Mendampingi Anak beraktivitas di Masa Pandemi

School from home atau pembelajaran jarak jauh yang sudah dilaksanakan sejak pertengahan Maret lalu, akhirnya diperpanjang. Saya sempat deg-degan menunggu pengumuman dari pemerintah juga pihak sekolah. Di satu sisi anak-anak tentu mengalami kebosanan karena harus melanjutkan kegiatannya dari rumah, tetapi di sisi lain sebagai orangtua, saya merasa khawatir jika harus melepas anak-anak bersekolah atau beraktivitas di luar rumah dalam waktu dekat. Terlebih bulan Juni-Juli ini adalah libur panjang akhir tahun ajaran. Biasanya saya dan keluarga sudah pergi berlibur. Namun, pandemi ini membuat semua rencana yang sudah disusun rapi harus menunggu sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini akan menambah perasaan sedih dan kecewa akan ketidakpastian selama pandemi tidak hanya bagi orantua tetapi juga untuk anak-anak.

Namun, bagaimana agar kita tidak berlarut-larut dalam ketidaknyamanan ini ya Urban Mama. Nah, selama pandemi ini, selain memperhatikan asupan gizi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, menjaga kesehatan mental anak-anak adalah menjadi hal penting karena saya meyakini jika mereka mempunyai mental yang sehat dan hati yang bahagia, Insya Allah imunitasnya akan menjadi lebih baik. Selama dua bulan proses pembelajaran jarak jauh yang sudah dilalui, saya membuat ‘kurikulum’ yang disesuaikan dengan usia ketiga anak saya agar mereka tetap semangat dan melalui pandemi ini dengan hati yang gembira.

Kurikulum dan pendampingan yang saya susun selama masa pandemi ini diantaranya :

  • Anak-anak tetap melakukan kegiatan yang sudah disusun oleh sekolah, capaiannya disesuaikan dengan level setiap anak. Dalam hal ini saya tidak membuat standar yang terlalu tinggi, selama anak-anak fun mengerjakannya, bagi saya tujuan belajarnya sudah tercapai.
  • Kegiatan beribadah menjadi prioritas utama terlebih selama bulan Ramadhan. Saya meyakini semakin khusyuk mereka berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta, semakin baik perkembangan mentalnya.
  • Melanjutkan kegiatan tambahan yang selama ini dilakukan di luar sekolah menjadi kelas online seperti belajar mengaji, bermain musik, belajar bahasa asing dan berolahraga. Tidak hanya beroleh ilmu dan skill baru saja, selain itu bertatap muka secara virtual dengan guru dan teman-temannya dapat menghadirkan keceriaan yang akan mengisi hatinya.
  • Mengikuti kelas-kelas online bahkan IGlive dari para maestro dalam hal menulis dan menggambar, baik yang gratis maupun berbayar menjadi pilihan tambahan untuk Si Sulung mendapatkan inspirasi untuk tetap produktif dalam berkarya dimanapun dan dalam kondisi yang tidak ideal seperti sekarang ini. Bahkan selama dirumahsaja, jumlah tulisan yang sudah dikirimkan ke penerbit, jumlahnya lebih banyak dibandingkan ketika sebelum masa pandemi. Demikian halnya untuk artikel-artikel yang harus dikirimkan ke sebuah majalah menjadi lebih tepat waktu dari biasanya.
  • Hal terakhir yang dilakukan ketika PSBB mulai dilonggarkan adalah melakukan Green Therapy, yaitu melakukan aktivitas fisik di alam terbuka hijau dengan penuh perhitungan yang cermat dan melakukan protokol kesehatan yang ketat. Dirumahsaja bukan berarti kita tidak bergerak dan menghirup udara segar. Sesekali kami membawa anak-anak ke kebun atau lapangan hijau lainnya di sekitar tempat tinggal yang dipastikan tidak dikunjungi banyak orang dan jauh dari perlintasan kerumunan. Anak-anak bisa berlari, melihat aliran sungai dan merasakan energi positif dari hamparan alam semesta. Dengan demikian mereka akan menjadi senang dan tentu menyehatkan.

