Memilih Car Seat yang Tepat

Salah satu perlengkapan bayi yang menjadi prioritas saya saat hamil anak kedua ini adalah car seat. Menurut saya, car seat itu penting agar anak terbiasa duduk tenang di dalam mobil, tidak mengganggu konsentrasi pengemudi, dan yang paling penting adalah keamanan anak terjaga. Saya ingin anak kedua kami terbiasa duduk di car seat, agar ia tahu bahwa di mobil itu harus duduk tenang. Sebelumnya saat Lana masih bayi, kami menyewa car seat, karena dulu kami belum paham benar betapa pentingnya car seat. Ternyata lama-kelamaan Lana terbiasa duduk di car seat dan akhirnya kami membeli juga. Jadi saya dan suami sudah memutuskan untuk membeli car seat yang tepat dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama bagi bayi kedua kami.

Dulu saya tidak banyak browsing sebelum menyewa car seat dan saya menuruti saja saran orang yang menyewakannya. Sekarang saya sudah membaca-baca review car seat di sini dan di sini. Dengan mempertimbangkan keamanan, kenyamanan, serta budget, kami memutuskan untuk membeli car seat yang termasuk kelompok 0-1, yang merupakan tipe kombinasi. Bisa dipakai dari bayi baru lahir sampai berat badannya mencapai 18 kg atau sekitar umur 4 tahun.

Saat sedang berjalan-jalan, saya sempat mampir ke Mothercare dan melihat-lihat car seat kelompok 0-1 yang ada di sana. Salah satu car seat incaran saya adalah Mothercare Madrid. Menurut saya, keunggulan Mothercare Madrid adalah: 

    • Bisa digunakan hadap belakang untuk bayi baru lahir sampai BB 9 kg dan hadap depan untuk setelah BB mencapai 9 kg sampai 18 kg.
    • Kira-kira bisa digunakan sampai anak berusia 18 kg atau sekitar umur 4 tahun.
    • Ada 5 posisi recline, dengan 5-point harness.
    • Ada sayap samping yang lebar dan bantalan body support untuk bayi, dengan bantalan kepala, serta pads pada dada dan buckle untuk kenyamanan.
    • Covernya juga bisa dilepas dan dicuci dengan mudah.
    • Dijamin dengan dua tahun garansi.

 

Mothercare Madrid, tampak nyaman dan empuk, semoga bayi saya juga akan nyaman duduk di car seat ini.

 

Berikut ini ada panduan membeli car seat yang saya dapatkan dari Mothercare:

 

 

Beberapa tip untuk memilih car seat yang tepat: 

    • Ikuti panduan pembelian car seat, pemakaian car seat tergantung pada berat dan tinggi badan anak, jadi tidak hanya berdasarkan umurnya saja. Timbanglah anak sebelum pergi membeli car seat.
    • Ajak anak saat membeli car seat, mintalah agar anak mencoba duduk dan pasang seat belt seperti di mobil. Biasanya di Mothercare tersedia fasilitas untuk mencoba car seat. Mothercare ternyata juga memiliki beberapa staf ahli yang dapat membantu memilih car seat.
    • Cobalah beberapa macam car seat, pilih yang paling nyaman dan sesuai budget
    • Jangan lupa mencoba memasang car seat di mobil, karena bentuk dan model mobil bisa mempengaruhi kenyamanan dan keamanan.

 

 Semoga tip-tip ini bisa berguna bagi Urban Mama Papa yang ingin mencari car seat bagi si kecil. 

16 Comments

  1. avatar
    kantie wilujeng September 13, 2018 9:38 pm

    Hihi makasih tips nya, mbak Ipeh. Dulu beli carseat cuma modal cap cip cup. Tapi Alhamdulillah cocok dan awet

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    lily fcmdw November 26, 2012 9:12 pm

    salam kenal moms, lagi pilih2 carseat yang adjustable ama stroller nih moms,mudah2ah bisa beli karna budgetnya juga jadi double yah.... :-P

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    musdalifa anas November 22, 2012 12:48 pm

    naksir banget Madrid yang ini Mama Shinta, mana lagi diskon 20%. *nabung-nabung* ;D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    shinta lestari November 22, 2012 10:53 am

    wah chart nya berguna banget nih peh! gue baru aja beli car seat baru, tapi untuk naia sih, karena dia udah transfer pake booster seat. car seat yang lama udah bisa dipake nei. tapi car seat mothercare madrid ini tampak nyaman dan enak banget yaa bentuknyaa!!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ica iLzie November 21, 2012 10:17 pm

    kaya carseat alandra, warna pink ^_^

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.