Kiat Liburan Seru Bebas Khawatir Bersama Keluarga

Travel culture atau budaya berlibur mulai banyak digemari masyarakat di Indonesia. Apalagi, destinasi liburan kini semakin beragam. Semakin banyak tempat-tempat di seluruh dunia termasuk Indonesia yang mulai membuka diri untuk dikunjungi beragam wisatawan dari mancanegara. 

Kemudahan menjangkau beragam destinasi liburan, mengundang masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan untuk melakukan perjalanan. Dunia seakan tak habis-habisnya menyediakan tempat baru untuk dikunjungi. Baik oleh single traveler, couple traveler bahkan family traveler.

Bicara mengenai liburan bersama keluarga, kadang kita harus berhadapan dengan keruwetan atau drama, yang bahkan sudah dimulai saat merencanakan perjalanan. Keruwetan yang seru inilah yang membuat liburan bersama keluarga tak hanya mampu menyegarkan pikiran dan melepas penat, tetapi juga mampu menguatkan hubungan dalam keluarga. 

Meski bagi sebagian keluarga, traveling bersama bisa jadi merepotkan namun bila disiapkan dengan matang, semuanya bisa menjadi lebih mudah. Sabtu, 11 Maret 2017 lalu, saya berkesempatan mengikuti talkshow yang diadakan oleh BNI life bertema "Plan & Enjoy Your Holiday, Keep Your Love One Protected" dengan tiga travel experts sebagai pembicara, yakni Kemal Mochtar, Melissa Karim, dan Tesya Sophianti. 

Dalam talkshow ini, setiap travel experts memberikan tips serta berbagi pengalaman saat mereka melakukan perjalanan. Berikut adalah lima kiat agar liburan bersama keluarga lebih seru bebas khawatir:

  1. Pilih destinasi yang disukai dan ramah anak-anak. Berbeda dengan traveler dewasa, mood traveler cilik mudah berubah-ubah. Karena itu pastikan tujuan wisata cocok dengan minat dan kondisi anak.
  2. Buat itinerary yang fleksibel agar mudah disesuaikan bila ada hal mendadak. Cuaca, makanan, dan kondisi tempat wisata kadang tidak sesuai harapan kita, apalagi bila berwisata dengan anak-anak. Maka rencanakan liburan dengan matang namun tetap santai tanpa perlu terlalu kaku atau ambisius.
  3. Pilih akomodasi yang dekat dengan tujuan dalam itinerary dan mudah diakses transportasi umum setempat. 
  4. Siapkan, susun dan sesuaikan anggaran menurut kemampuan dan keinginan. Berlibur tentu membutuhkan dana tidak sedikit. Tapi bila budget kita terbatas, bukan berarti kita tidak bisa optimal menikmati liburan. Lakukan research sebelum liburan, cari info tempat-tempat yang sesuai kantong kita. Padukan tempat wisata gratis dan berbayar namun tetap bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Tak lupa, rajin-rajinlah mencari promo untuk lebih menghemat anggaran.
  5. Lindungi keluarga dengan mempersiapkan asuransi. Berlibur ke mana pun bukan tanpa risiko. Hal tidak terduga kadang turut mewarnai masa berlibur. Tak jarang perbedaan kondisi kerap mempengaruhi fisik kita dan anak-anak. Tak ada salahnya kita melindungi diri dan keluarga dengan asuransi yang bisa diterima di seluruh dunia, seperti BNI Life. BNI Life memiliki program perlindungan jiwa yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga Anda ketika tengah berlibur. Program Perisai Prima misalnya dapat membantu merencanakan finansial dan perlindungan jiwa keluarga dengan nilai premi mulai Rp200.000,-. Agar bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlibur, setidaknya secara finansial, kita tidak perlu khawatir.

Jarak atau frekuensi berlibur memang tidak menentukan kebahagiaan kita. Namun berlibur jelas mampu menyegarkan kondisi diri kita dan membuat kita lebih mensyukuri apa yang kita miliki. 

Tak hanya itu, berlibur bersama keluarga dan anak-anak khususnya mampu memberi banyak wawasan serta pelajaran. Saat traveling kita akan melihat dan merasakan lebih banyak keragaman baik dari dalam keluarga sendiri, maupun dari tempat yang kita kunjungi. Dan secara langsung atau tidak, kita akan belajar memahami, menghargai serta lebih toleran terhadap lingkungan sekitar. Dan tentunya, perjalanan keluarga akan menjadi lebih tenang bila sudah terlindungi.

10 Comments

  1. avatar
    Ria Diani April 3, 2017 6:42 pm

    Wahhhhhh bsa jdi referensi klo mau liburan lg nih & bersama ank tentunya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Shinta Daniel April 3, 2017 7:29 am

    thanks sharing tipsnya Indah... liburan itu emang bikin nagih, hihihi....

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini March 31, 2017 2:54 pm

    setuju Indah, asuransi perjalanan ini mmg penting bgt, better safe than sorry :) ah jadi pengen liburan lagi, mumpung mau spring break nih. Thanks buat tipsnya yaa Indah :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Honey Josep March 30, 2017 12:49 pm

    ah seru liburannya Indah dan keluarga!

    Memang perlindungan saat liburan itu penting banget, tfs Indah!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F March 28, 2017 10:02 pm

    Makasih buat tips-tipsnya ya Indah... pas banget buat perencanaan liburan tahun ini...

    1. avatar

      As .