 

Nah Urban Mama, membuat ‘kurikulum’ yang seimbang untuk anak-anak tercinta dengan tetap menjaga asupan jiwa dan raganya adalah bagian dari cara kita agar mereka tetap bisa meraih masa depannya dengan gembira meski #dirumahaja. Tetap semangat ya Urban Mama!

  

Related Tags : ,,

5 Comments

  1. avatar
    Mita Peri July 28, 2020 10:54 am

    Wah dimana itu sekolahnya? Mauu dong informasinya.
    Kayaknya saya cerita2 sama temen2 semuanya sama, online learning ini nyusahin ortu intinya. Keren sih klo sampe sekolah berhasil dgn online learningnya. Infonya ya mbak.

    1. avatar
      Heryandi Rachmad July 29, 2020 10:10 am

      Alhamdulillah sih ya mba saya merasa sangat terbantu dengan program sekolah anak saya, yaa meskipun sekolah dari rumah. Yang aku rasain sih ya aktifias"nya setiap hari yang gak bikinjenuh anak dan juga anak saya di kasih kayak workbook dan alat" buat aktifitasnya. Sekolah anakku di Green Montessori mbak di jakarta selatan dekat dengan PLN duren tiga raya

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Heryandi Rachmad July 28, 2020 9:34 am

    Hii Moms, Saya Tari sharing moms menarik sekali.... Alhamdulillah selama saya bekerja dirumah dan juga anak saya belajar dari rumah berkat dukungan suami dan juga guru" dan staff pengajar di sekolah anak saya, proses pembelajaran dirumah ternyata tidak membosankan seperti yang beberapa orang tua keluhkan. Emang sih ada challence tertentu tapi selama kita bisa berkomunikasi baik dengan pihak sekolah Alhamdulillah semua dapat teratasi walaupun berproses.. Anakku sekolah di Green Montessori diprogram kindergarten, seperti yang moms udah sharing sebelumnya setuju banget kalo proses belajar dari rumah itu harus fun untuk anak-anak karena pastinya suasana di rumah dan juga di sekolah kan beda yaa untuk anak". Tp alhamdulillah bgt berkat program sekolah yg menarik & bener" terprogram setiap usia & setiapharinya jd gak bikin anakku cepet bosen ikut kelas online. Aku juga jadinya engga terlalu worried lagi untuk menghadapi proses belajar dari rumah dengan waktu yg belum bisa di tentukan ini. karna pastinya kesehatan anak & keluarga adalah yg utama ya..

    1. avatar
      Jessica Larasati July 28, 2020 11:26 am

      Wah menarik sekali Mom,kalau boleh tau lokasi sekolah anak Ibu dimana? selama belajar di rumah program sekolah seperti apa? atau ada alternatif apa yang bisa meringankan kita parents, yang misalkan anak masih baru masuk TK A, teman teman,Guru masih baru dan belum kenal.Karena tidak ada teman yang dikenal sebelumnya di sekolah. Effort apa yang sekolah berikan sampai bisa membuat anak jadi bisa belajar.Karena sangat sulit anak belajar melalui Online, anak tidak nyaman dan tidak betah berlama lama berada di depan layar berjam jam setiap hari. Sehingga orang tua pun harus selalu mendampingi anak selama Online. Belum tentu semua orang tua bisa mendampingi anak selama online karena harus bekerja juga.Thank you sharing nya Mom

      1. avatar
        Heryandi Rachmad July 29, 2020 12:57 pm

        Moms bisa searchig sekolah Green Montessori di jalan duren tiga raya moms.. Awalnya juga saya banyak cemasnya karena belajar dari rumah, berasa beban. tapi kan pasti sebagai orang tua kita juga gak mau ya kalau anak kita knp". jd keputusan buat belajar darirumah ya pastinya yg terbaik untuksekarang ini supaya anak" tetep bisa dapet pendidikan. Semua yg moms tanyakan itu pasti butuh proses ya moms dan yang pasti orang tua harus bener" bisa kerjasama banget sama guru disekolah. guru disekolah selalu bilang kalo aku (orang tua) harus yakin bahwa anak aku bisa melalui proses itu, karena kalau ortunya udah pesimis katanya berdampak jg ke anaknya. itu sih sedikit yg bisa aku share ya moms

      2. avatar

        As .



    2. avatar

      As .