full cream dingin, bagi dua
  • 2 kuning telur ayam
  • 100 ml heavy cream dingin
  • 100 gram dark cooking chocolate, cincang
  • 1/2 sendok teh perisa vanilla
  • 1 sendok makan mentega

Cara membuat:

1. Kulit pie: dengan dua garpu atau adukan berpisau khusus untuk pastry, aduk tepung terigu, gula bubuk, garam, dan mentega dingin. Aduk sampai adonan berbutir-butir seperti pasir basah.

2. Tuang adonan kulit pie ke loyang pie. Ratakan adonan kulit pie sambil sedikit ditekan-tekan dengan ujung jari, sampai seluruh adonan menutupi bagian dasar loyang dan dinding loyang pie. Tusuk-tusuk adonan kulit pie dengan garpu. Tutup adonan dengan aluminum foil, simpan dalam freezer selama 15 menit.

3. Setelah 15 menit, keluarkan kulit pie dari freezer dan panggang dalam oven suhu 200 derajat Celsius selama 10 menit. Setelah kulit pie matang, keluarkan dari oven dan biarkan sampai agak dingin.

4. Bahan isi pie: dalam mangkuk, aduk rata gula pasir, maizena, bubuk kakao, garam, dan 200 ml susu dingin. Masukkan kuning telur, aduk rata.

4. Dalam panci kecil, aduk sisa 200 ml susu, heavy cream, dark cooking chocolate, vanilla, dan mentega. Panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai cokelat larut.

5. Matikan api, tuang campuran heavy cream ke adonan kuning telur, aduk rata. Jika ingin isi pie yang halus tak bergumpal, saring adonan isi pie. Panaskan kembali adonan isi pie dengan api kecil sambil terus diaduk sampai adonan mengental. Tuang campuran isi pie ke loyang berisi kulit pie yang sudah dipanggang.

6. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Panggang pie selama 15-20 menit atau sampai permukaan isi pie terlihat matang.

7. Keluarkan pie dari oven. Diamkan sekitar 30 menit sampai suhunya turun. Sajikan pie cokelat dengan whipped cream.

 

Urban Mama dapat mengganti tepung terigu dengan almond flour untuk membuat kulit pie bebas gluten. Kulit pie dapat dibuat sehari sebelumnya, cukup tutup dengan aluminum foil dan simpan dalam freezer sampai hendak dipanggang. Pie yang sudah matang disimpan semalam dalam kulkas untuk dihidangkan keesokan harinya. Selamat mencoba!

4 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel May 7, 2018 9:18 am

    Yumm! Lejaattt!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania May 2, 2018 9:23 pm

    coklat pie mba Ai pasti lebih lejat dibanding punya yang di the nanny (eh) hahaha..

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita May 2, 2018 5:45 pm

    ai! pinter amat sih bikin macem macem dan selaluuu sukses bikin ngiler huhuhu kebayang enak ituuu.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    dieta hadi May 2, 2018 8:46 am

    ngilerrrr, mau langsung coba ah, tfs ai

    1. avatar

      As .