Mengajak si Kecil Berlibur ke Singapura

Kids are the best traveler. Rasa ingin tahu yang besar membuat mereka selalu senang berkunjung ke tempat baru, bahkan menemukan hal baru di tempat yang sudah pernah dikunjungi. Nah, bagaimana kalau dua-duanya? Salah satu tempat liburan favorit adalah Singapura. Selain dekat dan cuacanya mirip dengan di Indonesia, Singapura juga dikenal sangat ramah anak. Rasanya setiap berkunjung ke sana ada saja tempat yang baru dibuka dan cocok untuk membuat si kecil senang. Kesan seru dan ingin mengeksplorasi ini juga yang saya dapatkan sewaktu berkunjung ke Singapura akhir tahun lalu atas undangan dari Singapore Tourism Board. Waktu 4 hari rasanya kurang! Meski begitu, saya sempat mengintip tempat-tempat seru untuk liburan bareng Anipchan nanti.


Pertama-tama kami diajak mengunjungi Sentosa Island. Tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan tentu saja Universal Studios Singapore dan Madame Tussauds. Selain itu, saya tertarik mengajak Anipchan yang menyukai dunia bawah laut untuk berkunjung ke S.E.A Aquarium dan Dolphin Island.

S.E.A Aquarium


Sebelum masuk area utama S.E.A Aquarium, anak-anak diberi selembar booklet untuk diisi dengan info biota laut yang ia temui. Kalau semuanya terisi, anak-anak akan mendapat hadiah menarik. Seru ya, saya juga jadi ikut-ikutan walau tak semuanya terisi.


S.E.A Aquarium dibagi jadi beberapa area. Area paling populer adalah Open Ocean Habitat dengan 55.000 biota laut yang membentuk habitat sendiri. Masuk ke sini serasa benar-benar melihat kehidupan laut yang sebenarnya. Saya sendiri tertarik dengan program di Ocean Dream, di mana kita bisa menginap ala-ala camp persis di depan aquarium raksasa sambil belajar tentang kehidupan bawah laut. Wah pasti seru sekali!


Tak boleh dilewatkan: Ocean Dream Camp, Opera 4D, Feeding show di jam-jam tertentu


Tips: Opera diadakan di jam-jam tertentu, karena itu periksa dulu jadwalnya sebelum berkunjung. Bawa baju ganti untuk anak seandainya ia mau coba berinteraksi di touch-pool.


SEA_Aquarium_Singapore


Dolphin Island


Dolphin Island merupakan wahana favorit anak-anak karena mereka dapat berinteraksi langsung dengan lumba-lumba. Ada tiga tahap untuk berinteraksi dengan lumba-lumba. Diawali Dolphin Encounter di mana kita dapat berinteraksi dengan lumba-lumba tanpa masuk ke air. Kemudian Dolphin Discovery di mana kita masuk ke air dangkal dan belajar sambil bermain dengan lumba-lumba. Serta Dolphin Adventure yang mengajak bermain dengan lumba-lumba langsung di kolam habitatnya. Serunya lagi, semua lumba-lumba di sini memiliki nama dan sifat berbeda.


Tak boleh dilewatkan: Belajar dan bermain bersama lumba-lumba, menengok bayi lumba-lumba pertama yang lahir di Dolphin Island


Tips: Semua atraksi di Dolphin Island mengikuti kondisi lumba-lumba, misalnya saat cuaca buruk, maka atraksi ditiadakan. Periksa dulu jadwal dan cek apakah atraksi dibuka.


Fasilitas penting: Baju selam, loker (tidak boleh membawa tas/memotret di arena)


Dolphin_Island_Singapore


Kunjungan kami ke Sentosa Island ditutup dengan menonton pertunjukan Wings of Time. Sebuah laser show musical megah yang diselenggarakan tepat di tepi pantai Siloso. Wings of Time hanya diadakan 2x sehari, dengan durasi sekitar 25 menit saja.


wings-of-time-singapore
Selain Sentosa Island, tentu saja ada banyak tempat menarik lain di Singapura  yang cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak, antara lain:

Gardens by The Bay


garden-by-the-bay-singapore


Ini adalah taman unik di tepi pantai yang sayang dilewatkan. Selain koleksi flora beragam, Gardens by The Bay biasa berhias mengikuti event spesial sepanjang tahun. Kalau sudah puas berkeliling, saatnya mengenalkan di kecil pada aneka flora di tempat-tempat ini:


Flower Doom


Kubah kaca raksasa menaungi ribuan tumbuh-tumbuhan dan bunga yang berasal dari seluruh dunia. Sewaktu menginjak kaki di Flower Doom, mata saya langsung tertuju pada pohon Baobab besar di tengah area. Menurut keterangan, pohon tersebut didatangkan langsung dari Afrika menggunakan kontainer… Wow!


Tak boleh dilewatkan: Foto di area bunga yang ditata mengikuti event tahunan, mengenalkan aneka tumbuhan pada si kecil


flower-doom-gardenbythebay-singapore


Cloud Forest


Tak seru rasanya ke Garden by The Bay tanpa mengintip Cloud Forest. Disebut-sebut sebagai The Lost World, masuk ke sini memang serasa ada di dunia prasejarah. Begitu masuk, gelegar air terjun besar sudah menyapa beserta suasana gelap ala hutan tropis. Tapi yang juara di sini adalah Cloud Walk di mana kita berjalan di atas jembatan besi, melayang di ketinggian Cloud Forest Doom diiringi gemericik air terjun di latar belakang. Menegangkan sekaligus tak terlupakan.


