Daycare di Plaza Mandiri

Setelah selama dua tahun, tempat saya bekerja menyediakan fasilitas daycare sementara. Tahun ini kantor kami menyediakan fasilitas daycare bagi karyawan yang memiliki buah hati yang berusia 1 - 4 tahun. Adapun daycare ini bekerjasama dengan NTO (Nurture, Teach, Observe) dan dibuka secara permanen sepanjang tahun.

Lokasi daycare ini berada di lantai basement gedung Plaza Mandiri, dengan jam operasional pk. 07.30 - 17.30 WIB di hari Senin - Jumat (kecuali hari libur). Program yang ditawarkan ada program usia 1 -2 tahun, 2 - 3 tahun, dan 3 - 4 tahun. Kurikulumnya sendiri mengarah pada practical life exercise, sensorial education, pengenalan matematika dan ilmu kebudayaan, aktivitas indoor dan outdoor serta physical play.

Sebelum daycare dibuka secara permanen, pihak Human Resource sebagai pengelola daycare melakukan riset terlebih dahulu melalui berbagai macam survey dan mengajukan pertanyaan melalui angket kepada seluruh pegawai untuk mengetahui kebutuhan dan fasilitas apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan dan anak-anaknya sampai akhirnya terbentuklah daycare permanen ini.

Perbedaan antara daycare sementara dengan daycare permanen ini, selain dari segi waktu operasional, kelengkapan fasilitas dan program, lokasi, daycare sementara itu gratis, sementara daycare permanen ini dikenakan biaya bulanan yang cukup terjangkau.


Beberapa waktu lalu sempat dilakukan free trial (uji coba) selama beberapa hari untuk melihat respons dan minat pegawai dalam menitipkan anaknya sekaligus pengenalan program, kegiatan, fasilitas dan lainnya kepada pegawai. Berdasarkan informasi dari teman saya yang mengikuti trial tersebut, kondisi daycare sangat nyaman dan terjaga kebersihannya, caretaker sangat sabar dan telaten menjaga anak-anak, setiap sore pada saat penjemputan orangtua diberikan laporan hasil kegiatan secara detail.

Fasilitas yang disediakan antara lain:

  • Makan siang, snack pagi dan snack sore

  • Ruang bermain/aktivitas anak

  • Ruang belajar dan nonton film bersama

  • Fasilitas tidur siang terpisah untuk anak laki, anak perempuan, dan bayi

  • Fasilitas mandi sore

  • Seorang guru mendampingi maksimal 5 orang anak (11 orang guru dan tenaga pengasuh dengan kapasitas maksimal 50 anak per hari)

  • Laporan harian anak

  • Buku panduan orang tua

  • CCTV yang dapat diakses oleh orang tua

  • Pantry untuk menyimpan dan menyiapkan makanan anak

  • Loker penyimpanan sepatu dan tas

  • Toilet terpisah untuk anak laki dan perempuan berikut wastafel yang ukurannya disesuaikan dengan tinggi anak-anak.


Yang saya suka dari Mandiri daycare ini adalah bahwa tempat ini tidak hanya sekedar tempat penitipan anak semata tapi juga didukung oleh program yang mencerminkan integrasi dari segi fisik, kognitif, sosial, emosional, bahasa, kemandirian dan estetika untuk pengembangan anak yang optimal berbasis Montessori. Kurikulum akademik di Mandiri daycare disusun secara tematik setiap minggunya dan disesuaikan dengan kebutuhan usia anak.

Di dalam buku panduan orang tua diinformasikan secara detail mengenai Mandiri daycare ini mulai dari visi misi, rutinitas, proses pendaftaran dan administrasi, perlengkapan apa saja yang harus dibawa, prosedur mengantar, menjemput dan pengaduan bila terjadi sesuatu, prosedur dan penanganan kesehatan anak, prosedur disiplin dan keamanan, makanan apa saja yang disediakan, jadual kegiatan mulai dari pagi hingga sore hari (belajar, bermain, waktu tidur, makan, mandi dll), toilet training, bimbingan perilaku anak, event khusus,  dan sebagainya.

Saya senang sekali pihak manajemen peduli dan berperan aktif dalam memfasilitasi kebutuhan karyawannya. Semoga Mandiri daycare ini bermanfaat untuk para karyawan terutama ibu pekerja dan dapat menjadi inspirasi untuk perusahaan lain.

14 Comments

  1. avatar
    evryzzz September 29, 2016 12:16 am

    Mba Shin..izin tny..apa daycare mandiri nya.sdh trbuka utk umum ya ? Trims

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    jamie December 1, 2015 4:20 pm

    Wah enak ya, Ada list daycare lainnya gak ya di jakarta selatan?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Wulan Rahmadhany December 1, 2015 8:35 am

    Keren bangeet, suka deh sama perusahaan yang care sama pegawainya. Sayangnya belon ada di kantorku sekarang huhu. Semoga bisa dicontoh perusahaan-perusahaan yang lain yaa. Amin

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Honey Josep November 30, 2015 9:35 am

    keren perusahaannya!

    Daycarenya bagus!

    Tfs Shinta!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    diah anjani November 28, 2015 9:38 am

    Salut buat perusahaanya, sayangnya daycarenya hanya diperuntukkan buat pegawainya saja ya, soalnya kantor saya tetanggaan dengan Plaza Mandiri :)) semoga saja suatu saat kantor saya berinisiatif seperti ini.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.