Ide Kegiatan untuk Mengisi Liburan Sekolah

Belum lama ini Mama Aini telah berbagi ide untuk mengisi liburan lebaran anak-anak meski tidak mudik. Masa liburan sekolah masih cukup panjang, sementara sebagian dari kita sudah harus kembali bekerja. Bagaimana dengan sisa liburan sekolah anak-anak? Apa yang harus kita lakukan agar mereka tidak bosan?

Ada beberapa ide kegiatan untuk mengisi liburan sekolah, antara lain:

  • Mengikuti kelas-kelas liburan untuk anak-anak. Mereka bisa mengikuti kelas pilihan masing-masing. Belajar hal-hal baru seperti menjahit, berbicara di depan umum, memasak, melukis, membuat website, dan beragam kegiatan menarik lainnya yang tidak sempat dilakukan saat hari-hari sekolah.
  • Mengeksplorasi kota tempat tinggal. Bukan tidak mungkin anak-anak justru kurang mengenal kota tempat mereka tinggal. Nah, liburan sekolah dapat digunakan untuk mengeksplorasi kota tempat kita tinggal. Kita bisa mengajak anak-anak mengunjungi museum dan objek wisata yang ada.
  • Mengunjungi acara-acara tahunan yang diselenggarakan saat liburan sekolah. Ada beberapa acara tahunan yang bisa dikunjungi saat liburan, misalnya Pekan Raya atau Festival Musik.
  • Mengadakan acara kumpul bersama teman-teman sambil bermain, misalnya bergantian dengan orang tua lain mengadakan play date. Buatlah kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak, misalnya menonton bersama, berenang bersama, atau pergi ke museum bersama.
  • Mengajak anak-anak membereskan barang-barang yang berkaitan dengan sekolah mereka, misalnya menyampul buku-buku, mencuci tas sekolah, membereskan buku-buku yang sudah tidak akan dipakai pada tahun ajaran baru. Melihat secara keseluruhan benda apa saja yang harus dibeli lagi atau mana yang masih bisa dipakai.

Bagaimana urban mama, mungkin ada ide tentang kegiatan lain?

2 Comments

  1. avatar
    Javamarina Holiday October 8, 2018 9:40 pm

    Dan jangan lupa bun, aktivitas diluar ruangan juga bagus untuk anak selama masih dalam pengawasan orang tuanya
    Salam
    Kantor Pemasaran Wisata Pulau Seribu Jakarta

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania June 29, 2018 11:17 am

    Anak-anak main seperti biasa aja nih. Playdate, bongkar-bongkarin mainan di rumah dan bantu mempersiapkan peralatan sekolahnya.

    Kalau buat yang kecil sih ditambahin kegiatan sendiri, seperti menggunting dan menempel pakai origami aja :))

    1. avatar

      As .