Mari Mendongeng

Aktivitas mendongeng atau bercerita menjadi hal yang menyenangkan untuk anak-anak. Nadhifa contohnya yang sangat menyukai aktivitas ini sejak usianya satu tahun. Kegiatan membaca buku menjadi semacam ritual wajib, apalagi sebelum tidur malam. Selesai bersih-bersih dan ganti baju tidur, Nadhifa sudah menagih minta dibacakan buku cerita. Tidak hanya satu, kadang bisa sampai tiga buku. Sampai yang bacakan cerita mengantuk sendiri, tapi Nadhifa tak kunjung mengantuk.

Awalnya aktivitas ini memang sengaja saya perkenalkan pada Nadhifa. Alasannya karena saya tahu bahwa mendongeng memiliki banyak manfaat positif, terutama untuk anak-anak. Bukan hanya tahu dari teori, tapi saya pernah mengalaminya sewaktu sering didongengi oleh alm. Mbah dulu sewaktu kecil. Apa saja ya manfaatnya?

 

  1. Sarana relaksasi anak sekaligus orangtuanya yang membacakan cerita.
  2. Sarana menanamkan moral yang baik. Banyak buku cerita anak yang mengajarkan perilaku dan nilai-nilai positif. Seperti menyayangi orangtua, menyayangi teman, tidak marah-marah, beribadah, dan sebagainya. Seperti Nadhifa, yang awalnya tidak mau membereskan mainannya, setelah diceritakan buku tentang perilaku anak yang rajin membereskan mainan, Nadhifa pun ikutan.
  3. Mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Dengan membaca, daya khayal anak akan terasah. Misalnya saat diceritakan tentang kuman yang bersarang di mulut jika tidak mau gosok gigi. Anak akan membayangkan bentuk kuman yang jahat membawa benda tajam dan akan merusak giginya. Akibatnya, anak akan rajin gosok gigi karena tidak mau berteman dengan si kuman jahat. Ini seru!
  4. Mengenalkan kosakata baru. Lewat  aktivitas bercerita, kosakata anak akan bertambah dan bertambah banyak.
  5. Sarana menumbuhkan minat membaca. Nadhifa sejak rutin dibacakan cerita, sekarang jadi suka membaca buku. Namun baru sekedar melihat-lihat gambar dan mengulang cerita dengan mengingat yang diceritakan karena belum bisa membaca. Tapi yang terpenting, minatnya sudah ada. Semoga sampai besar suka membaca ya.
  6. Tahap pertama mengajarkan anak huruf dan membaca. Ketika membacakan cerita dari buku, lebih baik jika sambil memperkenalkan bentuk tulisan. Kenalkan bahwa buku cerita ini ada yang menulis dan menggambar ilustrasinya. Kenalkan juga cara membacanya yaitu dari arah kiri ke kanan. Selain itu, bisa juga untuk tebak-tebakan pengenalan huruf dan melancarkan keterampilan membaca kata sederhana.
  7. Melatih ketajaman daya ingat. Dengan seringnya bercerita, anak akan merekam cerita yang diceritakan sehingga akan mampu menceritakannya kembali secara mandiri.
  8. Mengembangkan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah. Misalnya dengan cerita anak yang sakit gigi. Anak akan tahu penyebabnya dan bagaimana caranya supaya tidak sakit gigi lagi.
  9. Pengenalan informasi baru. Misalnya pengenalan budaya lain. Di daerah Jawa Tengah ada kota Jogja. Di Jogja ada Keraton, ada bakpia pathok, dan sebagainya.
  10. Mempererat bonding. Sepertinya segala aktivitas untuk anak yang diberikan langsung oleh orangtuanya selalu ada manfaat ini.

Masih  banyak sebetulnya manfaat lain. Ini hanya beberapa yang saya tahu. Mungkin urban mama mau menambahkan?

Aktivitas mendongeng  ini tidak selalu harus menggunakan buku cerita. Boneka tangan misalnya, bisa digunakan menjadi alat mendongeng. Dan untuk bisa mendongeng dengan baik memang perlu tips dan triknya. Sejauh ini saya menerapkan hal-hal di bawah ini:

  1. Libatkan anak dengan aktivitas tanya jawab atau menjadikannya sebagai salah satu tokoh cerita.
  2. Lakukan dengan suara dan intonasi yang jelas.
  3. Berlatih sendiri.
  4. Berikan mimik atau raut muka yang ekspresif supaya lebih responsif dan menarik.
  5. Jaga mood. Mood pembaca cerita bisa berpengaruh pada anak. Kalau suasana hati kita senang, cara membawakan cerita juga akan menarik, dan anak pun akan semangat mendengarkan. Bayangkan saja kalau yang terjadi sebaliknya.


Sampai saat ini, kegiatan mendongeng memang masih sering saya lakukan lewat media buku. Sudah banyak koleksi buku cerita Nadhifa. Tidak harus mahal, versi murah meriah juga banyak yang bagus-bagus. Bagus dalam segi tampilan, cara penyampaian cerita, dan nilai moral yang ditanamkan.

Seru kan. Mendongeng merupakan salah satu aktivitas penting dan memiliki andil dalam tumbuh kembang anak. Selamat mendongeng!

Related Tags : ,,

13 Comments

  1. avatar
    Angie Renata January 8, 2019 4:02 pm

    Mendongeng itu bikin hubungan ibu anak semakin dekat. Jadi memori yang tak terlupakan.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep January 8, 2019 10:42 am

    mendongeng seru dan bermanfaat banget! Dre juga senang banget kalau didongengin dan enggak mau udah udah :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Novianthi Dian August 3, 2015 10:07 am

    @ Mba rahma : Toss mba :D

    @ Bunda dayana : meluncur ah ke TKP :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    bunda dayana August 1, 2015 5:38 am

    @Mb novianti dian, bisa diliat di ig @paradebuku

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    rahmaricela July 31, 2015 3:37 pm

    dongeng yaa.. kesukaannya anakku itu.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.