Tak boleh dilewatkan: Cloud walk


cloud-forest-gardenbythebay-singapore


Singapore Zoo


Kebun binatang biasanya menjadi tujuan favorit jika mengajak anak berjalan-jalan. Tak hanya melihat aneka fauna, anak-anak juga bisa bermain dan berinteraksi dengan bianatang favoritnya di KidsWorld. Setiap sore, kakak-kakak dari Singapore Zoo akan ikut mengiringi anak-anak dan menjelaskan macam-macam tentang binatang yang mereka lihat. Kalau sudah puas memberi makan dan mengelus binatang, si kecil bisa berenang di kolam renang KidsWorld. Tak perlu khawatir jika bajunya basah, karena Singapore Zoo menyediakan clothes dryer untuk mengeringkan baju si kecil seketika.


singapore-zoo-2


Dari pintu masuk, kita dapat memilih naik trem (dengan biaya tambahan) atau jalan kaki. Ketika pertama masuk arena zoo, yang pertama kali saya lihat adalah banyaknya kera yang bergelantungan di pohon-pohon sekitar zoo, malah beberapa bergantung tepat di atas kepala saya! Baru hati ini berangsur tenang setelah pemandu kami Yasmin menjelaskan bahwa semua binatang yang diasuh di Singapore Zoo memang dibiarkan bebas tanpa pagar. Tapi sebelumnya mereka dilatih untuk terbiasa dengan lingkungan, dan tempat mana saja yang boleh dijamah, mana yang tidak. Yang saya sukai di sini adalah membaca informasi tentang binatang yang ditulis secara unik dan menghibur. Seperti trivia bahwa Panda hanya dapat kawin 1x setahun, atau info unik tentang hewan dan habitatnya yang biasanya tak kita dapatkan dari buku.


Tak boleh dilewatkan: KidsWorld, Feed Show di jam-jam tertentu dan melihat Leo si bayi Jerapah yang baru lahir


singapore_zoo


River Safari


Masih satu arena dengan Singapore Zoo adalah River Safari, tempat berjenis-jenis ikan air tawar ditampilkan. River Safari dibagi berdasarkan lokasi sungai. Misalnya Mississippi yang menampilkan ikan dan binatang penghuni sungai Mississipi, Yangtze yang menampilkan ikan serta binatang penghuninya, termasuk Panda dan Panda Merah, serta sungai-sungai lain.


Tak boleh dilewatkan: Melihat panda dan buaya, naik boat ride di Amazon


Tips: Kalau sempat, ikuti juga Night Safari yang beroperasi mulai pukul 19.15


river-safari-singapore


National Gallery Singapore


Galeri yang baru saja dibuka tanggal 24 November ini tadinya merupakan dua bangunan terpisah Supreme Court dan City Hall. Keduanya merupakan bangunan heritage yang tetap dijaga keasliannya, termasuk ruangan penjara yang sekarang dijadikan salah satu atraksi wisata. Di sini dipamerkan karya-karya seniman penting Asia Tenggara, terutama karya yang mengandung nilai sejarah. Selain belajar sejarah dan seni, di sini si kecil juga bisa ikut berkarya lho. Area Keppel Centre for Art Education dirancang khusus untuk anak-anak. Terbagi jadi ruang workshop tempat anak-anak belajar dan membuat karya, serta ruang display tempat mereka memajang karya mereka dan ikut terlibat dalam instalasi yang dibuat khusus untuk mereka.


Tak boleh dilewatkan: Berperan jadi Alice di instalasi Living Storybook, membuat karya dan mengapresiasi karya yang sudah ada di Keppel Centre for Art Education


National-Gallery-Singapore


Wah, rasanya tidak sabar ingin mengajak Anipchan berkunjung ke Singapura dan bertualang bersama. Bagaimana urban mama, apa tempat wisata favorit si kecil di Singapura? Yuk sama-sama kita berbagi di sini.

13 Comments

  1. avatar
    suria riza January 14, 2016 9:54 am

    Aku juga seneng kesingapura...tempatnya enak dan ramah stroller xD..cuma ga kuat jalan jauh2 xD

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini January 13, 2016 4:50 pm

    Angieee asik bgt ke sana... Jadi kangen Singapura deh. Jalan2 enak bersama keluarga & dekat dari Indo mmg Singapura ya... Makanan di sana enak2 pula, masih cocok la. Duh keren bgt itu yg Gardens by The Bay...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Honey Josep January 12, 2016 5:19 pm

    jadi kangen ke SG backpackeran dua tahun lalu!

    Kali ini kepengen deh berangkat berdua aja sama Darren karena semenjak adik bayi lahir, belum punya waktu untuk bisa berduaan saja sama Darren :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Angie Renata January 12, 2016 9:39 am

    @ipeh: bener, peh... karena masih deket dan kids friendly, jadi persiapan liburannya juga mudah meskipun bawa anak :)

    @cindy: yuuk kesana bareng anak-anak. Seru juga kali ya kalo urban mama gathering di sana *eh :p

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania January 11, 2016 2:01 pm

    Waaah serunyaa yang habis dari SG. Foto2nya baguus,yang lihat jadi berasa disana juga.
    Mudah2an bisa ke SG sama the kids juga deh :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.