FIFO atau LIFO?

image credit: gettyimages.com

Manajemen ASI Perah atau biasa disebut ASIP bukan hal yang aneh saat ini. Apalagi jika Mama adalah seorang ibu bekerja. Saya semenjak hamil sudah banyak membaca forum mengenai manajemen ASIP, seperti di sini. Ya, alasannya tak lain adalah keinginan untuk memberikan ASI bagi bayi saya kelak. Beberapa hari setelah melahirkan, saya memerah ASIP, botol demi botol mulai terkumpul untuk bekal jika saya sudah harus masuk kerja lagi.

Saat sudah kembali bekerja saya dihadapkan oleh dua pilihan tentang manajemen ASIP. Ada dua metode dari beberapa sumber yang pernah saya baca: FIFO (First In First Out) ataukan LIFO (Last In First Out). Jalan tengahnya adalah kombinasi dari keduanya. Seperti yang Mama ketahui, gizi ASIP yang telah dibekukan dan sudah disimpan (dalam waktu yang cukup lama) di freezer tentu akan berkurang dan ASIP fresh atau hanya disimpan di kulkas bawah (chiller) akan memliki kandungan qizi lebih baik.

FIFO (First In First Out)
Sesuai namanya, metode FIFO seperti metode mengantre. Yang pertama kali masuk akan keluar pertama kali, yang berarti, hasil perah ASIP Mama lebih dahulu akan lebih awal dikonsumsi bayi. Misalkan Mama memerah rutin sebelum mulai kembali bekerja; Mama memerah pertama kali pada 3 Januari dan akan masuk kerja pada 3 Maret, maka pada tanggal 4 Maret, bayi akan diberikan ASIP tertanggal 3 Januari lalu dan berurut dimulai dari tanggal tersebut.
+ Kemungkinan ASIP basi/kedaluwarsa akan sedikit karena rotasi ASIP di freezer terus dilakukan
- Gizi ASIP beku tentunya tidak sebaik gizi ASIP fresh
Note: Cocok diterapkan untuk hasil perah ‘kejar tayang’

LIFO (Last In First Out)
Nah, metode yang ini kebalikan dari metode sebelumnya. Jadi hasil perah ASIP yang terakhir (atau yang fresh) akan diberikan ke bayi lebih dahulu. Menggunakan contoh sebelumnya, maka bayi akan diberikan ASIP tertanggal 3 Maret, atau bahkan 4 Maret pada dini atau pagi hari. Lalu bagaimana ASIP per tanggal 3 Januari tersebut? ASIP tersebut akan menjadi cadangan stok ASIP Mama sekalian.
+ ASI segar/fresh lebih baik drpd ASI dari chiller atau freezer, makin fresh maka akan semakin baik kandungannya.
+ ASI adalah cairan hidup yang berbeda komposisinya setiap hari karena disesuaikan dengan kebutuhan bayi, ASIP yang diperah mendekati usia bayi lebih baik karena hampir sesuai dengan kebutuhan bayi.
- Kemungkinan ASIP basi menjadi besar, jika ASIP yang pertama kali diperah tidak kunjung dikonsumsi bayi.
Note: Cocok diterapkan untuk hasil perah ‘meluber’

Yang banyak dipergunakan Mama mungkin kombinasi metode di atas ya? Metode kombinasi FIFO dan LIFO. Metode ini win-win solution dari dua metode di atas. Masih menggunakan contoh di atas, maka pada waktu Mama kembali bekerja, bayi akan diberikan ASIP pertanggal 3 Januari dan 3 Maret. Kombinasi tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan Mama dan si kecil.
+ Bayi akan mendapatkan ASIP fresh dengan kandungan yang lebih baik
+ Kemungkinan ASIP basi lebih kecil dibandingkan metode LIFO
- Diperlukan ketelitian lebih untuk mengombinasikan ASIP (fresh dan beku)

Semoga tips ini berguna. Happy Pumping Mama!

28 Comments

  1. avatar
    LeniLova June 5, 2016 12:32 am

    Wah akhirnya dpt jwban dr pertanyaanku yg slama ini bikin galau heheheheh...
    Anaku usia 2m, masuk kerja 1bln lgi. Lgi rajin2nya baca2 ttg pmberian ASI.
    Saat ini baru ada 10 botol @100cc d freezer, sbnernya lebih tp udah d pake saat aq keluar rmh dan baby ga d ajak. Dan pumping jg jarang, paling 1hari sekali klo mlm.
    Klo aq kluar, aq kasih ASIP dg metode FIFO, tp babyku rada kurang suka, pas aq icip jg emng iya rasanya udah beda, lebih berlemak. Kasian sih liat expresi babyku bgtu wlopun akhirnya dia mau jg. Kpikiran pngen ngasih metode LIFo tp tar asip yg lama kandungannya lebih menurun lagi, pake fifo tp kasian jg dpt asip dg kandungan gizi yg kurang pdhal ada asi segar.
    Galaunya dsitu moms...
    Tp bgaimanapun jg, asip beku lebih bgus dr susu formula y,
    Smangaatttt...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Melyani Filtania May 19, 2014 2:09 pm

    noted :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    elzahra September 26, 2013 9:08 am

    Kalau saya kombinasi FIFO dan LIFO, tapi lebih banyak LIFO saat ini, pernah 2 hari FIFO 100%, Razan rewel, mungkin belum kenyang, sekarang usia Razan 2,5mo, ASIP awal bulan Agustus (Perahan ketika usia 1 mo) masih ada.
    Mungkin Gizi anak umur 1 mo beda dengan umur 2 mo ya....

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    nitachrestella September 25, 2013 12:16 pm

    Hmmm, menejemen FIFO, LIFO atau kombinasi semuanya memang tergantung dari Ibu dan Anak serta memiliki positif dan negatifnya masing-masing.
    Kalau saya menejemen LIFO, karena produksi yang berlebihan, jadi saya tetap usahakan agar anak saya dapat yang paling fresh setiap harinya.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Verina Rendiza July 9, 2013 2:34 pm

    waah... baru tau niyhh ada LIFo juga yaa.. hehehe.. thx ya moms infonya :)

    1. avatar

      As .