Museum Layang-Layang

Beberapa bulan yang lalu, keponakan saya dari Bali datang ke Jakarta untuk berlibur selama seminggu. Saat itu kami bingung akan kemana untuk menghabiskan hari-hari liburan selama di Jakarta. Setelah browsing kesana kemari, ternyata di dekat rumah ibu saya ada Museum Layang-Layang.  Memang terdengar membosankan ya untuk ukuran anak usia tiga tahun diajak ke Museum, tetapi ternyata ketika sampai disana persepsi awal kami menjadi sungguh berbeda.

Bentuk bangunan Museum Layang-Layang ini seperti rumah joglo dan dikelilingi pohon-pohon rindang, rasanya sangat nyaman dan sejuk. Harga tiket masuk ke Museum Layang-Layang sebesar Rp. 10.000 saja. Sebelum anak-anak melukis, mereka juga bisa menonton video tentang sejarah dan perkembangan layang-layang, namun durasinya agak terlalu panjang untuk para anak-anak aktif ini; kami tidak sempat menonton videonya sampai selesai.

Di Museum Layang-Layang, anak-anak bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan kreatif seperti melukis layang-layang, melukis lampion atau melukis payung. Kegiatan melukis layang-layang dikenakan biaya mulai dari Rp. 30.000 – Rp.50.000, tergantung ukuran layang-layang yang diinginkan.

Sembari menunggu cat lukis di layang-layang mengering, kita juga diajak untuk berkeliling dalam museum melihat berbagai ukuran, bentuk dan seni layang-layang dari berbagai daerah.

Setelah cat lukisan di layang-layang kering, anak-anak diperbolehkan mencoba menerbangkan layangan mereka tadi. Sungguh menyenangkan melihat anak-anak berlarian menerbangkan layangannya di bawah naungan pohon-pohon besar yang rindang.

[caption id="attachment_106866" align="aligncenter" width="500" caption="bermain di museum layang layang"][/caption]

Puas berlarian dan mendapat pengalaman melukis, akhirnya kami pun pulang dengan membawa kenang-kenangan layangan buatan mereka. Ternyata menghabiskan waktu dengan anak-anak dengan kegiatan sederhana dan bernilai edukasi bisa membuat semua senang, anak-anak senang, orang tua pun senang.

 

Museum Layang-Layang
Jl. H. Kamang No.38
Pondok Labu, Jakarta Selatan,12450
Telepon: 021-765 8075, 021-7590 4863
Jam buka 09:00 - 16:00 WIB

 

7 Comments

  1. avatar
    Retno Aini May 21, 2015 11:58 pm

    Tfs ya bunny mommy, jadi ide baru juga ni utk urban mama-papa yg mau ajak anaknya ke museum di Jakarta :) saya lbh suka ngajak anak jalan2 ke museum (atau taman), pasti bawaannya lebih kalem dibandingkan kalau diajak ke mall atau toko mainan hehe

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Gabriella F May 19, 2015 7:41 pm

    Wah jadi inget lagi sama museum layang-layang. Dulu banget pernah ke sini. Pasti Albert suka kalau diajak ke sana lagi! TFS ya...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Siska Knoch May 18, 2015 9:37 pm

    Pernah denger sekilas soal museum ini, kepikiran mau browsing tp keburu lupa. eh trus ada ceritanya disini, tfs bunny mommy

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    WiwiT May 18, 2015 2:12 pm

    waaahhh.. seruuu.. Kalo ajak Ki-Ka kesana juga pasti seneng ini. Wah, jadi pengen ajak Kira-Kara jalan-jalan ke Museum.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania May 18, 2015 11:35 am

    waaa,seru banget aktivitas di museum layang-layang ini..
    Thanks info lengkapnya ya bunny mommy,jadi mau menjadwalkan untuk liburan besok :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.