Jalan-Jalan Pagi di Kampus UI

Saya pernah mengeluh ke suami mengenai kurangnya ruang terbuka di Jakarta. Sejak Arasy umur 8 bulan, saya pikir sudah waktunya ia merasakan aktivitas di luar ruangan, setelah sebelumnya hanya jalan-jalan ke mal. Selama ini, aktivitas di luar ruangan yang kami lakukan adalah putar-putar kompleks rumah.

Mulailah kami hunting taman yang nyaman untuk bayi dan lokasinya tidak jauh dari rumah. Pertama kami mencoba Taman Langsat di Kebayoran Baru. Puas dengan suasananya, kami berkomitmen untuk menyisihkan waktu tiap minggu mencoba taman-taman lain di Jakarta. Lalu saya teringat, kenapa tidak mencoba kampus saya dulu, Universitas Indonesia (UI)?

Sejak dulu, setiap hari Minggu, UI selalu ramai dengan warga sekitar yang berolahraga. Apalagi sejak trek sepeda dibangun tahun 2008-2009, lari pagi di UI semakin nyaman dan aman. Bahkan trek offroad di dalam hutan pun seru dijajal pecinta sepeda dan lari di alam terbuka.

[caption id="attachment_82314" align="aligncenter" width="375" caption="Kondisi trek sepeda UI"][/caption]

Ternyata, trek sepeda di UI ini juga cukup stroller-friendly, termasuk untuk lightweight stroller seperti yang dipakai anak saya, Maclaren Triumph. Saya sempat khawatir dengan palang sepeda yang menghalangi jalan, tapi rupanya si Triumph cukup langsing untuk melewati besi-besi yang menjaga agar trek sepeda steril dari motor. Trek ini juga menjauhkan kami dari jalan raya, sehingga kami bisa lari santai sambil menikmati udara pepohonan. Menyenangkan bukan?

Oh ya, rute yang saya ambil dimulai dari Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa), lalu menuju rotunda gedung Rektorat dan Balairung yang ramai. Kami istirahat sebentar di Perpustakaan Pusat, menikmati pemandangan sambil makan bekal. Setelah itu, kami lanjut mengikuti trek memutar kembali ke Pusgiwa.

[caption id="attachment_82315" align="aligncenter" width="375" caption="Bersantai di halaman Perpus Pusat"][/caption]

Bagi urban mama yang tinggal di Jakarta, Depok, dan sekitarnya, boleh dicoba nih membawa bayinya ke UI, sekaligus memperkenalkan suasana kampus pada mereka.

5 Comments

  1. avatar
    Mama Obito April 8, 2013 3:26 pm

    Tempatnya juga sejuk karena banyak pohon rindang ya...saya juga suka main kesitu kalau kebetulan lagi di Depok. ;-)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Tri Puspa Dewi April 4, 2013 10:04 am

    jangan lupa klo ke ui mengunjungi kandang rusa nya.. hiburan murmer buat toddler.. cuma modal beli kangkung 1000rupiah/ikat sudah menghibur anak kita.. lokasi di depan FIB atau kalo lewat jalan pintasnya tepat di depan stasiun ui nya..
    Tempat favoritnya diandra nih.. :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    marni uli saragih April 3, 2013 7:49 pm

    waaa,harus dijajal nih,quin suka outbond.. kami tinggal d depok.tanggal berapa mba ninit mapala'y?kali aja waktunya pas bisa :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    WiwiT April 3, 2013 11:40 am

    wah, enak ya kalo ada outdoor area untuk anak-anak. Semoga makin banyak tempat bermain yang lapang dan leluasa di Negeri tercinta :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita April 3, 2013 7:21 am

    waaa menyenangkan sekali yaa jalan2 di UI ini, jadi ga sabar deh nunggu mapala UI half marathon bulan depan di UI :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.