Mempersiapkan Dana Melahirkan Anak

Rasa bahagia memenuhi relung hati saat mengetahui hasil alat tes kehamilan dinyatakan positif! Artinya, buah hati yang ditunggu-tunggu akan lahir dalam waktu kurang lebih sembilan bulan ke depan.

Biasanya, calon orangtua baru sangat antusias menyambut calon buah hati sehingga habis-habisan hanya sekadar membeli perlengkapan bayi, namun kebingungan begitu mempersiapkan Dana Melahirkan! Berdasarkan polling instastory di akun @the_urbanmama mengenai rincian biaya melahirkan, maka 18 Januari 2019 lalu The Urban Mama bersama Ligwina Hananto (CEO QM Financial) mengadakan Financial Clinic Online Series #FCOSxTUM yang membahas seputar persiapan dana melahirkan.

(Gambar: www.pexels.com)

 

Bagi Urban Mama dan Papa yang baru akan menyambut kelahiran buah hati, sebaiknya mengetahui tips mempersiapkan dana melahirkan seperti di bawah ini:

Mulai Dari Mana?
Bagi calon orangtua baru, untuk mulai membuat pos Dana Melahirkan bisa dimulai dari menjawab #TujuanLoApa.

Pilihan metode melahirkan berpengaruh terhadap besarnya Dana Melahirkan yang akan dibuat. Apakah urban mama akan melahirkan secara per-vaginam, atau operasi caesar, atau waterbirth? Melahirkan secara per-vaginam tentu saja biayanya akan lebih ringan dibandingkan melahirkan lewat operasi caesar. Namun tidak menutup kemungkinan keadaan akan berubah sewaktu-waktu, seperti perubahan kondisi kesehatan Mama atau si kecil yang turut mengubah opsi metode melahirkan. Maka ada baiknya Urban Mama dan Papa menyiapkan Dana Melahirkan untuk kondisi dengan biaya yang lebih besar. Contohnya, walaupun berniat melahirkan secara per-vaginam, namun untuk jaga-jaga maka Urban Mama dan Papa perlu mempersiapkan dana melahirkan untuk operasi caesar.

Urban Mama juga perlu menentukan lokasi tempat persalinan yang nyaman namun terjangkau, apakah di puskesmas, Rumah Sakit Umum atau Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA).

Di tempat persalinan tersebut, Urban Mama dapat memeriksa fasilitas kesehatan yang dimiliki, apakah Dana Melahirkan akan dibiayai dengan BPJS Kesehatan, asuransi dari kantor atau mempersiapkan Dana Melahirkan sendiri.

Komponen Dana Melahirkan
Urban mama perlu tahu ada 3 komponen Dana Melahirkan berdasarkan waktunya, yaitu sebelum kelahiran, saat hari-H kelahiran, dan setelah kelahiran si kecil.

Komponen Dana Melahirkan terpenting sebelum hari kelahiran bayi tiba adalah biaya pemeriksaan rutin dan biaya belanja perlengkapan bayi. Selain itu, mungkin juga biaya babymoon serta pregnancy photography jika Urban Mama dan Papa berencana untuk melakukannya.

Saat hari melahirkan tiba, biaya yang dibutuhkan biasanya berupa biaya ruang tindakan, kamar inap ibu dan bayi, kunjungan dokter obgyn dan dokter anak, serta biaya perawatan bayi dan biaya NICU (bila diperlukan).

Setelah kelahiran bayi, ada pula biaya pascamelahirkan yang akan selalu ada hampir setiap bulan, seperti biaya imunisasi. Biaya imunisasi ini akan berlangsung kurang lebih selama setahun. Biaya pascamelahirkan lainnya adalah biaya 'selamatan' seperti akikah (jika melaksanakannya), serta biaya untuk membeli pakaian bayi yang cepat sekali bertumbuh.

Cara Menyiapkan Dana Melahirkan
Apabila tidak ada keinginan untuk menunda kehamilan, Urban Mama dan Papa dapat menyiapkan Dana Melahirkan sesaat setelah menikah. Walaupun misalnya belum mempersiapkan Dana Melahirkan tetapi sudah hamil, Urban Mama dan Papa dapat menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya selama 8-9 bulan untuk mempersiapkan dana khusus ini.

Bila urban mama tidak menyiapkan Dana Melahirkan secara khusus, cek tabungan atau aset lancar yang dimiliki serta fasilitas kesehatan yang didapat dari kantor maupun BPJS Kesehatan.

Dana Melahirkan Tanpa Utang
Idealnya, Urban Mama dan Papa menyiapkan Dana Melahirkan dengan menabung selama 8-9 bulan. Bila Urban Mama dan Papa membayar menggunakan kartu kredit, maka usahakan tetap membayar lunas tagihan rumah sakit yang tercetak. Sebaiknya, Mama-Papa tidak terlilit utang karena Dana Melahirkan -terlebih lagi akibat berbelanja keperluan bayi yang kenyataannya hanya terpakai sebentar.

Urban Mama dan Papa dapat membuat perencanaan membeli keperluan bayi dengan anggaran. Berbelanjalah sesuai dengan alokasi dana yang ada dan manfaatkan promo diskon untuk membeli keperluan bayi.  

Yang perlu juga Mama Papa ingat adalah jangan terbuai dengan merencanakan Dana Melahirkan karena masih ada dana lainnya yang perlu disiapkan dalam kehidupan Urban Mama-Papa sekeluarga. Perjalanan perencanaan keuangan keluarga masih panjang, ada Dana Pendidikan Anak yang perlu dipersiapkan, Down-Payment (DP) Rumah pertama, Dana Liburan, Dana Melahirkan Anak Kedua, Dana Pensiun, dan masih banyak lagi.

Awal membangun keluarga yang sehat dan bahagia dimulai dengan perencanaan keuangan keluarga yang baik, tepat, dan rasional. Always plan well. Have a planned and happy pregnancy!

Related Tags : ,

3 Comments

  1. avatar
    Dewi Yuni November 16, 2019 3:17 pm

    sangat berguna, agar nanti pas sudah mau melahirkan tidak bingung

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Angie Renata February 19, 2019 7:57 am

    Bener banget ya, segala sesuatu harus disiapkan kalau sudah menikah dana melahirkan penting banget untuk disiapkan. Thanks Hon!

    1. avatar
      Honey Josep February 28, 2019 5:13 pm

      ada waktu cukup untuk mempersiapkan Dana Melahirkan, jadi enggak ada alasan untuk berutang :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.