Lemon Marmalade

Beberapa waktu lalu, seorang teman yang baru pulang dari Perancis mengoleh-olehi saya setoples selai lemon. Katanya enak. Saya agak skeptis, mengingat bukan penggemar selai marmalade dari buah-buahan yang satu famili dengan jeruk. Tetapi saya suka sekali dengan citarasa buah lemon yang asam-asam segar, dan belum pernah mencicipi rasa selai lemon. Begitu begitu saya cicipi, ternyata (betulan) enak! Jangan bayangkan selai lemon ini seperti krim lemon custard lembut (dan terlalu manis) ya. Selai lemon ini lebih mirip marmalade, dengan citarasa lebih segar. Manis, asam, sedikit getir dengan tekstur daging buah dan harum parutan kulit lemon.

Sayangnya, di kota tempat saya tinggal tidak ada yang menjual selai lemon. Penasaran, akhirnya jadi coba sendiri membuat selai lemon ini. Cukup tiga bahan saja: lemon, gula, serta air. Tidak perlu menambahkan pektin lagi sebagai pengental selai karena secara alami daging buah dan biji lemon sudah mengandung banyak pektin.

Bahan-bahan:

 

    • 4 buah lemon ukuran sedang (atau 3 buah lemon ukuran besar)

 

    • 1 1/2 cup air matang

 

    • 1 1/2 cup gula pasir

 


Cara membuat:

 

    1. Cuci bersih lemon. Ambil parutan keju, parut bagian terluar dari kulit lemon yang berwarna kuning (lemon zest). Ambil hanya bagian kulit yang berwarna kuning saja. Masukkan parutan kulit lemon dalam wadah bertutup, sisihkan

 

    1. Lemon yang sudah diambil kulit kuningnya sekarang tinggal kulit putihnya saja. Buang seluruh bagian kulit putih lemon tersebut, kemudian potong lemon kecil-kecil. Lemon tidak perlu diperas, tetapi tampung sari buah yang keluar saat lemon dipotong. Pisahkan biji lemon dengan daging buah dan sari buahnya.

 

    1. Panaskan 1/2 cup air bersama biji-biji lemon sampai mendidih dan airnya berkurang. Buang biji lemonnya, ambil air rebusan biji lemonnya dan buang biji lemonnya.

 

    1. Dalam panci stainless steel kecil, masukkan 1 cup air matang, sisa air rebusan biji lemon, gula, lemon zest, potongan buah lemon serta sari buahnya. Masak sampai mendidih, lalu kecilkan ke api kecil-sedang. Masak terus sampai air berkurang dan adonan selai agak mengental, sekitar 30-45 menit.

 

    1. Cuci bersih stoples kaca beserta tutupnya. Harus stoples kaca ya, Urban mama. Bilas atau rendam stoples dan tutupnya dalam air panas mendidih. Angkat botol, balikkan di dalam wadah bersih untuk meniriskan airnya.

 

    1. Selai yang sudah matang dimasak tidak akan mengental seperti selai botolan pada umumnya. Agar mengental, masukkan selai yang masih hangat ke botol kaca, tuutp rapat dan simpan dalam kulkas. Selai akan mengental dengan sendirinya setelah satu jam didiamkan.

 

    1. Selai lemon ini dapat bertahan sampai dua minggu (simpan dalam kulkas).

 

 


Saya suka menikmati selai lemon ini bersama biskuit/crackers atau roti bakar untuk mengimbangi rasa gurih dari olesan mentega atau keju. Urban mama juga dapat menggunakan selai ini untuk campuran isi pie susu, atau ditambahkan ke dalam adonan pancake. Selain itu, lemon kaya akan vitamin C. Selamat mencoba, Urban mama!

Related Tags : ,,,,

9 Comments

  1. avatar
    Retno Aini September 14, 2016 5:28 pm

    @Yana roti oleh butter, dipanggang garing trus dioles marmalade ini. Lezaaattt :D

    @Eka beneran gampang Ka, tinggal digodok aja hihi

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini September 14, 2016 5:26 pm

    @Ella wah Ella suka marmalade ya? Yuk bikiin yuk, lemonnya gak butuh banyak2 pula nih :D

    @teh Ninit thank u teh Ninit :D Kemarin bikin pie buat camilan minum teh, cream cheesenya cukup diaduk sama selai ini trus dipanggang deh. Untung udh punya stok lemon marmalade xD

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini September 14, 2016 5:23 pm

    @Zata nah ituuu...terjamin lebih alami dan sehat tanpa bahan pengawet :D

    @Cindy langsung kebayang segarnya yaa Cin :D gampang banget ternyata bikin selai, pasti awet asal takaran gulanya pas, selainya digodok sampai benar2 matang & wadah stoplesnya disterilkan pakai air panas

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel September 14, 2016 5:02 pm

    Waaah ternyata bikinnya (kayaknya)gampang yaa..tfs ai, mau coba bikin!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar September 14, 2016 1:53 pm

    wohooo roti pake selai ituu kebayaang enaaakkknyaaa:)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.